Tips Aman Menggunakan Instagram dan Tetap Pribadi

Siapa yang tidak mengenal Instagram? Aplikasi sosial media ini sangat booming di seluruh dunia. Konten foto, story, video dan masih banyak lagi bisa dishare ke teman dan lebih banyak orang.

Kamu bisa kunjungi situs KubikTekno.com untuk mencari lebih banyak bagaimana cara menggunakan fitur-fitur Instagram. Dikutip juga dari Kubik Tekno, bahwa sampai saat ini tidak sedikit pengguna IG yang menjadi korban scammer.

Oleh karena itu sebaiknya kamu sebagai salah satu pengguna Instagram harus lebih waspada lagi memanfaatkan aplikasi ini. Ikuti cara menggunakannya dengan aman.

Tips Aman dan Privat ketika Menggunakan Instagram

Instagram memudahkan siapa saja untuk mengirim DM bahkan pada akun yang belum diikuti. Kolom pencarian bisa dilakukan dengan memasukan keyword atau hashtag. Tidak sedikit yang justru memanfaatkan Instagram untuk tindak kejahatan. 

Jika dulu Facebook yang terkenal banyak dimanfaatkan untuk penipuan, kini Instagram menjadi salah satunya. Ada banyak kedok yang dilakukan mulai dari mengirimkan DM informasi berhadiah atau konfirmasi password dan masih banyak lagi.

Untungnya Instagram memiliki banyak pengaturan agar penggunanya tetap merasa aman dan privat. Berikut ini beberapa tips aman yang bisa diikuti. 

Tips Aman Menggunakan Instagram dan Tetap Pribadi
Photo by Pixabay.com

 1. Mengaktifkan Two Factor Authentication

Tidak perlu khawatir ketika seseorang mencoba untuk mengambil alih akun yang kamu miliki. Sehingga akun kamu tidak bisa digunakan dan ternyata orang lain mengupload foto atau video yang sifatnya mengganggu.

Cara menghindarinya adalah dengan menggunakan two factor authentication (2FA). Fitur ini adalah perlindungan ganda, di mana ketika login kamu tak hanya memasukan password. Ada kode otentikasi yang dikirimkan ke nomor hp kamu untuk verifikasi.

Ketika ada yang mencoba mengakses, kamu pun akan tahu karena kode akan dikirimkan melalui sms.

2. Mengecek Aktivitas Login

Merasa ada yang berubah dari akun Instagram? Kamu bisa mengecek aktivitas login ke akun tersebut melalui komputer. Kamu bisa dengan mudah mengecek aktivitas login sebelumnya.

Caranya adalah akses akun IG di desktop kemudian pilih Setting dan Login Activity. Jika ternyata kamu menemukan data orang lain login yang tidak diketahui. Bahkan perangkat yang asing, sebaiknya segera ganti password sebelum akun kamu diambil alih.

3. Menggunakan Akun Private

Sama seperti Facebook kamu bisa membuat akun menjadi private. Orang yang belum menjadi followers tidak dapat melihat postingan dari akun yang kamu miliki. Cara menggunakan fitur ini adalah ke Settings > Privacy kemudian Account Privacy.

Pada halaman tersebut kamu bisa mengatur akun berubah menjadi Private. Saat kamu mengaktifkan fitur ini maka seseorang yang meminta menjadi followers harus melalui persetujuan pemilik akun terlebih dahulu.

Fitur ini sangat membantu sehingga tidak sembarang orang bisa menjadi followers.

4. Membatasi Stories dan Komentar

Pernahkan kamu melihat akun Instagram dari artis atau influencer? Beberapa akun tidak memiliki kolom komentar pada postingan yang muncul. Tujuannya adalah agar tidak ada komentar buruk yang muncul pada akun.

Kamu bisa klik menu Settings, Privacy, kemudian Comments. Pada halaman ini tinggal mengatur untuk menonaktifkan komentar yang muncul pada stories atau postingan. Semua pengaturan dari menyembunyikan stories dan orang lain tidak bisa membagikan stories akan kamu dapatkan di sini.

5. Menghapus Followers

Menemukan followers yang ternyata mengganggu karena sering memberikan komentar pedas? Kamu tidak perlu memantau komen satu per satu atau menghapus komentarnya. Tinggal menghapus followers tersebut dari akun sehingga mereka tidak memiliki akses lagi.

Kamu juga memiliki opsi untuk memblokir akun yang tidak diinginkan. Tinggal masuk ke Setting kemudian Privacy dan cari menu Blokir. Kamu bisa memasukan nama akun tersebut untuk segera memblokirnya.

Pada saat akun diblokir dari akun milikmu maka semua aktivitas yang dilakukan baik itu posting sampai dengan stories tidak akan muncul. Ketika mereka mengetik nama akunmu yang yang muncul adalah akun tanpa foto.

Mereka juga tidak bisa melihat postingan dan informasi berapa jumlah postingan atau followers. Langkah ini sangat membantu untuk menghindari kejahatan seperti stalking.

Nah kamu tinggal terapkan saja semua cara ini supaya tidak merasa terganggu lagi ketika menggunakan sosial media Instagram. Semua fiturnya mudah diaktifkan dan tersedia lengkap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel