Jenis-Jenis Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget

Kecenderungan akan bermain handphone membuat banyak orang tua mencari mainan alternatif pengganti HP. Memang dalam beberapa sisi handphone cukup membantu. Namun, jika terlalu sering akan menimbulkan dampak negatif.

Saat ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa gadget selalu melekat pada setiap orang. Hampir semua orang tidak bisa hidup tanpa gadget. Namun, apakah hal tersebut wajar bagi seorang anak?

Jika untuk orang dewasa, hal tersebut memang wajar. Faktor pekerjaan dan aktivitas lain sangat bergantung pada handphone. Sedangkan bagi seorang anak paling mentok adalah untuk bermain game.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi penggunaan secara berlebihan, ada beberapa alternatif yang bisa dipakai. Tentunya menggantinya dengan beberapa permainan tradisional. Jangan khawatir, beberapa permainan sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Kelereng, Mainan Anak Tanpa Radiasi

Jenis-Jenis Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget

Era tahun 90-an dan 2000-an pasti tidak akan asing dengan permainan satu ini. Dulu, permainan kelereng hampir bisa ditemui di setiap sudut desa. Namun, saat ini hampir mustahil menemukannya.

Meskipun begitu, jika para orang tua mau mengajak sang buah hati bermain kelereng maka ini adalah hal baik. Apalagi, permainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang sekaligus. Jadi akan menyenangkan.

Bermain kelereng jika bisa dipakai sebagai sarana saling berkomunikasi dengan orang lain. Permainan ini mengharuskan interaksi dengan orang lain. Tentu ini sangat baik bagi pertumbuhan anak terhadap lingkungannya, bukan?

Selain itu, salah satu yang menarik dari permainan kelereng adalah tanpa radiasi. Berbeda dengan bermain gadget yang penuh radiasi. Kelereng justru 100% bebas radiasi dan aman bagi anak kecil.

Ada baiknya jika mengajarkan bermain kelereng sejak dini. Hal ini bisa dipakai untuk mengurangi intensitas anak menggunakan gadget. Orang tua juga bisa lebih tenang ketika meninggalkan anaknya sendirian.

Fidget Spinner yang Sangat Viral

Jenis-Jenis Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget

Beberapa tahun lalu, fidget spinner sangat terkenal sampai menjadi viral. Sayangnya kepopulerannya cepat meredup. Sempat viral dan kemudian cepat juga meredup hingga sekarang dilupakan banyak orang.

Faktanya, fidget spinner sangat menyenangkan dan menyegarkan. Melipat sebuah spinner yang berputar dengan warna warni berubah setiap saat cukup menyenangkan. Tidak heran jika dulu fidget spinner sangat populer.

Untuk mengurangi intensitas sang buah hati bermain handphone, fidget spinner bisa menjadi alternatif terbaik. Coba berikan beberapa jenis fidget spinner untuk hiburan. Tambah intensitasnya jika sang buah hati mulai tertarik.

Menariknya lagi adalah ada banyak sekali tipe fidget spinner. Bentuknya bervariasi dan ukurannya juga beragam. Wajar jika fidget spinner sangat cocok untuk pengganti gadget, bukan?

Salah satu keunikan dari fidget spinner adalah meningkatkan daya konsentrasi. Sangat bermanfaat jika sang anak mampu memiliki konsentrasi tinggi. Jadi biasakanlah sang buah hati dengan fidget spinner sejak dini.

Bermain Lego dengan Suasana Menyenangkan

Jenis-Jenis Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget

Siapa yang tidak mengenal permainan satu ini. Rasanya hampir semua orang mengerti dan pernah memainkannya, setidak sekali. Lego bisa jadi mainan alternatif pengganti HP yang sangat menyenangkan, bukan?

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengenalkan lego kepada buah hati dan ajarkan untuk memainkannya. Anak memiliki kreatifitas yang jauh lebih baik dari pada orang dewasa. Jadi lego sangat cocok dengannya.

Apalagi, usia di bawah 10 tahun suka dengan permainan membangun dan menghancurkan. Membuat bentuk bangunan atau pesawat terbang. Kemudian menghancurkannya kembali dan terus mengulangi hal yang sama.

Sebenarnya lego bukan hanya untuk anak saja, melainkan bagi orang dewasa. Kamu pastinya pernah mendengar rekor dunia dari permainan lego, bukan? Selama ada kreatifitas, maka lego akan menjadi permainan menyenangkan.

Selama sang anak mendapatkan perhatian, maka permainan ini bisa diajarkan dengan mudah. Dari pada memberikannya gadget, lebih baik memberikan permainan yang bisa meningkatkan kreatifitas dan pertumbuhan anak, bukan?

Bermain Kartu, Mainan Anak Tanpa Radiasi

Jenis-Jenis Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget

Kembali ke permainan jadul. Bermain kartu mungkin tidak asing bagi mereka yang sekarang sudah berumur lebih dari 20 tahun. Namun, bagi anak milenial mungkin tidak akan mengenal permainan satu ini.

Di era 90-an dan 2000-an permainan ini sangat populer. Bermain kartu dengan berbagai gambar karakter, mulai dari anime hingga kartun. Banyak orang senang jika mendapatkan kartu bergambar karakter rare.

Mainan alternatif pengganti HP ini tidak perlu diajarkan. Justru lebih ke arah koleksi untuk mengumpulkan banyak kartu bergambar karakter langka. Mungkin tidak ada untungnya, tapi ada kebanggaan.

Karambol, Permainan yang Menyenangkan

Jenis-Jenis Mainan untuk Mengalihkan Anak dari Gadget

Jika ingin permainan yang lebih menyenangkan, maka karambol bisa jadi alternatif terbaik. Karambol bisa dimainkan hingga 4 orang dan tentunya sangat menyenangkan. Bahkan, bisa dilakukan dimana saja.

Umumnya, karambol dimainkan oleh orang yang sudah dewasa. Namun, jika ingin mengalihkan anak dari gadget, maka bisa mengajarkannya mulai kecil. Bisa saja sang buah hati ketagihan dengan permainan tersebut.

Ajarkan sejak dini dengan bermain bersama keluarga lain. Akan lebih baik jika dimainkan bersama kedua orang tua dan saudara lainnya. Bermain karambol juga akan sangat membantu untuk menjalin interaksi.

Karambol menjadi mainan untuk mengalihkan anak dari gadget jika kamu serius ingin melakukannya. Karambol sendiri sebenarnya juga mudah didapatkan di toko mainan. Harganya juga tidak terlalu mahal.

Cara bermainnya sendiri sebenarnya cukup mudah. Hanya memasukan kepingan plastik dengan cara di sentil. Mirip dengan bermain bilyard, namun caranya hanya di sentil saja, bukan di tusuk menggunakan tongkat.

Dengan mengajarkan aktivitas pengganti ini, anak bisa membatasi diri terhadap gadget. Mungkin tidak 100%, tapi setidaknya intensitasnya berkurang. Jadi akan lebih baik dari pada tidak sama sekali, bukan?

Dengan mengandalkan beberapa jenis mainan ini, maka buah hati bisa membatasi diri. Terutama untuk tidak selalu memegang gadget. Mainan alternatif pengganti HP akan membantu memperbaiki mental dan perkembangan anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel