5 Gubernur Indonesia yang Hafal/Hafidz Al Quran

Memegang amanah sebagai kepala daerah adalah bukan hal yang mudah. Seorang kepala daerah atau gubernur harus memiliki ilmu dan kemampuan yang mumpuni dalam memimpin. Selain itu, akan lebih baik lagi jika seorang pemimpin tidak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual saja tapi juga moral dan spiritual. Memiliki ketataan yang luar biasa kepada Tuhan-Nya dan bekerja keras lillahi ta'ala agar rakyatnya sejahtera, bukan bekerja demi meraih popularitas media semata.

5 Gubernur Indonesia yang Hafal/Hafidz Al Quran

Di negara Indonesia yang kita cintai ini, ada beberapa kepala daerah yang selain memiliki prestasi di provinsi yang ia pimpin, tapi hebatnya juga mereka ternyata adalah seorang penghafal quran ( hafiz ). Pemimpin yang seperti itulah yang patut kita teladani. Al-quran saja mereka cintai, apalagi rakyatnya. Betul apa betul? Adapun sosok-sosok Gubernur yang juga seorang hafiz quran adalah sebagai berikut.

1. Dr. H. Achmad Heryawan, Lc., M.Si (Gubernur Jawa Barat)

5 Gubernur Indonesia yang Hafal/Hafidz Al Quran
foto: instagram.com/aheryawan

Bapak Gubernur yang sering di sapa Aher ini telah menjabat selama dua periode hingga tahun 2018 setelah memenangi pemilihan umum Gubernur Jawa Barat tahun 2013. Melalui persinggungannya dengan pergerakan tarbiah, ia menunjukan perhatiannya dalam politik. Ia bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), terpilih sebagai anggota parlemen DKI Jakarta dua periode sejak 1999. Pemilihan umum Gubernur Jawa Barat 2008 mengantarnya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Selaku kepala daerah, ia mendapat sejumlah penghargaan dari negara. Enam tahun kepemimpinan Aher ditandai dengan sedikitnya 150 penghargaan dari pemerintah yang diraih pemerintah provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2015, Jawa Barat di bawah pemerintahan Ahmad Heryawan berhasil meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara untuk yang kelima kalinya.

2. H. Gatot Pujo Nugroho, A.Md., S.T., M.Si (Gubernur Sumatera Utara)

5 Gubernur Indonesia yang Hafal/Hafidz Al Quran
foto: id.wikipedia.org/wiki/Gatot_Pujo_Nugroho

Pak Gatot menjadi Gubernur sejak 14 Maret 2013. Sebelumnya, ia merupakan Plt. Gubernur Sumatera Utara sejak 2011 hingga 2013 menggantikan Syamsul Arifin yang terjerat kasus korupsi. Gatot yang adalah politikus PKS ini, berduet dengan Syamsul Arifin pada Pemilukada Sumatera Utara 2008 dengan tagline Syampurno.

Dalam Pilkada Sumut 2013, ia maju dan menggandeng Bupati Serdang Bedagai, H.T. Erry Nuradi sebagai wakilnya. Sesuai hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan nomor urut 5 yang membawa tagline Ganteng ini memenangkan pilkada satu putaran di angka 32,05%.

3. Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Spsi, Msc (Gubernur Sumatera Barat)

5 Gubernur Indonesia yang Hafal/Hafidz Al Quran
foto: id.wikipedia.org/wiki/Irwan_Prayitno

Ia memulai jabatan sebagai Gubernur Sumatera Barat periode kedua pada 12 Februari 2016 setelah memenangkan pemilihan Gubernur Sumatera Barat. Sebelumnya, ia duduk di Dewan Perwakilan Rakyat tiga periode sejak 1999 dari Partai Keadilan Sejahtera. Ia dikenal sebagai pendiri Yayasan Pendidikan Adzkia, tetap mengajar dan menunaikan dakwah sepanjang kariernya.

Datang dari keluarga Minangkabau, Irwan menjalani pendidikan menengah di Padang. Ia mengenal tarbiah dan terjun sebagai aktivis dakwah saat berkampus di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1982. Setelah meninggalkan status mahasiswa pada 1988, ia kembali ke Padang mendirikan Yayasan Pendidikan Adzkia. Ia sempat mengambil pekerjaan paruh waktu di bagian HRD (Human Resource Development) berbagai perusahan pemerintah dan dosen psikologi industri. Seiring pengukuhan Partai Keadilan pada 20 Juli 1998, Irwan membentuk dan mengetuai perwakilan PK di Malaysia. PK mengantar Irwan duduk di parlemen hasil pemilihan umum 1999; Irwan terus terpilih untuk dua periode berikutnya. Setelah menyelesaikan pendidikan doktor, ia berbagi tugas sebagai guru besar bidang pengembangan SDM dan tetap berdakwah.

Selaku kepala daerah, ia mendapat sejumlah penghargaan dari negara. Empat tahun kepemimpinan Irwan ditandai dengan sedikitnya 137 penghargaan dari pemerintah yang diraih Sumatera Barat. Selama duduk di parlemen, ia mencurahkan pandangannya dalam penyusunan sejumlah RUU, termasuk penggunaan sumber energi alternatif panas bumi. Ia dicatat karena kemampuan melobi dan pernah menolak permintaan untuk menjadi menteri.

4. K.H. Abdul Ghani Kasuba, Lc ( Gubernur Maluku Utara)

5 Gubernur Indonesia yang Hafal/Hafidz Al Quran
foto: id.wikipedia.org/wiki/Abdul_Ghani_Kasuba

Ia di lantik menjadi Gubernur sejak tahun 2014 didampingi Muhammad Natsir thaib. Sebelumnya, Abdul Gani Kasuba merupakan wakil gubernur dan juga pernah menjabat sebagai anggota DPR-RI dari dapil Maluku Utara dari Fraksi PKS. Pendidikan dari tingkat SD sampai dengan SMA diselesaikan di Palu, Sulawesi Tengah, sedangkan tingkat sarjana diselesaikan di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi.

5. Dr. K.H. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A (Gubernur Nusa Tenggara Barat)

5 Gubernur Indonesia yang Hafal/Hafidz Al Quran
foto: id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Zainul_Majdi

Bapak Gubernur yang akrab di sapa Tuan Guru Bajang adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat 2 periode, masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018. Di nobatkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai Gubernur Termuda di Indonesia. Ia juga menerima Lencana Ksatria Bhakti Husada Arutala yang merupakan penghargaan atas jasanya dalam bidang kesehatan dan dirinya menerima beberapa prestasi membanggakan lainnya.

Nah, semoga kelima sosok gubernur di atas bisa menginspirasi kita semua untuk senantiasa mencintai Al-Qur'an. Lebih bagus lagi apabila dapat menghafalnya, atau minimal rutin membacanya, mempelajari dan  memengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Dalam Artikel 3

Iklan Dalam Artikel 4

Iklan Bawah Artikel