Cara Keluar dari Grup WhatsApp dengan Sopan Tanpa Sungkan

Cara keluar atau left dari grup WhatsApp dengan sopan membantu Anda keluar grup tanpa harus merasa sungkan. Perlu diketahui WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang di dalamnya bisa membuat grup-grup khusus untuk pengguna.

Adanya grup-grup yang dibuat khusus memberikan banyak kemudahan terutama dalam koordinasi, menyampaikan berita dan lainnya. Tidak heran jika cara ini digunakan untuk kemudahan dalam berbisnis dan bekerja.

Karena mudahnya membuat grup tersebut terkadang membuat Anda merasa tidak nyaman namun terlanjur bergabung. Jika keluar mendadak akan menimbulkan kesan tidak enak sehingga harus menggunakan cara khusus.

Namun sebelum membahas tentang cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan sebaiknya ketahui dulu keunggulan serta kekurangannya. Tujuannya sebagai bahan pertimbangan sebelum akhirnya keluar dari grup tersebut.

Cara Keluar dari Grup WhatsApp dengan Sopan Tanpa Sungkan

Keunggulan Masuk dalam Grup WA

Perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan mencari cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan. Karena berbagai keunggulan yang dirasakan langsung oleh banyak pengguna sehingga saat ini jumlah grup-grup WA sangat banyak.

1. Menjalin silaturahmi

Banyak teman yang bergabung dalam sebuah grup tentu membuat Anda bisa tetap menjalin silaturahmi lebih mudah. Misalnya keluarga besar, teman sekolah dari SD sampai kuliah, rekan kerja dan banyak lainnya.

Tidak hanya membahas tentang hal-hal penting yang sifatnya serius. Namun juga bisa sekedar bercanda secara online melalui chat atau sekedar menanyakan kabar untuk semua orang.

2. Memudahkan koordinasi

Memberikan kemudahan dalam hal koordinasi untuk berbagai keperluan yang Anda butuhkan. Misalnya akan mengadakan acara reuni maka koordinasi bisa lebih cepat dan mudah dilakukan.

3. Kemudahan dalam memberi instruksi

Sedangkan bagi bisnis atau perusahaan memberikan kemudahan kepada pimpinan dalam memberikan instruksi. Misalnya ada rapat dadakan maka bisa langsung diinformasikan ke semua karyawan tanpa harus chat pribadi.

Bayangkan jika tidak ada grup semacam ini tentu pimpinan perusahaan harus memberikan informasi secara manual. Misalnya menempelkan pengumuman rapat di papan pengumuman atau chat satu per satu karyawan.

4. Informasi cepat didapatkan

Saat ini dimana dunia berjalan begitu cepat maka kecepatan informasi juga sangat diperlukan. Dengan memakai grup WA berbagai informasi lebih cepat dan mudah untuk disampaikan ke banyak orang.

5. Menambah teman

Tergabung grup-grup WA dengan banyak anggota ternyata bisa memberikan keuntungan menambah teman. Jadi jangan gunakan cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan jika Anda ingin memperbanyak jumlah teman.

Kekurangan Bergabung dengan Grup WA

Terkadang cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan dibutuhkan karena pengguna merasakan banyak kekurangan. Beberapa kekurangan yang dianggap sudah cukup meresahkan sehingga memutuskan untuk keluar saja.

1. Memori handphone cepat penuh

Informasi yang dikirimkan terkadang tidak hanya dalam bentuk teks saja namun bisa berupa foto dan video. Maka hal ini dapat menyebabkan memori handphone Anda menjadi lebih cepat penuh.

Mengunduh video yang dikirimkan juga memakan paket data sehingga lebih boros. Apalagi video tersebut berukuran besar dan memiliki durasi panjang jelas makin boros lagi.

2. Menghabiskan daya baterai

Kekurangan kedua yaitu lebih cepat menghabiskan daya baterai dibandingkan pemakaian normal. Hal ini disebabkan karena anggota terus saling mengirimkan pesan atau melakukan aktivitas meskipun Anda tidak merespon.

3. Menyita waktu

Banyaknya pesan yang masuk terkadang menyita waktu untuk membaca satu per satu pesan tersebut. Jika dilewatkan begitu saja takutnya ada informasi terlewatkan namun jika dibaca jelas menyita waktu.

4. Banyak notifikasi masuk

Sebagian besar pengguna mencari cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan karena terganggu dengan notifikasi. Ketika ada anggota mengirimkan pesan maka notifikasi akan masuk ke handphone Anda.

Jika terus menerus melakukan aktifitas dapat dibayangkan sendiri seberapa banyak notifikasinya. Tidak heran jika akhirnya memutuskan untuk keluar saja daripada terganggu terus menerus.

5. Informasi hoax dan tidak penting

Kekurangan lainnya yaitu risiko masuknya informasi hoax seperti mengirimkan informasi tanpa diketahui kebenarannya. Bahkan informasi tidak penting juga disampaikan karena dijadikan sebagai bahan lelucon oleh sesama anggotanya.

Cara Keluar dari Grup Whatsapp dengan Sopan

Jika memang sudah dipertimbangkan dengan baik namun tetap ingin keluar saja dari grup tersebut. Maka gunakan saja cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan agar tidak menyinggung dan tidak merasa sungkan.

Hanya dibutuhkan beberapa langkah saja sampai Anda bisa terbebas dari grup tersebut dengan baik-baik. Coba perhatikan panduannya berikut ini untuk Anda coba ikuti nanti saat akan keluar.

Langkah Pertama
Peertama cari dulu grup yang akan Anda tinggalkan kemudian buka dan masuk ke grupnya.

Langkah Kedua
Seetelah itu berikan informasi jika Anda ingin meninggalkan grup dengan memberikan alasan terbaik. Gunakan bahasa yang baik, sopan dan enak dibaca oleh sesama anggota yang masih bertahan.

Contoh bahasa yang baik: sampaikan salam, kemudian sampaikan permintaan maaf karena akan meninggalkan grupnya. Setelah itu berikan alasan kenapa harus keluar dan tidak menjadi anggota lagi.

Tidak perlu panjang lebar menjelaskan alasannya misal dengan mengatakan “Saya ijin keluar karena mau fokus belajar, maaf jika ada kesalahan dan terimakasih”.

Langkah Ketiga
Cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan selanjutnya yaitu dengan klik keluar grup pada bagian kanan atas. Jika sudah hapus grupnya agar berbagai informasi yang ada ikut terhapus juga.

Keluar dari grup WA dengan sopan dan baik-baik membantu Anda menjaga silaturahmi tetap baik. Tidak menyinggung anggota lain dan merasa nyaman karena bisa meninggalkan komunitas yang tidak sesuai dengan Anda.

Sebaiknya jangan terima semua tawaran masuk ke grup-grup tertentu tanpa dipertimbangkan dengan baik. Sehingga tidak harus selalu menggunakan cara keluar dari grup WhatsApp dengan sopan dengan membatasi jumlah grupnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel