5 Asuransi Syariah Terbaik 2021 di Indonesia

5 Asuransi Syariah Terbaik 2021 di Indonesia

Semua orang pasti secara naluriah membutuhkan perlindungan terbaik bagi pribadi dan keluarganya. Ketahui asuransi syariah terbaik 2021 agar bisa berhati-hati dalam memilih jenis perlindungan terbaik. Sesuaikan kebutuhan perlindungan diri yang akan digunakan dengan kebutuhan Anda untuk masa mendatang.

Terdapat beragam sekali produk asuransi sebagai solusi untuk melindungi diri dan sanak family. Banyaknya jenis asuransi membuat orang-orang bingung termasuk mungkin Anda sekalipun. Terdapat dua pilihan utama untuk dipilih yaitu jenis konvensional atau syariah.

Kami menyarankan pembaca untuk lebih memilih bergabung pada asuransi syariah ketimbang jenis konvensional. Syariah dipilih karena dalam penerapannya menerapkan kaidah islam dan sistemnya lebih adil. Bukan hanya itu saja masih banyak alasan lain untuk menjadi pertimbangan.

Sebelum membahas kelebihan, Kami mengajak untuk memahami definisi asuransi syariah terlebih dahulu. Menurut Dewan Syariah Nasional, asuransi syariah adalah upaya untuk saling melindungi dan saling menolong diantara sejumlah orang lewat investasi dalam bentuk asset atau tabarru’.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, dalam syariat diberlakukan pola pengembalian untuk siap menghadapi resiko tertentu lewat akad sesuai dengan kaidah islam. Bisa didefinisikan juga sebagai sebuah sistem dimana para anggota menghibahkan sebagian atau seluruh yang bakal digunakan untuk klaim musibah.

Asuransi syariat juga bisa disebut ta’awun dan memiliki makna tolong menolong saling membantu. Dasar yang digunakan dalam jaminan seperti ini ada pada firman Allah SWT pada surat Al-Maidah ayat 2 dalam Al-Quran.

5 Rekomendasi Produk Asuransi Syariah Terbaik 2021

Bersyukur di Indonesia sekarang sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan berlomba membuat produk asuransi syariah terbaik. Tapi Anda jangan mudah percaya dengan semua kedok syariat. Pastikan Anda menjadi nasabah dalam perusahaan terpercaya sesuai dengan rekomendasi dibawah ini :

1. Allianz Syariah

Pasar produk ini biasanya dikuasai oleh lembaga keuangan islam. Tetapi sekarang sudah banyak juga perusahaan asing terpercaya dalam mengurusi perlindungan pribadi berbasis Islam. Contohnya adalah Allianz Syariah salah satu rekomendasi asuransi syariah terbaik 2021.

Dengan bermodalkan sistem asuransi syariat baru yang telah melalui proses pengembangan, Allianz sukses menembus sebagian pasar di Indonesia. Produk unggulannya adalah sistem cashless dan sistem pengembalian (reimburstment).

Selain sistem unggulan diatas, mereka Allianz juga menawarkan jenis perlindungan kesehatan dengan nama allisya care. Dan perlindungan jiwa dengan nama allisya protection. Jaminan lain juga cukup unik ditawarkan seperti tasbih.

2. Prudential Syariah (PRUSyariah)

Prudential juga merupakan perusahaan terkenal di Indonesia dalam urusan finance. Tidak saja dalam pasar konvensional, Prudential juga mengadaptasi sistem syariat dalam bisnis finance nya. Prudential seperti yang Anda kenal diakui kredibilitas dan kebijakan bagi keuntungan memuaskan.

PRUSyariah mempunyai banyak jenis layanan dalam asuransi syariah, salah satunya PRUCrisis. Selain itu ada juga PRUMultiple, PRULink, PRUWaiver dan PRUJuvenille. Prudential dengan produk tadi menawarkan kelebihan khusus jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

3. Manulife

Masyarakat umum mengenal Manulife karena kecepatan layanan klaimnya. Manulife juga merupakan bagian dari asuransi syariah terbaik 2021. Manulife sudah menggunakan sistem cashless dan reimbursement mudah serta cepat.

Sistem Manulife berusaha untuk mewujudkan prinsip tolong menolong sesuai dengan anjuran agama Islam. Banyak produk yang ditawarkan seperti Berkah Healthcare dan Manulife Berkah Medicare Plus. Jenis tadi bisa digunakan untuk pertanggungan biaya kesehatan di rumah sakit dan kecelakaan.

4. BNI Life

BNI merupakan perusahaan keuangan BUMN di Indonesia, termasuk dikategorikan perusahaan plat merah. BNI juga turut ikut bersaing dalam pasar asuransi syariah di dalam negeri. BNI life membuat produk andalan berjenis entitas, yakni pribadi dan bisnis.

BNI Life dalam jenis pribadi menawarkan tiga produk unggulan, wa’diah cendekia, investa plus, dan multi investa. Sedangkan dalam jenis bisnis, BNI Life menawarkan dua produk healthplan dan pembiayaan jiwa.

5. Asuransi Syariah Astra

Meskipun Anda mengenal Astra sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif terbesar di Indonesia. Namun di tahun 2015 Astra mendirikan anak perusahaan di bidang keuangan, yakni asuransi syariat.

Layanan Astra berfokus pada pelayanan di bidang kesehatan, dan terbaik dalam pelayanan jasa tersebut. Astra juga mempunyai produk lain pada biaya perawatan atas kecelakaan, tanggung rugi pada kebakaran, sampai ritel.

Astra juga sudah berhasil menerapkan sistem pembayaran cashless. Beruntung bagi Anda yang sudah menghindari pembayaran tunai secara langsung, sistem ini sangat relevan. Semua biaya rumah sakit akan otomatis dibebankan pada Astra.

Mengapa Harus Menggunakan Asuransi Syariah?

Asuransi yang selama ini lazim digunakan kebanyakan masyarakat adalah non syariat. Sebab itu adalah sesuatu yang tidak dianjurkan oleh kalangan ahli fiqih, maka disarankan untuk segera beralih.

Minimnya pengetahuan menyebabkan masyarakat enggan untuk menggunakan sistem syariah. Padahal didalamnya terdapat kelebihan menguntungkan dibanding dengan basis konvensional. Terdapat lima kelebihan untuk Anda ketahui agar segera bergabung dengan asuransi syariah.

Alasan pertama adalah secara sistem lebih adil. Bisa lebih adil karena prinsip tolong menolong yang diterapkan. Sistem tolong menolong diterapkan melalui cara memberikan donasi secara otomatis membantu nasabah-nasabah lain ketika bergabung.

Kemudian jika dikaji dengan baik, Anda akan melihat transparansi sejelas-jelasnya. Nasabah akan disajikan informasi dengan terbuka, lengkap dan detail. Dimulai dari proses awal sampai tata cara kerja keuangan akan dijelaskan secara rinci.

Dasar terakhir adalah tidak ada dana hangus dalam basis syariat. Berbeda dengan basis konvensional, jika premi yang didapat akan disetor ke perusahaan berbanding terbalik dengan sistem syariat. Dalam aturan Islam premi sepenuhnya adalah milik nasabah.

Setiap perusahaan asuransi mempunyai sistem, aturan, dan proses beragam dalam menjalankan aktifitas keuangannya. Maka ketahui perusahaan asuransi syariah terbaik 2021 agar ekspektasi menjaga diri dan keluarga bisa aman terkendali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel