Sejarah Hari Bank Sedunia 1 April Yang Belum Banyak di Ketahui

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di website www.enkosa.com.

Apakah Anda tahu mengenai Sejarah Hari Bank Sedunia 1 April? Mungkin sebagian besar dari Anda jarang yang tahu atau bahkan belum pernah sama sekali mendengarnya. Ternyata hari Bank sedunia selalu diperingati setiap tahun tepatnya pada tanggal 1 April.

Secara garis besar Anda pasti tahu apa itu Bank! Bank adalah penyedia atau layanan keuangan bagi masyarakat, tetapi dalam pembahasan kali ini yakni Sejarah Hari Bank Sedunia yang pasti lingkup layanannya pun berbeda dari Bank yang kita ketahui saat ini.

Berbicara mengenai Sejarah Hari Bank Sedunia 1 April lalu bagaimana sih sejarahnya? Yuk kita bahas sama-sama.

Sejarah Hari Bank Sedunia 1 April

Sejarah Hari Bank Sedunia 1 April Yang Belum Banyak di Ketahui

Sejarah terciptanya Hari Bank bermula dengan digelarnya Konferensi bertajuk di United Nation and financial conference di Negara Paman Sam, pada kesempatan tersebut dibentuklah sebuah badan yang ditugaskan untuk bertanggung jawab menangani masalah perekonomian dunia dengan nama Bank Dunia.

Apakah Bank Dunia hanya membantu pendanaan bagi Negara? Ya tentu saja, berbeda dengan Bank lokal pada umumnya.

World Bank bertugas menyalurkan dana bantuan atau lebih umumnya disebut dana moneter kepada Negara yang mempunyai problematika masalah ekonomi. Sebagai contoh Negara Perancis adalah Negara pertama yang mendapatkan dana moneter dari World Bank. Pada saat itu Perancis mengalami krisis dan menerima dana bantuan sebesar 250 juta dolar Amerika yang dipergunakan untuk membangun kembali infrastruktur yang telah rusak akibat peperangan.

Word Bank tak hanya berfokus pada krisis ekonomi akibat peperangan, akan tetapi juga menyalurkan dana pada Negara yang mengalami krisis ekonomi akibat terkena bencana alam dan hal lainnya yang menyebabkan masalah ekonomi.

Di atas adalah sejarah di peringatinya Hari Bank Sedunia yang tepatnya pada tanggal 1 April disetiap tahunnya. Namun banyak fakta lain loh mengenai badan internasional ini. Apa saja fakta menarik lainnya? Mari kita lanjut bahas.
 
Daftar Negara yang Pernah Mendapatkan Dana Moneter World Bank

Berikut daftar Negara yang pernah mendapatkan bantuan dari Bank Dunia :
 
Prancis

Kenapa harus Prancis terlebih dahulu? Yups karena Negara tersebut ialah Negara pertama yang mendapatkan dana moneter . Kan prancis Negara kaya? Ya memang betul saat ini prancis Negara kaya di eropa, akan tetapi diamasa dulu Negara tersebut pernah mendapatkan bantuan dana dari world Bank untuk bangkit kembali membangun kerusakan infrastruktur yang disebabkan peperangan. Nggak nyangka kan?
 
Indonesia

Negara kita sendiri, Indonesia tercinta. 17 tahun yang lalu di tahun 2004 Negara kita mendapati bencana terbesar yakni tsunami di aceh. Pada saat itu banyak sekali menelan korban dan terjadi kerusakan bangunan serta infrastruktur dimana - mana. Kabarnya sih pada masa itu Indonesia mendapatkan dana bantuan dari wolrd Bank.
 
India

India adalah salah satu Negara yang mendapatkan dana moneter dari word Bank, kabarnya sebesar 1 miliar dolar USD yang jika dirupiahkan sekitar 16 trilliun dengan kurs saat ini. Dana tersebut bertujuan untuk membantu India bangkit melawan ganasnya covid-19.
 
Republik Demokratik Kongo

Negara ini juga mendapatkan suntikan dana untuk mengatasi pandemic dengan dana sebesar 47 ribu Dollar Amerika yang bertujuan untuk pembelian peralatan medis.

Haiti

Haiti adalah Negara yang mendapatkan bantuan dana sebesar US$ 20 juta untuk mencegah penyebaran Covid 19. Dana tersebut digunakan untuk pembelian alat pendeteksi dini covid-19.
 
Akhir Kata

Sebagian besar dari kita mungkin sedikit yang mengetahui apa itu Hari Sejarah Bank Sedunai 1 April karena memang tidak familiar di telinga kita. Untuk itu alangkah baiknnya untuk belajar mengenai informasi sejarah lebih mendalam.

Anda juga dapat melihat artikel di atas melalui website www.enkosa.com dengan judul Sejarah Hari Besar Bank Sedunia 1 April.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel