9 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus Wajib Kamu Ketahui

Tentunya kamu akan memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus, sebab pilihan tersebut akan berpengaruh pada masa depan kamu nantinya. Memang cukup rumit dalam memilih jurusan, terlebih lagi kamu harus memikirkan apakah pilihan tersebut sesuai atau tidak.

Dapat dikatakan kuliah sebagai masa pembelajaran kamu, sebelum nantinya terjun ke dunia kerja. Semua hal yang kamu dapatkan di perkuliahan, nantinya akan diaplikasikan di dalam dunia kerja, maka dari itu sangat penting untuk memikirkannya dengan matang.

Jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus harus disesuaikan dengan kondisi zaman, kamu bisa menentukan kira-kira bidang kuliah seperti apa yang dibutuhkan oleh semua perusahaan, lalu sesuaikan juga dengan kemampuan yang kamu miliki.

Sebenarnya selama di perkuliahan kamu akan diajarkan banyak hal sesuai dengan bidang tersebut, sehingga tidak masalah jika kamu memilih jurusan yang terdengar masih asing. Asalkan kamu merasa mampu untuk mempelajarinya, serta bidang tersebut cukup menjanjikan.

9 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan
 

9 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus Wajib Kamu Ketahui
Foto : Pixabay.com

Bisanya masalah sulit dalam memilih jurusan, dialami oleh para siswa yang baru lulus SMA. Masih bingung harus memiliki jurusan yang sesuai dengan passion, atau bidang yang memang memiliki prospek kerja cukup bagus untuk 5 tahun ke depan.

1. Computer Science

Saat ini hampir jarang ditemukan di dalam sebuah perusahaan, di mana sistem kerja pada kantor tidak menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya. Komputer dan sejenisnya, sudah termasuk ke dalam kebutuhan di dalam sebuah perusahaan.

Ilmu komputer akan bermanfaat untuk di masa depan, setiap perusahaan pasti akan butuh seorang karyawan yang memiliki kemampuan tersebut. Di sini kamu akan mempelajari mengenai algoritma, pemrograman, pengembangan, evaluasi dalam sistem operasi dan lainnya.

2. Teknik Elektro

Jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus berikutnya adalah Teknik Elektro, di mana kamu akan mempelajari mengenai konsep, perancangan, pengembangan, produksi perangkat listrik dan elektronik, metode kontrol penghematan energi serta metode penyimpanan energi.

Teknologi digital dan robotik, diprediksi akan menggantikan kurang lebih 56% tenaga kerja manusia di masa depan. Namun jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang Teknik Elektro, tidak perlu khawatir sebab kemampuan kamu masih akan dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Matematika

Sejak dulu Matematika menjadi pelajaran yang cukup penting, karena berkaitan dengan ilmu dasar pengolahan data. Jurusan Matematika dan Statistika cukup dibutuhkan oleh banyak perusahaan, dan kedua bidang ini saling berhubungan.

Bahkan pada 2020, terdapat kenaikan sebesar 10% permintaan profesional di bidang Matematika oleh perusahaan. Jadi bagi kamu yang menyukai Matematika, seperti bidang ini menjadi pilihan yang cocok untuk dipelajari saat masuk ke perkuliahan kelak.

4. Ekonomi Bisnis

Jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus berikutnya adalah Ekonomi Bisnis, cukup banyak masyarakat Indonesia yang memiliki bisnisnya sendiri. Minimnya lapangan kerja, membuat mereka harus membuat dan mengelola bisnisnya secara mandiri.

Di masa depan, pasti akan dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan dalam Ekonomi Bisnis. di dalam ilmu ini nantinya kamu akan mempelajari mengenai analisis ekonomis, jiwa entrepreneurship, manajemen organisasi perusahaan.

5. Akuntansi

Jurusan ini memang cukup populer dan cukup diminati, hampir semua perguruan tinggi memiliki bidang Akuntansi. Pada ilmu ini kamu akan belajar mengenai perhitungan, pengelolaan laporan keuangan, matematika bisnis, akuntansi pemerintahan serta akuntansi keuangan.

Hampir di semua perusahaan pasti akan membutuhkan seorang Akuntan, di mana kamu akan membantu perusahaan dalam mengelola keuangan perusahaan, sehingga dapat dikatakan bahwa Akuntansi menjadi jurusan yang memiliki prospek cukup menjanjikan kedepannya.

6. Pertambangan dan Perminyakan

Jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus berikutnya yaitu Pertambangan dan Perminyakan, berhubungan dengan Teknik Kimia, Geofisika serta Geologi. Jurusan ini belum banyak ditemukan di Indonesia, padahal masa depannya cukup menjanjikan untuk 5 tahun ke depan.

Gaji besar selalu menjadi ciri khas bagi yang bekerja di bidang ini, tentunya dibutuhkan kemampuan dan pengalaman yang cukup untuk itu semua. Jurusan ini juga sangat dibutuhkan di Indonesia, dan banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan kemampuan tersebut. 

7. Pariwisata

Sektor pariwisata terus berkembang setiap tahunnya, tumbuhnya kelas menengah di Indonesia menjadi salah satu faktor pendukung. Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak destinasi wisata, karena itulah bidang Pariwisata menjadi pilihan yang cocok untuk kamu.

Jika memilih jurusan ini, maka kamu akan mempelajari tentang tour and travel, manajemen destinasi wisata, perhotelan dan masih banyak lagi. Ilmu ini juga bisa kamu aplikasikan jika kamu membuka usaha sendiri, sehingga akan bermanfaat kedepannya.

8. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus adalah Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, di mana kesehatan menjadi fokus utama bagi semua orang. Sehingga jika kamu berminat untuk menjadi seorang dokter atau tenaga kesehatan lainnya, maka pekerjaan ini cukup menjanjikan.

Jurusan kedokteran dan kesehatan masyarakat selalu diminati oleh banyak calon mahasiswa, mulai dari kedokteran gigi, kedokteran umum hingga kedokteran ilmu bedah. Bidang kesehatan memang selalu dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga bidang ini cukup menjanjikan.

9. Ilmu Komunikasi

Di dalam Ilmu Komunikasi, nantinya kamu akan mempelajari tentang teori komunikasi, media dari masa ke masa, komunikasi politik hingga komunikasi internasional. Industri media memang berkembang pesat dari tahun ke tahun, karena itulah bidang ini cukup diminati.

Mempelajari mengenai media massa, film, pers, hubungan masyarakat akan membawa kamu untuk mengenal lebih jauh industri kreatif ini. Ilmu komunikasi juga berkaitan dengan DKV, kedua jurusan ini memang membutuhkan seseorang yang mampu berpikir kreatif dan inovatif.

Sebagai calon mahasiswa yang sedang memilih jurusan, jangan hanya memilih bidang yang disukai saja. Sebab itu semua akan berkaitan dengan masa depanmu kelak, namun pikirkan juga jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus jangan sampai salah memilih jurusan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel