Content Creator, ini Cara Menggunakan Reels di Instagram Kamu

Ada fitur baru di Instagram dan kamu harus coba cara menggunakan reels di Instagram apalagi jika profesimu seorang konten kreator. Fitur kekinian ini baru saja diluncurkan secara resmi di Indonesia beberapa hari lalu, tepatnya pada tanggal 23 Juni 2021.

Sekilas jika kamu juga memiliki akun TikTok, reels memang memiliki tampilan mirip TikTok. Sebelum dihadirkan di Indonesia, fitur tersebut telah secara resmi dapat digunakan oleh 50 negara dunia. Indonesia termasuk terlambat, namun tidak apa selagi kini bisa digunakan.

Sebenarnya kemunculan fitur terbaru IG pada mulanya karena pelarangan TikTok di Amerika Serikat. Namun, ternyata Indonesia sendiri baru bisa merasakannya ketika drama pencekalan TikTok bahkan sudah berakhir dan kini banyak lagi pengguna dan mengikuti challenge TikTok.

Tentu saja untuk mengakses fitur terbaru IG ini, kamu harus terlebih dahulu melakukan update aplikasi. Bagi pengguna Android maka update IG melalui Play Store dan pengguna Iphone dapat memperbarui versi aplikasi IG pada App Store secara resmi.

Cara Menggunakan Reels di Instagram Ternyata Mudah

Baik Android maupun iOS, akan menjalani proses serupa terkait cara menggunakan reels di Instagram, diantaranya:
 
  1. Ketuk ikon Instagram, seperti biasa ketika akan memposting konten.
  2. Setelah masuk ke akunnya, lanjutkan dengan menekan tombol kamera pada bagian kanan atas.
  3. Nanti muncul ruang seperti akan membuat iG Story, namun kali ini coba perhatikan bagian bawah, dimana terdapat opsi baru, yakni reels untuk dipilih.
  4. Karena kali ini memang akan menjajal fitur baru tersebut, maka pilih opsi Reels.
  5. Selanjutnya kamu dapat menambahkan video berdurasi maksimal 15 detik dengan merekamnya langsung atau memasukkan video yang sudah ada di galeri handphone.
  6. Jika klip sudah terpilih, selanjutnya tambahkan musik untuk membuat konten semakin menarik.
  7. Pilihan musik ada pada bagian kiri bawah.
  8. Pilih secara seksama bagian lirik lagu mana untuk ditayangkan dan didengar warganet di Instagram.
  9. Pada bagian kiri ada tanda panah atas dan bawah. Di sana kamu dapat mengatur kecepatan video, hendak dipercepat atau justru diperlambat.
  10. Tambahkan filter jika dirasa perlu melalui sentuhan pada ikon bintang 3 dalam salah satu sisi story IG.
  11. Atur waktu perekaman, sebagai informasi, lama waktu yang diberikan maksimalnya hanya 15 detik saja.
  12. Kamu bisa menambahkan berbagai fitur lainnya, seperti teks, emoji, dan berbagai efek sesuai selera.
  13. Periksa kembali semua efek, jika dirasa cukup maka bisa diselesaikan dan dibagikan.

Content Creator, ini Cara Menggunakan Reels di Instagram Kamu

Pilihan terakhir dari cara menggunakan reels di Instagram ialah kamu diberikan pilihan untuk membagikannya juga di beranda atau feeds. Ketika ditampilkan pada beranda, kamu bisa menulis caption terpisah dari rekaman video reels.

4 Hal Perlu Diperhatikan Saat Membuat Reels

Fitur ini baru dan menarik untuk dicoba, terlebih sebelumnya sudah digunakan di 50 negara dunia. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika menggunakan fitur IG terbaru tersebut. Apa saja? ini dia:
 
  1. Dikatakan tadi bisa menambahkan musik, namun cara menggunakan reels di Instagram lainnya juga memperkenankan kamu merekam suara asli.
  2. Selayaknya akun TikTok, ketika satu rekaman menggunakan suara aslimu maka semua pengguna IG dapat membuat reels dengan suaramu juga.
  3. Poin nomor dua berlaku apabila pengaturan IG-nya publik. Lantas bagaimana jika pengaturan IG pribadi? maka siapapun tidak bisa membuat postingan dengan suara aslimu.
  4. Pilihan penampilan fitur terbaru ini ada dua, jika diposting ke story maka akan menghilang dalam waktu 24 jam. Namun, jika diposting ke jelajah maka munculnya pada tab profil IG.

Ketika kreativitasmu, seperti rekaman audio asli digunakan lagi oleh pengguna IG lain, jangan merasa risih karena ketentuannya demikian. Apabila settingan akun publik, maka jangankan fitur terbaru, storymu saja akan mudah ditemukan orang.

Solusi ketika kamu tidak menginginkan berbagai cara menggunakan reels di Instagram ditiru orang lain adalah membuat pengaturan akun menjadi pribadi. Dengan demikian, kecuali pengikut akun tidak akan bisa mengambil suara asli maupun rekaman yang kamu buat.

Seperti Apa Fitur Terbaru IG ini?

Sudah fasih dengan tata cara menggunakan reels di Instagram sekarang tarik dulu ke belakang sedikit mengenai apa itu reels IG. Jadi, awal mula kemunculan fitur ini pada Agustus 2020 dan mulai disebarkan ke berbagai negara secara bertahap, bukan serentak.

Itu yang menjadi salah satu alasan kenapa kemunculan reels di Indonesia baru di tahun 2021 ini. Fitur terbaru ini memungkinkan terbukanya jalan bagi para influencer baru di Instagram. Asalkan memiliki konten menarik dan postingan konsisten, pengikut perlahan naik.

Menariknya fitur ini, pengguna IG dapat menemukan postingan orang-orang lainnya yang sebelumnya tidak dikenal. Pada aplikasi sebelah, istilah ini dikenal dengan sebutan FYP atau for your page. Pembeda jelas antara Instagram Reels dengan TikTok adalah asal negara.

Bukan isu baru jika dikatakan China dengan Amerika Serikat sedang berperang dalam dunia perdagangan. Ternyata persaingan tersebut bukan hanya berakhir satu merk handphone di negara tertentu, namun juga demi mengurangi pengguna TikTok, AS menciptakan IG reels.

Konon, katanya demikian, namun faktanya dapat diulik kembali berdasarkan situasi akurat terkini. Bagaimanapun, faktanya Instagram dalam hal apapun selalu memperbarui tampilan dan juga fitur supaya pengguna tidak merasa bosan dengan fitur lama.

Reels merupakan fitur terbaru yang ke depannya bukan tidak mungkin muncul berbagai fitur kekinian lainnya. Tidak sulit untuk menggunakan fitur satu ini, kamu bisa mengikuti berbagai cara menggunakan reels di Instagram di atas demi menciptakan sebuah karya atau konten dengan nilai estetika tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel