Tampilkan postingan dengan label Motivasi. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Motivasi. Tampilkan semua postingan

25 November 2016

Kultwit Ust Felix Siauw Tentang Percaya

1. Tentang Percaya | Karena percaya kita meminjamkan uang pada orang lain, karena percaya kita menitipkan harta kepada orang lain,

2. Dalam Islam kepercayaan itu utama, karenanya Nabi Muhammad dikenal sebab dia dipercaya,

Kultwit Ust Felix Siauw Tentang Percaya

3. Rasulullah Muhammad digelari al-amin, yang lisan, amalannya sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan

07 November 2016

Kata Kata Motivasi Ippho Santosa Tentang Usaha dan Bisnis

Memiliki sebuah usaha atau bisnis yang sukses adalah impian banyak orang. Namun, untuk meraih semua itu diperlukan kerja keras dan pengorbanan. Bagi orang-orang yang belum terjun ke dunia usaha, hal yang paling sulit justru adalah memulai usaha itu sendiri. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebabnya adalah karena minimnya modal, takut rugi, takut gagal dan lain-lain.

04 November 2016

Kata Bijak dan Motivasi Achmad Zaky Ceo BukaLapak

Siapa yang tidak kenal dengan Achmad Zaky? Ia adalah seorang pengusaha sukses asal Indonesia yang bergerak dalam bidang internet. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO dari situs jual beli online Bukalapak.com, sebuah perusahaan e-commerce Indonesia berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Keputusan Achmad Zaky untuk berkecimpung di dunia bisnis online, karena salah satunya juga melihat peluang bahwa generasi saat ini tidak bisa lepas dari internet, contoh saja gadget. Di manapun, kapanpun gadget sudah menjadi makanan sehari-hari. Dan munculah sebuah inovasi dari dirinya untuk membuat sebuah situs yang dapat mempertemukan para penjual dan pembeli, kemudian melakukan transaksi jual beli secara mudah dan saling menguntungkan.

Dari situs yang didirikannya tersebut, Achmad Zaky tidak hanya  menjadi seorang yang sukses tapi juga memberikan manfaat yang besar bagi orang lain. 

Kata Bijak dan Motivasi Achmad Zaky Ceo BukaLapak

Untuk menambah inspirasi sukses seperti dirinya, yuk kita simak kata kata motivasi atau petuah bijak dari Achmad Zaky berikut ini :

Jangan buang waktu menunggu inspirasi. Mulailah, dan inspirasi akan menemukanmu.

Kualitas hidup sesungguhnya adalah seperti kualitas kopi dalam cangkir. Apapun bentuknya dan kualitas cangkirnya. Kopi yang baik tetaplah terasa nikmat bagi siapapun yang meminumnya.

Kegagalan adalah apa yang membuat kita memperbaiki diri dan mempertajam naluri kita. Telah gagal beberapa kali dan saya merasa itu baik bagi saya. Kegagalan tersebut akhirnya mengantarkan ke kondisi saya saat ini.

Keberanian adalah alat paling penting untuk bisa memahami alam semesta.

The trend will be micro multinational companies, run by small team and conquer the world.

Buat yang sudah punya usaha. PANTANG MENYERAH lah. Terus berjuang cari jalan. Jalan ke depan kian menantang.

Kalau punya anak, persiapkan dengan baik. sekolahkan di tempat yang bagus. Bimbing sehingga menjadi sumber daya manusia yang siap.

Belajar yang banyak. Dari manapun. Ajari orang di sekitar kita. Teman, kolega yang bisa diajari. And TAKE RISK!

PERCAYA saja. Mungkin klise. Tapi itu nyata. Kepercayaan lah yang menggerakkan kita.

For every leader, try one on one with your team member. You will be inspired by them.

Setiap bertemu orang hebat, saya selalu belajar sesuatu yang sangat berharga. Yaitu jadi merasa bodoh.

Setiap masalah adalah peluang dan membuat kita lebih baik. Jangan pernah lari darinya.

Jangan takut untuk mengambil saran dari orang-orang yang telah mencoba sesuatu dan gagal. Jangan mengambil saran dari orang-orang yang belum pernah mencoba sesuatu.

Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results.

Jiwa itu harus merdeka dan yang merdeka itu adalah jiwa yang bebas, bebas melakukan segala hal, tapi tetap dalam akidah.

If you do not study hard when young you'll end up bewailing your failures as you grow up.

Krisis bukan waktunya untuk pesimis. Ia justru sering menghadirkan peluang manis.

Browsing dan lihat profile orang-orang hebat itu selalu Inspiring dan Motivating. Imagine someday can work with them in one team.

Tidak ada yang istimewa dari Rocket Internet selain uang.

Always choose the path that is most challenging. Pilihlah jalan yang selalu menantangmu.

Jika anda tidak belajar keras ketika muda. Anda akan berakhir meratapi kegagalan ketika tua.

Semoga bermanfaat. Salam sukses!

29 Oktober 2016

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw


Berbicara tentang kebahagiaan, banyak orang salah kaprah tentang kebahagiaan. Salah kaprah yang pertama, orang menganggap bahwa kebahagiaan itu ada urusannya dengan materi padahal tidak ada sama sekali. Kadang-kadang orang tua kita pun, atau kita kita sendiri sebagai orang tua suka salah kaprah. "Dik belajar yang benar ya dan besok jadi orang sukses" Itu kata orang tuanya.

Maksud dari sukses itu apa sih? Kaya? Gajinya dua digit, bisa ngajak orang tuanya berlibur ke luar negeri, puya rumah dan mobil bagus. Tapi pernah tidak orang tua bilang ke anaknya "Dik belajar yang baik biar nanti bisa sukses, nganterin ibu-bapakmu ke surganya Allah" Apakah ada orang tua yang berkata seperti itu? 

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw

Bahkan kalau ada anaknya berkata "Mah aku pengen pergi ke pesantren". Lalu orang tuanya malah menjawab "Ngapain pergi ke pesantren. lah kamu kan pinter" Seolah-olah orang yang pergi ke pesantren itu orang-orang yang sudah nggak pinter, yang udah hancur. "Ngapain jadi ustadz, hidupmu giamana nanti?"

Seolah-olah sukses itu hanya urusan dunia. Ketika melihat orang yang keluar dari mobil BMW dengan orang yang keluar dari Beca, maka orang-orang akan menganggap bahwa yang lebih mulia adalah orang yang keluar dari mobil BMW. Selalu begitu.

Sukses selalu dihubungkan dengan dunia, tidak ada urusannya dengan kebahagiaan. Contohnya begini, kemarin sekitar tahun 2006 atau 2004 ada kabar bahwa ada seorang direktur perusahaan mobil hyundai mati bunuh diri dengan cara meloncat dari lantai 33. Padahal kita lihat dia memiliki uang, istri, anak, rumah serta kendaraan. Berarti orang yang memiliki banyak uang belum tentu bahagia, bisa jadi kita yang tidak punya uang justru lebih bahagia daripada orang yang punya banyak uang.

Ada orang yang waktu mudanya tidak punya uang, ketika ingin makan makanan apapun dia tidak jadi karena tidak punya uang. Setelah dia sudah punya uang, dia bisa membeli makanan apapun tetapi dia tidak boleh makan sembarangan karena kolestrol, asam urat, darah tinggi dan sebagainya. Pas nggak punya duit pengen makan tidak bisa membelinya, setelah punya duit pengen makan tapi tidak bisa makan. Nah, bisa jadi kita yang kere-kere ini lebih bahagia karena tidak dipusingkan dengan kolestrol ataupun diabetes.

Kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan materi, orang yang beli kasur tapi belum tentu bisa tidur. Jadi, kebahagiaan tidak ada dalam permasalahan materi. Itu permasalahan yang pertama. Kesalahan kedua, orang salah kaprah bahwa kebahgiaan itu bisa dicapai dengan cara bermaksiat kepada Allah SWT.

Maka kita tegaskan di dalam islam itu sederhana. Rasul katakan orang yang beriman itu ajaib karena seluruh perkara baginya adalah baik. Kalau dia dapat kesulitan dia bersabar. Kalau dia mendapatkan kemudahan dia bersukur. Dan kata rasulullah itu hanya ada pada orang yang beriman. Kalau orang-orang indonesia kira-kira begitu tidak? Dikasih hujan mengeluh, dikasih kemarau juga mengeluh. Ini semua terjadi karena ada masalah dalam keimanan dan ketaatannya.

25 Oktober 2016

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Cara Mengahadapi Orang yang Membenci Kita - Tips dari Ustadz Aa Gym berikut ini awalnya saya dapatkan ketika beliau menjadi bintang tamu di acara talk show yang dipandu oleh Deddy Corbuzier dan Chika Jessica. Dalam acara tersebut, Aa Gym menjelaskan tentang bagaimana cara mengahadapi haters atau cara menyikapi orang-orang yang menaruh rasa benci terhadap diri kita.

Karena apa yang telah disampaikan oleh Ust Aa Gym ini sangat bermanfaat. Apa lagi dengan gaya ceramahnya yang jujur, halus dan rendah hati serta mudah dimengerti. Membuat saya ingin membagikannya di blog ini. 



Cara Mengahadapi Orang yang Membenci Kita (Haters)

Berawal dari Pertanyaan Chika: "Aa punya haters nggak di instagram, di sosmednya Aa Gym?"

Jawaban Ustadz Aa Gym :

Nggak tau, karena yang paling penting kita (berbuat) nulis yang terbaik. Apapun yang dikatakan orang itu adalah bagian dari dirinya sendiri. Tidak menjadi ancaman bagi kita. Ancaman bagi kita adalah keburukan kita sendiri. Dan tidak ada pengaruhnya, orang mau berkata apapun karena nasib kita tidak ditentukan oleh tulisan orang, oleh mulut orang. Hakekatnya Allah yang menentukan takdir. 

Justru Orang yang berkata jelek itu adalah:
  • (Satu) Ladang bagi kita untuk bersyukur, bukan kita yang berkata jelek. 
  • (Dua) Orang yang bersikap jelek ke kita adalah ladang agar kita tidak melakukan hal yang sama. Jadi kalau ada orang yang berkata buruk, berbuat buruk, ini pelajaran dari Allah agar kita tidak melakukan hal seperti itu. 
  • (Tiga) Ladang untuk kita bisa memafkan dan mendoakan kebaikan, karena kasihan kalau haters seumur-umur begitu, pasti dia menderita. Orang yang pikirannya buruk, yang kata-katanya buruk dia sengsara, sedangkan dia juga makhluk sama seperti kita, jadi doakan saja kebaikan. Nggak ada ruginya ada haters, yang rugi itu kalau kita yang jadi haters
Jadi, mustahil (kalau) semua orang suka kepada kita.  Tapi orang-orang yang tidak suka kepada kita bisa jadi merupakan aset bagi kita karena mereka siang malam memikirkan kekurangan kita, sedangkan kita hampir tidak punya waktu untuk memikirkan kekurangan kita karena terlalu banyak pengenya dipuji orang. Nah dia sampai tidak tidur memikirkan kita, kemana-mana ngomongin kejelekan kita. Bukankah ini rezeki karena yang mengancam kita adalah keburukan kita. 

Kayak gini nih duduk begini, disana ada ular bahaya, di sana ada makanan yang enak, mana yang paling kita fokus? Makanan yang enak atau ular yang berbahaya? Tentu Ular.

Berarti yang paling penting bagi kita adalah yang membahayakan kita. Nah siapa yang paling membahayakan kita? Keburukan orang lain atau keburukan kita sendiri? Tentu keburukan kita sendiri. Ya udah, kenapa kita (harus) cape-cape mikirin keburukan orang lain.

Jadi, kalau kita ini tidak mau dipenjara oleh keburukan orang. Kita jangan mau diatur oleh keburukan orang kepada kita. Kalau orang ngomong jelek, kita ngomong jelek, orang menghina, kita menghina, orang lain melotot, kita melotot, berarti kita udah nggak punya prinsip apapun dalam hidup ini. Selain ikut-ikutan kepada kejelekan orang. Mau apa sekolah tinggi-tinggi kalau bisanya cuma niru kejelekan orang. Kita sekolah, kita belajar agama agar jelas kita itu harus bersikap benar. Orang memilih sikap jelek, kita kan bisa memilih sikap yang baik. 

“Makannya dengar tuh kata Aa, buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau aslinya buruk. Ya sudah nggak usah sekolah kamu” Ucap Deddy ke Chika.

“Bukan tidak usah sekolah” Ucap Aa Gym, menepis ucapan Deddy.

Sekolah itu harus tinggi-setinggi mungkin, tapi ingat bahwa kemuliaan bukan datang dari gelar tapi dari perilakunya. Di kita tuh sekolah banyak, yang sarjana banyak, juga lebih dari itu banyak. Tapi akan lebih bagus lagi kalau semua ini menjadi teladan-teladan kebaikan bagi masyarakat. Kita ini krisis keteladanan. 

Nah, itulah Tips dari Aa Gym tentang Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita. Semoga apa yang telah beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

01 Oktober 2016

Salim A Fillah Quotes Pernikahan

 Salim A Fillah Quotes Pernikahan



Pernikahan merupakan sunnah Rasul yang sangat dianjurkan. Pernikahan adalah peristiwa suci yang menyatukan dua insan sekaligus memperat silaturahim diantara keluarga mempelai laki-laki dan perempuan. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dalam sebuah pernikahan, diantaranya adalah menjauhkan diri dari perbuatan zina. 

Untuk menambah wawasan dan inspirasi seputar pernikahan, saya telah menuliskan kumpulan kata-kata mutiara pernikahan yang dikutip oleh ustadz Salim A Fillah. Semoga kata-kata yang dikutip oleh beliau ini dapat bermanfaat.

Salim A Fillah Quotes Pernikahan

Nikmat berbuka; betapa sempurna bagi yang sungguh berpuasa, juga pernikahan yang suci sebelum akadnya,  dan  surga setelah berketaatan di dunia

Menikah bukan mencari bahagia, tapi untuk beribadah. Bahagia hanyalah makmum dari ibadah dan berkah dalam sebuah pernikahan.

Bagi kesempurnaan pernikahan, yang diminta Fiqih bukan hanya kesamaan agama saja, melainkan juga adalah kesetaraan dalam beragama.

Aku heran ada pemuda mengeluhkan kefakiran; sedang Allah menjanjikan kecukupan dalam pernikahan

Maka setiap kali hati tumbuh rasa cinta dan ketertarikan, maka pertama kali yang di pikirkan akal adalah pernikahan bukan yang lain!

Orang suci, menjaga kesuciannya dengan pernikahan, menjaga pernikahannya dengan kesucian

Dalam islam tidak ada istilah pernikahan dini dan telat menikah, semua adalah takdir ilahi yang telah dituliskan berjuta-juta tahun yang lalu 

Pernikahan adalah ta'aruf sepanjang waktu 

Selama perjalanan menuju pernikahan, tak ada bekal yang lebih penting untuk engkau persiapkan melebehi niat dan ilmu 

Menjaga kesucian dengan pernikahan, menjaga pernikahan denga kesucian, dalam menempatkan sebuah cinta 

Di antara undangan nan paling berhak dipenuhi; undangan pernikahan. Moga Allah kurniakan daya dan kekuatan pada kami tuk menghadiri:

Adalah niscaya bagi kita memasuki pernikahan dengan komitmen iman. Dengan asmaNya kita melepas sauh hingga di surga kelak berlabuh

Pernikahan merupakan ikatan terdalam, terkuat dan terlanggeng yang memadu dua sosok; meliputi interaksi paling luas antara dua pribadi.

Adalah niscaya bagi kita memasuki pernikahan dengan komitmen iman. Dengan asmaNya kita melepas sauh hingga di surga kelak berlabuh.

Mereka yang insyaallah bisa melalui kehidupan pernikahan yang penuh tantangan adalah mereka yang berfokus pada “Why” & “How”.

Banyak pernikahan bermasalah bukan karena kurangnya cinta; melainkan kurangnya ilmu untuk mencintai;

Bukan sibuk pada siapa kita menikah, tapi sibukkan agar keadaan keimanan kita baik menuju pernikahan

Meski cinta telah datang, membawa sejuta bunga dalam hidup kita, pembuktiannya bukan saat jatuh cinta. Tapi nanti, di pernikahan

Pernikahan kita harus hadir sebagai penguat kebajikan masyarakat, bukan beban atau pelengkap derita

Orang menikah muda itu bisa merasakan masa pernikahan tua, sedangkn orang mnikah agak tua tidak bisa merasakan masa pernikahan muda.

Mari segerakanlah pernikahan, sekaligus mari didikkan kedewasaan,  dan mari tegakkan bakti setinggi-tingginya pada Ayah-Bunda

Pernikahan yang diniatkan ibadah yakni pernikahan yang berusaha meraih ridho Alloh

Pernikahan untuk 1. Menjaga kesucian diri, 2.Mampu membangun ikatan, 3. Merasakan kecenderungan, 4. Merasakan ketentraman

Pernikahan laksana semilir angin pagi, yang menyapa bening embun di rumpun-rumpun padi. 

Celakalah orang sebelumku yang tak pernah mengisahkan indahnya pernikahan hingga akupun menunda dan terlambat jadinya.

Lalu nurani-nurani terketuk kan bersama kami; menjaga kesucian dengan pernikahan, membangun rumah tangga berkah, dan mewarisi pemakmuran bumi.

Jodoh tetap misteri. Syukuri ketidak tahuan itu denga merencanakan dan mengupayakan yang terbaik menuju pernikahan suci di dunia nan fana.

Allah, damaikan hati yang sedang menanti akad suci dengan keyakinan, Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan

Jangan pernah memandang pernikahan sebagai buah yanag akan kita petik dan rehat yang akan kita lakukan atas dakwah kita selama ini.

Konsep Kufu dalam pernikahan ditegakkan dengan tujuan memberikan keamanan, kemaslahatan, dan kenyamanan dalam pernikahan

23 September 2016

Kata Kata Mutiara Berubah Menjadi Lebih Baik

Jangan biarkan hal-hal yang buruk mendominasi hidup kita. Sudah saatnya kita hijrah kepada jalan yang benar. Menjadi sosok yang di senangi orang lain, khususnya keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat kita. Mulailah dengan perubahan yang termudah sampai akhirnya kita bisa berubah menjadi sebaik-baik manusia. Dengan berubah menjadi orang yang lebih baik, berarti sama saja dengan merubah masa depan kita.

Dan berikut ini saya bagikan kumpulan Kata Kata Mutiara, sebagai motivasi diri untuk menjadi yang lebih baik dari hari kemarin. Go Better!!

Kata Kata Mutiara Berubah Menjadi Lebih Baik

Kamu tidak harus menunggu tahun berganti untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu memiliki kemampuan untuk berubah, kapanpun kamu mau.

Faktanya, sakit akan merubah seseorang. Entah menjadi buruk atau lebih baik. Tetapi kebanyakan berubah menjadi lebih baik.

Hidup selalu soal perjuangan dan perubahan, dan disaat kau berhenti berjuang dan berubah menjadi lebih baik, ada yang salah dalam hidupmu.

Meminta maaf tidak akan menyelesaikan masalah, maka berubahlah menjadi lebih baik lagi

Kesempatan adalah merubah keadaan agar menjadi lebih baik. Menyebarkan kebaikan untuk menginspirasi perubahan, dan peluang untuk berubah.

Jangan berubah hanya karena khawatir tentang apa yang orang katakan. Berubahlah karena kamu ingin menjadi lebih baik.

Tak ada yang lebih romantis dari sujudnya hamba pada Tuhannya. Menyesal, berdoa, dan bertekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Berubah untuk jadi lebih baik lagi itu bukan karena keinginan orang lain melainkan keinginan diri sendiri.

Kebanyakan orang menunggu krisis baru mau berubah, sedangkan orang sukses berubah ke arah yang lebih baik karena punya kesadaran diri.

Dewasa tak selalu menuntut kita untuk berubah, tapi perubahan yang baik selalu menuntut kita untuk lebih Dewasa.

Hidupmu akan berubah lebih baik jika kamu bersedia untuk mengubah dirimu terlebih dahulu. Hanya orang baik yang akan mendapat yang terbaik.

Seiring waktu, semua orang akan berubah, dan mereka yang dewasa akan berubah menjadi lebih baik.

Anda tidak akan sanggup mengikuti perubahan jika tidak memulai perubahan dari diri sendiri. Berubah menjadi yang lebih baik.

Bulatkan tekadmu untuk berubah menjadi lebih baik, terus belajar dan hilangkan rasa malasmu.

Jika kita salah, cobalah perbaiki karena kita masih mempunyai kesempatan untuk berbuat dan berubah menjadi lebih baik.

Biarlah kita terlihat jahat oleh orang lain, asalkan kita tak berpura-pura menjadi baik walaupun masa silam kita gelap. Sekurangnya kita ada usaha untuk berubah.

Berubah menjadi pribadi yang baik, yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain, jangan besarkan egomu.

Jangan asal berubah, tetapi perhatikan juga arahnya. Arah perubahan yang terbaik adalah menuju ke jalan yang lebih baik.

Dalam kita berubah ke arah lebih baik, jangan lupakan istighfar yang menjadi kunci pembersih hati. Semoga kita cantik luar dan dalam.

Jadi diri sendiri memang baik, tapi berubah menjadi lebih baik dari kita yang dulu mungkin akan jauh lebih baik

Bersyukur masih dikasih waktu oleh Allah. Tidak semua orang diberikan cukup waktu untuk berubah menjadi lebih baik

Berpikir positif dan bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki, perlahan tapi pasti hidup kamu akan berubah menjadi lebih baik.

Seseorang mungkin saja berubah tanpa kau sadari, itu jauh lebih baik daripada kau yg memintanya.

Berubah bukan untuk menjadi yang Terbaik , namun berubah untuk menjadi yang lebih baik.

Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik.

Karena seseorang, kita bisa berubah, maka dari itu bergaulah dengan orang orang baik.

Aku tidak berusaha menjadi lebih baik dari orang lain, aku berusaha menjadi lebih baik dari diriku yang dulu.

Berubahlah untuk masa depanmu yang lebih baik, bukan untuk menyenangkan orang lain. Kepalsuan tidak akan bertahan lama.

Kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah maka Allah akan menghantar orang-orang baik untuk kita.

Demikianlah Kata Kata Mutiara Berubah Menjadi Lebih Baik, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sahabat semua, khususnya yang ingin hidupnya berubah ke arah positif.

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

Apabila sahabat ingin memutuskan untuk tidak pacaran tapi terkendala oleh godaan yang begitu berat. Mungkin tips yang akan saya bagikan berikut ini dapat berguna. Dalam postingan ini saya akan sharing tentang cara agar kita terhindar dari yang namanya pacaran. Artikel ini sedikit berbeda dengan apa yang dijelaskan di situs-situs lain, karena ini adalah pengalaman saya sendiri. Setelah melewati pergulatan batin yang begitu lama, akhirnya saya memantapkan diri untuk tidak pacaran alias menjomblo sampai halal (menikah).

11 Oktober 2015

Puisi: Tak Lelahkah Dirimu

Puisi yang dibawakan oleh anak kader di acara musyawarah wilayah Jawa Barat yang membuat peserta musyawarah berlinang air mata :

Tak Lelahkah Dirimu

Karya Ahmad Fathy


Ada saat, tak sanggup kupejamkan mata ini
pikirku melayang, coba membayangkan
tentang apa yang engkau perjuangkan hingga kini

Ada saat, aku berusaha memahami arti
dari suatu kata bernama dakwah
hingga engkau terlihat begitu dekat
seakan tak pernah lepas dari kata ini


Ada saat, ketika aku terdiam sendiri
menyaksikan engkau sangat menikmati aktivitas ini
jelas tampak raut lelah dari wajahmu
namun senyummu, mengatakan bahwa ini lebih dari sekedar hobi

Ada juga saat, aku benar-benar iri
terhadap perhatianmu pada dakwah
bahkan kadang hampir 24 jam sehari
kau curahkan energi dan waktumu
hingga yang tersisa hanya lelah

Kemudian, ada saat…
diri ini ingin sekali berteriak pada dunia
bahwa engkau bukanlah orang suci,
aktivitasmu tentu tak lepas dari beragam keliru
namun dengan semua caci maki dari pada pendengki
engkau tetap membawa dakwah ini sepenuh hati

Dan perlahan, aku mulai mengetahui
akan suatu cita mulia, yang terus engkau perjuangkan
akan sebuah lingkungan terbaik, yang berusaha kau ciptakan
akan segenggam harapan besar, yang dengan sabar engkau nantikan

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
dakwah ini merenggut segalanya darimu
segalanya…
maafkan aku belum sepenuhnya memahami
namun, jika memang inilah keniscayaannya
berilah aku kesempatan,
untuk dapat lebih bijak memahami dan ikhlas menjalani

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
terasa amat jauh, antara ketaatanku
dibandingkan dengan segala pengorbanan yang engkau berikan
terlihat begitu tertinggal diriku
dari jutaan amal kebaikan yang telah engkau wujudkan
terdengar sangat menyakitkan
bahwa dakwahmu,
justru diteruskan bukan dari generasi yang terlahir dari rahimmu

Maafkan aku yang sedang berkembang
walau tak engkau jumpai torehan prestasi dari anakmu ini
aku tetap berkarya dengan secuil potensi dalam diri
walaupun kadang kupaksakan dengan caraku sendiri
percayalah…
akan kuwujudkan harapanmu suatu hari nanti

Dan aku masih ingat umi… abi…
yang telah engkau ajarkan padaku sejak dini
bahwa jalan dakwah, memang tak akan mulus tanpa tebaran duri
bahwa islam, harus diperjuangkan dengan sepenuh hati
dan bahwa ujung dari segala usaha, ialah keridhoan ilahi

doa ku padamu umi.. abi..
semoga aku bisa menuntun mu
menemui Rasul ku, di surga nanti.



~ Garuda Keadilan Jawa Barat ~

16 Juni 2015

Kultwit Ust. Felix Siauw Jangan Mengeluh

Kultwit Ust. Felix Siauw Jangan Mengeluh

Dalam hidup ini terkadang kita juga merasakan yang namanya mengeluh. Penyebab dari mengeluh itu sendiri di antaranya adalah  tidak bisa menerima keadaan yang ada pada diri atau sekitar. Diberi ujian ngeluh, di kasih hujan ngeluh dan dikasih panas juga mengeluh. Tidak mau bersyukur dan bersabar dengan apa yang telah Allah berikan.

Sebenarnya mengeluh adalah sesuatu yang wajar, namun jika keseringan mengeluh justru akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita simak dengan seksama Kultwit Ust. Felix Siauw berikut ini.

1. Banyak yang mengira dengan mengeluh masalah terselesaikan | sebaliknya, mengeluh sendiri itu mental yang sangat buruk

2. Alih-alih masalah selesai, mengeluh justru menghambat kreativitas | jauh dari berdaya juang, kalah sebelum berperang, menjatuhkan jiwa

3. Banyak orang mengira, dengan mengeluh dia mendapat simpati | padahal orang lain justru menilainya lemah, tidak bisa diandalkan

4. Yang banyak orang tidak tahu, mengeluh itu sikap mental buruk | akan jadi karakter bila dilakukan terus-menerus, jadi kebiasaan

5. Berprestasi tidak mengeluh, sebaliknya orang mengeluh jauh dari prestasi | bila serius selesaikan masalah, berbuatlah, tahan mengeluh

6. Mengeluh tidak mengubah keadaan, tapi mengubahmu jadi malas, panik | berbuatlah sesuatu, sekecil apapun, akan mengubah sesuatu, walau kecil

7. Sebagai Muslim, tidak selayaknya kita mengeluh | karena mengeluhkan keadaan, sama seperti mengeluhkan Allah

8. Berdoalah kepada Allah, jangan mengeluh, meminta pada-Nya | jangan mengeluh pada manusia, manusia serba terbatas, Allah tidak terbatas

9. Jangan membuang waktu mengeluh | lakukan sesuatu, ubah sesuatu

Demikianlah kultwit dari Ust. Felix Siauw tentang Jangan Mengeluh, semoga dapat menambah motivasi kita senantiasa berpikir positif dan tetap semangat menjalani hidup ini.

25 Maret 2015

Kata Kata Bijak Jadilah Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri mungkin sudah menjadi prinsip hidup banyak orang. Tapi terkadang kita salah menggunakan prinsip itu. Padahal maksud dari menjadi diri sendiri di sini adalah kita harus mengoptimalkan potensi atau bakat yang kita miliki tanpa harus mengubah keunikannya dan tidak harus mengikuti orang lain.

10 Maret 2015

Versi Teks - Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati

Versi Teks - Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati

K.H. Muhammad Arifin Ilham atau yang sering disapa ustadz Arifin adalah seorang pendakwah atau da'i yang mendirikan majelis taklim bernama Adz-Dzikra pada tahun 2000. Dalam dakwahnya beliau selalu mengingatkan jamaah agar senantiasa tidak lupa untuk berdzkir mengingat nama Allah SWT.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan artikel tentang Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati, yang sebelumnya pernah saya dengarkan dalam versi MP3/audionya. Dan ternyata Masya Allah, memang sangat menggetarkan hati saya. Dalam postingan ini saya telah menulis ulang dalam versi teksnya.


Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati 

Pribadi berdzikir, dzikir menjadi kepribadiannya.
Allah tujuannya, Rasullah sholallahu 'alahi wasallam teladan dalam hidupnya.
Dunia ini pun menjadi surga sebelum surga sebenarnya.
Bumi menjadi masjid baginya.
Rumah, kantor bahkan hotel sekalipun jadi mushola baginya.
Tempat ia berpijak, meja kerja, kamar tidur, hamparan sajadah baginya.

Kalau dia bicara, bicaranya dakwah.
Kalau dia berdiam, diamnya dzikir.
Nafasnya tasbih, matanya penuh rahmat Allah, penuh kasih sayang.
Telinganya terjaga.. 
Pikirannya baik sangka.
Tidak sinis, tidak pesimis dan tidak suka memvonis.

Hatinya, subhanallah... 
Diam-diam berdoa, doanya diam-diam.
Tanganya bersedekah.
Kakinya berjihad, ia tak mau melangkah sia-sia.

Kekuatannya silaturahim.
Kerinduanya tegaknya syariat Allah.
Kalau memang hak tujuannya, maka sabar dan kasih sayang strateginya.
Asma ama nina. Cita-cita tertinggi teragung syahid di jalan Allah.

Rasulullah sholallahu 'alahi wasallam bersabda:
Ina li kuli sain shokola wa ina shokola dhal khulub dzikrullah.
Sesungguhnya segala sesuatu ada pembersihnya, ada penggilatnya, ada sikatnya.
Pembersih hati yang kotor, sikat hati yang bernoda, penggilat hati yang berdosa, dzikrullah.

Aisyah Radiallahu 'anha berkata:
Kana Rasulullah sholallahu 'alahi wasallam yas khurullah kula ahyani
Rasulullah Sholallahu alaihi wasallam berdzikir kepada Allah setiap kejadian, setiap kesempatan.

Allah subhanahu wata 'ala berfirman dalam surat At-tahrim ayat 8:
Wahai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sunguh-sungguh, niscahya Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahanmu, menutupi aibmu dan memasukan kamu ke dalam surga-Nya yang mengalir di bawahnya sungai-sungai...

Semoga teks ceramah dari Ustadz Arifin di atas dapat bermanfaat.

16 September 2014

5 Penulis Novel Islami Terkenal di Indonesia

Novel adalah karya sastra yang sangat digemari oleh para pencintanya, khususnya karya novel yang akan saya bahas di sini, yaitu novel yang bernuansa islami. Di negeri ini banyak novel-novel islami yang populer dan diantara novel-novel tersebut sudah dibuat dalam versi filmnya.

Dibalik kesuksesan sebuah novel, tentunya ada sosok yang bekerja keras dalam membuat karya sastra ini, yaitu penulisnya atau sering disebut juga seorang novelis.  Adapun  5 penulis novel  Islami yang terkenal dan sukses berkat karyanya adalah sebagai berikut.

1. Habiburrahman ElShirazy

Habiburrahman El Shirazy (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 30 September 1976) adalah novelis nomor. 1 Indonesia dinobatkan oleh Insani Universitas Diponegoro. Selain novelis, sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini juga dikenal sebagai sutradara, dai, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Taiwan dan Australia.  Karya-karya fiksinya dinilai dapat membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi pembaca.

Karya-karya Habiburrahman Elshirazy :
  • Ayat-Ayat Cinta (Telah dibuat versi filmmnya, 2004)
  • Di Atas Sejadah Cinta (telah disinetronkan Trans TV) 
  • Pudarnya Pesona Cleopatra 
  • Ketika Cinta Bertasbih (2007)
  • Dalam Mihrab Cinta (2007)
  • Bumi Cinta (2010)
  • The Romance
  • Api Tauhid
  • Ayat-Ayat Cinta 2 (2016)
  • dan lainnya

2. Asma Nadia 

Asma Nadia (lahir di Jakarta, 26 Maret 1972) adalah penulis Indonesia. Ia aktif menulis dan mempublikasi karyanya semenjak ia lulus dari SMA 1 Budi Utomo, Jakarta. Sasarannya adalah berbagai majalah keislaman. Ia juga menulis lirik sejumlah lagu, misalnya yang dinyanyikan oleh kelompok Snada dan Gradasi, serta sempat memiliki tim sendiri bersama Nasyid Bestari.

Karya-karya Asma Nadia :
  • Assalamualaikum Beijing
  • Salon Kepribadian
  • Derai Sunyi, novel, mendapat penghargaan Majelis Sastra Asia Tenggara (MASTERA)
  • Preh (A Waiting), naskah drama dua bahasa, diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jakarta
  • Cinta Tak Pernah Menar, kumpulan cerpen, meraih Pena Award
  • Rembulan di Mata Ibu (2001), novel, memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI sebagai buku remaja terbaik nasional
  • Dialog Dua Layar, memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI, 2002
  • 101 Dating meraih penghargaan Adikarya IKAPI, 2005
  • Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!, nonfiksi, best seller.
  • Emak Ingin Naik Haji: Cinta Hingga Ke Tanah Suci (AsmaNadia Publishing House)
  • Jilbab Traveler (AsmaNadia Publishing House)
  • Muhasabah Cinta Seorang Istri
  • Catatan hati bunda
  • Catatan Hati Seorang Istri (CHSI), nonfiksi, Dijadikan sinetron dengan judul yang sama di RCTI
  • dan lainnya

3. Tere Liye

Tere Liye (lahir di Sumatera Selatan, Indonesia, 21 Mei 1979) dikenal sebagai penulis novel. Beberapa karyanya yang pernah diangkat ke layar kaca yaitu Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda Disayang Allah. Meskipun dia bisa meraih keberhasilan dalam dunia literasi Indonesia, kegiatan menulis cerita sekedar menjadi hobinya saja karena setiap hari harus bekerja di kantor sebagai seorang akuntan.  Nama “Tere Liye” merupakan nama pena dari seorang novelis yang nama aslinya adalah Darwis. Darwis tumbuh di Sumatera Pedalaman. Ia berasal dari keluarga sederhana yang orang tuanya berprofesi sebagai petani biasa. Darwis Tere Liye meyelesaikan masa pendidikan dasar sampai SMP di SDN2 dan SMN 2 Kikim Timur, Sumatera Selatan. Kemudian melanjutkan ke SMUN 9 bandar lampung. Setelah selesai di Bandar lampung, ia meneruskan ke Universitas Indonesia dengan mengambil fakultas Ekonomi.   
Karya-Karya Darwis Tere Liye
  • Hafalan Shalat Delisa (Penerbit Republika, 2005)
  • Moga Bunda Disayang Alloh (Penerbit Republika, 2005)
  • Bidadari – Bidadari Surga (Penerbit Republika, 2008)
  • Pulang (2016)
  • Hujan (2016)
  • dan lainnya

4. Helvy Tiana Rosa

Helvy Tiana Rosa (lahir di Medan, Sumatera Utara, 2 April 1970) adalah sastrawan berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa puisi, cerita pendek, novel, dan esai sastra yang dimuat di berbagai media massa. Helvy merupakan pendiri Forum Lingkar Pena, Teater Bening, dan majalah Annida. Helvy adalah salah satu akademikus di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

Karya-karya Helvy Tiana Rosa
  • Ketika Mas Gagah Pergi (1997)
  • Akira, Muslim Watashi Wa (2000)
  • Catatan Pernikahan (2008)
  • Ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali (2011)
  • dan lainnya

5. Ahmad Fuadi 

Ahmad Fuadi (lahir di Bayur Maninjau, Sumatera Barat, 30 Desember 1972) adalah novelis, pekerja sosial dan mantan wartawan dari Indonesia. Novel pertamanya adalah novel Negeri 5 Menara yang merupakan buku pertama dari trilogi novelnya.

Karya-Karya Ahmad Fuadi
  • Negeri 5 Menara (2009)
  • Ranah Tiga warna (2011)
  • Berjalan Menebus Batas (2012)
  • Rantau Satu Muara (2013)
  • dan lainnya

5 Penulis Novel Islami Terkenal di Indonesia

Nah, itulah para Penulis Novel Islami Terkenal di Indonesia, semoga dapat menginspirasi sobat untuk terus berkarya dan  memberi manfaat kepada orang lain. Atau minimal dapat menumbuhkan minat membaca yang lebih besar agar pengetahuan semakin luas.