Begini Cara Menggunakan Aplikasi Kasir untuk Usaha Anda

Penggunaan aplikasi kasir sudah menjadi salah satu hal yang sangat menarik bagi banyak penjual. Bagaimana tidak, di aplikasi ini Anda akan mendapatkan berbagai fitur keuangan dan laporan transaksi yang lengkap untuk segala aktivitas penjualan.

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan tidak lain adalah. Aplikasi lengkap Majoo bahkan bukan sekedar aplikasi kasir biasa. Anda juga bisa mendapatkan aplikasi wirausaha seperti untuk manajemen karyawan, akuntansi, dll.

Secara umum penggunaan aplikasi kasir tidak jauh berbeda. Sebelum membeli atau berlangganan, Anda sebaiknya tahu bagaimana cara menggunakannya.

5 Langkah Mudah Memulai Aplikasi Kasir

Begini Cara Menggunakan Aplikasi Kasir untuk Usaha Anda

Adapun cara menggunakan aplikasi kasir sangatlah mudah. Namun memang perlu adanya latihan khusus terutama jika Anda belum terbiasa dengan aplikasi sejenis.

Untuk memulai penggunaan aplikasi kasir, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Mulai dari aplikasinya sendiri, device yang digunakan untuk pencatatan transaksi, dan beberapa hal lainnya.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai aplikasi tersebut, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Pasang perangkat kasir dengan tepat

Memasang perangkat seperti tablet dan dudukan kasir menjadi hal pertama yang perlu dilakukan setelah Anda memutuskan untuk berlangganan dan mendapatkan device dari pihak vendor aplikasi kasir.

Jika kesulitan untuk memasangnya, jangan segan untuk meminta bantuan kepada pihak vendor tersebut untuk melakukan pemasangan paket.

2. Install aplikasi kasir

Setelah itu, Anda bisa langsung menginstal aplikasi kasir di tablet atau perangkat yang sudah tersedia.

Jangan lupa untuk membuat akun aplikasi kasir, terutama jika Anda masih baru menggunakan aplikasi tersebut.

3. Login dengan akun aplikasi kasir dan pilih layanan yang tersedia.

Selanjutnya, login ulang dengan akun yang sudah Anda buat. Anda juga bisa langsung memilih layanan yang tersedia, baik layanan yang premium hingga yang standar.

Tentu saja perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget dimiliki. Keuntungan dari aplikasi kasir ini tidak hanya bisa membuat satu akun saja. Jika ada beberapa karyawan kasir yang bekerja, maka Anda bisa membuat masing-masing satu akun.

Cara ini akan membedakan mana transaksi dari setiap kasir sehingga Anda bisa tahu performa masing-masing. Khususnya untuk usaha retail di mana biasanya kasir dapat membantu meningkatkan penjualan.

4. Gunakan layanan sesuai paket berlangganan

Adapun cara menggunakan aplikasi kasir selanjutnya tentu saja menggunakan layanan yang telah disediakan oleh pihak aplikasi kasir.

Tidak hanya sekedar mencatat transaksi, namun juga Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk menyesuaikan stok barang, variasi produk, dan sebagainya.

5. Download/ekstrak laporan sesuai kebutuhan toko

Setelah periode tertentu, Anda juga bisa men-download laporan keuangan dan kebutuhan toko.

Anda juga bisa langsung mengklik tombol Download pada database yang telah disediakan. Untuk selanjutnya, data tersebut-lah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan analisis penjualan.

Tips Menggunakan Aplikasi Kasir.

Dalam memilih dan menggunakan sebuah aplikasi kasir, tentu tidak boleh sembarangan.

Saat ini memang ada berbagai macam aplikasi kasir yang bisa digunakan secara mudah, namun tidak semua memiliki fitur khusus yang bisa membantumu menjalankan segala transaksi.

Oleh karenanya, ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan dalam melakukan pemilihan dan penggunaannya, yakni sebagai berikut.

1. Memilih aplikasi yang terpercaya

Penggunaan aplikasi yang terbaik memang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis dan transaksi kasir Anda.

Pilihlah aplikasi yang sudah banyak direkomendasikan dengan berbagai fitur yang lengkap dan dengan harga yang terjangkau. Dalam hal ini Anda bisa memilih aplikasi Majoo yang sudah terpercaya.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Anda juga tidak boleh asal memilih aplikasi kasir. Dengan banyaknya aplikasi, tentunya ada beragam pilihan fitur yang disediakan.

Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang memang cocok dengan kebutuhan toko retail atau usaha kuliner Anda.

3. Berkonsultasi dengan pihak customer service

Jika masih kesulitan dalam mengetahui cara menggunakan aplikasi kasir, jangan segan untuk bertanya kepada pihak customer service aplikasi tersebut.

Tentunya, mereka menyediakan staf khusus untuk para penjual sehingga dapat menggunakan fitur di aplikasi kasir ini.

Bagaimana, cukup mudah dijalankan, bukan? Kini Anda tidak akan kesulitan lagi dalam memilih bahkan menggunakan aplikasi kasir baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel

close