5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget

5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget

Banyak orang tua mulai mencari cara mengatasi anak kecanduan main handphone atau gadget. Perkembangan jaman membuat banyak anak-anak mulai lebih suka memegang smartphone dari pada melakukan aktivitas sosial lain.

Jika mengingat era tahun 90-an dan 2000-an, banyak anak kecil sibuk bermain di luar. Bermain sepak bola, egrang, dan permainan tradisional lain menjadi aktivitas rutin. Namun, sekarang semua itu menghilang.

Banyak remaja lebih suka memegang smartphone dan bermain game. padahal, jika dilihat dari beberapa sisi maka hal ini sangat berisiko. Terutama mental anak yang belum sepenuhnya matang untuk mengakses internet.

Melihat hal tersebut, banyak orang tua mulai khawatir. Kekhawatiran ini muncul setiap saat ketika melihat sang anak mulai tidak memperdulikan hal sekitar. Bisa dikatakan bahwa hal tersebut sangat membahayakan. Nah, berikut adalah 5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget.

1. Memberikan Contoh yang Baik dan Berharga

5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang anak akan meniru setiap aktivitas yang dilakukan oleh orang tuanya. Oleh sebab itu, memberikan contoh yang baik akan memberikan pengetahuan berharga bagi seorang anak.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi anak kecanduan main handphone atau gadget adalah dengan memberikan contoh baik. Setiap orang tua harus memberikan contoh yang baik sehingga bisa ditiru.

Masalah yang sering terjadi adalah orang tua sering membiarkan hal ini lalai. Anak sering diberikan perlakuan manja sehingga lupa akan tujuannya. Memberikan perhatian tentu harus dibarengi dengan contoh baik.

Cobalah untuk menularkan pengetahuan bahwa bermain smartphone terlalu lama bisa berbahaya. Ceritakan beberapa kasus yang terjadi akibat terlalu lama bermain gadget. Jadi bisa dijadikan sebagai pengetahuan.

Ketika sejak kecil sudah diberikan contoh baik, maka akan mudah memberikan penjelasan. Namun, menyediakan contoh baik jangan hanya melalui ucapan. Buktikan juga dengan tindakan sehingga memberikan kesan lebih kuat.

Cara mengatasi anak kecanduan main handphone atau gadget ini tentu mudah diucapkan. Namun, bagi orang dewasa mungkin sulit dilakukan. Oleh sebab itu, perlu kemantapan hati ketika ingin memberikan contoh baik.

2. Mengajarkan Mengapa Pentingnya Menahan Diri

5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget

Cara kedua adalah menyediakan informasi bahwa terlalu lama bermain handphone tidak baik bagi kesehatan. Biasanya, anak mudah lupa waktu ketika sudah bermain handphone. Hal inilah yang harus dihindari.

Biasanya, kebanyakan anak memegang gadget hanya untuk bermain game atau bermain sosial media. Bermain game mungkin bisa membantu pertumbuhan anak. Namun, jika hal itu dilakukan sesuai porsinya sendiri.

Sayangnya, hadirnya banyak aplikasi seperti Instagram, Tiktok, dan sebagainya memberikan dampak negatif bagi mental anak. Mereka terlalu memaksakan diri untuk terlihat eksis di sosial media, padahal belum cukup umur.

Di sini peran orang tua untuk memberikan arahan menahan diri sangat penting. Apa yang terjadi ketika selalu bermain game online. Dampak buruk apa yang disebabkan ketika sering bermain sosial media.

Ketika ajakan untuk menahan diri bisa diterapkan, maka ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak kecanduan main handphone atau gadget. Jika tidak efektif, maka bisa menggunakan cara selanjutnya.

3. Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget dengan Membatasi Penggunaannya

5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget

Cara selanjutnya adalah memberikan batasan penggunaan handphone kepada anak. Ada sebuah penelitian tentang pedoman screen time. Pedoman tersebut dikeluarkan oleh The American Academy of Pediatrics.


Kategori anak usia 2 tahun sebaiknya tidak diberikan akses terhadap handphone. Biarkan mereka tumbuh dan berkembang layaknya seorang balita. Ini juga demi menjaga kesehatan mental supaya tumbuh sesuai usianya.
Kategori usia 4 tahun bisa diberikan akses terhadap gadget. Namun, ada batasan waktu, yaitu selama 2 jam saja setiap hari. Selebihnya biarkan mereka bermain dengan teman sebayanya.
Kategori usia 5 tahun ke atas berikan akses lebih banyak. Namun, jangan sampai akses terhadap gadget tidak melebihi 2 jam sehari. Hal ini sangat penting untuk masa pertumbuhannya.
Dengan memberikan batasan yang tepat, maka akan menimbulkan pola kebiasaan baru. Bisa juga ketika ada batasan seperti ini memberikan efek positif bagi sang buah hati.

4. Memberikan Jadwal Khusus Kepada Sang Buah Hati

5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget

Jika ingin memberikan akes bermain gadget kepada sang buah hati, maka bisa memberikan jadwal khusus. Ada beberapa waktu di mana sang buah hati bisa bermain handphone sepuasnya.

Misalnya memberikan jadwal 1 jam setiap hari di waktu tertentu. Biasanya, waktu terbaik memberikan akses gadget adalah pagi sebelum jam 12 siang. Selebihnya usahakan jangan memberikan akses kepada buah hati.

Di luar jam tersebut, ada baiknya memberikan kegiatan alternatif. Akan lebih baik lagi jika orang tua memiliki waktu lebih banyak kepada buah hati. Hal ini juga snagat penting bagi perkembangannya.

Semakin sering orang tua menghabiskan waktu bersama anaknya, maka kepribadiannya juga akan berubah. Bisa jadi nantinya akan membuatnya lebih jarang memegang gadget karena dianggap kurang penting.

5. Tidak Memberikan Akses Penuh

5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone atau Gadget

Cara mengatasi anak kecanduan main handphone atau gadget selanjutnya adalah tidak memberikan akses penuh. Apa maksudnya? Upayakan sebelum menggunakan gadget, buah hati meminta izin terlebih dahulu.

Hal ini bisa membentuk pola pikir untuk menggunakan handphone secara bijak. Meminta izin setiap kali ingin menggunakan gadget. Kemudian setelah waktunya habis, bisa mengembalikannya kembali.

Akan lebih baik lagi jika setiap kali selesai digunakan sang buah hati bercerita aktivitas apa saja yang dilakukan. Bukan bermaksud untuk membatasinya, tapi bertujuan supaya menghindari akses yang tidak semestinya.

Dengan cara-cara seperti ini maka setidaknya buah hati bisa mengurangi bermain handphone. Memang terdengar keras kepada anak. Namun, lebih baik seperti ini demi perkembangan mentalnya lebih baik.

Kepedulian orang tua memang sudah sewajarnya. Namun, bukan berarti harus memanjakan dengan memberikan akses bermain handphone. Setidaknya cara mengatasi anak kecanduan main handphone atau gadget akan membantu para orang tua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel