Cara Mengembalikan Semua History Chat WhatsApp yang Terhapus Hari Ini

Beberapa pengguna mencari cara mengembalikan semua history chat WhatsApp yang terhapus hari ini karena terkadang tidak sengaja terhapus. Padahal bisa jadi di dalamnya berisi informasi atau kontak penting dan belum sempat disimpan.

Ada cukup banyak hal dapat terjadi sehingga menyebabkan pesan-pesan Whatsapp terhapus. Bisa jadi Anda menggunakan menu clear all chat atau delete for me, smartphone rusak, tidak sengaja reset, dan masih banyak alasan lainnya.

Pesan Whatsapp hilang padahal berisi informasi-informasi penting, pasti akan membuat Anda kebingungan. Oleh sebab itu, cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini akan sangat membantu mengatasi hal tersebut.

Ada beberapa langkah dapat Anda gunakan untuk mendapatkan kembali pesan-pesan Whatsapp terhapus. Langkah-langkahnya juga cukup mudah sehingga Anda dapat mengikutinya tanpa harus membawanya ke profesional.

Cara Mengembalikan Semua History Chat WhatsApp yang Terhapus Hari Ini

Cara Mengembalikan Semua History Chat WhatsApp yang Terhapus Hari Ini

Sebenarnya, ada beberapa cara mengembalikan semua history chat WA yang cukup mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah untuk bisa Anda lakukan jika ingin mengembalikan lagi pesan terhapus.

1. Melalui Backup

Backup adalah salah satu hal penting untuk dilakukan, sebab akan sangat berguna di saat-saat darurat seperti pesan Whatsapp terhapus. Jadi, sebelum terlambat ada baiknya untuk rutin melakukan pencadangan.

Aplikasi Whatsapp memang sudah menyediakan pilihan waktu untuk pencadangan, bisa setiap hari, minggu, tahun, atau tidak sama sekali. Ubah pengaturan tersebut agar setidaknya dapat dilakukan seminggu sekali.

Ini karena cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini paling mudah adalah melalui backup. Jadi ketika ada pesan hilang atau terhapus karena alasan-alasan tertentu, Anda bisa lebih cepat mengembalikannya.

Tempat untuk backup sendiri cukup bervariasi, tergantung dengan smartphone Anda. Jika Anda pengguna Android, umumnya Whatsapp menyetorkan file-file ke Google Drive, sedangkan smartphone iPhone akan masuk pada iCloud.

Anda tinggal masuk pada Settings > Chats > Chat backup, selanjutnya periksa pesan hilang di dalam pencadangan terakhir. Jika masih ada di dalamnya, maka cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini akan lebih mudah.

2. Backup Otomatis

Aplikasi Whatsapp memiliki fitur otomatis yang dilakukan secara default sehingga salinan chat tersimpan di penyimpanan lokal smartphone Anda. Pencadangan akan berjalan secara otomatis setiap hari pukul 02.00 dan akan tersimpan dalam seminggu.

Dengan begitu, Anda memiliki waktu selama tujuh hari jika ingin mengembalikan pesan-pesan yang hilang. Sayangnya, metode pencadangan secara otomatis ini tidak dapat dilakukan jika Anda menggunakan iPhone.

Untuk mencoba cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini menggunakan backup otomatis bisa menggunakan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Masuk ke File Manager, klik Whatsapp > Database folder
  • Pilih folder dengan nama ‘msgstore.db.crypt12’ selanjutnya tinggal Anda ubah namanya menjadi ‘msgstore_BACKUP.db.crypt12’ yang merupakan pencadangan terakhir oleh Whatsapp
  • Nantinya akan terdapat banyak file di dalam folder tersebut dengan nama ‘msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12’, Anda hanya perlu memilih tanggal paling baru dan merubahnya menjadi ‘msgstore.db.crypt12’.
  • Selanjutnya buka Google Drive dan hapus file-file Whatsapp di sana sehingga aplikasi kan memulihkan backup pada penyimpanan lokal
  • Uninstall Whatsapp dan install kembali. Ketika muncul perintah ‘restore’ atau ‘pilihkan’ chat, aplikasinya akan mengambil file-file dari smartphone Anda
  • Pilik ‘next’ atau ‘restore’ agar chat-chat yang terhapus dapat dikembalikan

3. Melalui Google Drive

Cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini selanjutnya dapat digunakan jika Anda menggunakan smarphone Android. Selain itu, Anda juga harus sudah melakukan pencadangan sebelum melakukan langkah-langkah seperti berikut.
  • Uninstall Whatsapp dari perangkat dan download kembali melalui Google Play Store
  • Lakukan log in seperti biasanya dan verifikasi nomor telepon. Selanjutnya akan ada notifikasi ‘restore’ atau ‘pulihkan’ dari Google Drive, pilih ‘iya’ dan kemudian ‘next’
  • Whatsapp nantinya akan mengembalikan semua pesan yang masuk dalam file backup meskipun sebelumnya sudah terhapus.
Terkadang cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini menggunakan Google Drive tidak berhasil karena Whatsapp tidak mendeteksi adanya pencadangan. Jika Google Drive mengalami hal tersebut, bisa jadi karena beberapa penyebab.

Kemungkinan pertama, Anda tidak masuk menggunakan akun Google atau nomor yang sama ketika membuat pencadangan. Kemungkinan selanjutnya adalah kartu SD atau riwayat chat rusak, bisa jadi juga file pencadangan di Google Drive maupun perangkat tidak ada.

Apabila Anda tidak bisa membuat pencadangan pada Google Drive, maka penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut. Pastikan jika Anda sudah menambahkan akun Google dan sudah ada layanan Google Play di perangkat.

Jika cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini dilakukan menggunakan data seluler, pastikan jika Anda memiliki data untuk Whatsapp maupun Google Play. Anda bisa menghubungi operator seluler jika merasa kurang yakin.

Anda juga dapat melakukan pencadangan menggunakan jaringan berbeda. Misalnya saja dengan menghubungkan smartphone dengan Wi-Fi apabila tidak bisa melakukan pencadangan data dan pesan melalui data seluler.

4. Melalui iCloud

Tidak perlu merasa khawatir, sebab pengguna iOS juga bisa menggunakan cara mengembalikan semua history chat WA ini melalui iCloud. Caranya juga tidak jauh berbeda seperti langkah-langkah berikut.
  • Uninstall Whatsapp, lalu instal kembali, buka dan lakukan log in seperti biasanya
  • Ketika muncul perintah ‘restore’ atau ‘pulihkan, pilih iya dan klik ‘next’
  • Setelah itu, Whatsapp akan mengambil file-file backup yang sudah tersimpan di iCloud
  • Tunggu beberapa saat sampai semua pesan kembali sesuai file backup
Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan untuk berbagi informasi penting. Oleh sebab itu, cara mengembalikan semua history chat WA yang terhapus hari ini dapat dilakukan jika pesan-pesan penting tidak sengaja terhapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel