Hand Mixer dan Stand Mixer, Apa Perbedaan Keduanya?

Kalau Anda hobi membuat kue pasti sudah tidak asing lagi dengan dua jenis mixer yaitu hand mixer dan stand mixer. Sebenarnya antara hand mixer dan stand mixer memiliki kegunaan yang sama yaitu mengaduk adonan kue, tetapi kedua jenis mixer ini memiliki beberapa perbedaan dan untuk kebutuhannya pun bisa disesuaikan dengan Anda.

Bila Anda berminat membeli hand mixer atau stand mixer, pastikan Anda mengetahui tips memilihnya yang bisa dilihat di halaman Pickybest.id. Anda juga bisa menengok rekomendasi mixer dari berbagai merek dengan rentang harga yang variatif.

Hand Mixer

Untuk para pemula yang baru ingin mencoba membuat kue, bisa menjadikan hand mixer sebagai alat dapur untuk modal belajar membuat kue di rumah. Hand mixer atau mixer yang di operasikan dengan tangan ini akan lebih baik kalau digunakan untuk mengaduk adonan kue yang ringan.

Selain itu, hand mixer ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah sehingga alat dapur yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda yang sedang menghemat pengeluaran.

Stand Mixer

Stand mixer merupakan jenis mixer yang memiliki dudukan tetap dengan mangkuk pencampur bahan kue serta dilengkapi dengan lengan yang dioperasikan menggunakan tuas yang tuas tersebut merupakan tempat di mana terpasang berbagai alat tambahan stan mixer seperti menggunakan campuran alat planetary.

Dengan tambahan alat tersebut, mixer tidak hanya mencampur bahan yang ada ditengah mangkuk tetapi juga bergerak disekitar mangkuk saat terjadi pencampuran adonan dan membuat adonan tersebut tercampur secara menyeluruh menggunakan stand mixer. Untuk harga, stand mixer memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan hand mixer.

Perbedaan Stand Mixer dan Hand Mixer

Hand Mixer dan Stand Mixer, Apa Perbedaan Keduanya?
foto : iron-door-saloon.com
1. Segi Desain dan Bentuk Mixer

Untuk tampilan desain, hand mixer terbaik memang memiliki tampilan yang jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan stand mixer memiliki desain lebih bervariasi dan untuk ukuran pun hand mixer lebih kecil dibanding stand mixer yang memiliki ukuran lebih besar dan tentunya berat.

Perbedaan paling signifikan dari segi desain dan bentuk daru kedua mixer ini adalah cara bagaimana memakainya, untuk hand mixer Anda perlu memegang alat tersebut ketika sedang mencampur adonan dan hal ini berlaku ketika Anda sedang menggunakan hand mixer manual maupun elektrik.

Sementara ketika Anda menggunakan stand mixer, Anda bisa meninggalkan alat tersebut ketika alat tersebut sedang bekerja dan waktu itu bisa Anda gunakan untuk mengerjakan hal yang lain.

2. Lama Waktu Ketika Mengaduk Adonan

Untuk hand mixer maupun stand mixer sebenarnya sama sama memiliki tingkat kecepatan sama yang terdiri dari slow, medium, hingga high. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk mixer yang elektrik saja. Untuk mixer yang manual yang dibutuhkan hanya tenaga Anda saja sehingga kecepatan dalam mengaduk tergantung dari seberapa cepat tangan Anda mengaduk adonan tersebut.

3. Perbedaan Harga

Tidak hanya itu, untuk harga pun kedua jenis mixer ini memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Jika dibandingkan dengan stand mixer, hand mixer jauh lebih murah.

Sebenarnya harga stand mixer lebih mahal juga bukan tanpa alasan, Anda bisa melihat bahwa stand mixer merupakan jenis mixer yang lebih kompleks dan digerakan dengan mesin tanpa bantuan tangan karena memiliki dudukan. Anda bisa meninggalkan stand mixer mengerjakan adonan kue dan memanfaatkan waktu tersebut untuk mengerjakan hal yang lain sehingga lebih efisien.

Oleh karena itu, untuk Anda yang hobi membuat kue dengan jumlah yang besar sebenarnya menggunakan stand mixer ini bisa menjadi pilihan dan merupakan investasi yang tepat. Untuk harga stand mixer ini umumnya Anda harus merogoh dana lebih besar dari 1 juta.

4. Kemudahan Membersihkannya

Karena dari segi bentuk dan desain hand mixer lebih jauh lebih simple, hal ini membuat hand mixer lebih mudah dibersihkan dibanding dengan stand mixer, terlebih untuk jenis hand mixer manual sangat mudah untuk dibersihkan karena Anda hanya perlu merendam alat mixer tersebut ke dalam air tanpa perlu repot repot melepas komponen demi komponen.

Sebenarnya, kalau Anda menggunakan hand mixer elektrik Anda juga harus memisahkan komponen pengaduknya hanya saja dibandingkan dengan stand mixer yang memiliki lebih banyak komponen sehingga memerlukan perlakuan yang khusus mulai dari memisahkan mangkuk, pengaduk, dan semacamnya. Karena kalau sampai tidak dipisah dan air masuk ke dalam mesin mixer hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel