Alasan Kenapa Akun Instagram Dibatasi/Restricted secara Tiba-tiba

Alasan Kenapa Akun Instagram Dibatasi/Restricted secara Tiba-tiba
Pernahkah terpikirkan oleh Anda, kenapa akun Instagram restricted dan tidak dapat digunakan secara tiba-tiba? Ya, pada dasarnya ada dua penjelasan yang menyebabkan peristiwa ini terjadi. Alasan pertama adalah melanggar pedoman Instagram dan satunya berperilaku buruk.

Sebagai platform sosial media, Instagram tentu memiliki pedoman yang harus diikuti oleh setiap penggunanya. Jika tidak mengikuti pedoman tersebut, akun dibatasi aksesnya agar pemilik jera. Terdapat banyak hal yang harus dihindari seperti aktivitas ilegal dan konten berbau SARA.

Dengan memahami pedoman yang diberikan, Anda tidak akan diberi sanksi berupa batasan oleh Instagram. Anda juga bisa tahu alasan kenapa akun Instagram Restricted dengan memahami hal ini. Berperilaku baik dengan mengikuti pedoman sosial media sudah dianjurkan dari awal.

Pada saat membuat akun Instagram, Anda diminta untuk menyetujui aturan-aturan yang ada. Oleh sebab itu tindakan seperti sanksi dapat diberikan karena telah melanggar aturan Instagram. Agar lebih jelas, Anda harus memahami kedua alasan yang menyebabkan akun Restricted.

Kenapa Akun Instagram Restricted dari Pelanggaran Pedoman

Melanggar sebuah aturan tentu akan diberi sanksi oleh pihak yang bertanggung jawab. Instagram berhak membatasi (restricted) akun Anda ketika terbukti melanggar aturan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang melanggar aturan sehingga akun mendapat sanksi dari Instagram.

1. Spam

Tindakan spam atau mengirim pesan dan like secara terus menerus, faktanya telah melanggar aturan Instagram. Anda akan dikenakan sanksi sehingga tidak bisa mengirim pesan lagi. Inilah salah satu alasan kenapa akun Instagram Restricted, yang harus dipahami dari awal.

Biasanya Instagram akan mendeteksi aktivitas ini secara otomatis sehingga akun tiba-tiba di restricted tanpa sepengetahuan pemiliknya.

2. Ujaran Kebencian

Unggahan konten Instagram harus dikontrol supaya tidak mendapatkan sanksi. Salah satu hal yang berbahaya ialah mengunggah konten berupa ujaran kebencian. Aktivitas ini harus Anda hindari agar akun tidak dibatasi atau bahkan dilenyapkan karena melanggar peraturan.

Unggahan konten ujaran kebencian bisa terdeteksi secara otomatis dan dilaporkan oleh akun lain karena tidak suka dengan kontennya.

3. Unggahan Vulgar

Konten berbau vulgar juga dapat menyebabkan akun Instagram dibatasi aksesnya. Kenapa akun Instagram Restricted setelah mengunggah konten? Tentunya, hal itu bisa disebabkan oleh unggahan Anda yang memiliki unsur porno atau berbau vulgar di dalamnya.

Unggahan seperti tubuh minim busana jadi target pelanggaran yang umumnya terjadi. Orang lain bisa laporkan hal itu atau Instagram sendiri yang mengetahui tindakannya.

4. Informasi Hoax

Terakhir, akun Instagram terblokir karena mengunggah informasi palsu dan menyesatkan. Ini bisa diketahui dari data konkret yang beredar di internet. Orang lain juga dapat melaporkan unggahan Anda agar ditindaklanjuti sehingga Instagram harus memblokirnya.

Kenapa Akun Instagram Restricted dari Aktivitas Tidak Wajar

Pelanggaran pedoman ada banyak jenisnya dan beberapa di antaranya berkaitan dengan suatu aktivitas tidak wajar. Sering kali Instagram mendapat laporan dari pengguna akun lain terhadap unggahan seseorang. Berikut ini beberapa aktivitas tidak wajar yang biasanya ditindaklanjuti.

1. Aktivitas Follow dan Unfollow

Instagram memberlakukan sistem Follow dan Unfollow pada setiap akun. Ketika melakukan Follow, Anda dapat melihat unggahan akun tersebut di beranda secara langsung tanpa harus mencarinya. Alasan kenapa akun Instagram Restricted bisa disebabkan oleh aktivitas itu.

Follow dan Unfollow dalam rentan waktu cepat akan menyebabkan akun bermasalah. Oleh sebab itu batasan diberikan agar rentan waktunya dikurangi. Selain itu, akun yang tiba-tiba mendapat Follow banyak juga bisa dibatasi karena dianggap menggunakan program ilegal.

2. Direct Massage

DM atau Direct Massage adalah cara kirim mengirim pesan di dalam platform Instagram. Jika Anda tidak mengetahui alasan kenapa akun Instagram Restricted, maka hal ini bisa terjadi. Terkadang akun influencer dan orang terkenal merasakannya sehingga batas diberlakukan.

Contoh sederhananya, dalam kurun waktu 15 menit Anda sudah kirim lebih dari 100+ pesan. Aktivitas itu terindikasi sebagai spam dan Instagram berhak membatasinya secara otomatis. Sanksinya, akun tidak akan bisa mengirim pesan lagi sampai batas waktu yang ditentukan.

3. Akun Palsu

Sistem keamanan Instagram dapat mendeteksi penyalahgunaan identitas atau akun palsu. Di dalam sistemnya, Instagram akan melihat aktivitas pemilik akun tersebut. Ketika terdeteksi melakukan berbagai macam aktivitas ilegal, maka aksesnya akan dibatasi dan diblokir.

Kenapa akun Instagram Restricted dalam waktu cepat? Tentu penyebabnya karena identitas Anda tidak valid namun sudah melakukan berbagai macam aktivitas secara acak. Oleh sebab itu informasi Instagram harus dilengkapi dari nomor HP dan Email agar keasliannya terbukti.

4. Sering Berganti Akun

Terakhir, aktivitas seperti pergantian akun secara terus menerus juga jadi penyebab utama. Sistem keamanan Instagram dapat mendeteksi aktivitas tersebut sebagai Akun Palsu. Di sisi lain aktivitasnya juga tidak memenuhi pedoman keamanan sehingga harus dibatasi.

Mulai dari sekarang, jangan terlalu banyak berganti akun dari satu platform yang sama. Cara ini akan merugikan Anda sendiri karena sanksinya bisa sampai pemblokiran.

Pergunakan Instagram sesuai Aturan yang Berlaku

Berdasarkan poin-poin di atas, ada banyak penyebab akun Instagram menjadi Restricted. Anda tidak boleh menggunakan platform sosial media secara bebas. Pedoman harus selalu ditaati agar masalah Restricted atau Pemblokiran dapat dihindari secara berkala.

Gunakan Instagram dengan baik seperti mengunggah konten hiburan tanpa ada SARA dan vulgar di dalamnya. Tindak kekerasan juga dilarang karena itu menyebabkan orang lain tidak nyaman. Setidaknya, aktivitas sehari-hari biasa seperti pergi atau bekerja jadi unggahan yang normal.

Sebagai salah satu platform sosial media terbesar, Instagram menjaga ketat regulasinya. Berbagai macam tindak berbahaya akan dihapuskan agar komunitasnya tetap aman. Memahami kenapa akun Instagram Restricted dapat membantu Anda menghindari masalah saat menggunakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel