Cara Mudah Menabung dengan Gaji di Bawah 5 Juta

Cara Mudah Menabung dengan Gaji di Bawah 5 Juta

Cara mudah menabung perlu dipelajari khususnya bagi kawula muda. Mengapa anjuran menabung lebih fokus untuk anak muda? Sebab kalangan ini lebih sulit memiliki kepastian hari tua. Kecuali mereka yang bekerja dengan jaminan tunjangan masa pensiun.

Generasi muda memiliki masa produktif yang cukup lama. Masa-masa emas ini harus dimaksimalkan untuk persiapan hari tua yang sejahtera. Namun kenyataannya generasi milenial terkenal dengan orang-orang yang sulit memiliki rumah dan investasi. Lebih banyak yang tertarik memiliki gadget serta kendaraan pribadi.

Di sisi lain, penghasilan dari gaji rata-rata tidak lebih dari Rp 5 juta setiap bulan. Bagi yang tinggal di daerah kota besar tentu akan sulit memiliki tabungan pribadi. Lebih mengutamakan kebutuhan pergaulan, gaya hidup dan kepentingan jangka pendek. Mengalami hal yang sama?

Maka ada trik tersendiri supaya Anda bisa tetap menabung meski dengan gaji terbatas, namun masih bisa memenuhi kebutuhan pokok yang semakin banyak. Penasaran seperti apa caranya? Di bawah ini adalah beberapa trik paling mudah supaya bisa menabung dengan gaji kurang dari Rp 5 juta, antara lain:

Cara Mudah Menabung Ala Karyawan

Dalam hal ini kami membahas karyawan dengan memiliki gaji Rp 5 juta setiap bulannya. Nominal ini umumnya diperoleh setelah menjadi karyawan tetap sebuah perusahaan. Bagi yang hidup di kawasan kota kecil atau pedesaan nominal gaji ini cukup. Namun PR bagi mereka yang tinggal di kota besar.

Karena di kota besar, umumnya semuanya serba mahal. Sehingga setiap orang harus pintar mengontrol keuangannya dengan baik untuk bertahan hidup. Jika tidak, jangankan untuk makan, uang yang dipakai membayar tagihan listrik, internet, dan sejenisnya pasti habis begitu saja.

Maka dari itu untuk yang memiliki penghasilan Rp 5 juta per bulan, nominal ideal untuk tabungan adalah sebesar 30%. Cara mudah menabung ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Prioritaskan kebutuhan wajib bulanan. Misalnya membayar kos, listrik, air, telepon, cicilan kendaraan bermotor, asuransi kesehatan dan sebagainya.

Sehingga bisa diketahui berapa sisa yang ada. Jika tidak memungkinkan untuk menabung 30% turunkan menjadi 10%. Jadi untuk gaji Rp 5 juta sebesar Rp 500 ribu harus masuk dalam tabungan dan tidak perlu diperhitungkan. Bagi karyawan bisa memanfaatkan fasilitas tabungan karyawan yang dikelola koperasi atau bagian lain.

Dengan cara ini Anda bisa menabung lebih rutin. Tentunya cara mudah menabung ala karyawan ini sangat berguna. Pengelolaan keuangan setiap bulan akan terbantu. Menabung melalui fasilitas kantor lebih aman. Terutama bagi perilaku hidup konsumtif. Dengan menyetor sejumlah uang dari gaji bisa mendapatkan keuntungan saat pensiun.

Menabung Harus Dipaksa Sejak Awal

Menabung perlu dipaksakan. Jangan menunggu akhir bulan jika gaji tersisa. Jika mindset yang dimiliki seperti ini maka akan sulit menyisihkan uang gaji bulanan. Karakteristik anak muda pada umumnya adalah menghabiskan uang untuk kebutuhan hiburan dan jangka pendek. Selama merasa memiliki uang keinginan menggunakannya lebih besar.

Cara mudah menabung bagi yang memiliki gaji tetap adalah di hari pada saat menerima gaji. Umumnya gaji diterima dalam bentuk transfer rekening. Pada tanggal gajian dan saldo masuk, segera debit untuk kebutuhan tabungan. Pisahkan rekening gaji dan tabungan jadi lebih terpantau keluar masuknya uang.

Ingin lebih aman menabung? Buka rekening tabungan berjangka. Di sini setiap nasabah akan dipaksa mengkredit atau menyetor sejumlah uang pada tanggal yang telah ditetapkan. Nominalnya tetap setiap bulan jadi seperti membayar cicilan. Namun hasilnya akan bisa dinikmati setelah masa tabungan selesai.

Ini adalah salah satu cara mudah menabung yang bisa dicoba di masa sulit. Meski awalnya mungkin sulit bagi sebagian orang khususnya untuk yang terbiasa bersikap konsumtif. Namun jika sudah terbiasa dilakukan, akhirnya menabung menjadi semakin mudah.

Komitmen terhadap diri sendiri bahwa harus memiliki tabungan nominal tertentu dalam jangka waktu yang ditentukan sendiri. Anggap setiap bulan hanya mendapat gaji sebesar Rp 4.500.000 atau sesuai nominal yang diinginkan. Dengan begitu pengelolaan kebutuhan lain setiap bulannya lebih efisien.

Pentingnya Menghindari Gaya Hidup yang Berlebihan

Cara mudah menabung selanjutnya adalah menghindari gaya hidup berlebihan. Maksudnya adalah mengikuti tren di luar kemampuan. Misalnya membeli kebutuhan fashion dengan brand tertentu di mana harganya relatif tinggi. Alasan mengikuti pergaulan dan syarat masuk di komunitas atau group tertentu.

Memakai skincare dan kosmetik dengan harga tinggi bagi wanita. Perawatan kecantikan memang perlu dilakukan supaya menunjang penampilan. Namun di pasaran banyak pilihan produk dengan harga terjangkau. Mahal tidak berarti cocok dan hasilnya bagus. Perlu diingat bahwa sehat itu cantik jadi tidak perlu berlebihan dalam bersolek.

Ada banyak barang fashion produksi lokal berkualitas impor bahkan lebih bagus. Jangan gengsi memakai produk dalam negeri hanya untuk mengikuti trend. Utamakan kenyamanan dibanding harga dan merk. Misalnya sepatu, banyak produksi anak negeri yang kualitasnya bisa diadu dengan produk impor.

Cara mudah menabung dengan menghindari gaya hidup berlebihan akan cepat terealisasi. Bersahaja lebih utama dan menunjukkan karakter. Tidak hanya keperluan fashion tetapi juga fasilitas lain seperti kendaraan pribadi dan hunian. Hindari berhutang untuk kebutuhan membeli gadget dan kendaraan. Namun fokus menabung untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Hal tersebut lebih baik dan akan menjamin masa tua Anda daripada memiliki gaya hidup konsumtif dan berlebihan hanya karena tidak ingin ketinggalan zaman. Perlu diingat bahwa mengikuti gaya hidup berlebihan yang tidak didukung dengan keuangan mapan itu hanya akan menyiksa diri sendiri di kemudian hari.

Pentingnya Mengurangi Kebiasaan Nongkrong dan Ngopi

Mengurangi kebiasaan nongkrong dan ngopi juga merupakan cara mudah menabung bagi anak muda. Dengan gaji tidak lebih dari Rp 5 juta sebaiknya dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lebih penting. Maka perlu memilih teman bergaul supaya bisa membatasi diri. Tidak mudah tergiur mengikuti kebiasaan kurang produktif.

Boleh sesekali bergabung dengan teman sekedar makan dan minum di cafe namun batasi intensitasnya. Sebab penghasilan setiap orang berbeda-beda. Bisa jadi penghasilan dari gaji nominalnya sama namun kebutuhan berbeda. Bagi yang tinggal bersama orang tua tentu memiliki uang lebih sebab tidak harus membayar kos.

Impian setiap individu juga berbeda. Sebagian orang fokus memiliki rumah pribadi, kendaraan bergengsi, atau fokus mempersiapkan pernikahan dan masih banyak lagi. Kondisi ini harus menjadi pertimbangan untuk memilih komunitas pergaulan. Bedakan kemampuan diri dengan orang lain tanpa perlu mengikutinya.

Nongkrong dan ngopi bisa dialihkan untuk kebiasaan yang lebih bermanfaat. Misalnya olahraga bersama, melakukan aktivitas sosial dan sebagainya. Jika memang memiliki hobi nongkrong, bisa memilih cafe yang lebih ramah di kantong. Hal ini juga merupakan salah satu cara mudah menabung paling mudah.

Karena sebenarnya di mana saja tempatnya, kebiasaan nongkrong itu seharusnya tidak harus dilakukan di tempat mahal. Anda masih bisa melakukannya di beberapa tempat yang lebih murah. Di mana tempat tersebut juga menyediakan kopi sama seperti yang dijual di cafe pada umumnya.

Pentingnya Memanfaatkan Peluang Bisnis Sampingan

Menabung menjadi lebih mudah dan leluasa jika memiliki penghasilan sampingan. Di luar gaji tetap bulanan masih banyak kesempatan mendapatkan uang bagi karyawan. Apalagi anak muda milenial akrab dengan gadget dan media sosial. Berjualan online bisa menjadi usaha menjanjikan dan mudah dilakukan.

Bisnis lebih banyak berhubungan dengan aktivitas jual beli. Sebab merupakan cara paling cepat mendapatkan uang. Pasar yang dijaring cukup potensial. Memanfaatkan rekan kerja dan pertemanan di media sosial untuk mempromosikan produk. Hal ini akan lebih cepat mendatangkan hasil. Dalam waktu singkat penghasilan akan diterima.

Bagi yang tidak percaya diri berjualan bisa melirik peluang penghasilan sampingan lain. Menjadi tenaga pengajar di bimbingan privat misalnya. Memanfaatkan waktu luang pada hari libur atau weekend untuk mengambil jam mengajar. Bisa bergabung dengan biro bimbingan atau membuka jasa pribadi.

Menjadi penulis lepas atau penerjemah online juga merupakan solusi mendapat penghasilan tambahan paling mudah. Sebagai karyawan tentu sudah mahir menggunakan aplikasi penulisan serta fasilitas internet. Tidak akan sulit menemukan pekerjaan seperti ini jika rajin mencari. Memaksimalkan bakat yang dimiliki agar pekerjaan lebih fun.

Menjadi Youtuber, saat ini banyak dilakukan khususnya anak muda. Merupakan cara mendapat penghasilan paling menyenangkan. Cukup memaksimalkan hobby seperti memasak, menata ruangan, bercocok tanam, make up wajah, bernyanyi, menari dan sebagainya. Bermain-main dengan youtube juga merupakan cara mudah menabung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel