Tampilkan postingan dengan label Islam. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Islam. Tampilkan semua postingan

25 November 2016

Kultwit Ust Felix Siauw Tentang Percaya

1. Tentang Percaya | Karena percaya kita meminjamkan uang pada orang lain, karena percaya kita menitipkan harta kepada orang lain,

2. Dalam Islam kepercayaan itu utama, karenanya Nabi Muhammad dikenal sebab dia dipercaya,

Kultwit Ust Felix Siauw Tentang Percaya

3. Rasulullah Muhammad digelari al-amin, yang lisan, amalannya sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan

08 November 2016

5 Gubernur Indonesia yang Hafal Al Quran (Hafiz)

Memegang amanah sebagai kepala daerah adalah bukan hal yang mudah. Seorang kepala daerah atau gubernur harus memiliki ilmu dan kemampuan yang mumpuni dalam memimpin. Selain itu, akan lebih baik lagi jika seorang pemimpin tidak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual saja tapi juga moral dan spiritual. Memiliki ketataan yang luar biasa kepada Tuhan-Nya dan bekerja keras lillahi ta'ala agar rakyatnya sejahtera, bukan bekerja demi meraih popularitas media semata.

Di negara Indonesia yang kita cintai ini, ada beberapa kepala daerah yang selain memiliki prestasi di provinsi yang ia pimpin, tapi hebatnya juga mereka ternyata adalah seorang penghafal quran ( hafiz ). Pemimpin yang seperti itulah yang patut kita teladani. Al-quran saja mereka cintai, apalagi rakyatnya. Betul apa betul? Adapun sosok-sosok Gubernur yang juga seorang hafiz quran adalah sebagai berikut.

5 Gubernur Indonesia yang Hafal Al Quran (Hafiz)

1. Dr. H. Achmad Heryawan, Lc., M.Si (Gubernur Jawa Barat)

Bapak Gubernur yang sering di sapa Aher ini telah menjabat selama dua periode hingga tahun 2018 setelah memenangi pemilihan umum Gubernur Jawa Barat tahun 2013. Melalui persinggungannya dengan pergerakan tarbiah, ia menunjukan perhatiannya dalam politik. Ia bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), terpilih sebagai anggota parlemen DKI Jakarta dua periode sejak 1999. Pemilihan umum Gubernur Jawa Barat 2008 mengantarnya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Selaku kepala daerah, ia mendapat sejumlah penghargaan dari negara. Enam tahun kepemimpinan Aher ditandai dengan sedikitnya 150 penghargaan dari pemerintah yang diraih pemerintah provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2015, Jawa Barat di bawah pemerintahan Ahmad Heryawan berhasil meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara untuk yang kelima kalinya.

2. H. Gatot Pujo Nugroho, A.Md., S.T., M.Si (Gubernur Sumatera Utara)

Pak Gatot menjadi Gubernur sejak 14 Maret 2013. Sebelumnya, ia merupakan Plt. Gubernur Sumatera Utara sejak 2011 hingga 2013 menggantikan Syamsul Arifin yang terjerat kasus korupsi. Gatot yang adalah politikus PKS ini, berduet dengan Syamsul Arifin pada Pemilukada Sumatera Utara 2008 dengan tagline Syampurno.

Dalam Pilkada Sumut 2013, ia maju dan menggandeng Bupati Serdang Bedagai, H.T. Erry Nuradi sebagai wakilnya. Sesuai hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan nomor urut 5 yang membawa tagline Ganteng ini memenangkan pilkada satu putaran di angka 32,05%.

3. Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Spsi, Msc (Gubernur Sumatera Barat)

Ia memulai jabatan sebagai Gubernur Sumatera Barat periode kedua pada 12 Februari 2016 setelah memenangkan pemilihan Gubernur Sumatera Barat. Sebelumnya, ia duduk di Dewan Perwakilan Rakyat tiga periode sejak 1999 dari Partai Keadilan Sejahtera. Ia dikenal sebagai pendiri Yayasan Pendidikan Adzkia, tetap mengajar dan menunaikan dakwah sepanjang kariernya.

Datang dari keluarga Minangkabau, Irwan menjalani pendidikan menengah di Padang. Ia mengenal tarbiah dan terjun sebagai aktivis dakwah saat berkampus di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1982. Setelah meninggalkan status mahasiswa pada 1988, ia kembali ke Padang mendirikan Yayasan Pendidikan Adzkia. Ia sempat mengambil pekerjaan paruh waktu di bagian HRD (Human Resource Development) berbagai perusahan pemerintah dan dosen psikologi industri. Seiring pengukuhan Partai Keadilan pada 20 Juli 1998, Irwan membentuk dan mengetuai perwakilan PK di Malaysia. PK mengantar Irwan duduk di parlemen hasil pemilihan umum 1999; Irwan terus terpilih untuk dua periode berikutnya. Setelah menyelesaikan pendidikan doktor, ia berbagi tugas sebagai guru besar bidang pengembangan SDM dan tetap berdakwah.

Selaku kepala daerah, ia mendapat sejumlah penghargaan dari negara. Empat tahun kepemimpinan Irwan ditandai dengan sedikitnya 137 penghargaan dari pemerintah yang diraih Sumatera Barat. Selama duduk di parlemen, ia mencurahkan pandangannya dalam penyusunan sejumlah RUU, termasuk penggunaan sumber energi alternatif panas bumi. Ia dicatat karena kemampuan melobi dan pernah menolak permintaan untuk menjadi menteri.

4. K.H. Abdul Ghani Kasuba, Lc ( Gubernur Maluku Utara)

Ia di lantik menjadi Gubernur sejak tahun 2014 didampingi Muhammad Natsir thaib. Sebelumnya, Abdul Gani Kasuba merupakan wakil gubernur dan juga pernah menjabat sebagai anggota DPR-RI dari dapil Maluku Utara dari Fraksi PKS. Pendidikan dari tingkat SD sampai dengan SMA diselesaikan di Palu, Sulawesi Tengah, sedangkan tingkat sarjana diselesaikan di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi.

5. Dr. K.H. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A (Gubernur Nusa Tenggara Barat)

Bapak Gubernur yang akrab di sapa Tuan Guru Bajang adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat 2 periode, masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018. Di nobatkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai Gubernur Termuda di Indonesia. Ia juga menerima Lencana Ksatria Bhakti Husada Arutala yang merupakan penghargaan atas jasanya dalam bidang kesehatan dan dirinya menerima beberapa prestasi membanggakan lainnya.

Nah, semoga kelima sosok gubernur di atas bisa menginspirasi kita semua untuk senantiasa mencintai Al-Qur'an. Lebih bagus lagi apabila dapat menghafalnya, atau minimal rutin membacanya, mempelajari dan  memengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.

29 Oktober 2016

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw


Berbicara tentang kebahagiaan, banyak orang salah kaprah tentang kebahagiaan. Salah kaprah yang pertama, orang menganggap bahwa kebahagiaan itu ada urusannya dengan materi padahal tidak ada sama sekali. Kadang-kadang orang tua kita pun, atau kita kita sendiri sebagai orang tua suka salah kaprah. "Dik belajar yang benar ya dan besok jadi orang sukses" Itu kata orang tuanya.

Maksud dari sukses itu apa sih? Kaya? Gajinya dua digit, bisa ngajak orang tuanya berlibur ke luar negeri, puya rumah dan mobil bagus. Tapi pernah tidak orang tua bilang ke anaknya "Dik belajar yang baik biar nanti bisa sukses, nganterin ibu-bapakmu ke surganya Allah" Apakah ada orang tua yang berkata seperti itu? 

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw

Bahkan kalau ada anaknya berkata "Mah aku pengen pergi ke pesantren". Lalu orang tuanya malah menjawab "Ngapain pergi ke pesantren. lah kamu kan pinter" Seolah-olah orang yang pergi ke pesantren itu orang-orang yang sudah nggak pinter, yang udah hancur. "Ngapain jadi ustadz, hidupmu giamana nanti?"

Seolah-olah sukses itu hanya urusan dunia. Ketika melihat orang yang keluar dari mobil BMW dengan orang yang keluar dari Beca, maka orang-orang akan menganggap bahwa yang lebih mulia adalah orang yang keluar dari mobil BMW. Selalu begitu.

Sukses selalu dihubungkan dengan dunia, tidak ada urusannya dengan kebahagiaan. Contohnya begini, kemarin sekitar tahun 2006 atau 2004 ada kabar bahwa ada seorang direktur perusahaan mobil hyundai mati bunuh diri dengan cara meloncat dari lantai 33. Padahal kita lihat dia memiliki uang, istri, anak, rumah serta kendaraan. Berarti orang yang memiliki banyak uang belum tentu bahagia, bisa jadi kita yang tidak punya uang justru lebih bahagia daripada orang yang punya banyak uang.

Ada orang yang waktu mudanya tidak punya uang, ketika ingin makan makanan apapun dia tidak jadi karena tidak punya uang. Setelah dia sudah punya uang, dia bisa membeli makanan apapun tetapi dia tidak boleh makan sembarangan karena kolestrol, asam urat, darah tinggi dan sebagainya. Pas nggak punya duit pengen makan tidak bisa membelinya, setelah punya duit pengen makan tapi tidak bisa makan. Nah, bisa jadi kita yang kere-kere ini lebih bahagia karena tidak dipusingkan dengan kolestrol ataupun diabetes.

Kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan materi, orang yang beli kasur tapi belum tentu bisa tidur. Jadi, kebahagiaan tidak ada dalam permasalahan materi. Itu permasalahan yang pertama. Kesalahan kedua, orang salah kaprah bahwa kebahgiaan itu bisa dicapai dengan cara bermaksiat kepada Allah SWT.

Maka kita tegaskan di dalam islam itu sederhana. Rasul katakan orang yang beriman itu ajaib karena seluruh perkara baginya adalah baik. Kalau dia dapat kesulitan dia bersabar. Kalau dia mendapatkan kemudahan dia bersukur. Dan kata rasulullah itu hanya ada pada orang yang beriman. Kalau orang-orang indonesia kira-kira begitu tidak? Dikasih hujan mengeluh, dikasih kemarau juga mengeluh. Ini semua terjadi karena ada masalah dalam keimanan dan ketaatannya.

25 Oktober 2016

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Cara Mengahadapi Orang yang Membenci Kita - Tips dari Ustadz Aa Gym berikut ini awalnya saya dapatkan ketika beliau menjadi bintang tamu di acara talk show yang dipandu oleh Deddy Corbuzier dan Chika Jessica. Dalam acara tersebut, Aa Gym menjelaskan tentang bagaimana cara mengahadapi haters atau cara menyikapi orang-orang yang menaruh rasa benci terhadap diri kita.

Karena apa yang telah disampaikan oleh Ust Aa Gym ini sangat bermanfaat. Apa lagi dengan gaya ceramahnya yang jujur, halus dan rendah hati serta mudah dimengerti. Membuat saya ingin membagikannya di blog ini. 



Cara Mengahadapi Orang yang Membenci Kita (Haters)

Berawal dari Pertanyaan Chika: "Aa punya haters nggak di instagram, di sosmednya Aa Gym?"

Jawaban Ustadz Aa Gym :

Nggak tau, karena yang paling penting kita (berbuat) nulis yang terbaik. Apapun yang dikatakan orang itu adalah bagian dari dirinya sendiri. Tidak menjadi ancaman bagi kita. Ancaman bagi kita adalah keburukan kita sendiri. Dan tidak ada pengaruhnya, orang mau berkata apapun karena nasib kita tidak ditentukan oleh tulisan orang, oleh mulut orang. Hakekatnya Allah yang menentukan takdir. 

Justru Orang yang berkata jelek itu adalah:
  • (Satu) Ladang bagi kita untuk bersyukur, bukan kita yang berkata jelek. 
  • (Dua) Orang yang bersikap jelek ke kita adalah ladang agar kita tidak melakukan hal yang sama. Jadi kalau ada orang yang berkata buruk, berbuat buruk, ini pelajaran dari Allah agar kita tidak melakukan hal seperti itu. 
  • (Tiga) Ladang untuk kita bisa memafkan dan mendoakan kebaikan, karena kasihan kalau haters seumur-umur begitu, pasti dia menderita. Orang yang pikirannya buruk, yang kata-katanya buruk dia sengsara, sedangkan dia juga makhluk sama seperti kita, jadi doakan saja kebaikan. Nggak ada ruginya ada haters, yang rugi itu kalau kita yang jadi haters
Jadi, mustahil (kalau) semua orang suka kepada kita.  Tapi orang-orang yang tidak suka kepada kita bisa jadi merupakan aset bagi kita karena mereka siang malam memikirkan kekurangan kita, sedangkan kita hampir tidak punya waktu untuk memikirkan kekurangan kita karena terlalu banyak pengenya dipuji orang. Nah dia sampai tidak tidur memikirkan kita, kemana-mana ngomongin kejelekan kita. Bukankah ini rezeki karena yang mengancam kita adalah keburukan kita. 

Kayak gini nih duduk begini, disana ada ular bahaya, di sana ada makanan yang enak, mana yang paling kita fokus? Makanan yang enak atau ular yang berbahaya? Tentu Ular.

Berarti yang paling penting bagi kita adalah yang membahayakan kita. Nah siapa yang paling membahayakan kita? Keburukan orang lain atau keburukan kita sendiri? Tentu keburukan kita sendiri. Ya udah, kenapa kita (harus) cape-cape mikirin keburukan orang lain.

Jadi, kalau kita ini tidak mau dipenjara oleh keburukan orang. Kita jangan mau diatur oleh keburukan orang kepada kita. Kalau orang ngomong jelek, kita ngomong jelek, orang menghina, kita menghina, orang lain melotot, kita melotot, berarti kita udah nggak punya prinsip apapun dalam hidup ini. Selain ikut-ikutan kepada kejelekan orang. Mau apa sekolah tinggi-tinggi kalau bisanya cuma niru kejelekan orang. Kita sekolah, kita belajar agama agar jelas kita itu harus bersikap benar. Orang memilih sikap jelek, kita kan bisa memilih sikap yang baik. 

“Makannya dengar tuh kata Aa, buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau aslinya buruk. Ya sudah nggak usah sekolah kamu” Ucap Deddy ke Chika.

“Bukan tidak usah sekolah” Ucap Aa Gym, menepis ucapan Deddy.

Sekolah itu harus tinggi-setinggi mungkin, tapi ingat bahwa kemuliaan bukan datang dari gelar tapi dari perilakunya. Di kita tuh sekolah banyak, yang sarjana banyak, juga lebih dari itu banyak. Tapi akan lebih bagus lagi kalau semua ini menjadi teladan-teladan kebaikan bagi masyarakat. Kita ini krisis keteladanan. 

Nah, itulah Tips dari Aa Gym tentang Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita. Semoga apa yang telah beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

23 September 2016

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

Apabila sahabat ingin memutuskan untuk tidak pacaran tapi terkendala oleh godaan yang begitu berat. Mungkin tips yang akan saya bagikan berikut ini dapat berguna. Dalam postingan ini saya akan sharing tentang cara agar kita terhindar dari yang namanya pacaran. Artikel ini sedikit berbeda dengan apa yang dijelaskan di situs-situs lain, karena ini adalah pengalaman saya sendiri. Setelah melewati pergulatan batin yang begitu lama, akhirnya saya memantapkan diri untuk tidak pacaran alias menjomblo sampai halal (menikah).

20 September 2016

Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Seorang pemuda adalah generasi selanjutnya yang diharapkan dapat membawa tatanan kehidupan menjadi lebih baik. Maka dari itulah seorang pemuda harus mempersiapkan diri dengan banyak belajar, memperdalam ilmu, mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan melakukan kegiatan positif lainnya. Sehingga seorang pemuda dapat terus tumbuh menjadi pribadi yang bisa memberikan manfaat besar bagi agama yang dicintainya, keluarganya, lingkungannya, masyarakat, bangsa dan negaranya. Seorang pemuda hendaknya tidak menghabiskan masa mudanya dengan perbuatan yang sia-sia, apalagi sampai berbuat kerusakan di muka bumi ini.

Nabi kita yakni Rasulullah Muhammad Shallahu 'alaihi wasallam adalah seorang suri teladan bagi kita semua. Dalam usia mudanya Rasulullah sangat terkenal sebagai orang yang memiliiki akhlak mulia, memiliki keinginan yang kuat, kejujuran dan tutur kata yang benar. Tak ayal sebelum diangkat sebagai rasulpun beliau sudah diberi gelar Al-Amin (Orang yang dapat dipercaya).

Untuk menambah motivasi kita supaya menjadi seorang pemuda yang di cintai Allah dan RasulNya. Di sini saya akan berbagi kumpulan hadits tentang pemuda dalam Islam sebagai berikut.

1. Masa Mudamu, Untuk Apa Kau Gunakan?

“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): (salah satunya) ... Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? .. ” (HR. Tirmidzy)

Hadits lengkapnya: 
“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): tentang umurnya, untuk apa dihabiskan? Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? Hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan? Ilmunya, bagaimana dia amalkan ilmunya?” (HR. Tirmidzy)

2. Allah Menyukai Pemuda yang Bertaubat

"Tiada sesuatu yang lebih disukai Allah daripada seorang pemuda yang bertaubat." (HR Ad-Dailami) 

3. Allah Kagum dengan Pemuda yang Tidak Memiliki Nafsu Menggebu

"Se­sungguhnya Allah Ta’ala benar-benar kagum ter­hadap seorang pemuda yang tidak memiliki shabwah (nafsu menggebu)." (HR Ahmad, Thabrani)

4. Allah Memberikan Naungan Kepada Pemuda yang Tumbuh dalam Ketaatan kepada-Nya

“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: (salah satunya)... pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah ... ” (HR Bukhari)

Hadits lengkapnya:
“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah, seseorang yang hatinya bergantung kepada masjid (selalu melakukan shalat berjamaah di dalamnya), dua orang yang saling mengasihi di jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seseorang yang diajak perempuan berkedudukan dan cantik (untuk bezina), tapi ia mengatakan: “Aku takut kepada Allah”, seseorang yang memberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir (mengingat) Allah dalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari kedua matanya.” (HR Bukhari)"

5. Pemuda yang Sudah Mampu Hendaknya Menikah

"Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang sudah mampu menanggung nafkah, hendaknya dia menikah.” (HR. Bukhari)

6. Gunakan Masa Mudamu Sebelum Datang Masa Tuamu

“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima: (salah satunya) .. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, ... ” (HR Hakim)

Hadits lengkapnya: 
“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima; Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, masa kosongmu sebelum datang masa sibukmu dan masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu”. (HR Hakim).

Demikianlah Hadits Tentang Pemuda yang di sabdakan oleh Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam, semoga bermanfaat.

09 September 2016

AD/ART ROHIS SMA NEGERI 1 JAWILAN (RISMANJA)

ANGGARAN DASAR REMAJA ISLAM SMA NEGERI 1 JAWILAN (RISMANJA)

MUKADIMAH

Bismilahirrahmanirrahim
Berkat rahmat Allah SWT bangsa Indonesia telah berhasil merebut kemerdekaan dari kaum penjajah, maka umat Islam berkewjiban mengisi kemerdekaan itu dalam wadah Negara republik Indonesia menuju masyarakat madani yaitu masyarakat yang adil dan makmur yang diridhoi allah swt.


Remaja Islam sebagai generasi muda yang sadar akan hak dan kewajiban serta peranan dan tanggung jawab kepada umat manusia dan bangsa, bertekad untuk mewujudkan nilai nilai ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusian yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam rangka pengabdian kepada Allah swt.

Dengan meyakini bahwa tujuan itu dapat dicapai dengan taupik dan hidayat allah swt. serta usaha–usaha yang teratur, berencana dan penuh kebijaksanaan .maka untuk keperluan pengembangan aktifitas dalam upaya mempermudah mekanisme kepengurusan, perlu disusun anggaran dasar sebagai berikut :

BAB I 
NAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKAN, IDENTITAS, LANDASAN

Pasal 1 Nama
Organisasi ini bernama Remaja Islam SMAN 1 Jawilan, disingkat RISMANJA

Pasal 2 Waktu dan Tempat Kedudukan
RISMANJA didirikan di SMAN 1 Jawilan untuk waktu yang tidak ditentukan dan berkedudukan di SMAN 1 Jawilan.

Pasal 3 Identitas
RISMANJA menghimpun remaja yang beridentitaskan Islam dan bersumber pada al-quran,dan al-hadist,

Pasal 4 Landasan
“Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu dijalan Allah. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. At Taubah: 41)

"Dan hendaknya ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru pada kebajikan, menyuruh pada yg ma'ruf dan mencegah dari yang munkar,merekalah orang-orang yg beruntung." (QS Ali Imran: 104)

“Berimanlah kamu kepada Allah dan RasulNya dan berjuang pada jalan Allah dengan harta dan dirimu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Jika kamu berbuat demikian) niscaya Allah akan mengampuni dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir sungai di bawahnya, dan (ke dalam) tempat-tempat yang indah dalam surga And. Itulah kemenangan yang besar.” (QS. As Shaf: 11-12)

"Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, sungguh akan Kami tunjukkan jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah menyertai orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS. Al Ankabut: 69)

Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al Mumtahanah, 60: 9)

Orang orang yang hijrah yang diusir dari kampung halamannya , yang disiksa pada jalanKu dan berperang dan diperangi sesunguhnya akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai sungai di dalamnya itulah balasan dari Allah. (QS. Ali Imron: 195)

BAB II 
AZAS 

Pasal 5 Azas
RISMANJA berazaskan Al-Qur’an, Al-Hadis, Pancasila, UUD 1945 dan hukum-hukum Allah.

BAB III 
TUJUAN, USAHA DAN SIFAT 

Pasal 6 Tujuan
Membentuk pribadi yang beriman sesuai dengan visi sekolah juga intelek dan berkompeten sebagai generasi islami. 

Pasal 7 Usaha
  1. Membina pribadi remaja muslim yang ada di lingkungan SMAN 1 Jawilan 
  2. Mengembangkan potensi kreatif, keilmuan, sosail dan budaya remaja muslim di SMAN 1 Jawilan 
  3. Meningkatkan ukhuwah islamiyah sesama muslim demi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. 
  4. Usaha-usaha lain yang sesuai dengan identitas dan azas organisasi serta berguna untuk mencapai tujuan. 

Pasal 8 Sifat
RISMANJA bersifat organisasi di bawah naungan OSIS 

BAB IV 
STATUS, FUNGSI DAN PERAN 

PASAL 9 Status
RISMANJA adalah organisasi Remaja Islam SMAN 1 Jawilan 

Pasal 10 Fungsi
RISMANJA berfungsi sebagai organisasi pembinaan generasi muda muslim di SMAN 1 Jawilan 

Pasal 11 Peran 
RISMANJA berperan meningkatkan iman dan taqwa siswa-siswi muslim SMAN 1 Jawilan guna untuk membangun agama islam. 

BAB V 
KEANGGOTAAN 

Pasal 12 Keanggotaan
Aktivis RISMANJA SMAN 1 Jawilan adalah seluruh remaja yang lulus dalam pengkaderan RISMANJA SMAN 1 Jawilan 

BAB VI 
STRUKTUR ORGANISASI 

Pasal 13 Kekuasaan
  1. Penasehat Umum 
  2. Pembina 
  3. Pembimbing 
  4. Ketua Ikhwan 
  5. Ketua Akhwat 
  6. Sekretaris Ikhwan
  7. Sekretaris Akhwat 
  8. Bendahara Ikhwan 
  9. Bendahara Akhwat 
  10. Divisi PHBI (Perayaan Hari Besar Islam)
  11. Divisi Mading (Majalah Dinding)
  12. Divisi Kebersihan 
  13. Divisi Dakwah 
  14. Divisi Humjar (Humas dan Jaringan)
  15. Pembantu Umum 

BAB VII 
KEUANGAN 

Pasal 14 Keuangan
Keuangan atau kekayaan organisasi diperoleh dari :
  1. Kas RISMANJA 
  2. Iuran anggota 
  3. Dana Komite 
  4. Donator 
  5. Usaha – usaha yang syah, halal dan tidak memikat 

BAB VIII 
PERUBAHAN ANGGARAN DASAR, HAL-HAL YANG BELUM DIATUR DAN PENETAPAN 

Pasal 15 Perubahan anggaran dasar
Anggaran dasar ini dapat di rubah oleh musyawarah anggota dengan sekurang-kurangnya dua per tiga suara yang hadir 

Pasal 18 Hal-hal yang belum diatur. 
Hal-hal yang belum diatur dalam anggaran dasar ini akan diatur dalam anggaran rumah tangga serta peraturan lainnya. 

Pasal 16 Penetapan.
Anggaran dasar ini ditetapkan oleh musyawarah anggota dan berlaku sejak ditetapkan. 

ANGGARAN RUMAH TANGGA REMAJA ISLAM SMA NEGERI 1 JAWILAN (RISMANJA)

BAB I
KEANGGOTAAN

Pasal 1 Syarat-syarat anggota
  1. Remaja yang ada dilingkungan sekolah SMA NEGERI 1 Jawilan 
  2. Menyetujui anggaran dasar atau anggaran rumah tangga organisasi 
  3. Memiliki loyalitas dan dedikasi terhadap organisasi 
  4. Lulus dalam pengkaderan RISMANJA 

Pasal 2 Status Aktivis
  1. Anggota RISMANJA adalah seluruh aktivis yang telah lulus pengkaderan ( kelas X ) 
  2. Pengurus Harian RISMANJA adalah semua aktivis yang telah berorganisasi di RISMANJA selama lebih dari 1 tahun selain dari siswa kelas 3 ( kelas XI ) 
  3. Pembantu Umum adalah seluruh siswa kelas 3 dan alumni RISMANJA 

Pasal 3 Hak dan Kewajiban Anggota
Hak anggota adalah :
  1. Setiap anggota berhak mengajukan aspirasinya dalam bentuk lisan maupun tulisan 
  2. Setiap anggota biasa berhak untuk dipilih dan memilih menjadi formatur dan mide formatur dalam musyawarah 
  3. Setiap Pembantu Umum berhak mengeluarkan pendapat bagi kepentingan organisasi 

Kewajiban Anggota adalah :
  1. Setiap anggota berkewajiban mentaati dan melaksanakan Anggaran dasar dan Anggaran rumah tangga serta peraturan lainnya 
  2. Aktif mengikuti kegiatan yang dilaksanakan RISMANJA 
  3. Memilihara nama baik organisasi 

Pasal 4 Penghentian Aktivis
1. Aktivis berhenti karena :
  • Meninggal dunia
  • Atas permintaan sendiri dan dewan pembina secara tertulis yang di sampaikan kepada pengurus RISMANJA. 
  • Diberhentikan dengan tidak hormat karena berbuat sesuatu yang merugikan organisasi 
2. Pemberhentian anggota hanya dapat dilakukan oleh pengurus setelah mendapat persetujuan dari dewan pembina.
3. Pengurus harus terlebih dahulu memperingatkan secara tertulis dan atau lisan kepada anggota yang bersangkutan agar memperbaiki kesalahannya dan setelah tiga kali tidak mengindahkan , pengurus menyatakan pemberhentian anggota dengan tidak hormat.

BAB II
PERMUSYAWARATAN

Pasal 5 musyawarah Anggota
1.Musyawarah anggota merupakan kekuasaan tertinggi
2. musyawarah anggota berfungsi :
  • Mendengarkan , mengevaluasi dan mensyahkan laporan pertanggungjawaban pengurus ROHIS SMAN 1 Jawilan pada akhir masa jabatannya. 
  • Menetapakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga 
  • Menetapkan Program Kerja Organisasi 
  • Menetapkan pengurus baru 
3 Musyawarah anggota minimal dilakukan setahun sekali
4. Musyawarah anggota dianggap sah apabila dihadiri oleh setengah dari jumlah peserta musywarah anggota yang terdaftar.
5. Apabila musyawarah tidak memenuhi kuorum, maka musyawarah dapat dilanjutkan atas persetujuan bersama peserta musyawarah.

Pasal 6 Rapat Aktivis
1. Rapat aktivis terdiri dari :
  • Rapat Tahunan
  • Rapat harian aktivis sekurang-kurangnya sekali dalam satu bulan 
2. Rapat aktivis berfungsi untuk merencanakan kegiatan yang akan, sedang dan sekaligus mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan/dilaksanakan.

BAB III
PENGURUS, HAK DAN KEWAJIBAN PENGURUS SERTA ADMINISTRASI SEHARI-HARI.

Pasal 7 Pengurus
1. Pengurus
  • Pengurus dipilih oleh formatur dan mid formatur setelah melalui mekanisme pemilihan dalam musyawarah 
  • Masa jabatan pengurus adalah satu tahun 
2. Pengurus untuk harian, minimal sudah aktif di ROHIS selama satu tahun.

Pasal 8 Hak & Kewajian Pengurus
Hak dan Kewajiban Pengurus :
  1. Pengurus berhak melakukan tindakan yang tidak bertentangan dengan AD/ART ROHIS SMAN 1 Jawilan 
  2. Pengurus berkewajiban memimpin dengan penuh tanggung jawab baik di dalam maupun di luar organisasi 
  3. Pengurus berkewajiban melaksanakan keputusan musyawarah organisasi 
  4. Pengurus berkewajiban melaporkan pertanggung jawaban kepengurusannya kepada musyawarah anggota. 

Pasal 9 Administrasi Sehari-hari
Administrasi sehari-hari :
  1. Surat keluar: No / EX / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  2. Surat ke dalam: No / IN / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  3. Surat keputusan: No / SK / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  4. Surat mandat: No / SM / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  5. Ketetapan: Tap/No/RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 

BAB IV
LAMBANG DAN TAFSIR LAMBANG RISMANJA

Pasal 10 Lambang




Pasal 11 Arti Lambang
  1. Buku melambangkan kecerdasan 
  2. Tangan Menggengam dunia melambangkan kekuatan dalam menghadapi tantangan dakwah di bumi Allah. 
  3. Warna Kuning Keemasan melambangkan kejayaan. 
  4. Warna Hijau melambangkan kedamaian 
  5. Warna Hitam melambangkan ketegasan 
  6. Tulisan REMAJA ISLAM SMAN 1 JAWILAN adalah nama organisasi 
  7. Tulisan RISMANJA adalah singakatan dari Remaja Islam SMAN 1 Jawilan 

Pasal 12 Makna Lambang
Makna lambang secara keseluruhan adalah Remaja Islam SMAN 1 Jawilan (RISMANJA) sebagai wadah untuk membentuk siswa/i yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, kuat, dan taat terhadap ajaran Islam serta menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

BAB V
PERUBAHAN DAN PERALIHAN

Pasal 13 Perubahan 
  1. Perubahan Anggaran Rumah Tangga hanya dapat dilakukan oleh musyawarah yang sah atau referendum yang khusus untuk itu. 
  2. Keputusan perubahan Anggaran Rumah Tangga baru sah apabila disetuji oleh 2/3 suara yang hadir 
  3. Untuk melaksanakan perubahan organisasi harus dibentuk panitia pembubaran guna menyelesaikan segala sesuatu diseluruh jajaran organisasi 

Pasal 14 Peralihan
Kekayaan Remaja Islam SMAN 1 Jawilan sesudah pembubaran diserahkan kepada organisasi yang seazas dan setujuan.

BAB VI
PENUTUP

Pasal 15 Penutup
  1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini akan ditetapkan oleh pengurus daalam pelaturan organisasi. 
  2. Anggaran Rumah Tangga ini ditetapkan oleh seluruh musyawarah anggota dan berlaku sejak tanggal ditetapkannya.

07 Agustus 2016

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barakaatuhu. SubhanAllah walhamdulillah untuk anakku tersayang nanda Muhammad Alvin Faiz : "BarakAllah laka wa barakAllah alaika wa jamaa bainakuma biikhoiri" Engkau anak abi pertama. Di usiamu 17 tahun engkau melewati sidang di Pengadilan Agama Bogor untuk izin nikah karena usiamu belum 19 tahun. Nikah segera pilihanmu adalah takdirNya terindah. Nikah itu ridho Allah. Nikah itu sunnah utama Rasulullah. Pintu KESELAMATAN. Pembuka rizki. Karena engkau takut berzina, dan mimilih jalan Allah, engkau akan melihat keagungan dan pertolongon Allah itu luar biasa

Doa para ulama, guru, para sahabat, para santri, dan jamaah zikir. Engkau generasi zikir. Perjuangan tidak sepanjang umur abi. Nikah subuh penuh rahmat dan berkah Allah. Engkau nikahi seorang putri muallafah. Engkau bimbing papa dan omanya pun masuk Islam. Tiga generasi sekaligus bersyahadat. Abi bangga saat membuka kamarmu di tengah malam sedang engkau dalam sujud. Alhamdulillah syukur tangis abi saat wisuda Alvin bersama adikmu Amer saat wisuda hafidz Alqur'an di masjid At Taqwa Cirebon. Engkau mabit di masjid. Abi senang cium Alvin setiap kali bertemu.


Anakku, insyaAllah engkau generasi Robbani untuk agama mulia ini, umat Rasulullah, negerimu dan keluargamu. "Abi tidak rela api sekecil korek api sekalipun menyentuh tubuhmu nak, apalagi api neraka jahanam, inilah yang membuat abi buka jalan pernikahanmu, karena ingin Alvin, abi dan kita semua selamat, abi tidak ingin hati, pikiran, mata, telinga Alvin berbuat maksiat!"

"Ingat anakku sayang, kalau kita full heart taat kepada Allah, belum di akhirat di dunia sebentar inipun Allah bahagiakan kita dulu, "...Allah gembirakan di dunia dan apalagi di akhirat..." (QS Yunus 61-63)

"Selamat hidup baru anakku sayang, jadilah imam teladan dalam ketaqwaan, dan semoga istrimu menjadi bidadari sholehah dan anak cucu keturunan Alvin membahagiakan dunia akhirat...aamiin".

Kami sekeluarga mengucapkan jazaakumullah atas kehadiran Habib Ali Abdurrahman, Habib Ahmad Al Kaff, KH Mahrus Amin, KH Abdur Rasyid, KH Didin Hafifuddin, KH Amidan, dan seluruh ulama mulia yang hadir, semoga Allah selalu dan selalu memberkahi harakah dakwah kita. Aamiin.

11 Oktober 2015

Puisi: Tak Lelahkah Dirimu

Puisi yang dibawakan oleh anak kader di acara musyawarah wilayah Jawa Barat yang membuat peserta musyawarah berlinang air mata :

Tak Lelahkah Dirimu

Karya Ahmad Fathy


Ada saat, tak sanggup kupejamkan mata ini
pikirku melayang, coba membayangkan
tentang apa yang engkau perjuangkan hingga kini

Ada saat, aku berusaha memahami arti
dari suatu kata bernama dakwah
hingga engkau terlihat begitu dekat
seakan tak pernah lepas dari kata ini


Ada saat, ketika aku terdiam sendiri
menyaksikan engkau sangat menikmati aktivitas ini
jelas tampak raut lelah dari wajahmu
namun senyummu, mengatakan bahwa ini lebih dari sekedar hobi

Ada juga saat, aku benar-benar iri
terhadap perhatianmu pada dakwah
bahkan kadang hampir 24 jam sehari
kau curahkan energi dan waktumu
hingga yang tersisa hanya lelah

Kemudian, ada saat…
diri ini ingin sekali berteriak pada dunia
bahwa engkau bukanlah orang suci,
aktivitasmu tentu tak lepas dari beragam keliru
namun dengan semua caci maki dari pada pendengki
engkau tetap membawa dakwah ini sepenuh hati

Dan perlahan, aku mulai mengetahui
akan suatu cita mulia, yang terus engkau perjuangkan
akan sebuah lingkungan terbaik, yang berusaha kau ciptakan
akan segenggam harapan besar, yang dengan sabar engkau nantikan

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
dakwah ini merenggut segalanya darimu
segalanya…
maafkan aku belum sepenuhnya memahami
namun, jika memang inilah keniscayaannya
berilah aku kesempatan,
untuk dapat lebih bijak memahami dan ikhlas menjalani

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
terasa amat jauh, antara ketaatanku
dibandingkan dengan segala pengorbanan yang engkau berikan
terlihat begitu tertinggal diriku
dari jutaan amal kebaikan yang telah engkau wujudkan
terdengar sangat menyakitkan
bahwa dakwahmu,
justru diteruskan bukan dari generasi yang terlahir dari rahimmu

Maafkan aku yang sedang berkembang
walau tak engkau jumpai torehan prestasi dari anakmu ini
aku tetap berkarya dengan secuil potensi dalam diri
walaupun kadang kupaksakan dengan caraku sendiri
percayalah…
akan kuwujudkan harapanmu suatu hari nanti

Dan aku masih ingat umi… abi…
yang telah engkau ajarkan padaku sejak dini
bahwa jalan dakwah, memang tak akan mulus tanpa tebaran duri
bahwa islam, harus diperjuangkan dengan sepenuh hati
dan bahwa ujung dari segala usaha, ialah keridhoan ilahi

doa ku padamu umi.. abi..
semoga aku bisa menuntun mu
menemui Rasul ku, di surga nanti.



~ Garuda Keadilan Jawa Barat ~

13 September 2015

10 Akun Instagram Islami Inspiratif

10 Akun Instagram Islami Inspiratif

16 Juni 2015

Kultwit Ust. Felix Siauw Jangan Mengeluh

Kultwit Ust. Felix Siauw Jangan Mengeluh

Dalam hidup ini terkadang kita juga merasakan yang namanya mengeluh. Penyebab dari mengeluh itu sendiri di antaranya adalah  tidak bisa menerima keadaan yang ada pada diri atau sekitar. Diberi ujian ngeluh, di kasih hujan ngeluh dan dikasih panas juga mengeluh. Tidak mau bersyukur dan bersabar dengan apa yang telah Allah berikan.

Sebenarnya mengeluh adalah sesuatu yang wajar, namun jika keseringan mengeluh justru akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita simak dengan seksama Kultwit Ust. Felix Siauw berikut ini.

1. Banyak yang mengira dengan mengeluh masalah terselesaikan | sebaliknya, mengeluh sendiri itu mental yang sangat buruk

2. Alih-alih masalah selesai, mengeluh justru menghambat kreativitas | jauh dari berdaya juang, kalah sebelum berperang, menjatuhkan jiwa

3. Banyak orang mengira, dengan mengeluh dia mendapat simpati | padahal orang lain justru menilainya lemah, tidak bisa diandalkan

4. Yang banyak orang tidak tahu, mengeluh itu sikap mental buruk | akan jadi karakter bila dilakukan terus-menerus, jadi kebiasaan

5. Berprestasi tidak mengeluh, sebaliknya orang mengeluh jauh dari prestasi | bila serius selesaikan masalah, berbuatlah, tahan mengeluh

6. Mengeluh tidak mengubah keadaan, tapi mengubahmu jadi malas, panik | berbuatlah sesuatu, sekecil apapun, akan mengubah sesuatu, walau kecil

7. Sebagai Muslim, tidak selayaknya kita mengeluh | karena mengeluhkan keadaan, sama seperti mengeluhkan Allah

8. Berdoalah kepada Allah, jangan mengeluh, meminta pada-Nya | jangan mengeluh pada manusia, manusia serba terbatas, Allah tidak terbatas

9. Jangan membuang waktu mengeluh | lakukan sesuatu, ubah sesuatu

Demikianlah kultwit dari Ust. Felix Siauw tentang Jangan Mengeluh, semoga dapat menambah motivasi kita senantiasa berpikir positif dan tetap semangat menjalani hidup ini.

Daftar Akun Twitter Islami

Daftar Akun Twitter Islami

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Di twitter ada sebagian akun-akun yang memanfaatkan twitter ini sebagai ajang menebar kebaikan, seperti beberapa akun twitter islami yang akan saya sharing di postingan ini.

1. Teladan Rasul

User name : @TeladanRasul
Follower : 1,54m
Bio : Mari berusaha mencintai dan meneladani Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam

Teladan rasul adalah akun islami paling populer di twiter. Dengan mengikuti akun ini, kita akan mendapatkan tips bagaimana meneladani sang Rasul. Akun teladan rasul sering mengirim status hadits-hadits yang insya Allah shahih dan taujih yang dapat menambah keimanan, pengetahuan,  dan tentunya menambah kecintaan kita kepada nabi Muhammmad shalallahu alaihi wasallam.

2. One Day One Juz

User name : @OneDayOneJuz
Follower : 72,2K
Bio : Official Account One Day One Juz (ODOJ) 

One Day One Juz adalah akun komunitas yang mengagas gerakan membaca Al-Quran satu hari satu juz. Silakan difollow akun twitter ini untuk mendapatkan pengetahuan seputar Al-Quran. Atau kamu bisa juga bergabung dengan komunitas ini dan dapatkan manfaat yang akan didapatkan.

3. Tausiyahku

User name : @Tausiyahku
Follower : 276K
Bio : Buku Tausiyah Cinta, Muhasabah Cinta, Tentang Rindu, Yang Penting Yakin

Tausiyahku adalah akun twitter yang akan memberikan tausiyah-tausiyah inspiratif. Memberikan nasehat dan pencerahan seputar kehidupan dunia dan akhirat.

4. Islam Diaries

User name : @IslamDiaries
Follower : 180K
Bio : Kami hanya ingin sebagai teman yang mencoba mengingatkan teman lainnya. Islam itu sudah Keren! Jadi tidak perlu jadi liberal.

Coba sobat lihat lagi bio pada akun twitter ini. Di sana menjelaskan bahwa akun ini dibuat semoga bisa menjadi teman kamu. Teman yang senantiasa mengingatkan temannya agar tidak terjerumus pada kemaksiatan. Pada bionya juga tertulis "Islam itu keren! Jadi tidak perlu jadi liberal." Di sana menjelaskan bahwa liberalisme dalam islam adalah menyesatkan.  Islam itu sudah sempurna tidak perlu ditambahkan apalagi dikurangi.

5. Pendidikan Islam

User name : @PendidikanIslam
Bio : “Allah ta'ala tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh Allah ta'ala Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia”(QS.Al-Baqarah: 143)
Follower : 198K

Pendidikan Islam adalah akun twitter yang yang  menebarkan ilmu-ilmu seputar islam. Mari belajar Islam dengan mengikuti akun twitter ini.

6. Kajian Islam

User name : @KajianIslam
Follower : 125K
Bio :  _

Silakan follow akun twitter @kajianislam untuk mendapatkan kajian-kajian islaam yang insya Allah dapat menambah ilmu serta keimanan kita.

7. Sahabat Al Aqsa

User name : @SahabatAlAqsa
Bio : Sejak 2007 | Jaringan Silaturrahim Keluarga Indonesia Palestina Suriah | Jl Jogokariyan 41
Follower : 130K

Sahabat Al-Aqsha adalah jaringan silaturrahim keluarga-keluarga Indonesia yang bekerja sukarela membantu keluarga-keluarga Palestina. Silakan follow akun @sahabatAlAqsa dan dapatkan informasi-informasi terbaru di Palestina dan informasi seputar islam yang bermanfaat lainnya.

Itulah daftar akun twitter islami yang insya Allah dapat menambah pengetahuan dan keimanan  dalam diri kita. Mari kita jadikan smartphone yang kita miliki sebagai tempat mencari ilmu dan pahala. Semoga Bermanfaat.

15 Mei 2015

Kultwit Ust. Felix Siauw Tentang Orang Caper

Kultwit Ust. Felix Siauw Tentang Orang Caper

Orang Caper (Cari Perhatian) adalah jenis orang yang selalu mencari-cari perhatian orang lain. Istilah caper ini muncul dari kalangan remaja atau anak muda. Biasanya orang-orang caper itu selalu tebar pesona di depan umum agar dia di perhatikan dan dikagumi oleh orang-orang yang melihatnya. Orang caper juga biasanya haus akan pujian-pujian dari orang lain.

Agar kita tidak terjerumus pada sifat-sifat orang caper sebagaimana yang telah saya jelaskan di atas. Mari kita baca terlebih dahulu kultwit Ust. Felix Siauw tentang Orang Caper yang saya dapatkan dari akun twitternya @felixsiauw sebagai berikut.


1. Pernah tidak ketemu sama orang yang sukanya caper? hehe.. | ya tingkah lakunya memang begitu, agak aneh dan kadang lebay

2. Orang caper itu demennya (sukanya) mention-mention biar di-mention balik, komen-komen biar dikomen balik | kadang-kadang ngemis, follback kaka!

3. Orang yang caper juga tidak gampang nyerah, tangguh, apapun dia buat | nggak pagi, siang, sore, malam, tengah malam, dia caper

4. Orang caper paling sakit hatinya kalau dicuekin, kalau tidak dianggap | "aku tuh nggak bisa diginiin" begitu kira-kira jeritan hatinya

5. Nah, kalau manusia sama orang caper gitu sering merasa risih | tapi beda dengan Allah, Allah seneng sama yang caper (cari perhatian) ke Dia

6. Maka lihat saja orang yang capernya ke Allah, tinggah lakunya agak aneh | orang tidur dia bangun, orang gibah dia dzikir, caper...

7. Orang yang sibuk caper ke Allah, berhenti caper ke manusia | soalnya doa sudah cinta mati ke Allah, tidak bisa berpaling..

8. Dia demen (suka) mention-mention Allah biar Allah inget, komen-komen tentang Allah | tapi ya nggak lebay minta di follback Allah hehehe..

9. Dia banyak nulis tentang Allah, dia banyak baca tentang Allah | ya sewajarnya orang yang lagi caper lah.. cuma ke Allah bukan manusia

10. Dia takut dicuekin Allah, maka dia terus buat sesuatu agar Allah perhatian | semua yang disukai Allah, dia buat yang terbaik, asik

11. Kadang dia juga lebay, kayak nggak perlu yang lain selain Allah | tapi memang begitulah, orang yang caper ke Allah, semuanya Allah

12. Nah, caper ke Allah ini balesannya tunai di dunia juga DP di akhirat, nggak bakal kecewa | caper ke manusia mah capek, nggak asik

13. Yuk ah, berhenti caper sama manusia, manusia juga risih sama yang caper | caper ke Allah aja, karena Allah pasti bales perhatian

14. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.. | yang lain boleh lewat, Allah jangan.

Semoga bermanfaat.

24 Maret 2015

4 Ustadz Paling Lucu di Indonesia

4 Ustadz Paling Lucu di Indonesia

Memang benar faktanya bahwa sebagian masyarakat kita lebih menyukai seorang Ustadz/penceramah yang lucu atau humoris dibandingkan ustadz yang terlalu serius. Tapi sayangnya setelah mendengar ceramah seorang ustadz, justru yang didapatkan masyarakat kita bukan ilmu yang disampaikannya tapi hanya lucunya. 

Dan Inilah 4 Ustadz Paling Lucu di Indonesia versi saya sendiri

1. Ustadz Maulana 

Jamaah.... Oh Jamaah.... Alhamdulillah.... Itulah jargon Ustadz Maulana yang sudah tidak asing di telinga kita. Ustadz gaul  yang murah senyum ini banyak dikenal masyarakat karena ceramahnya yang lucu dan kocak semenjak muncul di acara TV yang tayang setiap pagi.

3. Ustadz Wijayanto

Ustadz yang juga seorang dosen ini mulai dikenal masyarakat karena ceramahnya yang penuh dengan humor cerdas. Gaya ceramah seperti itulah yang membuat Ustadz. Wijayanto disukai banyak orang.

4. Ustadz Cepot 


Drs. KH. Ahmad Ihsan atau sering disebut-sebut Ustadz Cepot ini memang penomenal semenjak beberapa tahun silam. Julukan Cepot muncul karena kekhasan wajah dan karakter kejenakaannya dalam berdakwah seperti Si Cepot tokoh wayang golek sunda.

5. Ustadz Akri 

Akri Patrio saat ini sering terlihat banyak mengisi ceramah di berbagai tempat. Ia mengaku tertarik dengan dunia dakwah sejak membintangi sinetron Para Pencari Tuhan selama hampir lima tahun berturut-turut. Dengan latar belakang seorang pelawak, Akri menyulap ceramahnya menjadi lebih menarik dengan lawakan khasnya.

Nah, itulah 4 ustadz yang paling lucu di Indonesia, semoga bermanfaat.

23 Maret 2015

7 Lagu Nasyid Edcoustic Paling Menyentuh Hati

7 Lagu Nasyid Edcoustic Paling Menyentuh Hati

Edcoustic adalah grup nasyid asal Bandung yang sangat fenomenal di dunia nasyid Indonesia. Lagu-lagu edcoustic juga sangat digemari hingga ke negeri tetangga, Malaysia. Grup nasyid ini dibentuk pada 25 Mei 2002, dengan dua anggotanya yakni Aden (Vokalis) dan Eggie (Gitaris). Grup nasyid ini mengambil jalur musik pop progressif dengan sentuhan akustik, sehingga sangat pas didengar di telinga anak-anak muda zaman sekarang. 

Saya sendiri mengenal grup nasyid ini semenjak duduk di bangku SMA tahun 2011 silam. Berawal dari kakak kelas saya yang memutar lagu edcoustic yang berjudul "Aku ingin mencintai-Mu". Lantas saya bertanya, "Lagu ini siapa yang menyanyikannya kak?". Lalu kakak kelas saya memberi tahu bahwa itu adalah lagunya edcoustic. Dari situlah saya mulai mencari-cari informasi mengenai edcoustic di google. Lagu-lagu yang dibawakan edcoustic itu selain nadanya yang enak didengar, lirik lagunya juga sangat menyentuh hati dan pastinya ada pesan-pesan kebaikan yang terkandung di dalamnya. Banyak pula lagu-lagu edcoustic yang sangat menginspirasi hidup saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik seperti ketujuh lagu edcoustic yang paling menyentuh hati berikut ini.

1. Muhasabah Cinta

Muhasabah Cinta adalah single pertama edcoustic pada album keduanya yang bertajuk Sepotong episode. Dalam lagu ini mengisahkan seseorang yang sedang mengalami ujian yang berat berupa rasa sakit yang dideritanya dan akhirnya dia baru menyadari bahwa nikmat sehat itu memang indah dan harus disyukuri.

Tuhan... Baru ku sadar
Indah nikmat sehat itu
Tak pandai aku bersyukur
Kini ku harapkan cintaMu

Dengan lirik yang mengandung penyesalan juga nada-nada yang sangat sendu membuat lagu ini teramat menyentuh hati. Ditambah lagi bila teringat sosok vokalisnya (alm. Kang Aden) yang telah pulang ke pangkuan-Nya karena menderita sakit. Masya Allah :'( Semoga beliau di ampuni dosa-dosanya dan di terima amal ibadahnya. Aamiin.

2. Aku Ingin MencintaiMu

Lagu yang sangat menyentuh hati selanjutnya adalah berjudul Aku ingin Mencintai-Mu. Ini adalah lagu edcoustic yang pertama kali saya dengar, dan saat itu juga saya langsung jatuh cinta dengan lagu-lagunya edcoustic.

Tuhan betapa aku malu atas semua yang kau beri
Padahal diriku terlalu sering membuatMu kecewa
Entah mungkin karena ku terlena
Sementara Engkau beri aku kesempatan
Berulang kali agar aku kembali

Jika kita meresapi lirik-lirik pada lagu ini, tentu ini adalah peristiwa yang sering kita alami. Allah selalu memberikan kesempatan pada hambanya agar bertaubat, memperbaiki diri dan menjadi sebaik-baik manusia. Namun, kita sendiri terkadang mengabaikan hal itu. Kita terlena dengan kehidupan dunia yang fana ini.

3. Sendiri Menyepi

Lagu edcoustic paling menyentuh hati yang ke tiga adalah berjudul "Sendiri Menyepi". Lagu ini terdengar sangat sendu. Apalagi dinyanyikan dengan penuh penjiwaan dijamin menguras air mata.

Oh Tuhan aku merasa sendiri menyepi
Ingin ku menangis menyesali diri, mengapa terjadi
Sampai kapan ku begini, resah tak bertepi
Kembalikan aku pada cahayaMu yang sempat menyala
Benderang di hidupku

Dalam liriknya menggambarkan seseorang yang mengalami kefuturan dalam hidupnya. Memang iman seorang manusia itu terkadang naik dan turun, tapi apabila banyak turunnya di situlah kefuturan melanda. 

4. Berubah

Ketika kita berhasil melewati perjuangan untuk hijrah menjadi orang yang lebih baik, setelah itu kita akan dihadapkan dengan perjuangan selanjutnya yaitu berjuang untuk istiqomah dengan perubahan kita. Seperti yang tergambarkan dalam lagu edcoustic yang berjudul Berubah.

Tuhan aku hanya manusia
Mudah berubah lagi dalam sekejap
Tuhan aku ingin berubah
dan ku bertahan dalam perubahanku

5. Tak Ada Beban Tanpa Pundak

Dalam surat Al-baqarah ayat 286 dijelaskan bahwa Allah tidak akan memberikan ujian diluar kemampuan hambanya. Seperti halnya lagu edcoustic yang sangat menyentuh hati yang berjudul Tidak Ada Beban Tanpa Pundak.

Takkan aku bertanya mengapa harus terjadi
Karna aku yakini tak ada beban tanpa pundak
Kau uji aku karna ku bisa melewatinya
Ini yang terbaik untuk hidupku.. Semua hanya ujian

Dalam lagu nasyid ini mengandung pesan bahwa sesungguhnya Allah memberikan beban ujian yang berat kepada kita karena kita mempunyai pundak yang sangat kuat. Kita pasti bisa menghadapinya! 

6. Tujuh Surga

Dalam lagu ini mengandung pesan bahwa kita jangan sampai terlalu sibuk dengan dunia sehingga lupa dengan akhirat. Lupa dengan kewajiban beribadah kepada Allah karena sepanjang hari hanya dunia yang kita cari. Kita sangat sibuk mikirin hidup enak tapi lupa mikirin mati enak.

Rapuhnya aku Kau Maha Tahu
Pagi siang malam dunia yang ku Tuju
Saat ku jatuh baru ku sadar Kau lah segalanya

7. Sebiru Hari Ini 

Lagu yang ketujuh edcoustic paling menyentuh hati atau yang terakhir adalah Sebiru Hari Ini. Kalau memutar lagu ini, saya suka teringat masa-masa SMA, khususnya dengan teman-teman Rohis. Nada dalam lagu ini agak ngebeat tapi tetap menyentuh hati karena liriknya berisikan perpisahan dengan sahabat tercinta.

Selamat jalan teman
Tetaplah berjuang
Semoga kita bertemu kembali
Kenang masa indah kita
Sebiru hari ini...

Nah, itulah ketujuh lagu Edcoustic yang paling menyentu hati, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi sahabat semua. 

10 Maret 2015

Versi Teks - Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati

Versi Teks - Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati

K.H. Muhammad Arifin Ilham atau yang sering disapa ustadz Arifin adalah seorang pendakwah atau da'i yang mendirikan majelis taklim bernama Adz-Dzikra pada tahun 2000. Dalam dakwahnya beliau selalu mengingatkan jamaah agar senantiasa tidak lupa untuk berdzkir mengingat nama Allah SWT.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan artikel tentang Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati, yang sebelumnya pernah saya dengarkan dalam versi MP3/audionya. Dan ternyata Masya Allah, memang sangat menggetarkan hati saya. Dalam postingan ini saya telah menulis ulang dalam versi teksnya.


Ceramah Ustadz Arifin Ilham yang Menggetarkan Hati 

Pribadi berdzikir, dzikir menjadi kepribadiannya.
Allah tujuannya, Rasullah sholallahu 'alahi wasallam teladan dalam hidupnya.
Dunia ini pun menjadi surga sebelum surga sebenarnya.
Bumi menjadi masjid baginya.
Rumah, kantor bahkan hotel sekalipun jadi mushola baginya.
Tempat ia berpijak, meja kerja, kamar tidur, hamparan sajadah baginya.

Kalau dia bicara, bicaranya dakwah.
Kalau dia berdiam, diamnya dzikir.
Nafasnya tasbih, matanya penuh rahmat Allah, penuh kasih sayang.
Telinganya terjaga.. 
Pikirannya baik sangka.
Tidak sinis, tidak pesimis dan tidak suka memvonis.

Hatinya, subhanallah... 
Diam-diam berdoa, doanya diam-diam.
Tanganya bersedekah.
Kakinya berjihad, ia tak mau melangkah sia-sia.

Kekuatannya silaturahim.
Kerinduanya tegaknya syariat Allah.
Kalau memang hak tujuannya, maka sabar dan kasih sayang strateginya.
Asma ama nina. Cita-cita tertinggi teragung syahid di jalan Allah.

Rasulullah sholallahu 'alahi wasallam bersabda:
Ina li kuli sain shokola wa ina shokola dhal khulub dzikrullah.
Sesungguhnya segala sesuatu ada pembersihnya, ada penggilatnya, ada sikatnya.
Pembersih hati yang kotor, sikat hati yang bernoda, penggilat hati yang berdosa, dzikrullah.

Aisyah Radiallahu 'anha berkata:
Kana Rasulullah sholallahu 'alahi wasallam yas khurullah kula ahyani
Rasulullah Sholallahu alaihi wasallam berdzikir kepada Allah setiap kejadian, setiap kesempatan.

Allah subhanahu wata 'ala berfirman dalam surat At-tahrim ayat 8:
Wahai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sunguh-sungguh, niscahya Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahanmu, menutupi aibmu dan memasukan kamu ke dalam surga-Nya yang mengalir di bawahnya sungai-sungai...

Semoga teks ceramah dari Ustadz Arifin di atas dapat bermanfaat.

04 Maret 2015

3 Ustadz Paling Update dan Populer di Media Sosial

Dalam postingan ini saya akan membahas mengenai 3 sosok ustadz yang paling update dan populer di media sosial, khususnya di jejaring Sosial Media terbesar Facebook, Twitter dan Instagram. Selain berdakwah di dunia nyata, para ustadz atau da'i ini juga ternyata aktif berdakwah di dunia maya/internet. Mereka memanfaatkan sosial media yang ada untuk menebarkan ilmu dan inspirasinya kepada orang-orang.

Siapakah 3 Ustadz itu?

1. Yusuf Mansur

Facebook : Yusuf Mansur (3.1 Juta Like)
Twitter : @Yusuf_Mansur (1.7 Juta Follower)
Instagram : @YusufMansurNew (950 Ribu Follower)

Yusuf Mansur (lahir di Jakarta, 19 Desember 1976; umur 38 tahun) adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku dan pengusaha dari Betawi, sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Bulak santri, Cipondoh, Tangerang dan pengajian Wisata Hati.

2. Abdullah Gymanstiar


Facebook : KH. Abdullah Gymnastiar (2.5 Juta Like)
Twitter : @aagym (1.3 Juta Follower)
Instagram : @aagym (547 Ribu Follower)

Yan Gymnastiar (lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Januari 1962; umur 53 tahun) atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym adalah seorang pendakwah, penyanyi, penulis buku dan penerbit, pengusaha dan pendiri Pondok Pesantren Darut Tauhid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung. Aa Gym menjadi populer karena mengenalkan cara berdakwah yang unik dengan gaya teatrikal dengan pesan-pesan dakwah Islami yang praktis dan umum diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

3. Felix Siauw

Facebook : Ustadz Felix Siauw (2.5 Juta Like)
Twitter : @FelixSiauw (1.2 Juta Follower)
Instagram : @FelixSiauw (675 Ribu Follower)
Felix Siauw adalah seorang ustadz etnis Tionghoa kelahiran Palembang, Sumatera Selatan. Ia menjadi seorang mualaf semenjak masa kuliah dan bertemu seorang ustadz muda aktivis gerakan da'wah Islam internasional. Felix Siauw lahir dan tumbuh di lingkungan non-muslim. Ia mulai mengenal Islam pada tahun 2002, saat masih berkuliah di Institut Pertanian Bogor semester 3.

3 Ustadz Paling Update dan Populer di Media Sosial

Nah itulah 3 Ustadz paling update dan terkenal di media sosial. Saya sarankan agar teman-teman Like dan Follow akun media sosial  milik para ustadz ini. Dan insya Allah banyak ilmu dan pencerahan yang akan kita dapat dari mereka.

24 Februari 2015

Perbedaan Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes

Hallo mblo, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik selalu ya. Hehehe.
Sesuai dengan judul postingan di atas, saya akan menjelaskan perbedaan dari dua jenis jomblo ini. Yang satu suka dipanggil Si Jomi/Jomul (Jomblo Mulia) dan yang satunya lagi suka dipanggil Si Jones alias Jomblo Ngenes. Mereka sama-sama jomblo tapi beda. Kok bisa? Bisa dong. Beda dari mananya? Ok, saya akan menjelaskan apa saja perbedaan antara seorang Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes.

16 September 2014

5 Penulis Novel Islami Terkenal di Indonesia

Novel adalah karya sastra yang sangat digemari oleh para pencintanya, khususnya karya novel yang akan saya bahas di sini, yaitu novel yang bernuansa islami. Di negeri ini banyak novel-novel islami yang populer dan diantara novel-novel tersebut sudah dibuat dalam versi filmnya.

Dibalik kesuksesan sebuah novel, tentunya ada sosok yang bekerja keras dalam membuat karya sastra ini, yaitu penulisnya atau sering disebut juga seorang novelis.  Adapun  5 penulis novel  Islami yang terkenal dan sukses berkat karyanya adalah sebagai berikut.

1. Habiburrahman ElShirazy

Habiburrahman El Shirazy (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 30 September 1976) adalah novelis nomor. 1 Indonesia dinobatkan oleh Insani Universitas Diponegoro. Selain novelis, sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini juga dikenal sebagai sutradara, dai, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Taiwan dan Australia.  Karya-karya fiksinya dinilai dapat membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi pembaca.

Karya-karya Habiburrahman Elshirazy :
  • Ayat-Ayat Cinta (Telah dibuat versi filmmnya, 2004)
  • Di Atas Sejadah Cinta (telah disinetronkan Trans TV) 
  • Pudarnya Pesona Cleopatra 
  • Ketika Cinta Bertasbih (2007)
  • Dalam Mihrab Cinta (2007)
  • Bumi Cinta (2010)
  • The Romance
  • Api Tauhid
  • Ayat-Ayat Cinta 2 (2016)
  • dan lainnya

2. Asma Nadia 

Asma Nadia (lahir di Jakarta, 26 Maret 1972) adalah penulis Indonesia. Ia aktif menulis dan mempublikasi karyanya semenjak ia lulus dari SMA 1 Budi Utomo, Jakarta. Sasarannya adalah berbagai majalah keislaman. Ia juga menulis lirik sejumlah lagu, misalnya yang dinyanyikan oleh kelompok Snada dan Gradasi, serta sempat memiliki tim sendiri bersama Nasyid Bestari.

Karya-karya Asma Nadia :
  • Assalamualaikum Beijing
  • Salon Kepribadian
  • Derai Sunyi, novel, mendapat penghargaan Majelis Sastra Asia Tenggara (MASTERA)
  • Preh (A Waiting), naskah drama dua bahasa, diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jakarta
  • Cinta Tak Pernah Menar, kumpulan cerpen, meraih Pena Award
  • Rembulan di Mata Ibu (2001), novel, memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI sebagai buku remaja terbaik nasional
  • Dialog Dua Layar, memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI, 2002
  • 101 Dating meraih penghargaan Adikarya IKAPI, 2005
  • Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!, nonfiksi, best seller.
  • Emak Ingin Naik Haji: Cinta Hingga Ke Tanah Suci (AsmaNadia Publishing House)
  • Jilbab Traveler (AsmaNadia Publishing House)
  • Muhasabah Cinta Seorang Istri
  • Catatan hati bunda
  • Catatan Hati Seorang Istri (CHSI), nonfiksi, Dijadikan sinetron dengan judul yang sama di RCTI
  • dan lainnya

3. Tere Liye

Tere Liye (lahir di Sumatera Selatan, Indonesia, 21 Mei 1979) dikenal sebagai penulis novel. Beberapa karyanya yang pernah diangkat ke layar kaca yaitu Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda Disayang Allah. Meskipun dia bisa meraih keberhasilan dalam dunia literasi Indonesia, kegiatan menulis cerita sekedar menjadi hobinya saja karena setiap hari harus bekerja di kantor sebagai seorang akuntan.  Nama “Tere Liye” merupakan nama pena dari seorang novelis yang nama aslinya adalah Darwis. Darwis tumbuh di Sumatera Pedalaman. Ia berasal dari keluarga sederhana yang orang tuanya berprofesi sebagai petani biasa. Darwis Tere Liye meyelesaikan masa pendidikan dasar sampai SMP di SDN2 dan SMN 2 Kikim Timur, Sumatera Selatan. Kemudian melanjutkan ke SMUN 9 bandar lampung. Setelah selesai di Bandar lampung, ia meneruskan ke Universitas Indonesia dengan mengambil fakultas Ekonomi.   
Karya-Karya Darwis Tere Liye
  • Hafalan Shalat Delisa (Penerbit Republika, 2005)
  • Moga Bunda Disayang Alloh (Penerbit Republika, 2005)
  • Bidadari – Bidadari Surga (Penerbit Republika, 2008)
  • Pulang (2016)
  • Hujan (2016)
  • dan lainnya

4. Helvy Tiana Rosa

Helvy Tiana Rosa (lahir di Medan, Sumatera Utara, 2 April 1970) adalah sastrawan berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa puisi, cerita pendek, novel, dan esai sastra yang dimuat di berbagai media massa. Helvy merupakan pendiri Forum Lingkar Pena, Teater Bening, dan majalah Annida. Helvy adalah salah satu akademikus di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

Karya-karya Helvy Tiana Rosa
  • Ketika Mas Gagah Pergi (1997)
  • Akira, Muslim Watashi Wa (2000)
  • Catatan Pernikahan (2008)
  • Ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali (2011)
  • dan lainnya

5. Ahmad Fuadi 

Ahmad Fuadi (lahir di Bayur Maninjau, Sumatera Barat, 30 Desember 1972) adalah novelis, pekerja sosial dan mantan wartawan dari Indonesia. Novel pertamanya adalah novel Negeri 5 Menara yang merupakan buku pertama dari trilogi novelnya.

Karya-Karya Ahmad Fuadi
  • Negeri 5 Menara (2009)
  • Ranah Tiga warna (2011)
  • Berjalan Menebus Batas (2012)
  • Rantau Satu Muara (2013)
  • dan lainnya

5 Penulis Novel Islami Terkenal di Indonesia

Nah, itulah para Penulis Novel Islami Terkenal di Indonesia, semoga dapat menginspirasi sobat untuk terus berkarya dan  memberi manfaat kepada orang lain. Atau minimal dapat menumbuhkan minat membaca yang lebih besar agar pengetahuan semakin luas.