Belajar Saham dari Film Tentang Saham

Belajar Saham dari Film Tentang Saham

Investasi dalam bentuk saham, saat ini mulai banyak digandrungi oleh anak anak muda. Akan tetapi, jika anda baru saja terjun ke dunia bisnis satu ini, tak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa itu saham dan juga bagaimana sistem kerja dan keuntungannya. Untuk belajar saham dengan asyik, sebaiknya anda menonton film tentang saham terlebih dahulu. Berikut simak rekomendasinya.

Rekomendasi Film Bertema Saham yang Wajib Anda Tonton

1. The Wolf of Wall Street

Film pertama yang wajib masuk ke daftar yang wajib ditonton investor pemula adalah The Wolf of Wall Street. Film bertema saham yang mengusung genre komedi sekaligus biografi ini dibintangi oleh aktor papan atas yakni Leonardo DiCaprio yang terkenal lewat filmnya yakni Titanic di tahun 90 an silam.

The Wolf of Wall Street menjadi salah satu film yang sukses menarik perhatian kala peluncurannya di tahun 2013. Film yang berkisah dengan biografi atau perjalanan hidup dari seorang Jordan Belfort yang merupakan seorang pialang saham ini memang cukup menginspirasi karena banyak pelajaran yang bisa anda petik ketika menonton film ini.

Berkisah tentang Jordan Belfort yang berhenti bekerja sebagai pialang lantaran perusahaan saham tempatnya ia bekerja mengalami kebangkrutan. Setelah itu, ia pun berinisiatif bersama dengan teman temannya yang lain untuk membuka perusahaan saham sendiri. Film tentang saham ini akan menghadirkan kisah yang seru dan penasaran untuk anda tonton di rumah.

2. Boiler Room

Belum puas menonton The Wolf of Wall Street, anda bisa melanjutkan untuk menonton film bertemakan saham yang lain yakni Boiler Room. Film satu ini mengisahkan tentang mahasiswa yang putus sekolah yakni Seth yang diperankan oleh Giovanni Ribisi. Dimana dalam film ini, Seth memang memiliki karakter yaitu berusaha untuk memenuhi standar yang diinginkan ayahnya.

Kisah pun berlanjut, dimana Seth kemudian telah menjadi seorang pialang pada perusahaan investasi yang berada di pinggiran kota. Disini, Seth pun bekerja dengan penuh agresif dan berambisi dia akan sukses di dunia saham. Dia pun bekerja di broker saham yang memiliki nama Boiler Room hingga menjadi orang yang kaya.

Namun, sayangnya dalam salah satu film tentang saham ini, Seth menghalalkan segala upaya untuk mendapatkan kesuksesan. Salah satunya adalah dengan tidak menyadari bahwa ia menjual saham bodong. Oleh karena itu, dalam meraih kesuksesannya tersebut, ia memang menggunakan segala cara untuk menempuh ambisinya. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Anda pun harus menonton film satu ini.

3. The Big Short

Film lainnya yang bisa anda tonton adalah The Big Short yang menceritakan tentang kisah nyata dari krisis ekonomi dunia, khususnya yang terjadi di Amerika. The Big Short sendiri merupakan salah satu film yang mengusung genre komedi dan biografi yang dibintangi sederet bintang ternama.

Sebut saja seperti Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling dan juga Brad Pitt. Film tentang saham satu ini dapat menjadi salah satu tontonan bermanfaat yang menambah ilmu di dunia ekonomi. Sebab banyak istilah baru yang akan anda temukan ketika menyaksikan film satu ini.

Mulai dari Collateralized Debt Obligations (CDO) dan juga Credit Default Swap (CDS). Istilah istilah dalam dunia ekonomi tersebut tentu saja akan menambah wawasan anda ketika menonton The Big Short. Terutama bagi anda, investor pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis atau saham.

4. Enron: The Smartest Guys in Room

Enron:The Smartest Guys in Room adalah rekomendasi film selanjutnya yang bisa anda tonton untuk menambah pengetahuan tentang dunia saham. Film ini rilis tahun 2005 dan menceritakan tentang tragedi Enron, yakni sebuah perusahaan besar yang berlokasi di Amerika dan mengalami kebangkrutan.

Disini, anda akan melihat kasus penipuan finansial dan juga akuntansi dimana paling berat yang pernah terjadi di sepanjang sejarah. Hal ini terjadi ketika seorang wartawan dari majalah Fortune dan juga analis investasi merasakan adanya kejanggalan dari laporan keuangan maupun nilai saham yang dimiliki oleh perusahaan Enron.

Film bertema dokumenter ini pun anda juga akan menyaksikan wawancara secara eksklusif yang dilakukan oleh Peter Elkind dan juga Bethany McLean. Anda juga bisa melihat wawancara dengan beberapa mantan petinggi maupun mantan karyawan perusahaan Enron dalam film satu ini.

5. Inside Job

Film tentang saham lainnya yang bisa anda tonton adalah Inside Job. Disini, anda pun akan diajak untuk melihat kisah dan juga seluk beluk dari krisis keuangan yang terjadi pada akhir tahun 2000an. Di dalam film satu ini, juga akan dikisahkan tentang hal hal apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya krisis tersebut. Tentunya akan menjadi tontonan yang cukup menarik jika anda ingin mendalami dunia ekonomi dan saham.

Anda pun akan melihat wawancara dengan seorang ekonom yakni Nouriel Roubini, Direktur Pelaksana IMF pada masa tersebut yakni Christine Lagarde dan juga pengelola investasi yakni Bill Ackman. Di dalam film ini pun, anda juga akan melihat bahwa dalam kehidupan Wall Street, cenderung menggunakan kokain hingga praktik pelacuran. Untuk anda yang penasaran, bisa mencoba untuk menonton film satu ini.

Dengan menonton rekomendasi film tersebut dapat menjadi salah satu metode pembelajaran yang asyik. Terutama bagi anda yang ingin mendalami dunia saham. Oleh karena itu, bagi anda yang tertarik terjun menjadi investor pemula, dengan rekomendasi rekomendasi tersebut dapat menjadi salah satu gambaran bagaimana kehidupan dunia saham. Anda juga bisa mengerti istilah saham melalui film tersebut.

Referensi : https://investbro.id/film-tentang-saham/

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel