3 Investasi Online Terbaik yang Bagus untuk Pemula

3 Investasi Online Terbaik yang Bagus untuk Pemula

Di era digital, semua hal akses menjadi mudah, termasuk investasi. Saat ini, ada banyak tersedia investasi online yang bagus dan menguntungkan – untuk semua kalangan. Mulai dari pengusaha, karyawan, mahasiswa, atau bahkan siswa SMA.

Investasi online juga cocok untuk persiapan masa tua. Ingatlah bahwa menabung – dengan menyimpan uang di bank – tidak membuat uang Anda bertumbuh. Justru uang Anda akan tergilas oleh inflasi. Solusinya adalah investasi yang memberikan akses mudah, seperti 3 investasi online terbaik menurut invesnesia berikut ini.

1. Investasi Saham Online

Melansir invesnesia, saham adalah bukti kepemilikan modal dari suatu pihak terhadap perusahaan yang telah go public (terbuka/Tbk) atau dalam hal ini perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia/BEI. Saat ini, investasi saham dapat dilakukan secara online yaitu melalui broker saham – pihak yang menjembatani investor agar dapat membeli saham. Ada banyak sekali broker saham terbaik yang bisa Anda pilih. Mereka biasanya menyediakan platform atau aplikasi trading saham yang dapat diakses online. Melalui platform itulah Anda bertransaksi jual beli saham atau investasi saham online.

2. Investasi Reksa Dana Online

Bagi pemula yang belum paham betul tentang investasi saham atau tidak memiliki waktu belajar tentang saham, Anda dapat mengambil alterlatif lain yaitu investasi reksa dana. Menurut invesnesia, secara sederhana reksa dana adalah wadah (tempat) di mana modal/uang/dana masyarakat berkumpul kemudian dana tersebut dikelola oleh manajer investasi (MI) yang kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen. Jadi, dalam hal ini, Anda hanya perlu menyediakan modal, lalu memilih Manajer Investasi. Nantinya, modal Anda, dan modal invetor lainnya akan dikelola oleh MI. Saat ini, banyak platform reksa dana online yang tersedia, dan modal yang dibutuhkan mulai dari Rp 10 ribu saja. Anda dapat belajar materi reksa dana di website invesnesia.

3. Investasi Cryptocurrency

Siapa di sini yang tidak kenal Bitcoin (BTC), Dogecoin (DOGE), Ethereum (ETC), dan sejenisnya? Nah, itu adalah beberapa jenis mata uang kripto (cryptocurrency) yang saat ini sedang populer di dunia. Analis menganggap bahwa masa depan adalah milik crypto mengingat kebutuhan akan mata uang digital yang kuat di masa mendatang sehingga prospek crypto dianggap cerah. Mungkin terlihat rumit investasi cryptocurrency online, padahal sebenarnya tidak.

Melansir invesnesia, setidaknya ada empat tahapan untuk memulai beli cryptocurrency, yaitu sebagai berikut:

Memilih crypto exchange – yaitu pihak atau perusahaan yang menyediakan platform perdagangan aset kripto. Sama seperti halnya broker saham, tapi ini lebih disebut broker kripto atau crypto exchange. Misalnya, seperti Binance, eToro, Coinbase, Tokocrypto, dan sebagainya.
Melakukan pendaftaran di platform tersebut. Akses semuanya dilakukan online.
Melakukan deposit (setoran awal) dengan jumlah uang tertentu. Ini hanya sebagai syarat saja. Uang deposit pada dasarnya milik Anda dan digunakan untuk investasi online crypto nantinya.
Transaksi pembelian (buy) via platform crypto yang disediakan.

Anda dapat belajar investasi online terbaik secara gratis di website invesnesia, mulai dari investasi saham, investasi reksa dana, investasi crypto, dan investasi lainnya: seperti forex, properti, blockhcain, dll.

Namun bagi pemula, tiga jenis investasi di atas merupakan pilihan yang paling ideal dan relatif mudah dipelajari. Yang pasti, investasi online di atas tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa memulai investasi dengan modal puluhan hingga ratusan ribu saja. Tinggal bagaimana Anda memilih platform yang tepat. Berbagai tips dan pengetahuan investasi, sekali lagi, bisa Anda pelajari di berbagai website terpercaya, seperti invesnesia.

Tips Investasi bagi Pemula

Ada beberapa tips investasi online terbaik bagi pemula yang mana kami liput dari CNBC internasional, salah satu website berita bisnis terbaik di dunia.

1. Identifikasi tujuan keuangan Anda

Kemungkinan besar, Anda berinvestasi karena ingin mulai menyisihkan uang untuk dana pensiun. Apa pun tujuan investasi Anda, pastikan langkah pertama adalah mengidentifikasinya dan kemudian menghitungnya. Lalu, prioritaskan tujuan Anda dalam urutan kepentingan dan urgensi bagi Anda. Tujuan mana yang ingin dan mau Anda kerjakan terlebih dahulu? Ini sangat penting untuk dipahami. Tanpa tujuan, Anda tidak tahu mau bergerak ke mana.

2. Pahami arus kas Anda

Tips investasi online berikutnya yaitu memahami arus kas Anda. Penting untuk mengetahui berapa banyak jumlah uang yang Anda terima, misalnya setiap bulan, dan berapa banyak yang Anda keluarkan per bulan. Dengan cara ini, tabungan Anda — dan, pada akhirnya, investasi Anda — akan konsisten. Jangan sampai uang makan atau uang kebutuhan sehari-hari Anda terpakai untuk investasi. Ini salah. Investasi dilakukan melalui uang dingin atau uang setelah pengeluaran kebutuhan pokok.

3. Miliki dana darurat

Pastikan Anda memiliki dana darurat atau cadangan uang tunai yang dapat digunakan dengan mudah jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ini adalah uang tunai yang bisa digunakan kembali jika diperlukan, seperti misalnya jika Anda kehilangan pekerjaan atau bisnis bangkrut, maka Anda perlu mendanai pengeluaran tak terduga. “Inti dari sebuah investasi adalah untuk tetap berinvestasi. Tidak ada yang ingin menjual instrumen investasi sebelum waktunya tiba karena sesuatu yang muncul dan mengharuskan Anda untuk menyelamatkan strategi.

Well, itulah jenis investasi online terbaik yang bagus dan menguntungkan untuk pemula. Selain membutuhkan modal kecil, investasi tersebut juga relatif mudah dipelajari. Pastikan untuk memahami tips investasi tersebut. Oh ya, karena sekarang banyak beredar penipuan investasi atau investasi bodong, Anda perlu berhati-hati dan selektif dalam memilih sesuatu. Pastikan layanan atau broker yang Anda pilih memiliki izin dan legalitas, seperti OJK, Bappebti, atau izin internasional, seperti FCA, Cysec, ASIC, dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel