Memanfaatkan Tangan Terampil dengan Usaha Buket Bunga, Sempurnakan Momentum

Memanfaatkan Tangan Terampil dengan Usaha Buket Bunga, Sempurnakan Momentum

Potensi membuka usaha buket bunga akan memberikan keuntungan maksimal bagi yang memiliki keterampilan pada bidang tersebut. Rangkaian kembang biasanya ditujukan untuk berbagai acara, seperti pernikahan, pertunangan, maupun ucapan berbela sungkawa.

Kembang bukan hanya tanaman hias yang memberikan lambang cinta atau kebahagiaan, namun juga bermakna dalam untuk menunjukan dukacita. Pemilihan jenis serta warna dan padu padan serasi membuat penerimanya dapat masuk ke dalam makna pengirim.

Bisnis seperti ini biasanya identik dengan wanita, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa dikerjakan oleh pria. Paling penting dari menjalankan bisnis ini adalah memiliki keterampilan dalam hal merangkai dan menyesuaikan berbagai jenis serta warna bunga.

Jenis usaha buket bunga ini sangat fleksibel karena Anda bisa mengerjakannya cukup dari rumah. Penjualan bisa dilakukan online sehingga tidak membutuhkan penyewaan tempat. Jika terlalu takut stok kembang maka sistemnya bisa menerapkan prapesan atau preorder.

Informasikan dulu bahwa Anda akan membuka usaha merangkai bunga kemudian buka kesempatan pelanggan untuk melakukan pemesanan. Setelah itu jumlah kembang yang dirangkai tinggal disesuaikan dengan jumlah pesanan yang sudah ada berikut dp-nya.

Tips Memulai Usaha Buket Bunga

Tips bagi Anda yang ingin membuka usaha buket bunga, tetapi tidak tahu harus memulainya dari mana. Berikut berbagai hal yang bisa dipelajari:

1. Pilih Pemasok Terpercaya

Memilih pemasok terpercaya akan menentukan masa depan bisnis Anda. Pastikan menemukan pemasok dengan harga terendah, namun berkualitas bagus agar kepercayaan pelanggan bisa terus dipegang dan berdatangan juga para pelanggan baru lainnya.

2. Sediakan Jasa Antar

Memiliki kurir sendiri jauh lebih aman ketimbang memanfaatkan jasa ekspedisi yang sudah umum. Pertama, kurir sendiri bisa diarahkan secara detail perihal hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pengiriman, seperti yang berpotensi memicu kerusakan.

3. Seleksi Pegawai

Menyeleksi pegawai harus sesuai dengan tanggung jawab pekerjaannya. Misal, untuk yang bertugas merangkai bunga maka harus ada seleksi terkait kemampuan tersebut. Sementara yang menjadi kurir maka harus amanah dan tidak bisa sembarangan dalam mengantar barang.

4. Tentukan Target Pasar

Pada dasarnya rangkaian kembang bisa digunakan untuk momen apa saja, namun lokasi tempat usaha mempengaruhi siapa pelanggan dominan. Contoh, jika lokasi dekat kampus maka kebanyakan pembeli adalah mahasiswa untuk kepentingan sidang atau wisuda.

Dengan memperhatikan berbagai hal di atas maka potensi usaha buket bunga berkembang menjadi semakin tinggi. Selalu mengupdate diri dengan pengetahuan akan rangkaian kembang terbaru juga penting untuk meningkatkan kompetensi di tengah persaingan bisnis.

Memadukan Kembang dengan Beberapa Snack

Saat ini usaha buket bunga bisa divariasikan dengan berbagai camilan atau snack seharga murah meriah. Kombinasi antara kembang dengan snack membuat tampilan lebih menarik serta fungsinya lebih variatif karena bunganya bisa disimpan, sementara snack bisa dimakan.

Anda bisa mengombinasikan berbagai kembang dengan snack warung seharga Rp500 hingga ribuan, namun yang masih bersahabat dengan dompet. Padu padan antara kembang dengan snack murah meriah akan menarik jika dirangkai oleh tangan kreatif yang tepat.

Perpaduan antara snack dengan bunga hidup biasanya akan menampilkan kesan menawan asalkan varian bunganya tepat. Sebagai referensi, Anda bisa memilih lily, mawar merah, dan juga mawar putih. Kombinasi ketiganya dengan snack akan terkesan menawan dan cantik.

Selain kembang asli, bisa juga memanfaatkan kembang palsu agar daya simpannya bisa lebih lama. Keuntungan menggunakan kedua jenis kembang tersebut tentu pada ranahnya masing-masing. Jika ingin wangi alami maka jangan ragu untuk memilih jenis kembang asli.

Namun, demi memperluas pasar jangan menutup kesempatan juga untuk merangkai kembang palsu pada usaha buket bunga yang dijalankan. Keduanya pasti memiliki target pasar tersendiri, Anda bisa melakukan prapesan agar tidak merugi dalam hal stok dan modal.

Rekomendasi Bunga untuk Acara Pernikahan


Mendirikan usaha buket bunga artinya Anda akan menjadi incaran para calon mempelai di hari bahagia mereka. Mempelai wanita akan melakukan kebiasaan lempar buket bunga kepada tamu undangan dan momen tersebut tentunya paling dinantikan oleh para tamu single.

Sebagai salah satu bagian dari momen bahagia tersebut, ada beberapa referensi bunga yang bisa dirangkai cantik menjadi buket pada hari pernikahan, seperti:

1. Calla Lily


Masih satu ras dengan lili, hanya saja tampilan warna kembang ini putih dan membentuk lonceng. Aroma khas wanginya lebih lembut dan anggun sehingga karakter mempelai wanita yang lembut akan lebih dominan ditampilkan. Cocok bagi pemilik karakter sangat feminin.

2. Hydrangea

Jenis tanaman ini akan lebih cantik jika dikombinasikan dengan lili dan baby’s breath. Tampilan warnanya menawan, dimulai dari biru, putih, hingga oranye. Cukup memanfaatkan tiga batang saja sudah bisa menimbulkan efek bermekaran begitu merekah.

3. Baby’s Breath

Konsep pernikahan rustic akan kian sempurna dengan buket kembang jenis ini. Warna kalem dipadukan dengan bentuk mungil membuat suasana pernikahan kian sakral dan seperti kembali terlahir karena melambangkan kehidupan baru yang belum tersentuh dosa.

4. Peony

Peony memiliki lambang sebagai kembang yang membawa keberuntungan agar kehidupan rumah tangga langgeng hingga akhir hayat. Perpaduan warna putih, pink, kuning, merah, dan ungu memberikan kesan cantik dengan sarat makna mendalam di hari pernikahan.

Serangkaian kembang di atas bisa menjadi daya tarik dari usaha buket bunga diantara berbagai saingan lain bagi pasangan mempelai pengantin. Apalagi dengan tambahan keterampilan merangkai berikut kemampuan berkomunikasi yang baik kepada klien.

Buket yang Cocok untuk Wisuda

Selain untuk hari pernikahan, usaha buket bunga juga kerap menjadi incaran para mahasiswa guna memberikan hadiah terhadap rekan yang diwisuda. Sebagai perangkai yang baik, pertimbangan beberapa kembang berikut dapat menjadi referensi usaha Anda:

1. Anyelir

Anyelir, terutama anyelir merah melambangkan perasaan bangga atau kagum sehingga pas dijadikan sebagai ucapan selamat wisuda antar teman. Selain itu daya tahan anyelir juga bisa sampai berminggu-minggu lamanya bahkan ketika sudah dipangkas dari pohonnya.

2. Tulip

Tulip termasuk jenis kembang yang cocok masuk ke segala momen, termasuk hari wisuda. Warna cerah ceria melambangkan kebanggaan sekaligus suka cita atas tercapainya titik tujuan seseorang. Tulip sangat pas diberikan oleh rekan maupun kekasih di hari berbahagia tersebut.

3. Mawar

Mawar juga banyak jenisnya, dua diantara yang direkomendasikan untuk menjadi ucapan selamat di hari wisuda adalah merah dan merah muda. Keduanya menampilkan warna ceria dan juga kalem. Melambangkan betapa turut berbahagianya orang yang memberikan buket.

4. Anggrek

Anggrek selain menjadi tanaman hias bagi beberapa orang, juga cocok dijadikan rangkaian kembang di hari wisuda. Berbagai paduan warna anggrek dengan beberapa daun dan aksesoris lainnya memberikan kesan tersendiri bagi penerima.

Anda bisa memilih salah satu diantara keempat bunga di atas atau mengkombinasikannya menjadi satu kesatuan. Sebagai pemilik usaha buket bunga, Anda juga bisa berimprovisasi dengan menyertakan beberapa cemilan atau make up guna mempercantik tampilan buket.

Agar Menjadi Florist yang Terpercaya

Ketika menjalankan usaha buket bunga, Anda akan menemukan banyak saingan di bidang serupa. Namun, kesempatan untuk bertahan dari setiap usaha berbeda-beda. Anda dapat menjadi salah satu yang bertahan alam asalkan konsisten untuk memberikan yang terbaik.

Contoh, hal utama yang wajib diprioritaskan guna menggaet klien adalah kesegaran kembang asli. Ketika kembang memiliki potensi layu maka pembeli tidak akan tertarik karena selain warnanya tidak menarik, daya simpannya juga bisa lebih sebentar dari buket lain.

Untuk menjadi jasa terpercaya, pastikan untuk selalu mendengarkan keinginan klien dan berupaya untuk mewujudkannya. Yang seperti ini dinamakan dengan custom atau membuat rangkaian kembang sesuai pesanan pelanggan. Komunikasikan segala detailnya dengan jelas.

Komunikasi adalah hal utama dalam proses jual beli, terutama jika jangkauan pasar Anda bukan hanya orang terdekat. Rasa nyaman dan aman pelanggan akan membuat mereka kembali berlangganan dengan toko bunga milik Anda, meskipun terpisah jarak lintas pulau.

Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, meskipun pada mulanya Anda bermodalkan pas-pasan dan menerima pesanan dari orang terdekat dahulu. Namun, jika keterampilan tersebut memang apik, tidak menutup kemungkinan usaha akan kian besar.

Yang dibutuhkan ketika menjalankan usaha, apapun itu adalah konsistensi dan mau belajar terus-menerus. Inovasi dalam segala hal positif diperlukan guna meningkatkan usaha buket bunga supaya pasarannya tidak sebatas wilayah terdekat, namun merambah ke jangkauan lebih luas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel