Mengenal Sistem Pendidikan di Jerman dan Tingkat Pendidikannya

Mengenal Sistem Pendidikan di Jerman dan Tingkat  Pendidikannya
University of Edinburgh via www.ed.ac.uk

Sistem Pendidikan di Jerman
- Mengenyam pendidikan di luar negeri memang menjadi impian banyak pelajar di Indonesia. Sistem pendidikan yang terkenal lebih bermutu dan berkualitas menjadi salah satu alasannya. Sehingga banyak pelajar yang berusaha keras mengejar beasiswa sekolah favorit di luar negeri, salah satunya Jerman. Tak terkecuali bagi para orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik dengan menyekolahkan anak-anaknya mulai dari tingkat dasar sekolah.

Mengenal bagaimana sistem pendidikan di Jerman tentu jauh lebih bagus sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk sekolah di sana. Mengingat pendidikan merupakan salah satu aset dan investasi masa depan sehingga harus dipikirkan matang-matang.

Sekilas Mengenai Sistem Pendidikan di Jerman 

Negara yang menjadi bagian benua Eropa ini memang terkenal unggul dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya (IPTEK). Hal tersebut terkait dengan sistem pendidikan di Jerman yang terkenal dengan kurikulumnya yang berkuallitas.

Kemudahan akses pendidikan yang dapat dinikmati seluruh penduduk dengan didukung tenaga pengajar berkualitas menjadikan sistem pendidikan di Jerman dinilai sangat unggul. Tak heran jika ratusan universitas yang ada di negara ini menjadi incaran banyak mahasiswa di seluruh dunia.

Bahkan di tingkat internasional instititusi pendidikan di Jerman dan gelarnya pun sudah diakui. Keunggulan dan kualitas pendidikan di Jerman juga tidak terlepas dari peran pemerintah negara ini.

Wajib pendidikan harus diikuti mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah untuk semua anak yang berusia di atas 6 tahun. Tak tanggung- tanggung, setiap sekolah negeri yang dikelola oleh pemerintah memiliki standar tinggi dan digratiskan 100%.

3 Tingkat Pendidikan di Jerman

Tidak jauh beda dengan tingkat pendidikan di negara lainnya, sistem pendidikan di Jerman juga memiliki tingkat pendidikan yang berjenjang. Berikut ini tingkatan pendidikan yang ada di Jerman:

1. Grundschule/Primary School (Sekolah Dasar)

Tingkatan pendidikan ini diperuntukkan untuk semua anak mulai dari 4 hingga 6 tahun yang baru memulai jenjang pendidikan pertama. Sekolah Dasar di Jerman setara dengan pendidikan TK atau Pra-TK jika di Indonesia.

2. Secondary School (Sekolah Menengah)


  • Hauptschule (Lower Secondary School) diperuntukkan untuk semua anak usia 5 – 6 tahun yang akan melanjutkan ke vocational school.
  • Realschule (Lower Secondary School) diperuntukkan untuk semua anak usia 6 tahun dan dapat memilih untuk melanjutkan ke vocational school maupun sekolah tinggi untuk bidang tertentu.
  • Gymnasium (Higher Secondary School) untuk semua anak usia 8 – 9 tahun yang akan melanjutkan ke universitas.
  • Gesamtschule (Comprehensive School) untuk Grade 1 sampai lulus dengan memadukan 3 kualifikasi di atas.
  • All – Day School memberikan materi pelajaran regulerdengan tambahan kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, musik, dan lain sebagainya serta mendapat tambahan bimbingan belajar
  • Berufsschule – part time atau Berufsfacherschulefull time (Vocational School) diperuntukkan untuk siswa yang telah lulus lower secondary school dengan lama sekolah selama 2 – 3 tahun.

3. Higher Education (Pendidikan Tinggi)

Tingkat pendidikan ini terdiri dari universitas, universitas ilmu terapan sains, dan pendidikan informal (sekolah tinggi musik, seni, dan lain sebagainya) Pemerintah Jerman memberi perhatian penuh terhadap vokasi atau pendidikan dan pelatihan kejuruan.

Sistem pendidikan kejuruan di Jerman ini dikembangkan dengan sangat baik untuk menghubungkan kebutuhan dunia kerja dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Dampaknya, tingkat pengangguran di negara ini pun dapat diminimalisar dan menjadi paling rendah di tingkat Eropa bahkan dunia.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan sekolah malam dan pusat pelatihan bagi para remaja maupun dewasa. Tempat ini disediakan bagi siapa saja yang memiliki keinginan untuk meningkatkan skill yang dimiliki di bidang tertentu.

Kepedulian pemerintah yang sangat tinggi terhadap pendidikan di Jerman pun membuahkan hasil yang memuaskan berupa lulusan yang berkualitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 2

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Bawah Artikel