Tidak Ada Matinya, 7 Usaha Kuliner Ini Pasti Cuan Besar

Selalu ada alasan kenapa potensi usaha kuliner bisa dibilang tidak ada matinya dan menjadi ladang keuntungan besar-besaran. Salah satu alasannya adalah makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga pembelinya tidak akan lekang oleh waktu.

Mulai dari makanan pokok hingga cemilan dan aneka minuman memiliki pangsa pasar tersendiri karena kebutuhan dasar manusia adalah mengenyangkan perutnya. Aneka kudapan dari dalam maupun luar negeri sudah banyak tersedia di tanah air.

Keberadaan para pendahulu bisa menjadi dua mata pisau, pertama bisa menjadi sarana untuk belajar berbisnis. Kedua dalam jangka panjang tentunya menjadi saingan untuk mendapatkan konsumen. Namun, istilah rezeki sudah ada yang atur memang benar adanya.

Tentu dibutuhkan upaya supaya usaha kuliner yang dijalankan bisa langgeng dalam jangka waktu lama. Salah satunya adalah konsisten dan lezat pada rasa serta memberikan harga bersaing dengan para pesaing di dunia bisnis. Tentunya tanpa mengabaikan keuntungan.

Tidak Ada Matinya, 7 Usaha Kuliner Ini Pasti Cuan Besar
Foto: www.ussfeed.com

Bisnis di bidang kuliner memang tidak ada matinya, namun kuliner merupakan sesuatu yang sensitif. Dimana jika satu hari ada bahan makanan tidak habis maka besar kemungkinan harus dibuang, alih-alih disimpan hingga menimbulkan bau membusuk atau tidak lagi bagus. Tertarik untuk membuka usaha di bidang kuliner? yuk, pertimbangkan 7 ide berikut:

1. Usaha Kuliner Aneka Makanan Beku

Bisnis aneka makanan beku merupakan ide bagus untuk memulai usaha kuliner cukup dari rumah. Beberapa hal yang harus disediakan adalah freezer dan bahan makanan itu sendiri. Kapasitas freezer sendiri ada yang mulai dari 50 liter hingga melebihi dari 100 liter ke atas.

Kenapa makanan beku bagus untuk pemula? karena daya simpan makanan ini bisa untuk jangka waktu lama, asalkan tidak dipindah-pindahkan dari suhu sekian ke suhu ruangan. Kemudian juga tidak perlu mengambil resiko terlalu riskan untuk membumbui, dsb.

Anda hanya perlu menemukan supplier semurah mungkin kemudian memiliki daya listrik memadai untuk memasang freezer 24 jam di rumah. Untuk pemasaran bisa ditawarkan pada para tetangga atau teman-teman melalui jejaring sosial, dan juga melalui marketplace.

Jika menggunakan sistem kirim-kirim maka jenis makanan ini tidak bisa bertahan hingga berhari-hari. DIbutuhkan jasa kurir instan untuk mendukung keberlangsungan usaha kuliner yang Anda jalankan. Amannya ada dukungan kurir sendiri agar sistem kiriman lebih lancar.

Contoh beberapa makanan beku untuk dijadikan ide pertama membuka bisnis adalah nugget, bakso, sosis, dessert box, risol, pizza goreng, hingga yogurt. Semuanya ada yang siap makan, ada juga yang tinggal hanya digoreng setelah tentunya disimpan pada suhu ruang.

2. Aneka Gorengan Klasik yang bisa Dijadikan Sebagai Bisnis Kuliner

Makan gorengan adalah kebiasaan orang Indonesia yang seolah mendarah daging sedari zaman dahulu kala. Aneka gorengan klasik bisa menjadi ide usaha kuliner untuk dijalankan cukup dari rumah. Modalnya tepung terigu berbumbu, aneka bahan gorengan, minyak.

Dibutuhkan wajan berukuran besar, namun memanfaatkan wajan biasa di dapur juga tidak masalah. Tidak perlu membuka lapak di depan ruko atau menyewa tempat, karena Anda dapat memanfaatkan halaman sebagai tempat berjualan dengan menggunakan meja saja.

Gorengan bersama beberapa menu lainnya juga dapat dijual secara online dengan bantuan kurir instan. Jika cukup percaya diri dalam masak-memasak, Anda bisa sekaligus membuka bisnis lauk-pauk. Bisnis ini akan memudahkan orang-orang untuk memenuhi kebutuhan dapur.

Beberapa ide menu gorengan yang bisa melengkapi menu jualan Anda adalah pisang goreng, bakwan, tahu goreng, combro, tempe goreng krispi, ubi goreng, dan singkong goreng. Selebihnya bisa disesuaikan dengan selera masyarakat setempat atau apa yang paling laku.

Aneka menu gorengan juga merupakan usaha kuliner yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu berhari-hari karena kualitas akan memburuk. Teksturnya akan mengeras serta rasanya berubah menjadi masam serta tentunya sangat tidak baik bagi metabolisme tubuh.

3. Mie Ayam/Yamin dan Bakso

Sajian kuliner mie ayam atau mie yamin dan juga bakso adalah bukan menu utama yang disukai oleh banyak lidah orang Indonesia. Cita rasa khas ketiga varian makanan tersebut membuat setiap orang rindu dan ingin menikmatinya, saat hujan maupun saat panas.

Salah satu jenis usaha kuliner yang sangat cocok dinikmati dengan sajian minuman dingin maupun minuman hangat. Dinikmati saat siang maupun malam akan memberikan nuansa kelezatan tersendiri karena ketiga menu di atas tidak mengenal waktu untuk dinikmati.

Dari dulu yang kita ketahui untuk menjalankan usaha seperti ini adalah harus sewa tempat atau minimal menggunakan gerobak di pinggir jalan. Padahal Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial atau layanan pesan antar makanan daring untuk mendukung jalannya bisnis.

Tentunya jika menggunakan sistem pesan antar, makanan ini tidak bisa bertahan lama. Jika pemesanan hari itu maka di hari itu pula pada jam tertentu makanan harus dikirim. Pengemasan harus rapi karena nantinya kurir yang membawa makanan tersebut ke pelanggan.

Sediakan layanan untuk pelanggan memilih tingkat kepedasan, keasinan, kemanisan, dan kegurihan makanan mereka. Komunikasi yang baik merupakan modal awal usaha kuliner mie ayam, mie yamin, dan bakso ini bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

5. Minuman Berbasis Susu yang Disukai Anak-Anak Hingga Dewasa

Aneka minuman berbasis susu, seperti boba, milk tea, dan banyak lagi merupakan minuman kekinian yang disukai oleh anak-anak hingga dewasa. Ada beberapa usaha kuliner minuman berbasis susu membutuhkan blender, ada juga yang hanya tinggal tuang ke dalam cup.

Bisnis seperti ini terbilang simple dan memiliki daya simpan lebih lama dibandingkan dengan gorengan atau aneka makanan lain yang sudah jadi. Sistem penjualan minuman ini baru dibuat setelah ada yang membeli, baik secara langsung ke tempat atau melalui media online.

Apabila memiliki dana untuk menyewa ruko maka akan lebih bagus mempertimbangkan sekaligus dekorasinya. Memisahkan antara layanan loket order dengan loket pengambilan pesanan akan membantu orang-orang atau pembeli yang menunggu giliran memilih menu.

Aneka minuman berbasis susu ini bisa dikombinasikan dengan banyak hal, seperti kopi, teh, hingga aneka serbuk minuman berperisa matcha, coklat, atau kombinasi choco mint. Disajikan sebagai minuman dingin ataupun hangat akan menarik minat pasaran berbeda.

Tapi, kebanyakan usaha kuliner yang berjalan adalah memberikan menu sajian dingin karena lebih dikenal sebagai pelepas dahaga dan penghilang haus dibandingkan dengan penghangat tubuh. Kecuali, penjualan dilakukan pada tempat bersuhu rendah dan pada malam hari.

6. Aneka Kue Tradisional yang Tidak Memerlukan Modal Besar

Menjual aneka kue tradisional juga bisa menjadi salah satu ide usaha kuliner yang dijalankan tanpa perlu modal besar. Terlebih jika sama sekali tidak ingin mengeluarkan modal sepeserpun maka Anda bisa menerapkan sistem prapesan atau preorder dahulu.

Biarkan pelanggan memberikan dp kemudian melunasi sisanya setelah pesanan siap dikirim. Aneka kue tradisional ini biasa dimanfaatkan sebagai menu saat ada acara besar atau peringatan hari-hari tertentu. Cocok digunakan saat acara santai maupun acara formal.

Beberapa menu kue tradisional yang bisa dijadikan andalan ketika menjalankan bisnis adalah putu ayu, donat kampung, kue kukus, risoles mayo, arem-arem, lemper, kue bugis, kue lupis, dan masih banyak lagi. Pastikan kombinasi asin dan manis seimbang untuk pilihan pelanggan.

Daya simpan kue tradisional ini tidak bisa lama-lama, sehingga akan lebih baik menerapkan sistem prapesan jika pelanggan belum begitu banyak. Kecuali pelanggannya sudah jelas maka bisa dilakukan stok, namun tidak melebihi kapasitas kemungkinan pembeli satu hari.

7. Jualan Nasi Uduk di Halaman Rumah

Bisnis berikutnya yang tidak kalah menjanjikan adalah usaha nasi uduk, cukup dari halaman rumah. Bermodalkan kursi dan meja, orang-orang pasti langsung tahu bahwa Anda sedang berjualan nasi uduk, asalkan menyertakan tulisan atau aktif menawarkan menu makanan.

Sajian kuliner ini selain bisa digunakan dalam dunia bisnis kuliner, juga mengenyangkan saat menjadi menu sarapan harian. Cita rasa gurih dari nasi dan paduan lezatnya sambal menambah selera makan setiap hari, bagi kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Akan lebih lengkap jika menikmatinya dengan teh hangat atau gorengan panas. Nasi uduk adalah kuliner yang cocok dinikmati saat pagi maupun malam hari tanpa mengenal lokasi, dingin ataupun panas.

Berbagai jenis makanan dan minuman di atas memiliki cita rasa berbeda. Ada yang Indonesia sekali, ada juga yang mengadaptasi kebiasaan orang luar negeri, namun digemari masyarakat tanah air. Pada akhirnya usaha kuliner memang menjadi ladang menjanjikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel