5 Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur

Cara mengatasi Overthinking Sebelum Tidur menjadi masalah utama banyak orang belakangan ini. mengingat rumitnya permasalahan yang sedang dialami sehingga mendorong banyak orang sulit untuk menenangkan diri.

Biasanya seseorang saat ingin tidur lalu bergegas berangkat ke kasur namun setelah berada diatas tempat tidur malah sulit tertelap. Artinya Anda tidak benar-benar tidur namun masih memikirkan sesuatu.

Terlebih lagi jika situasi dan kondisi ternyata tidak mendukung seperti beberapa waktu belakangan ini. sehingga membuat seluruh kegiatan mulai dari bekerja, sekolah, berdagang dan lainnya dikerjakan melalui internet atau online.

Dampak besar dari budaya baru tersebut yakni semakin berantakannya pola tidur, pola makan. Selalu ada kesulitan ketika seseorang ingin hidup normal kembali dibutuhkan effort yang kuat dan motivasi untuk disiplin.

Sebenarnya terlalu memikirkan sesuatu itu bukanlah hal negatif bahkan sebagai manusia intelektual harus selalu berfikir. Namun disisi lain jika itu dilakukan secara berlebih tentunya akan memberikan dampak buruk juga.

Mengetahui Apa Itu Overthinking Lebih Dalam

5 Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur

Cara mengatasi Overthinking Sebelum Tidur memang menjadi tantangan tersendiri, tidaklah mudah untuk mengontrol pikiran. Pasalnya pikiran selalu berjalan dan bergerak secara liar dan alami akan tetapi itu bukan hal yang mustahil.

Overthinking sering diartikan banyak berpikir, itu tidak salah karena jika translate ke bahasa Indonesia memang itu artinya. Itu bisa terjadi ketika otakmu sedang memikirkan sesuatu secara terus menerus.

Awalnya itu tidak sengaja namun pada akhirnya seperti terpaksa untuk terus memikirkan itu, selanjutnya akan memicu kekhawatiran berlebih. Para psikolog juga sudah banyak memperingati bahaya kecemasan berlebih.

Sebenarnya pemikiran terbagi menjadi 2 bagian ketika overthinking, yakni pemikiran akan masa lalu dan pemikiran masa depan. Jika masa lalu biasanya berkaitan dengan rasa penyesalan dan masih belum bisa lapang dada menerimanya.

Cara mengatasi Overthinking Sebelum Tidur salah satu tips nya mengetahui kedua bagian hal yang selalu dipikirkan tersebut. yakni terbagi menjadi dua, jika memikirkan masalah masa depan biasanya mengenai kekhawatiran mengenai kehidupan mendatang.

Beberapa orang percaya penyebab hadirnya rasa berpikir berlebih atau overthinking yakni diakibatkan terlalu banyak waktu untuk diri sendiri. Dan juga ketika menemukan suatu masalah selalu memikirkannya seorang diri.

Mempergunakan kinerja otak secara berlebih itu tentunya kurang baik untuk kesehatan, pasalnya akan banyak energi yang akan kita keluarkan. Oleh karena itu jangan terlalu banyak memikirkan yang sebenarnya tidak bisa kita kontrol.

Cara Cepat Tidur Tanpa Overthinking

Cara mengatasi Overthinking Sebelum Tidur memang sudah sempat dibicarakan sebelumnya. cara paling mudah yakni jangan memikirkan sesuatu yang tidak bisa Anda kontrol namun itu masih sangat umum berikut cara lebih mudahnya.

1. Pola Tidur

Pola tidur memang sudah menjadi masalah besar untuk banyak orang namun perlu diketahui banyak cara untuk mengatur hal tersebut. karena tubuh membutuhkan waktu istirahat cukup untuk memaksimalkan setiap kinerjanya.

Mulai mendisiplinkan dari waktu tidur, usahakan tidur dan bangun di jam yang sama. Itu bisa dimulai dari satu hari dan seterusnya, walaupun libur usahan masih mengikuti pola yang sama seperti sebelumnya.

2. Pola Olahraga

Cara mengatasi Overthinking Sebelum Tidur selanjutnya yakni mengenai olahraga, sudah terbukti bahwa olahraga sangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa penelitian menunjukan pengaruh terdapat kesehatan rohani.

Agar tidak selalu memikirkan kecemasan dan kekhawatiran maka sebaiknya olahraga minimal 30 menit agar bisa meningkatkan hormon kebahagiaan. Ini sudah seperti dopamin, endorfin dan juga serotonin.

Manfaat dari olahraga yakni menghasilkan 3 hormon tersebut, tentunya berguna untuk mereleksasikan tubuh. Sehingga memiliki kualitas tidur yang baik dan juga kesehatan tubuh disektor lain tetap terjaga.

3. Jauhi Kafein, Nikotin dan Alkohol

Sudah bukan rahasia umum jika ketiga kandungan diatas dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh manusia. Kafein ketika banyak dikonsumsi akan menyebabkan sulit tidur karena akan mengurangi hormon melantonin.

Melatonin sangat berperan penting untuk kepulasan tidur seseorang. selanjutnya yakni nikotin, nikotin sudah terbukti akan membuat tidak nyenyak tidur pastinya akan sering terbangun karena secara tidak sadar tubuh membutuhkan nikotin.

Cara mengatasi Overthinking Sebelum Tidur selanjutnya yakni harus bisa menghindari bahkan tidak perlu mengkonsumsi alkohol. Para dokter sudah sering memperingatkan bahwa alkohol dapat menyebabkan Anda sulit mendapat Rapid Eye Movement (REM).

4. Pola Makan

Kali ini pola makan menjadi sorotan juga, pasalnya sudah sering dibicarakan bahwa makan sebelum tidur itu bahaya. Artinya makan besar sebelum tidur itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Dengan pencernaan yang terganggu itu akan menganggu waktu tidur seseorang. banyak orang membuktikan makan sebelum tidur dapat menyebabkan naikan berat badan, karena metabolisme melambat ketika tertidur.

5. Tidur Siang

Di beberapa negara maju sudah sangat memperhatikan manfaat dari tidur siang. Beberapa orang juga meyakini bahwa ketika tidur siang itu bisa menambah produktivitas. Namun tetap tidur masih dalam batasan tertentu.

Pola tidur siang terbaik menurut penelitian yakni hanya sekitar 10 sampai 30 menit saja karena disitu akan tubuh akan merasakan efek relaksasi, memperbaiki suasana hati dan juga mengurangi efek kelelahan.

Namun yang perlu menjadi catatan yakni jangan sampai tidur siang berlebih, perlu diketahui juga jangan samakan tidur siang dan makan. Orang luar biasanya memberikan istilah untuk tidur siang yakni nap artinya hanya sebentar sekitar 10-30 menit saja.

Overthinking memang sudah menjadi masalah banyak orang, tetapi perlu diingat semua itu bisa dipulihkan kembali. Untuk mengurangi overthinking tentunya membutuhkan banyak informasi mengenai Cara mengatasi Overthinking Sebelum Tidur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel