Cara Mengatasi Akun Instagram yang Dibatasi Dijamin Berhasil

Cara Mengatasi Akun Instagram yang Dibatasi Dijamin Berhasil
Informasi tentang cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi ternyata banyak dibutuhkan pengguna IG. Tidak jarang pengguna mendapatkan pembatasan akunnya karena berbagai penyebab.

Perlu diketahui, Instagram merupakan media sosial paling populer dan sudah digunakan hingga milyaran orang di seluruh dunia. Banyaknya jumlah pengguna membuat Instagram harus memberikan pengamanan lebih ketat.

Tujuannya untuk melindungi data, privasi serta berbagai hal-hal yang dapat merugikan pengguna. Jika pengguna melakukan pelanggaran maka bisa diberikan hukuman seperti pembatasan akun hingga pemblokiran.

Beberapa Penyebab Akun Instagram Dibatasi

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi. Sebaiknya ketahui dulu apa saja hal-hal yang menyebabkan pihak Instagram melakukan pembatasan kepada akun Anda. Beberapa penyebab dimaksud antara lain:

1. Foto atau video dibagikan tidak sesuai dengan ketentuan.

2. Konten Anda posting dilaporkan oleh pengguna lain.

3. Sengaja dilaporkan pengguna lain.

4. Foto atau video terlalu fulgar, mengandung SARA dan ujaran kebencian.

5. SPAM like dan komen yang mengganggu pengguna lain.

6. Memfollow dan unfollow terlalu banyak akun dalam sekejab.

7. Sering login dan logout.

8. Login memakai banyak perangkat berbeda.

9. SPAM DM dalam waktu singkat.

10. Memakai aplikasi ilegal dari pihak ketiga.

11. Memakai akun untuk tindak kejahatan, dan banyak lainnya.

Cara Mengatasi Akun Instagram yang Dibatasi Mudah

Ketika akun Anda dibatasi maka akan mendapatkan informasi berupa notifikasi dari pihak IG. Sehingga pemilik tersebut tahu kalau ada kendala dalam akun mereka sehingga harus segera diselesaikan.

Jika Anda mengalami kendala seperti ini jangan khawatir mengingat pentingnya akun untuk bisnis atau profil pribadi. Coba gunakan 6 cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi tanpa ribet dan dijelaskan berikut ini.

1. Konfirmasi ke Pihak IG

Terkadang pembatasan tersebut terjadi bukan karena kesalahan pengguna namun disebabkan oleh hal lain. Jika memang merasa tidak melakukan kesalahan apapun maka bisa konfirmasi ke pihak Instagram.

Cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi satu ini bertujuan untuk memberikan informasi kalau Anda tidak melakukan kesalahan. Caranya dengan klik “Beri Tahu Kami” jika notifikasi pembatasan muncul.

Dengan memberikan informasi maka pihak IG akan melakukan pengecekan ulang terkait kesalahan tersebut. Kalau memang tidak ditemukan kesalahan maka akun akan dikembalikan seperti semula.

2. Hentikan Sementara Aktivitas Akun

Jika cara pertama tidak berhasil maka cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi kedua bisa Anda coba. Caranya dengan menghentikan sementara aktivitas akun yang membuat pihak IG merasa curiga.

Pembatasan tersebut bukan berarti Anda melakukan kesalahan langsung namun bisa juga sebagai peringatan. Maka cara kedua ini sangat cocok untuk dicoba sampai akhirnya pembatasan tersebut diakhiri.

Hal-hal yang sebaiknya dihentikan dulu seperti aktivitas follow dan unfollow akun dalam jumlah banyak. Jangan juga memberikan like atau komentar pada postingan apapun yang muncul di beranda.

Jangan juga mengirimkan pesan melalui DM dan jika dirasa penting sebaiknya kirim lewat medsos lain. Jangan upload story di IG apalagi sampai melakukan video siaran langsung untuk sementara waktu.

3. Ganti Bio Sementara Waktu

Terkadang pembatasan diberikan kepada pengguna hanya karena bio yang digunakan dicurigai pihak IG. Memberikan bio pada akun IG memang hal lumrah untuk memberikan informasi tentang pengguna tersebut.

Namun terkadang dalam bio terdapat informasi mengandung kata sensitif sehingga melanggar aturan. Bisa juga terdapat link tidak terdaftar atau terverifikasi sehingga dilaporkan pengguna lain.

Maka cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi paling tepat adalah dengan mengganti bio sementara waktu. Agar lebih aman sebaiknya hapus saja bio tersebut sampai akun menjadi normal kembali.

4. Log Out Dulu

Ketika akun dibatasi sebenarnya Anda masih tetap bisa login dan melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. Namun risikonya bisa melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan hukuman menjadi lebih berat.

Maka untuk meminimalkan risiko tersebut maka cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi yaitu log out dulu. Biarkan saja akun Anda sementara waktu tanpa aktivitas apapun sampai masa pembatasan selesai.

Anda bisa memantau tersebut menggunakan IG orang lain namun jangan sampai log in. Cara ini cukup efektif membuat akun Anda bisa normal dengan lebih cepat dan bisa dipakai lagi.

5. Biarkan Saja Akunnya

Cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi yaitu dengan membiarkan dalam beberapa waktu. Karena biasanya pembatasan tersebut tidak bersifat permanen dan hanya beberapa waktu saja.

Jika pelanggaran Anda ringan maka durasinya tidak terlalu lama dan jika berat maka akan lebih lama. Jadi kenali sendiri seberapa berat pelanggaran yang sudah dilakukan untuk menghitung masa hukuman.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya pembatasan hanya diberikan 1x24 jam, 3x24 jam hingga 1 minggu. Tahan diri untuk tidak menggunakannya dulu agar masa hukumannya tidak diperpanjang.

6. Jangan Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Saat ini memang banyak aplikasi pihak ketiga atau versi mod digunakan untuk memberikan banyak keuntungan. Namun memakai aplikasi mod adalah tindakan ilegal dan merugikan pihak Instagram.

Jika Anda ketahuan memakai aplikasi versi mod maka akan mendapatkan hukuman sesuai tingkat kesalahan. Cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi karena aplikasi versi mod adalah dengan mengeluarkan semua akun.

Diamkan akun Anda kemudian hapus berbagai hal berkaitan dengan aplikasi pihak ketiga. Penggunaan aplikasi pihak ketiga jelas dilarang jadi segera keluarkan dan gunakan aplikasi resmi di Play Store.

Jika cara-cara tersebut sudah dicoba namun tidak berhasil maka laporan saja ke pihak Instagram. Dijamin cara mengatasi akun Instagram yang dibatasi pasti berhasil dan jangan melakukan pelanggaran lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel