Tampilkan postingan dengan label Zona Remaja. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Zona Remaja. Tampilkan semua postingan

23 September 2016

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

Apabila sahabat ingin memutuskan untuk tidak pacaran tapi terkendala oleh godaan yang begitu berat. Mungkin tips yang akan saya bagikan berikut ini dapat berguna. Dalam postingan ini saya akan sharing tentang cara agar kita terhindar dari yang namanya pacaran. Artikel ini sedikit berbeda dengan apa yang dijelaskan di situs-situs lain, karena ini adalah pengalaman saya sendiri. Setelah melewati pergulatan batin yang begitu lama, akhirnya saya memantapkan diri untuk tidak pacaran alias menjomblo sampai halal (menikah).

20 September 2016

Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Seorang pemuda adalah generasi selanjutnya yang diharapkan dapat membawa tatanan kehidupan menjadi lebih baik. Maka dari itulah seorang pemuda harus mempersiapkan diri dengan banyak belajar, memperdalam ilmu, mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan melakukan kegiatan positif lainnya. Sehingga seorang pemuda dapat terus tumbuh menjadi pribadi yang bisa memberikan manfaat besar bagi agama yang dicintainya, keluarganya, lingkungannya, masyarakat, bangsa dan negaranya. Seorang pemuda hendaknya tidak menghabiskan masa mudanya dengan perbuatan yang sia-sia, apalagi sampai berbuat kerusakan di muka bumi ini.

Nabi kita yakni Rasulullah Muhammad Shallahu 'alaihi wasallam adalah seorang suri teladan bagi kita semua. Dalam usia mudanya Rasulullah sangat terkenal sebagai orang yang memiliiki akhlak mulia, memiliki keinginan yang kuat, kejujuran dan tutur kata yang benar. Tak ayal sebelum diangkat sebagai rasulpun beliau sudah diberi gelar Al-Amin (Orang yang dapat dipercaya).

Untuk menambah motivasi kita supaya menjadi seorang pemuda yang di cintai Allah dan RasulNya. Di sini saya akan berbagi kumpulan hadits tentang pemuda dalam Islam sebagai berikut.

1. Masa Mudamu, Untuk Apa Kau Gunakan?

“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): (salah satunya) ... Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? .. ” (HR. Tirmidzy)

Hadits lengkapnya: 
“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): tentang umurnya, untuk apa dihabiskan? Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? Hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan? Ilmunya, bagaimana dia amalkan ilmunya?” (HR. Tirmidzy)

2. Allah Menyukai Pemuda yang Bertaubat

"Tiada sesuatu yang lebih disukai Allah daripada seorang pemuda yang bertaubat." (HR Ad-Dailami) 

3. Allah Kagum dengan Pemuda yang Tidak Memiliki Nafsu Menggebu

"Se­sungguhnya Allah Ta’ala benar-benar kagum ter­hadap seorang pemuda yang tidak memiliki shabwah (nafsu menggebu)." (HR Ahmad, Thabrani)

4. Allah Memberikan Naungan Kepada Pemuda yang Tumbuh dalam Ketaatan kepada-Nya

“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: (salah satunya)... pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah ... ” (HR Bukhari)

Hadits lengkapnya:
“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah, seseorang yang hatinya bergantung kepada masjid (selalu melakukan shalat berjamaah di dalamnya), dua orang yang saling mengasihi di jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seseorang yang diajak perempuan berkedudukan dan cantik (untuk bezina), tapi ia mengatakan: “Aku takut kepada Allah”, seseorang yang memberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir (mengingat) Allah dalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari kedua matanya.” (HR Bukhari)"

5. Pemuda yang Sudah Mampu Hendaknya Menikah

"Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang sudah mampu menanggung nafkah, hendaknya dia menikah.” (HR. Bukhari)

6. Gunakan Masa Mudamu Sebelum Datang Masa Tuamu

“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima: (salah satunya) .. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, ... ” (HR Hakim)

Hadits lengkapnya: 
“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima; Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, masa kosongmu sebelum datang masa sibukmu dan masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu”. (HR Hakim).

Demikianlah Hadits Tentang Pemuda yang di sabdakan oleh Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam, semoga bermanfaat.

07 Agustus 2016

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barakaatuhu. SubhanAllah walhamdulillah untuk anakku tersayang nanda Muhammad Alvin Faiz : "BarakAllah laka wa barakAllah alaika wa jamaa bainakuma biikhoiri" Engkau anak abi pertama. Di usiamu 17 tahun engkau melewati sidang di Pengadilan Agama Bogor untuk izin nikah karena usiamu belum 19 tahun. Nikah segera pilihanmu adalah takdirNya terindah. Nikah itu ridho Allah. Nikah itu sunnah utama Rasulullah. Pintu KESELAMATAN. Pembuka rizki. Karena engkau takut berzina, dan mimilih jalan Allah, engkau akan melihat keagungan dan pertolongon Allah itu luar biasa

Doa para ulama, guru, para sahabat, para santri, dan jamaah zikir. Engkau generasi zikir. Perjuangan tidak sepanjang umur abi. Nikah subuh penuh rahmat dan berkah Allah. Engkau nikahi seorang putri muallafah. Engkau bimbing papa dan omanya pun masuk Islam. Tiga generasi sekaligus bersyahadat. Abi bangga saat membuka kamarmu di tengah malam sedang engkau dalam sujud. Alhamdulillah syukur tangis abi saat wisuda Alvin bersama adikmu Amer saat wisuda hafidz Alqur'an di masjid At Taqwa Cirebon. Engkau mabit di masjid. Abi senang cium Alvin setiap kali bertemu.


Anakku, insyaAllah engkau generasi Robbani untuk agama mulia ini, umat Rasulullah, negerimu dan keluargamu. "Abi tidak rela api sekecil korek api sekalipun menyentuh tubuhmu nak, apalagi api neraka jahanam, inilah yang membuat abi buka jalan pernikahanmu, karena ingin Alvin, abi dan kita semua selamat, abi tidak ingin hati, pikiran, mata, telinga Alvin berbuat maksiat!"

"Ingat anakku sayang, kalau kita full heart taat kepada Allah, belum di akhirat di dunia sebentar inipun Allah bahagiakan kita dulu, "...Allah gembirakan di dunia dan apalagi di akhirat..." (QS Yunus 61-63)

"Selamat hidup baru anakku sayang, jadilah imam teladan dalam ketaqwaan, dan semoga istrimu menjadi bidadari sholehah dan anak cucu keturunan Alvin membahagiakan dunia akhirat...aamiin".

Kami sekeluarga mengucapkan jazaakumullah atas kehadiran Habib Ali Abdurrahman, Habib Ahmad Al Kaff, KH Mahrus Amin, KH Abdur Rasyid, KH Didin Hafifuddin, KH Amidan, dan seluruh ulama mulia yang hadir, semoga Allah selalu dan selalu memberkahi harakah dakwah kita. Aamiin.

15 Mei 2015

Kultwit Ust. Felix Siauw Tentang Orang Caper

Kultwit Ust. Felix Siauw Tentang Orang Caper

Orang Caper (Cari Perhatian) adalah jenis orang yang selalu mencari-cari perhatian orang lain. Istilah caper ini muncul dari kalangan remaja atau anak muda. Biasanya orang-orang caper itu selalu tebar pesona di depan umum agar dia di perhatikan dan dikagumi oleh orang-orang yang melihatnya. Orang caper juga biasanya haus akan pujian-pujian dari orang lain.

Agar kita tidak terjerumus pada sifat-sifat orang caper sebagaimana yang telah saya jelaskan di atas. Mari kita baca terlebih dahulu kultwit Ust. Felix Siauw tentang Orang Caper yang saya dapatkan dari akun twitternya @felixsiauw sebagai berikut.


1. Pernah tidak ketemu sama orang yang sukanya caper? hehe.. | ya tingkah lakunya memang begitu, agak aneh dan kadang lebay

2. Orang caper itu demennya (sukanya) mention-mention biar di-mention balik, komen-komen biar dikomen balik | kadang-kadang ngemis, follback kaka!

3. Orang yang caper juga tidak gampang nyerah, tangguh, apapun dia buat | nggak pagi, siang, sore, malam, tengah malam, dia caper

4. Orang caper paling sakit hatinya kalau dicuekin, kalau tidak dianggap | "aku tuh nggak bisa diginiin" begitu kira-kira jeritan hatinya

5. Nah, kalau manusia sama orang caper gitu sering merasa risih | tapi beda dengan Allah, Allah seneng sama yang caper (cari perhatian) ke Dia

6. Maka lihat saja orang yang capernya ke Allah, tinggah lakunya agak aneh | orang tidur dia bangun, orang gibah dia dzikir, caper...

7. Orang yang sibuk caper ke Allah, berhenti caper ke manusia | soalnya doa sudah cinta mati ke Allah, tidak bisa berpaling..

8. Dia demen (suka) mention-mention Allah biar Allah inget, komen-komen tentang Allah | tapi ya nggak lebay minta di follback Allah hehehe..

9. Dia banyak nulis tentang Allah, dia banyak baca tentang Allah | ya sewajarnya orang yang lagi caper lah.. cuma ke Allah bukan manusia

10. Dia takut dicuekin Allah, maka dia terus buat sesuatu agar Allah perhatian | semua yang disukai Allah, dia buat yang terbaik, asik

11. Kadang dia juga lebay, kayak nggak perlu yang lain selain Allah | tapi memang begitulah, orang yang caper ke Allah, semuanya Allah

12. Nah, caper ke Allah ini balesannya tunai di dunia juga DP di akhirat, nggak bakal kecewa | caper ke manusia mah capek, nggak asik

13. Yuk ah, berhenti caper sama manusia, manusia juga risih sama yang caper | caper ke Allah aja, karena Allah pasti bales perhatian

14. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.. | yang lain boleh lewat, Allah jangan.

Semoga bermanfaat.

24 Februari 2015

Perbedaan Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes

Hallo mblo, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik selalu ya. Hehehe.
Sesuai dengan judul postingan di atas, saya akan menjelaskan perbedaan dari dua jenis jomblo ini. Yang satu suka dipanggil Si Jomi/Jomul (Jomblo Mulia) dan yang satunya lagi suka dipanggil Si Jones alias Jomblo Ngenes. Mereka sama-sama jomblo tapi beda. Kok bisa? Bisa dong. Beda dari mananya? Ok, saya akan menjelaskan apa saja perbedaan antara seorang Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes.