5 Cara Cek Tagihan BPJS dengan Mudah

5 Cara Cek Tagihan BPJS dengan Mudah

Istilah BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Layanan yang cukup populer di kalangan masyarakat ini, mengenakan tarif terjangkau setiap bulan dibandingkan asuransi kesehatan. Lalu, bagaimana cara cek tagihan BPJS bagi peserta jika ingin membayar iuran?

Cara Cek Tagihan BPJS

Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan (referensi):

1. Website Resmi BPJS

Jika melakukan cara ini, pastikan menggunakan koneksi internet dengan koneksi stabil. Cukup dengan mengunjungi website resmi yaitu bpjs-kesehatan.go.id. Kemudian pada halaman utama pilih “cek iuran BPJS Kesehatan” di kolom sebelah kiri.

Lalu akan muncul halaman baru pada layar, Anda diminta mengisi 2 kolom yang tersedia yaitu nomor kartu BPJS dan tanggal lahir peserta. Setelah itu, harus mengetikkan angka validasi yang tertera dan klik “cek”. Rincian pembayaran akan nampak di layar.

Daftar pembayaran yang muncul terdiri dari 2 jenis yaitu yang sudah dilakukan dan tagihan belum dibayarkan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui semua informasi terkait tagihan.

2. SMS Gateway

Cara ini dapat memudahkan Anda para pengguna BPJS bila tidak memiliki atau jarang menggunakan internet. Layanan ini bisa diakses melalui nomor 08777 5500 400. Untuk melakukannya, usahakan saat jam kerja berlangsung.

Dalam nomor tersebut dapat digunakan untuk mengecek berbagai layanan BPJS Kesehatan, juga tagihan yang harus dibayarkan atau denda-denda bila melakukan penunggakan. Semuanya bisa diakses hanya dengan menggunakan salah satu data diri dalam kartu keluarga.

Seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan) atau NIP (Nomor Induk Pegawai). Formatnya adalah “Tagihan <Spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan” kirimkan ke nomor layanan di atas.

3. Aplikasi Mobile JKN

Install aplikasi mobile JKN melalui Play Store untuk Android atau App Store bagi iPhone. Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi atau pendaftaran akun Anda. Setelah proses selesai, login menggunakan akun JKN yang sudah terdaftar.

Kemudian klik menu tagihan dan lanjutkan memilh premi. Akan segera muncul informasi tagihan iuran BPJS Kesehatan.

4. Channel Lain

Selain 3 cara di atas Anda bisa mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui care center di nomor telepon 1500 400. Karena BPJS menyediakan layanan Mobile Customer Service (MCS) serta Mall Pelayanan Publik di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Batam, Surabaya dan sebagainya.

5. ATM

Bila cara-cara di atas masih kurang sesuai dengan yang Anda inginkan, beruntung bagi pengguna atau pemilik rekening tabungan BNI, Mandiri, BCA, BTN dan BRI. Karena bank-bank ini sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, cara ini cocok digunakan. Akan tetapi tidak fleksibel karena hanya rekening tertentu yang bisa digunakan. Untuk jenis kartu ATM lain belum bisa karena tidak melakukan kerjasama.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM ke mesin, pilih transaksi lain, kemudian tekan pembayaran, pilih lainnya dan klik BPJS Kesehatan. Lalu masukkan nomor virtual account BPJS atau nomor peserta BPJS dengan menambahkan 88888 bagian depan.

Selanjutnya tekan benar, Anda akan mendapat konfirmasi pembayaran iuran BPJS yang telah dilakukan. Setelah mengecek keseluruhan proses yang dilakukan dan benar bisa pilih “ya”.

Anda tidak perlu khawatir bila lupa tentang total tagihan iuran BPJS Kesehatan yang belum dibayar atau bukti-bukti pembayaran BPJS yang hilang. Karena ada banyak cara cek tagihan BPJS baik secara offline melalui kantor BPJS langsung dan ATM atau online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel