5 Aspek Fungsionalitas Utama Pada Software Manajemen Proyek

5 Aspek Fungsionalitas Utama Pada Software Manajemen Proyek

Apakah manajemen proyek Anda seringkali memakan waktu yang lama dan tidak efisien? Apakah Anda masih berulang kali memperbarui spreadsheet setiap minggunya? Itu benar-benar membuang waktu dan tenaga Anda.

Tidak dipungkiri memang cukup sulit untuk memaksimalkan produktivitas dengan begitu banyak orang, terlebih jika diantaranya ada yang bekerja jarak jauh. Namun, hal itu kini bisa dicapai dengan mudah menggunakan bantuan software manajemen proyek yang tepat.

Dengan perangkat lunak manajemen proyek, Anda dapat merevolusi cara Anda dan tim bekerja bersama dan mengelola beban kerja lebih efisien. Akan tetapi dalam memilih project management software tidaklah mudah, karena saat ini sudah banyak provider penyedia software manajemen proyek.

Untuk mendapatkan perangkat lunak manajemen proyek terbaik, Anda bisa melihat dari aspek fungsionalitasnya yang utama. Apa saja itu? Berikut ini ulasan selengkapnya yang telah disajikan oleh RedERP.

Manfaat Software Manajemen Proyek

Secara keseluruhan, software manajemen proyek menguntungkan bisnis yang berfungsi melacak kemajuan proyek, kampanye, sumber daya, alokasi, dan tugas-tugas di seluruh organisasi. Dengan perangkat lunak ini, baik manajer proyek dan pemimpin tim dapat lebih memahami bagaimana organisasi dan tim bisa berjalan, serta menjaga tim tetap pada tujuan yang sama.

Itulah mengapa software manajemen proyek lebih penting, baik untuk baru yang memulai bisnis maupun bagi yang sedang mencari cara untuk menyesuaikan organisasi Anda yang sudah mapan.

Adapun manfaat utama yang didapatkan dari penggunaan software manajemen proyek adalah:
  • Meningkatkan komunikasi dan membangun kerja tim dalam organisasi secara keseluruhan.
  • Memungkinkan kepemimpinan untuk memiliki pandangan tingkat makro tentang kemajuan proyek.
  • Membantu tim menjaga tugas dalam perspektif dan memahami prioritas.
  • Membantu dan mengendalikan biaya dan mengelola anggaran.
  • Membantu alokasi sumber daya dan mencegah kelelahan seluruh tim.
  • Memfasilitasi kolaborasi jarak jauh untuk tim yang mengikuti model kerja hybrid.

 

Aspek Fungsionalitas Pada Software Manajemen Proyek

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika menjalankan dan mengelola suatu proyek, mulai dari melacak pengiriman, mengelola sumber daya, manajemen anggaran, hingga kolaborasi antar anggota tim. Hal ini juga berlaku ketika Anda memilih software manajemen proyek.

Namun, yang lebih penting adalah Anda harus mengetahui bagaimana aspek fungsional dari sebuah software agar dapat memandu Anda dalam mengambil keputusan. 

Berikut ini 5 aspek fungsionalitas utama dari perangkat lunak manajemen proyek:

  • Daftar Tugas. Dapat menetapkan dan memperbarui status tugas sehingga semua orang di tim Anda berada di halaman yang sama.
  • Jadwal. Ada banyak perangkat menawarkan fitur kalender, atau gantt chart yang dapat membantu Anda memahami dimana tugas perlu disesuaikan dengan proyek secara keseluruhan dan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
  • Berbagi File. Berbagi dan mengatur dokumen proyek agar tidak membuang-buang waktu untuk mencari file.
  • Komunikasi. Aspek ini jadi sangat penting dalam manajemen proyek karena arus komunikasi yang lancar menandakan pemecahan masalah dapat diatasi dengan cepat dan mudah.
  • Laporan. Aspek ini tak kalah pentingnya untuk seluruh anggota tim dalam hal mengevaluasi diri mereka sendiri pada proyek secara keseluruhan. Namun, hal ini juga bisa dijadikan nilai tambah bagi manajer yang ingin memastikan bahwa proyek berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu.

Setelah Anda memahami aspek fungsional utama pada software manajemen proyek yang baik, salah satu software yang jadi rekomendasi terbaik untuk Anda adalah RedERP.

RedERP merupakan perangkat lunak dengan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat memudahkan proses operasional bisnis. Dalam sistemnya, RedERP juga mendukung pengelolaan manajemen proyek dengan beberapa fiturnya yang canggih untuk melancarkan segala proses yang ada di dalam proyek, seperti perencanaan, penganggaran, pendapatan, estimasi, penjadwalan kerja, dan proses lainnya.

Beberapa fitur yang disediakan software manajemen proyek RedERP, diantaranya adalah:

  • Project Cost and Revenue - menganalisa perkiraan biaya proyek, pengontrolan biaya, dan perubahan perhitungan menjadi anggaran proyek.
  • Project Change Management - menghasilkan strategi yang tepat apabila diperlukan saat melakukan perubahan rencana di tengah proyek, sehingga transisi bisa berjalan lancar.
  • Project Operations - mengelola waktu pengerjaan proyek dengan tampilan yang mudah dipahami.
  • Project Issue - mendokumentasikan segala permasalahan dalam proyek perusahaan agar dapat ditangani dengan maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel