Apa yang Terjadi Jika Akun Instagram di Report Pengguna Lain?

Banyaknya platform sosial media membuat kita berpikir, apa yang terjadi jika akun Instagram di Report oleh pengguna lain. Tindakan pelaporan atau report memang sering ditemukan, saat ada orang merasa tidak nyaman dengan unggahan konten pemilik akun tersebut.

Setiap platform sosial media pasti memiliki fitur laporan di dalamnya. Instagram tidak terkecuali karena platform tersebut sudah digunakan banyak orang hampir dari seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, setiap kalangan pasti memiliki akun ini untuk mengunggah kesehariannya.

Fitur di dalam Instagram lengkap mulai dari unggahan konten foto video, story singkat, toko lapak berjualan hingga fitur siaran langsung. Tidak heran jika orang menggunakan platform tersebut. Namun kita juga harus mengetahui apa yang terjadi jika akun Instagram di Report.

Melaporkan akun Instagram pasti ada penyebabnya, baik dari aktivitas atau unggahan. Prosedur pemeriksaan Instagram dibuat sangat ketat dilihat pedoman komunitasnya. Anda harus tahu apa pedoman yang perlu ditaati dan bagaimana cara kerja Instagram merespons laporan orang lain.

Cara Instagram Merespons Laporan sesuai Pedoman Komunitas

Sebelum mengetahui apa yang terjadi, Anda harus tahu bagaimana Instagram merespons sebuah laporan. Ketika terjadi laporan, Instagram akan melihat dulu jenis laporannya apa. Baik itu spam, SARA atau konten vulgar menyesuaikan apa yang terjadi jika akun Instagram di Report.

Jika unggahan tidak melanggar pedoman komunitas, Instagram belum bisa memberikan sanksi pada yang bersangkutan. Namun jika unggahan terbukti melanggar aturan, maka pihak Instagram berhak memberikan sanksi pada akun tersebut sesuai pedoman komunitas.

Sanksi beraneka ragam bentuknya, karena semua itu menyesuaikan pelanggaran pemilik akun. Bisa seperti pembatasan akses, diblokir sementara atau mendapatkan peringatan. Selama pihak terkait melakukan pelanggaran, Instagram dapat memberikan sanksi secara tiba-tiba.

Tentu saja apa yang terjadi jika akun Instagram di Report ialah pemberian sanksi jika memang terbukti bersalah. Namun jika tidak terbukti bersalah, akun tersebut akan baik-baik saja. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa berhati-hati dalam menggunakan platform media sosial.

Instagram dapat bertindak tegas dengan menghapus akun yang melakukan pelanggaran berat. Jadi usahakan Anda bijak dalam mengunggah suatu konten agar dapat dinikmati banyak orang. Mengunggah konten positif tentu lebih baik dibandingkan menyebarkan konten negatif.

4 Tindakan Apa yang Terjadi jika Akun Instagram di Report





Berdasarkan cara kerjanya, ada 4 tindakan yang bisa dilakukan Instagram terhadap akun Report. Keempat tindakan itu di antaranya pembatasan, pemblokiran, peringatan dan penghapusan. Di bawah ini bisa dilihat penjelasannya mengenai keempat tindakan Instagram tersebut.

1. Pembatasan

Apa yang terjadi jika akun Instagram di Report pertama adalah pembatasan pada aktivitas, Pembatasannya seperti tidak bisa unggah konten, kirim DM dan update Story. Dengan sanksi, Anda tidak bisa menggunakan platform sosial media sesuka hati.

Pembatasan ini berlaku ketika akun Anda dilaporkan melakukan spam, pelecehan, gangguan makan, perundungan dan aktivitas yang tidak disukai. Biasanya pembatasan ini diberlakukan pada periode waktu tertentu, nantinya akun dibuka kembali setelah sanksinya selesai.

2. Pemblokiran

Selain pembatasan, apa yang terjadi jika akun Instagram di Report ialah pemblokiran. Anda tidak akan melihat unggahan akun terblokir secara keseluruhan. Baik konten atau story IG, semua yang berkaitan dengan akun terblokir tidak akan ditampilkan lagi.

Akun terblokir juga tidak akan melihat konten Anda karena sudah diblokir. Pelanggaran hak kekayaan, penipuan dan kekerasan organisasi dapat memancing sanksi pemblokiran. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan akun seseorang, pemblokiran dapat dilakukan.

3. Peringatan

Pada dasarnya, setelah dilaporkan Instagram juga bisa memberi suatu peringatan pada akun terkait. Peringatan pertama masih bisa ditoleransi dan akun terkait tetap aman. Namun jika sudah diberi 3x peringatan, Instagram dapat menghapus akun terkait secara langsung.

Apa yang terjadi jika akun Instagram di Report oleh banyak orang tanpa pengecualian. Hal ini terbukti dengan adanya peringatan dalam kurun waktu tertentu. Peringatan menjadi satu kesempatan yang Anda dapatkan agar tidak melakukan kesalahan berulang kali.

4. Penghapusan

Terakhir dan tindakan paling tegas yaitu menghapus akun yang terbukti melanggar dari hasil laporan. Akun yang dihapus tidak akan dapat digunakan lagi karena datanya sudah hilang. Pemilik akun harus membuat baru untuk dapat mengunggah konten di Instagram.

Perlu diingat, penghapusan adalah tindakan terakhir yang dilakukan Instagram jika memang kesalahannya fatal. Contoh seperti ujaran kebencian, SARA, informasi palsu, pelanggaran hak intelektual dan penjualan barang ilegal karena semua kesalahan itu tidak bisa ditoleransi.

Cara Menghindari Laporan dari Pengguna Instagram

Setelah mengetahui apa yang terjadi jika akun Instagram di Report, Anda harus mulai waspada. Jangan mengunggah konten yang merugikan orang lain dan menyalahi pedoman komunitas. Jika platform sosial media disalah gunakan, ada konsekuensi yang harus ditanggung pemilik akun.

Sebagai salah satu platform sosial media terbesar, Instagram menjaga ketat komunitasnya. Dari sekian banyaknya pengguna, Instagram telah memblokir banyak akun bermasalah. Laporan akun jadi salah satu cara Instagram mencari akun bermasalah dan menghentikan aktivitasnya.

Fitur pendeteksi unggahan juga tidak seefektif data laporan, dalam menemukan tindak kriminal. Apalagi di masa sekarang ini ada banyak Fake Account atau akun palsu yang dipakai orang tidak bertanggung jawab. Akun palsu tersebut biasa dipakai untuk memberi ujaran kebencian.

Tentu saja akun palsu sangat meresahkan khususnya di era digital sekarang ini. Banyak cara bisa dilakukan untuk menjatuhkan karier orang lain melalui media sosial.

Mulai dari sekarang pergunakanlah Instagram dengan baik dan hindari aktivitas ilegal. Jangan lupa untuk melaporkan akun bermasalah agar komunitasnya selalu sehat. Apa yang terjadi jika akun Instagram di Report ditujukan untuk menjaga komunitas agar bersih dari tindak kriminal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel