Tampilkan postingan dengan label Motivasi. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Motivasi. Tampilkan semua postingan

Jangan Menanam Cinta Terlalu Dalam

Jangan Menanam Cinta Terlalu Dalam

Sejak awal, perasaan cinta memang tidak usah kamu tanamkan terlalu dalam. Apalagi sampai diumbar-umbar ke semua orang.

Ketika orang yang kamu harapkan tak memilihmu dan kemudian ia bersanding dengan orang lain. Barulah kamu sadar bahwa selama ini perasaan itu telah tertanam di tempat yang salah.

Apakah kamu akan mencabutnya kembali? Tidak semudah itu. Tentu kamu akan sangat kesulitan melakukannya. Karena akar dari perasaan itu sudah mencengkram begitu dalam dan batangnya sudah tumbuh menjulang tinggi.

Aku mungkin terlalu berlebihan mengatakan hal ini. Tapi menurutku hal seperti ini memang sebaiknya tidak pernah dilakukan.

Jangan pernah mencintai seseorang secara berlebihan. Pahamilah bahwa dalam hidup ini kita akan berpisah dengan banyak hal. Salah satunya adalah kita akan berpisah dengan orang yang kita cintai. Bahkan ketika kita belum sempat memilikinya.

Surat Terbuka untuk Anakku yang Suka Mengeluh


Surat Terbuka untuk Anakku yang Suka Mengeluh

Nak, salah satu permainan sederhana tapi sangat menyenangkan pada masa kecil Ayah dulu adalah bermain prosotan di atas tanah berlumpur, bersama teman-teman, di bawah guyuran hujan. Itu indah sekali.

Ayah tidak pernah merengek minta dibelikan console game atau handphone yang mahal untuk dapat merasakan kebahagiaan. Toh bisa makan satu hari tiga kali saja sudah alhamdulillah. Pernah suatu hari ayah hanya makan nasi dengan garam, terkadang hanya nasi dan kecap. Apakah saat itu Ayahmu mengeluh? Sama sepertimu nak, Ayah juga mengeluh.

Bahkan pernah Ayahmu ini tidak mau makan masakan yang telah dibuatkan nenekmu, padahal ia telah susah payah membuatkannya. Tapi Ayah akhirnya menyadari satu hal nak, ketika itu Ayah tak sengaja melihat nenekmu yang sedang memasak tapi matanya berlinangan air mata.

Bukan asap dari tungku api yang membuat air matanya berlinangan tapi itu semua karena ia sedih tidak bisa memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anaknya.

Ketika nenek dan kakekmu dapat memberikan makanan yang enak kepada Ayah dan saudara kandung ayah yang lain, entah kenapa terkadang mereka tidak ikut makan bersama dengan kami. Mereka, nenek dan kakekmu dengan santainya berkata kalau mereka sudah makan. Tapi tahukah kamu nak, ternyata mereka berbohong. Mereka rela menahan lapar dan rasa sakit yang penting anak-anaknya bahagia.

Itulah kebahagian mereka nak. 

Melihat anaknya bahagia saja itu sudah lebih dari cukup. 

Begitu pula dengan Ayah dan Ibumu saat ini nak. Kami akan melakukan dan memberikan apapun semampu kami demi kebahagiaanmu. Untuk saat ini, sekolah dan mengaji saja yang rajin, doakan kedua orang tuamu, insya Allah apapun yang kamu inginkan akan kamu dapatkan nak. Man Jadda Wa Jadda!

Tertanda,
Ayahmu yang menyayangimu

Kata Kata Motivasi Ippho Santosa Tentang Usaha dan Bisnis

Kata Kata Motivasi Ippho Santosa Tentang Usaha dan Bisnis

Memiliki sebuah usaha atau bisnis yang sukses adalah impian banyak orang. Namun, untuk meraih semua itu diperlukan kerja keras dan pengorbanan. Bagi orang-orang yang belum terjun ke dunia usaha, hal yang paling sulit justru adalah memulai usaha itu sendiri. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebabnya adalah karena minimnya modal, takut rugi, takut gagal dan lain-lain.

Untuk menambah motivasi sukses dalam usaha dan bisnis. Mari kita belajar ilmunya dari motivator hebat Ippho Santosa. Ia adalah seorang pengusaha sukses yang juga telah menulis buku-buku best seller berjudul 7 Keajaiban rezeki, Muhammad Juga Pedagang, 10 Jurus Terlarang dan lainnya. 

Kata Kata Motivasi Ippho Santosa Tentang Usaha dan Bisnis

Kalau tidak mau jadi pengusaha, jadilah investor. Invest di bisnis orang lain, properti, emas dan reksa dana syariah. Agar membaik nafkahmu

Boleh-boleh saja mengikuti seminar berbentuk preview atau seminar peluang usaha, asal anda tahu itu sejak awal dan itu memang kebutuhan anda

Masalah selalu ada. Yang penting ialah sikap dan cara kita terhadap masalah. Baik dalam kerja maupun dalam bisnis.

Saat orang lain berpikiran untuk membesarkan usaha tapi kita malah berpikir bagaimana cara membesarkan sedekah.
  
Belajarlah ilmu investasi. Boleh pada properti, emas, atau bisnis.

Sahabatku. Rahasia usaha yang menguntungkan itu selalu melibatkan Allah dalam setiap transaksi

Sebagian orang suka ngeles saat memulai bisnis. Keluarga, lingkungan dan modal dijadikan kambing hitam, Untuk menutupi malas dan tidak kreatif dirinya

Wanita, andai karier atau bisnis, sebisa-bisanya jangan dibebani target. Karena kurang baik dampaknya buat anak dan kesehatan. Pilih bidangnya

Nabi dan istrinya gemar bersedekah. Tapi bukan berarti mereka menolak bisnis dan investasi. Ini ikhtiar kita sebagai manusia.

Properti, emas, atau bisnis. Masing-masing ada resiko tersendiri. Kalau belum bisa besar, mulai dari yang kecil.

Begitu melihat Bill Gates berhasil dalam bisnis dan inovasi, sang ibu memaksa Bill Gates untuk menyumbangkan sebagian hartanya kepada orang-orang lemah.

Susah bangun pagi? Gimana mau bangun bisnis? Gimana mau bangun rumah tangga?

Gunakan uang untuk bisnis, investasi, sedekah, berbakti dan menuntut ilmu. Maka uang akan bertambah.

Sekedar saran, carilah bisnis atau karier yang sarat dengan amal jariyah. Semoga ada kebaikan dan pahala yang terus-menerus mengalir. 

Demikianlah kata kata motivasi Ipho Santosos Tentang Usaha dan Bisnis. Semoga setelah membaca artikel ini dapat menggugah semangat kita untuk berbisnis hingga sukses dan penuh keberkahan. 

Kata Bijak dan Motivasi Achmad Zaky Ceo BukaLapak

Kata Bijak dan Motivasi Achmad Zaky Ceo BukaLapak

Siapa yang tidak kenal dengan Achmad Zaky? Ia adalah seorang pengusaha sukses asal Indonesia yang bergerak dalam bidang internet. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO dari situs jual beli online Bukalapak.com, sebuah perusahaan e-commerce Indonesia berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Keputusan Achmad Zaky untuk berkecimpung di dunia bisnis online, karena salah satunya juga melihat peluang bahwa generasi saat ini tidak bisa lepas dari internet, contoh saja gadget. Di manapun, kapanpun gadget sudah menjadi makanan sehari-hari. Dan munculah sebuah inovasi dari dirinya untuk membuat sebuah situs yang dapat mempertemukan para penjual dan pembeli, kemudian melakukan transaksi jual beli secara mudah dan saling menguntungkan.

Dari situs yang didirikannya tersebut, Achmad Zaky tidak hanya  menjadi seorang yang sukses tapi juga memberikan manfaat yang besar bagi orang lain. 

Untuk menambah inspirasi sukses seperti dirinya, yuk kita simak kata kata motivasi atau petuah bijak dari Achmad Zaky berikut ini :

Jangan buang waktu menunggu inspirasi. Mulailah, dan inspirasi akan menemukanmu.

Kualitas hidup sesungguhnya adalah seperti kualitas kopi dalam cangkir. Apapun bentuknya dan kualitas cangkirnya. Kopi yang baik tetaplah terasa nikmat bagi siapapun yang meminumnya.

Kegagalan adalah apa yang membuat kita memperbaiki diri dan mempertajam naluri kita. Telah gagal beberapa kali dan saya merasa itu baik bagi saya. Kegagalan tersebut akhirnya mengantarkan ke kondisi saya saat ini.

Keberanian adalah alat paling penting untuk bisa memahami alam semesta.

The trend will be micro multinational companies, run by small team and conquer the world.

Buat yang sudah punya usaha. PANTANG MENYERAH lah. Terus berjuang cari jalan. Jalan ke depan kian menantang.

Kalau punya anak, persiapkan dengan baik. sekolahkan di tempat yang bagus. Bimbing sehingga menjadi sumber daya manusia yang siap.

Belajar yang banyak. Dari manapun. Ajari orang di sekitar kita. Teman, kolega yang bisa diajari. And TAKE RISK!

PERCAYA saja. Mungkin klise. Tapi itu nyata. Kepercayaan lah yang menggerakkan kita.

For every leader, try one on one with your team member. You will be inspired by them.

Setiap bertemu orang hebat, saya selalu belajar sesuatu yang sangat berharga. Yaitu jadi merasa bodoh.

Setiap masalah adalah peluang dan membuat kita lebih baik. Jangan pernah lari darinya.

Jangan takut untuk mengambil saran dari orang-orang yang telah mencoba sesuatu dan gagal. Jangan mengambil saran dari orang-orang yang belum pernah mencoba sesuatu.

Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results.

Jiwa itu harus merdeka dan yang merdeka itu adalah jiwa yang bebas, bebas melakukan segala hal, tapi tetap dalam akidah.

If you do not study hard when young you'll end up bewailing your failures as you grow up.

Krisis bukan waktunya untuk pesimis. Ia justru sering menghadirkan peluang manis.

Browsing dan lihat profile orang-orang hebat itu selalu Inspiring dan Motivating. Imagine someday can work with them in one team.

Tidak ada yang istimewa dari Rocket Internet selain uang.

Always choose the path that is most challenging. Pilihlah jalan yang selalu menantangmu.

Jika anda tidak belajar keras ketika muda. Anda akan berakhir meratapi kegagalan ketika tua.

Semoga bermanfaat. Salam sukses!

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw
Berbicara tentang kebahagiaan, banyak orang salah kaprah tentang kebahagiaan. Salah kaprah yang pertama, orang menganggap bahwa kebahagiaan itu ada urusannya dengan materi padahal tidak ada sama sekali. Kadang-kadang orang tua kita pun, atau kita kita sendiri sebagai orang tua suka salah kaprah. "Dik belajar yang benar ya dan besok jadi orang sukses" Itu kata orang tuanya.

Maksud dari sukses itu apa sih?

Kaya? Gajinya dua digit, bisa ngajak orang tuanya berlibur ke luar negeri, puya rumah dan mobil bagus. Tapi pernah tidak orang tua bilang ke anaknya "Dik belajar yang baik biar nanti bisa sukses, nganterin ibu-bapakmu ke surganya Allah" Apakah ada orang tua yang berkata seperti itu? 


Bahkan kalau ada anaknya berkata "Mah aku pengen pergi ke pesantren". Lalu orang tuanya malah menjawab "Ngapain pergi ke pesantren. lah kamu kan pinter"

Seolah-olah orang yang pergi ke pesantren itu orang-orang yang sudah nggak pinter, yang udah hancur. "Ngapain jadi ustadz, hidupmu giamana nanti?"

Seolah-olah sukses itu hanya urusan dunia. Ketika melihat orang yang keluar dari mobil BMW dengan orang yang keluar dari Beca, maka orang-orang akan menganggap bahwa yang lebih mulia adalah orang yang keluar dari mobil BMW. Selalu begitu.

Sukses selalu dihubungkan dengan dunia, tidak ada urusannya dengan kebahagiaan.

Contohnya begini, kemarin sekitar tahun 2006 atau 2004 ada kabar bahwa ada seorang direktur perusahaan mobil hyundai mati bunuh diri dengan cara meloncat dari lantai 33. Padahal kita lihat dia memiliki uang, istri, anak, rumah serta kendaraan. Berarti orang yang memiliki banyak uang belum tentu bahagia, bisa jadi kita yang tidak punya uang justru lebih bahagia daripada orang yang punya banyak uang.

Ada orang yang waktu mudanya tidak punya uang, ketika ingin makan makanan apapun dia tidak jadi karena tidak punya uang. Setelah dia sudah punya uang, dia bisa membeli makanan apapun tetapi dia tidak boleh makan sembarangan karena kolestrol, asam urat, darah tinggi dan sebagainya. Pas nggak punya duit pengen makan tidak bisa membelinya, setelah punya duit pengen makan tapi tidak bisa makan. Nah, bisa jadi kita yang kere-kere ini lebih bahagia karena tidak dipusingkan dengan kolestrol ataupun diabetes.

Kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan materi, orang yang beli kasur tapi belum tentu bisa tidur. 

Jadi, kebahagiaan tidak ada dalam permasalahan materi. Itu permasalahan yang pertama. Kesalahan kedua, orang salah kaprah bahwa kebahgiaan itu bisa dicapai dengan cara bermaksiat kepada Allah SWT.

Maka kita tegaskan di dalam islam itu sederhana. Rasul katakan orang yang beriman itu ajaib karena seluruh perkara baginya adalah baik. Kalau dia dapat kesulitan dia bersabar. Kalau dia mendapatkan kemudahan dia bersukur. Dan kata rasulullah itu hanya ada pada orang yang beriman. Kalau orang-orang indonesia kira-kira begitu tidak? Dikasih hujan mengeluh, dikasih kemarau juga mengeluh. Ini semua terjadi karena ada masalah dalam keimanan dan ketaatannya.

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita



Tips dari Ustadz Aa Gym berikut ini awalnya saya dapatkan ketika beliau menjadi bintang tamu di acara talk show yang dipandu oleh Deddy Corbuzier dan Chika Jessica. Dalam acara tersebut, Aa Gym menjelaskan tentang bagaimana cara mengahadapi haters atau cara menyikapi orang-orang yang menaruh rasa benci terhadap diri kita.

Karena apa yang telah disampaikan oleh Ust Aa Gym ini sangat bermanfaat. Apa lagi dengan gaya ceramahnya yang jujur, halus dan rendah hati serta mudah dimengerti. Membuat saya ingin membagikannya di blog ini.

Cara Mengahadapi Orang yang Membenci Kita (Haters)

Berawal dari Pertanyaan Chika: "Aa punya haters nggak di instagram, di sosmednya Aa Gym?"

Jawaban Ustadz Aa Gym :

Nggak tau, karena yang paling penting kita (berbuat) nulis yang terbaik. Apapun yang dikatakan orang itu adalah bagian dari dirinya sendiri. Tidak menjadi ancaman bagi kita. Ancaman bagi kita adalah keburukan kita sendiri. Dan tidak ada pengaruhnya, orang mau berkata apapun karena nasib kita tidak ditentukan oleh tulisan orang, oleh mulut orang. Hakekatnya Allah yang menentukan takdir.

Justru Orang yang berkata jelek itu adalah: 
  • (Satu) Ladang bagi kita untuk bersyukur, bukan kita yang berkata jelek. 
  • (Dua) Orang yang bersikap jelek ke kita adalah ladang agar kita tidak melakukan hal yang sama. Jadi kalau ada orang yang berkata buruk, berbuat buruk, ini pelajaran dari Allah agar kita tidak melakukan hal seperti itu. 
  • (Tiga) Ladang untuk kita bisa memafkan dan mendoakan kebaikan, karena kasihan kalau haters seumur-umur begitu, pasti dia menderita. Orang yang pikirannya buruk, yang kata-katanya buruk dia sengsara, sedangkan dia juga makhluk sama seperti kita, jadi doakan saja kebaikan. Nggak ada ruginya ada haters, yang rugi itu kalau kita yang jadi haters 

Jadi, mustahil (kalau) semua orang suka kepada kita. Tapi orang-orang yang tidak suka kepada kita bisa jadi merupakan aset bagi kita karena mereka siang malam memikirkan kekurangan kita, sedangkan kita hampir tidak punya waktu untuk memikirkan kekurangan kita karena terlalu banyak pengenya dipuji orang.

Nah dia sampai tidak tidur memikirkan kita, kemana-mana ngomongin kejelekan kita. Bukankah ini rezeki karena yang mengancam kita adalah keburukan kita.

Kayak gini nih duduk begini, disana ada ular bahaya, di sana ada makanan yang enak, mana yang paling kita fokus? Makanan yang enak atau ular yang berbahaya? Tentu Ular.

Berarti yang paling penting bagi kita adalah yang membahayakan kita. Nah siapa yang paling membahayakan kita? Keburukan orang lain atau keburukan kita sendiri? Tentu keburukan kita sendiri. Ya udah, kenapa kita (harus) cape-cape mikirin keburukan orang lain.

Jadi, kalau kita ini tidak mau dipenjara oleh keburukan orang. Kita jangan mau diatur oleh keburukan orang kepada kita. Kalau orang ngomong jelek, kita ngomong jelek, orang menghina, kita menghina, orang lain melotot, kita melotot, berarti kita udah nggak punya prinsip apapun dalam hidup ini. Selain ikut-ikutan kepada kejelekan orang. Mau apa sekolah tinggi-tinggi kalau bisanya cuma niru kejelekan orang. Kita sekolah, kita belajar agama agar jelas kita itu harus bersikap benar. Orang memilih sikap jelek, kita kan bisa memilih sikap yang baik.

“Makannya dengar tuh kata Aa, buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau aslinya buruk. Ya sudah nggak usah sekolah kamu” Ucap Deddy ke Chika.
“Bukan tidak usah sekolah” Ucap Aa Gym, menepis ucapan Deddy.

Sekolah itu harus tinggi-setinggi mungkin, tapi ingat bahwa kemuliaan bukan datang dari gelar tapi dari perilakunya.

Di kita tuh sekolah banyak, yang sarjana banyak, juga lebih dari itu banyak. Tapi akan lebih bagus lagi kalau semua ini menjadi teladan-teladan kebaikan bagi masyarakat. Kita ini krisis keteladanan.

Nah, itulah Tips dari Aa Gym tentang Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita. Semoga apa yang telah beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kata Kata Mutiara Berubah Menjadi Lebih Baik

Kata Kata Mutiara Berubah Menjadi Lebih Baik

Jangan biarkan hal-hal buruk mendominasi hidup kita. Sudah saatnya kita hijrah menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya. Itu semua bisa kita mulai dari sesuatu yang kecil dan yang paling mudah. Dengan begitu pada akhirnya kita bisa meninggalkan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. 

Berikut ini saya bagikan kumpulan Kata Kata Mutiara, sebagai motivasi diri menjadi yang lebih baik dari hari kemarin. Go Better!!

Kata Kata Mutiara Berubah Menjadi Lebih Baik

Kamu tidak harus menunggu tahun berganti untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu memiliki kemampuan untuk berubah, kapanpun kamu mau.

Faktanya, sakit akan merubah seseorang. Entah menjadi buruk atau lebih baik. Tetapi kebanyakan berubah menjadi lebih baik.

Hidup selalu soal perjuangan dan perubahan, dan disaat kau berhenti berjuang dan berubah menjadi lebih baik, ada yang salah dalam hidupmu.

Meminta maaf tidak akan menyelesaikan masalah, maka berubahlah menjadi lebih baik lagi

Kesempatan adalah merubah keadaan agar menjadi lebih baik. Menyebarkan kebaikan untuk menginspirasi perubahan, dan peluang untuk berubah.

Jangan berubah hanya karena khawatir tentang apa yang orang katakan. Berubahlah karena kamu ingin menjadi lebih baik.

Tak ada yang lebih romantis dari sujudnya hamba pada Tuhannya. Menyesal, berdoa, dan bertekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Berubah untuk jadi lebih baik lagi itu bukan karena keinginan orang lain melainkan keinginan diri sendiri.

Kebanyakan orang menunggu krisis baru mau berubah, sedangkan orang sukses berubah ke arah yang lebih baik karena punya kesadaran diri.

Dewasa tak selalu menuntut kita untuk berubah, tapi perubahan yang baik selalu menuntut kita untuk lebih Dewasa.

Hidupmu akan berubah lebih baik jika kamu bersedia untuk mengubah dirimu terlebih dahulu. Hanya orang baik yang akan mendapat yang terbaik.

Seiring waktu, semua orang akan berubah, dan mereka yang dewasa akan berubah menjadi lebih baik.

Anda tidak akan sanggup mengikuti perubahan jika tidak memulai perubahan dari diri sendiri. Berubah menjadi yang lebih baik.

Bulatkan tekadmu untuk berubah menjadi lebih baik, terus belajar dan hilangkan rasa malasmu.

Jika kita salah, cobalah perbaiki karena kita masih mempunyai kesempatan untuk berbuat dan berubah menjadi lebih baik.

Biarlah kita terlihat jahat oleh orang lain, asalkan kita tak berpura-pura menjadi baik walaupun masa silam kita gelap. Sekurangnya kita ada usaha untuk berubah.

Berubah menjadi pribadi yang baik, yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain, jangan besarkan egomu.

Jangan asal berubah, tetapi perhatikan juga arahnya. Arah perubahan yang terbaik adalah menuju ke jalan yang lebih baik.

Dalam kita berubah ke arah lebih baik, jangan lupakan istighfar yang menjadi kunci pembersih hati. Semoga kita cantik luar dan dalam.

Jadi diri sendiri memang baik, tapi berubah menjadi lebih baik dari kita yang dulu mungkin akan jauh lebih baik

Bersyukur masih dikasih waktu oleh Allah. Tidak semua orang diberikan cukup waktu untuk berubah menjadi lebih baik

Berpikir positif dan bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki, perlahan tapi pasti hidup kamu akan berubah menjadi lebih baik.

Seseorang mungkin saja berubah tanpa kau sadari, itu jauh lebih baik daripada kau yg memintanya.

Berubah bukan untuk menjadi yang Terbaik , namun berubah untuk menjadi yang lebih baik.

Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik.

Karena seseorang, kita bisa berubah, maka dari itu bergaulah dengan orang orang baik.

Aku tidak berusaha menjadi lebih baik dari orang lain, aku berusaha menjadi lebih baik dari diriku yang dulu.

Berubahlah untuk masa depanmu yang lebih baik, bukan untuk menyenangkan orang lain. Kepalsuan tidak akan bertahan lama.

Kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah maka Allah akan menghantar orang-orang baik untuk kita.

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

Pacaran adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan para remaja atau anak muda. Pacaran juga sudah dianggap lumrah di masyarakat kita. Maka jenis hubungan  yang satu ini dianggap sah-sah saja untuk dilakukan. Padahal dari situlah akan muncul masalah baru. Ada saja yang pada akhirnya melakukan perbuatan layaknya suami istri padahal belum diikat dalam pernikahan.

Jika sahabat ingin memutuskan untuk tidak pacaran, tentu itu adalah pilihan yang tepat. Karena menikah belum siap, maka tak ada pilihan lain selain menjomblo. Namun, di sinilah tantangannya. Ketika memutuskan untuk tidak pacaran kita akan dihadapkan dengan godaan yang begitu berat. Tapi itu semua bisa dilalui jika kita punya keinginan yang kuat untuk tidak pacaran dan tahu bagaimana cara menghadapinya.

Berikut adalah 7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran.

1. Niat dan Berdoa

Segala amal perbuatan tergantung pada niatnya. Begitu pula jika kita ingin memutuskan untuk tidak pacaran. Silakan niatkan dalam hati hanya karena Allah ta'ala bahwa sahabat tidak akan pacaran lagi. Setelah menanamkan niat dalam-dalam, selanjutnya adalah berdoa. Minta dan mohonlah kepada Allah supaya dijauhkan dari segala maksiat, zina dan nafsu sesaat ingin pacaran.
2. Pahami Bahwa Pacaran Itu Banyak Negatifnya

Jika sahabat masih punya keinginan untuk punya pacar. Coba pertimbangkan kembali. Pacaran itu hanya buang-buang waktu saja, menghabiskan harta orang tua dan yang paling ditakutkan adalah apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sahabat paham kan apa yang saya maksud. Sahabat akan menanggung rasa malu yang luar biasa apabila melakukan hal itu. Pendidikan akan berhenti dan masa depan bisa berantakan.

3. Menjaga Pandangan

Jatuh Cinta adalah sebuah proses yang berawal dari pandangan lalu turun ke hati. Benar apa tidak? Jadi, agar sahabat tidak terjerumus pada hubungan pacaran, usahakan untuk menjaga pandangan dan tidak menyimpan perasaan yang terlalu dalam kepada seseorang. Apalagi sampai memikirkan orang tersebut siang dan malam. Ketika makan ingat dia, mau tidur juga ingat dia. Tanamkan saja dalam hati kalau memang berjodoh pasti akan dipertemukan. Tapi ingat, jangan terlalu berharap juga. 

4. Baca Buku Tentang Pacaran dalam Islam

Untuk menambah pengetahuan tentang pacaran menurut pandangan agama islam, saya merekomendasikan agar sahabat membaca buku yang berjudul Udah Putusin Aja karya Ustadz Felix siauw, Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan karya Ust. Salim A fillah, Halaqah Cinta karya Arif Rahman Lubis, Indonesia Tanpa Pacaran, Ku Tinggalkan dia Karena Dia, dan buku sejenis lainnya. Buku-buku yang saya sebutkan itu khususnya yang berjudul Udah Putusin Aja!, sudah berhasil membuat anak muda sadar dan mantap untuk tidak pacaran.

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran


5. Memilki Sahabat yang Tidak Pacaran

Milikilah sahabat yang mempunyai motivasi kuat untuk tidak pacaran. Tentu kita boleh bergaul dengan siapa saja, tapi dalam memilih seorang sahabat hendaknya pilihlah orang yang memiliki satu visi denganmu. Yaitu yang sama-sama menahan diri untuk tidak pacaran. Sehingga kalian bisa saling mengingatkan satu sama lain.

6. Ikut Mentoring

Mengikuti sebuah mentoring juga dapat menambah motivasi kamu untuk berhenti pacaran. Dalam sebuah mentoring kamu akan diarahkan oleh sang mentor bagaimana menjalani hidup yang penuh tantangan ini. Salah satunya adalah tantangan untuk tidak pacaran. Mentoring yang saya maksud di sini adalah bimbingan kerohanian atau kajian agama. Kalau di sekolah-sekolah biasanya ada Rohis/Rohani Islam, di kampus ada LDK, KAMMI.

Atau, sahabat juga bisa mengikuti kajian-kajian Ustadz Hanan Attaki yang merupakan founder Pemuda Hijrah,  sebuah gerakan pemuda yang ingin meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT dan menjadi pemuda yang taat. 

7. Follow Akun Sosial Media Cinta Islami

Mungkin ada yang beranggapan ini tidak penting. Tapi menurut saya ini penting juga, khusunya bagi sahabat yang aktif di sosial media contohnya instagram. Daripada ngegalau terus tiap hari lebih baik perbanyak follow akun-akun islami yang selalu mengingatkan dan memberi motivasi kita untuk tidak pacaran.

Akun sosial media yang bisa kamu follow adalah @IndonesiaTanpaPacaran, @JombloMulia, @TausiyahCinta, dan lainnya. Dengan mengikuti akun sosial media tersebut hari-harimu akan di warnai dengan indahnya hidup tanpa pacaran.

[ Baca juga : 10 Akun Instagram Islami Inspiratif ]

Tambahan

Sibukkanlah diri dengan hal-hal yang bermanfaat seperti belajar, mengaji, beribadah, mengasah kemampuan/skill, menyalurkan hobi dan lainnya. Kalau kita sibuk, maka kita tidak akan punya waktu lagi untuk pacaran apalagi hanya sekedar memikirkannya. Toh, jodoh itu bukan seberapa lama kamu pacaran dengannya tapi seberapa besar kamu yakin pada-Nya.

"Sungguh, ada hadiah yang hebat bagi orang-orang yang sabar." ~ Tere Liye  

Puisi: Tak Lelahkah Dirimu

Puisi yang dibawakan oleh anak kader di acara musyawarah wilayah Jawa Barat yang membuat peserta musyawarah berlinang air mata :

Tak Lelahkah Dirimu

Karya Ahmad Fathy


Ada saat, tak sanggup kupejamkan mata ini
pikirku melayang, coba membayangkan
tentang apa yang engkau perjuangkan hingga kini

Ada saat, aku berusaha memahami arti
dari suatu kata bernama dakwah
hingga engkau terlihat begitu dekat
seakan tak pernah lepas dari kata ini


Ada saat, ketika aku terdiam sendiri
menyaksikan engkau sangat menikmati aktivitas ini
jelas tampak raut lelah dari wajahmu
namun senyummu, mengatakan bahwa ini lebih dari sekedar hobi

Ada juga saat, aku benar-benar iri
terhadap perhatianmu pada dakwah
bahkan kadang hampir 24 jam sehari
kau curahkan energi dan waktumu
hingga yang tersisa hanya lelah

Kemudian, ada saat…
diri ini ingin sekali berteriak pada dunia
bahwa engkau bukanlah orang suci,
aktivitasmu tentu tak lepas dari beragam keliru
namun dengan semua caci maki dari pada pendengki
engkau tetap membawa dakwah ini sepenuh hati

Dan perlahan, aku mulai mengetahui
akan suatu cita mulia, yang terus engkau perjuangkan
akan sebuah lingkungan terbaik, yang berusaha kau ciptakan
akan segenggam harapan besar, yang dengan sabar engkau nantikan

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
dakwah ini merenggut segalanya darimu
segalanya…
maafkan aku belum sepenuhnya memahami
namun, jika memang inilah keniscayaannya
berilah aku kesempatan,
untuk dapat lebih bijak memahami dan ikhlas menjalani

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
terasa amat jauh, antara ketaatanku
dibandingkan dengan segala pengorbanan yang engkau berikan
terlihat begitu tertinggal diriku
dari jutaan amal kebaikan yang telah engkau wujudkan
terdengar sangat menyakitkan
bahwa dakwahmu,
justru diteruskan bukan dari generasi yang terlahir dari rahimmu

Maafkan aku yang sedang berkembang
walau tak engkau jumpai torehan prestasi dari anakmu ini
aku tetap berkarya dengan secuil potensi dalam diri
walaupun kadang kupaksakan dengan caraku sendiri
percayalah…
akan kuwujudkan harapanmu suatu hari nanti

Dan aku masih ingat umi… abi…
yang telah engkau ajarkan padaku sejak dini
bahwa jalan dakwah, memang tak akan mulus tanpa tebaran duri
bahwa islam, harus diperjuangkan dengan sepenuh hati
dan bahwa ujung dari segala usaha, ialah keridhoan ilahi

doa ku padamu umi.. abi..
semoga aku bisa menuntun mu
menemui Rasul ku, di surga nanti.



~ Garuda Keadilan Jawa Barat ~

Kultwit Ust. Felix Siauw Jangan Mengeluh

Kultwit Ust. Felix Siauw Jangan Mengeluh

Dalam hidup ini terkadang kita juga merasakan yang namanya mengeluh. Penyebab dari mengeluh itu sendiri di antaranya adalah  tidak bisa menerima keadaan yang ada pada diri atau sekitar. Diberi ujian ngeluh, di kasih hujan ngeluh dan dikasih panas juga mengeluh. Tidak mau bersyukur dan bersabar dengan apa yang telah Allah berikan.

Sebenarnya mengeluh adalah sesuatu yang wajar, namun jika keseringan mengeluh justru akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita simak dengan seksama Kultwit Ust. Felix Siauw berikut ini.

1. Banyak yang mengira dengan mengeluh masalah terselesaikan | sebaliknya, mengeluh sendiri itu mental yang sangat buruk

2. Alih-alih masalah selesai, mengeluh justru menghambat kreativitas | jauh dari berdaya juang, kalah sebelum berperang, menjatuhkan jiwa

3. Banyak orang mengira, dengan mengeluh dia mendapat simpati | padahal orang lain justru menilainya lemah, tidak bisa diandalkan

4. Yang banyak orang tidak tahu, mengeluh itu sikap mental buruk | akan jadi karakter bila dilakukan terus-menerus, jadi kebiasaan

5. Berprestasi tidak mengeluh, sebaliknya orang mengeluh jauh dari prestasi | bila serius selesaikan masalah, berbuatlah, tahan mengeluh

6. Mengeluh tidak mengubah keadaan, tapi mengubahmu jadi malas, panik | berbuatlah sesuatu, sekecil apapun, akan mengubah sesuatu, walau kecil

7. Sebagai Muslim, tidak selayaknya kita mengeluh | karena mengeluhkan keadaan, sama seperti mengeluhkan Allah

8. Berdoalah kepada Allah, jangan mengeluh, meminta pada-Nya | jangan mengeluh pada manusia, manusia serba terbatas, Allah tidak terbatas

9. Jangan membuang waktu mengeluh | lakukan sesuatu, ubah sesuatu

Demikianlah kultwit dari Ust. Felix Siauw tentang Jangan Mengeluh, semoga dapat menambah motivasi kita senantiasa berpikir positif dan tetap semangat menjalani hidup ini.

Versi Teks - Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati

Versi Teks - Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati

K.H. Muhammad Arifin Ilham atau yang sering disapa ustadz Arifin adalah seorang pendakwah atau da'i yang mendirikan majelis taklim bernama Adz-Dzikra pada tahun 2000. Dalam dakwahnya beliau selalu mengingatkan jamaah agar senantiasa tidak lupa untuk berdzkir mengingat nama Allah SWT.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan artikel tentang Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati, yang sebelumnya pernah saya dengarkan dalam versi MP3/audionya. Dan ternyata Masya Allah, memang sangat menggetarkan hati saya. Dalam postingan ini saya telah menulis ulang dalam versi teksnya.

Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati 

Pribadi berdzikir, dzikir menjadi kepribadiannya.
Allah tujuannya, Rasullah sholallahu 'alahi wasallam teladan dalam hidupnya.
Dunia ini pun menjadi surga sebelum surga sebenarnya.
Bumi menjadi masjid baginya.
Rumah, kantor bahkan hotel sekalipun jadi mushola baginya.
Tempat ia berpijak, meja kerja, kamar tidur, hamparan sajadah baginya.

Kalau dia bicara, bicaranya dakwah.
Kalau dia berdiam, diamnya dzikir.
Nafasnya tasbih, matanya penuh rahmat Allah, penuh kasih sayang.
Telinganya terjaga.. 
Pikirannya baik sangka.
Tidak sinis, tidak pesimis dan tidak suka memvonis.

Hatinya, subhanallah... 
Diam-diam berdoa, doanya diam-diam.
Tanganya bersedekah.
Kakinya berjihad, ia tak mau melangkah sia-sia.

Kekuatannya silaturahim.
Kerinduanya tegaknya syariat Allah.
Kalau memang hak tujuannya, maka sabar dan kasih sayang strateginya.
Asma ama nina. Cita-cita tertinggi teragung syahid di jalan Allah.

Rasulullah sholallahu 'alahi wasallam bersabda:
Ina li kuli sain shokola wa ina shokola dhal khulub dzikrullah.
Sesungguhnya segala sesuatu ada pembersihnya, ada penggilatnya, ada sikatnya.
Pembersih hati yang kotor, sikat hati yang bernoda, penggilat hati yang berdosa, dzikrullah.

Aisyah Radiallahu 'anha berkata:
Kana Rasulullah sholallahu 'alahi wasallam yas khurullah kula ahyani
Rasulullah Sholallahu alaihi wasallam berdzikir kepada Allah setiap kejadian, setiap kesempatan.

Allah subhanahu wata 'ala berfirman dalam surat At-tahrim ayat 8:
Wahai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sunguh-sungguh, niscahya Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahanmu, menutupi aibmu dan memasukan kamu ke dalam surga-Nya yang mengalir di bawahnya sungai-sungai...

Semoga teks ceramah dari Ustadz Arifin di atas dapat bermanfaat.