Trik Sukses dengan Membuka Usaha Kedai Kopi Bermodal Rendah

Trik Sukses dengan Membuka Usaha Kedai Kopi Bermodal Rendah

Ide untuk membuka usaha kedai kopi biasanya identik dengan kaum milenial masa kini. Varian berbagai jenis kopi dari mulai yang hitam hingga campuran berupa latte, americano, espresso, hingga avocado coffee menambah daftar menu legit yang menarik untuk dicicipi.

Dari zaman dulu istilah warkop atau warung kopi sudah tidak asing di telinga. Namun, kesannya seperti warung sederhana yang hanya menyajikan varian kemasan sachet yang tinggal langsung seduh. Kini, warkop sudah berinovasi dengan merangkak menjadi kedai.

Untuk beberapa hal bahkan minuman seperti ini lebih dijadikan sebagai gaya hidup atau suatu cara untuk mengakrabkan diri dalam pergaulan. Tidak sedikit penikmatnya yang datang bukan untuk sekedar minum, namun juga mengerjakan tugas atau berdiskusi.

Sekedar ngobrol santai di warkop juga menjadi tujuan beberapa anak muda menghabiskan waktu luang. Para pemilik usaha kedai kopi saat ini sudah banyak yang berimprovisasi dengan menjual kemasan literan agar bisa dinikmati di rumah selama pandemi covid-19.

Trik Sukses Memulai Usaha Kedai Kopi

Untuk Anda yang gemar minum kopi, ini saatnya untuk mengembangkan diri dengan membuka usaha kedai kopi. Kesuksesan dimulai dari hal kecil dan langkah tepat. Untuk itu, sebelum terjun, pahami dulu beberapa trik berikut ini:

1. Menyusun Konsep

Sebagai tempat nongkrong, konsep dari warkop modern haruslah jelas. Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak usaha serupa berseliweran di mana-mana. Ada yang mengatasnamakan kata-kata puitis sebagai merknya, ada juga yang hanya ikut-ikutan agar tren.

2. Dekorasi Interior dan Eksterior

Dekorasi akan menjadi garda depan konsumen dalam menilai apakah suasana di dalamnya nyaman atau biasa saja. Berbagai sajian menu nikmat berpadu dengan desain menarik akan membuat pelanggan betah berlama-lama hingga berpotensi memesan lebih banyak menu.

3. Barista Terbaik

Salah satu kekuatan dari usaha warkop modern adalah penampilan barista dalam meracik minuman di hadapan para pelanggan. Tidak harus tampan, namun harus enak dipandang. Daya tariknya bisa dari berbagai hal, bisa karena kemampuan meracik hingga kepercayaan diri.

4. Manfaatkan Media Sosial

Terakhir, memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk atau promosi berbagai menu di warkop. Sediakan juga jasa pesan antar untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin minum kopi dari rumah. Agar tidak rugi, coba inovasi dengan menu minuman literan.

Trik di atas sedikitnya dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha kedai kopi di manapun lokasinya berada. Pemilihan tempat yang strategis harus masuk ke dalam pertimbangan karena akan menentukan seberapa ramai pembeli yang akan berdatangan.

Tren Kopi Kemasan Satu Liter

Tren kopi literan atau satu liter adalah bentuk pembaruan dari usaha kedai kopi di tanah ari. Bisa dibilang inovasi menu ini baru hadir setelah pandemi merajalela. Terlalu sayang membeli kemasan kecil, maka solusinya bisa memberi ukuran besar sebagai stok di rumah.

Dalam berbisnis, inovasi adalah suatu hal yang dibutuhkan, terutama ketika menghadapi berbagai situasi tidak terduga. Tren kemasan literan ini tidak hanya berlaku untuk satu jenis minuman, namun Anda dapat melihat berbagai jenis minuman dikemas menjadi satu liter.

Bermula dari putar otak agar jualan tetap laris manis, hingga akhirnya kemasan minuman literan ini menjadi tren. Para pengusaha minuman harus memikirkan strategi jitu menghabiskan bahan pokok minuman agar tidak basi atau memasuki masa kadaluarsa.

Solusinya dengan menjual kemasan literan, bukan hanya pengusaha mendapatkan keuntungan, namun juga konsumen. Terlebih bagi para pecinta kopi, solusi seperti ini menghalangi Anda untuk terlalu sering keluar dan berpotensi melanggar protokol kesehatan.

Meskipun tidak bisa menikmati minuman favorit di kedainya langsung, namun para pemilik usaha kedai kopi memberikan jalan keluar terbaik. Ke depannya meskipun pandemi sudah berakhir bukan tidak mungkin tren minuman literan tetap diminati karena sangat praktis.

Berbagai Menu yang Banyak Difavoritkan

Bagi para pemula di bidang usaha kedai kopi bila kebingungan hendak membuat list menu apa saja, referensi menu yang konon banyak diminati berikut ini bisa dijadikan acuan:

1. Latte

Bagi yang tidak suka rasa pahit, latte adalah pilihan terbaik memenuhi kebutuhan lidah akan kafein. Latte merupakan kombinasi dari espresso, susu hangat, dan foam dari susu di atasnya sebagai topping. Minuman ini bisa dinikmati selagi hangat atau dinikmati dengan es batu.

2. Cappucino

Dari pedagang kaki lima hingga cafe kelas atas pasti menjual menu varian ini. Terbuat dari espresso dan susu panas yang dikocok hingga merata. Bisa dinikmati saat cuaca panas dengan menambahkan es atau pada saat cuaca dingin dengan memilih sajian cappucino panas.

3. Kopi Susu Gula Aren

Indonesia punya, katakan saja demikian untuk varian minuman satu ini. Sajian kopi hitam dengan perpaduan gula aren mengembalikan cita rasa zaman lampau dalam peradaban modern. Anda bisa membuat sajian menu varian panas atau menambahkan es supaya dingin.

4. Cold Brew

Proses pembuatan cold brew ini unik karena bukannya diseduh menggunakan air panas, namun direndam semalaman dalam air suhu ruangan. Didiamkan selama semalaman di dalam lemari es untuk mengeluarkan aroma autentik dan memuaskan lidah pencintanya.

5. Espresso

Berikutnya yang kerap menjadi campuran beberapa menu di atas, yaitu espresso. Espresso ini merupakan kombinasi antara bahan utama dengan air panas. Tingkat pembuatannya harus tepat agar menghasilkan sajian minuman legit meskipun terasa pahit.

Selain itu ada juga americano sebagai menu di usaha kedai kopi yang tidak kalah memiliki penikmat setia. Serta banyak lagi menu lainnya untuk dikreasikan dari biji kopi pilihan terbaik. Beberapa orang mungkin akan lebih menyukai biji gilingan, daripada minuman sachet.

Alasan Orang Mengapa Konsumsi Kopi

Ada berbagai alasan kenapa usaha kedai kopi tidak akan ada matinya. Pertama, setiap orang membutuhkan kafein seiring jam kerja kian tinggi dan usia makin bertambah. Kafein bukan hanya dibutuhkan untuk gaya-gayaan, namun membantu supaya mata dan konsentrasi terjaga.

Tidak jarang orang dewasa menghabiskan waktu bekerja di siang hari kemudian harus tetap menyisihkan waktu pada malam hari untuk lembur. Bagi ibu rumah tangga juga yang seharian mengurus anak terkadang harus terjaga di malam hari untuk beberapa pekerjaan.

Kemudian juga para profesi yang menjalankan kerja malam hari, kafein merupakan alat bantu alami. Pada beberapa drama medis bahkan para dokter mendoping diri mereka dengan kafein karena harus terjaga selama 48 jam bahkan lebih di rumah sakit bahkan ruang operasi.

Kafein ini sangat membantu, asalkan konsumsinya tidak berlebihan. Misal, bagi penderita maag tentu harus memiliki aturan minum sesuai kemampuan lambung. Jangan terlalu sering atau ketergantungan setiap hari karena dapat memicu terjadinya kontraksi hingga fatal.

Imbangi juga konsumsi espresso maupun varian lainnya dengan memperbanyak minum air putih. Berbagai menu di usaha kedai kopi memiliki takaran pada setiap sajian yang mempertimbangkan keamanan orang banyak ketika satu kali minum sajian tersebut.

Berbagai Manfaat Kafein untuk Kesehatan

Berbagai sajian dari usaha kedai kopi menyuguhkan beragam menu dimana semuanya pasti mengandung kafein. Apa itu kafein? jadi, kafein adalah suatu senyawa stimulan yang dapat berpengaruh terhadap kerja otak, jantung, dan mempengaruhi urin.

Itu sebabnya setiap orang membutuhkan kapasitas masing-masing dalam mengonsumsi kopi. Ketika tahu batasannya maka otomatis sejumlah manfaat kafein berikut ini dengan sendirinya mudah didapatkan:

1. Mencegah Penurunan Fungsi Otak

Penurunan fungsi otak pada usia lanjut adalah sesuatu yang wajar, namun kita bisa memperlambatnya, salah satunya dengan memanfaatkan kafein. Konon ada penelitian yang mengungkapkan bahwa penderita alzheimer dan parkinson bisa dicegah dari konsumsi kafein.

2. Meningkatkan Tekanan Darah

Hati-hati bagi penderita hipertensi karena terlalu sering mengonsumsi kopi bukanlah ide bagus. Namun, bagi yang membutuhkan tekanan adrenalin untuk beberapa aktivitas maka konsumsi segelas kopi bisa membantu Anda dalam menjalani aktivitas tersebut.

3. Meningkatkan Performa Saat Olahraga

Adrenalin yang terpacu akan membantu dalam peningkatan performa saat olahraga di mana saja. Namun, perhatikan juga bagi penderita maag khususnya jangan mengkonsumsi kafein sebelum makan nasi karena efeknya bisa sangat buruk.

Berbagai manfaat kafein di atas bisa didapatkan asalkan, sekali lagi diberikan pada takaran yang pas. Sebab berlebihan untuk segala sesuatunya tentu tidak baik. Efek sampingnya bisa berbahaya bagi kesehatan sehingga Anda harus berhati-hati saat menciptakan menu di usaha kedai kopi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel