Beda Block dan Restrict di Instagram Fitur Laporan

Beda Block dan Restrict di Instagram Fitur Laporan
Beberapa orang masih belum memahami beda block dan restrict di Instagram, ketika statusnya diberikan pada akun seseorang. Instagram memang menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh pengguna gadget, khususnya masyarakat Indonesia.

Setiap kalangan menggunakan sosial media tersebut mulai dari anak kecil, remaja hingga orang tua. Tapi tidak bisa dipungkiri juga, Instagram sangat berbahaya jika disalahgunakan. Internet itu luas dan berbagai macam aktivitas bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia.

Contoh penyalahgunaan Instagram, menimbulkan tuduhan melalui penyebaran informasi palsu atau meneror seseorang dengan cara mengiriminya pesan secara terus menerus. Oleh sebab itu, Anda harus tahu apa beda block dan restrict di Instagram agar tidak mendapat gangguan.

Kedua fitur tersebut disediakan oleh Meta Instagram pada bagian Laporan. Dengan melakukan pelaporan pada suatu akun, Anda bisa mendapatkan proteksi. Tentu saja block dan restrict punya fungsinya sendiri-sendiri sehingga waktu penggunaannya di Instagram berbeda.

Kenali dulu, Apa Beda Block dan Restrict di Instagram?

Sesuai namanya, Block digunakan untuk memblokir dan Restrict diartikan sebagai membatasi. Di Instagram, Anda bisa menghindari perilaku buruk seseorang dengan memanfaatkan kedua fitur tersebut. Block dan Restrict bisa ditemukan pada bagian laporan komentar sebuah postingan.

Dalam kolom komentar, Anda hanya perlu menekannya lama sampai muncul opsi laporan. Dari komentar tersebut, Anda bisa melihat logo seru berwarna biru di bagian kanan atas. Beda block dan restrict di Instagram pertama bisa dilihat dari warna opsi yang ada pada kolom laporan.

Opsi block diberikan warna merah sedangkan opsi restrict menggunakan warna standar. Block di kolom komentar digunakan untuk memblokir akun Instagram seseorang. Akun yang diblokir tidak akan melihat postingan atau komentar Anda sehingga aksesnya benar-benar diputus.

Sedangkan opsi restrict dimanfaatkan untuk membatasi akses seseorang pada akun kita sendiri. Jadi, akun yang sudah mendapatkan restrict masih bisa berkomunikasi dengan Anda. Itulah beda block dan restrict di Instagram yang perlu kita ketahui dari cara kerjanya.

Restrict hanya membatasi sedangkan block memutus penuh hubungan Anda dengan orang lain. Akun restrict masih bisa berkomentar, namun komentar hanya dilihat oleh Anda dan akun orang itu saja. Pengguna lain tidak bisa melihat komentar yang sudah restrict di postingan Anda.

Manfaat Menggunakan Opsi Block dan Restrict di Instagram

Setelah tahu perbedaannya, sekarang Anda bisa menggunakan dua opsi laporan komentar untuk mengamankan akun. Manfaatkan fitur laporan tersebut dengan baik agar nyaman saat bermain Instagram. Berikut saran untuk memanfaatkan fitur laporan komentar di Instagram.

1. Spam

Satu hal yang harus diwaspadai pengguna sosial media adalah perilaku spam. Perilaku ini bisa juga disebut pesan tanpa henti, sehingga menyebabkan kolom komentar dipenuhi satu akun saja. Beda block dan restrict di Instagram tentu saja cara mengatasinya berbeda juga.

Jika spam itu dilakukan oleh orang asing, Anda bisa melakukan block pada akun tersebut. Tapi jika pelakunya adalah teman sendiri, restrict dapat dilakukan untuk hindari kesalahpahaman. Terkadang teman juga bisa bercanda dengan mengirim pesan secara terus menerus.

2. Ujaran Kebencian

Selain spam, ujaran kebencian juga harus Anda waspadai karena berisikan komentar negatif. Melihat beda block dan restrict di Instagram, Anda tahu bagaimana cara menyikapi perilaku tersebut. Block akun supaya postingan Instagram tidak dicemari oleh komentar negatif.

Ujaran kebencian sangat berbahaya karena bisa membawa ras, agama dan kepercayaan. Saat ini, banyak cara untuk menjatuhkan orang melalui sosial media. Salah satu caranya dengan mengirimkan komentar negatif, agar orang lain berpikir buruk tentang postingan tersebut.

3. Informasi Palsu

Berbeda dengan ujaran kebencian, komentar berisi informasi palsu pada dasarnya tuduhan. Anda mendapat tuduhan terkait informasi yang tidak benar adanya. Informasi palsu tentunya dapat merugikan Anda dan orang lain karena dipublikasi untuk menciptakan opini.

Beda block dan restrict di Instagram, berbeda juga cara menanggapinya. Jika informasinya sangat merugikan, maka block akun tersebut agar tidak menyebar terlalu jauh. Namun Anda juga harus melihat opsi lain seperti pemblokiran akun Instagram agar pelakunya dihilangkan.

4. Pesan Promosi

Terakhir, sosial media juga sering digunakan untuk melakukan kegiatan promosi. Biasanya di bagian kolom komentar influencer, banyak pesan promosi. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan hal itu, maka restrict saja komentarnya agar tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Dengan fitur restrict, komentar tidak akan dilihat oleh orang lain sehingga postingan tetap aman. Terlebih lagi, hanya Anda saja yang dapat melihat komentar itu di Instagram. Pastinya keempat masalah ini dapat diatasi dengan fitur Instagram baik itu block atau restrict.

Fitur Anti Bullying Instagram yang Bermanfaat

Terlepas dari beda block dan restrict di Instagram, Anda juga harus mengetahui bahwa fitur ini sangat bermanfaat. Fitur Anti Bullying yang diterapkan oleh Instagram, dapat mencegah pemilik akun merasakan tekanan dari kejamnya ketikan orang asing di media sosial.

Semua orang pasti tahu, sosial media sekarang sudah tidak aman lagi. Seringnya terjadi Bullying dengan ujaran kebencian dan penyebaran informasi palsu benar-benar sangat meresahkan. Oleh sebab itu, Instagram menyediakan fitur laporan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan.

Orang yang terbukti bersalah akan dihapus akunnya sehingga tidak bisa berbuat jahat lagi. Block dan Restrict hanya digunakan untuk membatasi orang lain agar tidak mengakses Instagram Anda terlalu dalam. Tujuannya tentu untuk menghindari Bullying dan mengamankan komunitas.

Mulai dari sekarang, laporkan akun yang tidak benar secara langsung di Instagram. Adanya fitur laporan membantu kita merasakan keseruan sosial media. Beda block dan restrict di Instagram perlu dipahami agar tidak salah sasaran saat menggunakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel