Tampilkan postingan dengan label Islam. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Islam. Tampilkan semua postingan

Kata Kata Mutiara Bijak Ustadz Hanan Attaki

Kata Kata Mutiara Bijak Ustadz Hanan Attaki

Kata Kata Mutiara Bijak Ustadz Hanan Attaki - Ustadz Hanan Attaki, Lc., adalah seorang pendakwah asal Aceh yang kini tinggal dan berdakwah di Bandung. Ia juga merupakan founder Pemuda Hijrah, sebuah gerakan pemuda yang ingin meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT dan menjadi pemuda yang taat. 

Ustadz Hanan Attaki semakin dikenal karena gaya ceramahnya yang ringan dan mudah diterima oleh para anak muda. Maka tak heran jika setiap kajiannya selalu  dipenuhi parah jamaah yang kebanyakan para pemuda khusunya ikhwan (laki-laki). Berikut adalah kumpulan quotes dari Ust. Hanan Attaki.


Teruslah berbuat baik meski itu melelahkan, karena lelahnya akan hilang sedangkan pahalanya InsyaAllah akan terus ada

Siapa taat kepada Allah maka Allah kasih jalan keluar

Jangan batasi keyakinan kepada Allah dengan kata mungkin.

Siapa yang memberikan hatinya lebih dulu kepada makhluk dari pada kepada Allah, maka siap siaplah hatinya akan sengsara

Tertawa itu seperti minum kopi, nggak boleh sering-sering

Anak muda yang keren itu adalah anak muda yang tetap berpenampilan muda, punya selera muda, punya semangat anak muda tetapi nggak jauh dari masjid.

Allah suka kalau kita merengek nangis depan Dia, Allah suka dimintai. Jadi, kalo ada masalah coba datang ke Allah minta sesuatu

Siapa yang taat kepada Allah, maka Allah kasih rezeki yang tidak terduga. Siapa yang taat kepada Allah maka Allah mudahkan Urusannya.

Dzikir itu adalah solusi paling konkrit.

Kalau kita nggak punya harta nggak apa-apa, kita punya Do'a. Kalau kita tampangnya biasa nggak apa-apa, kita doa'nya luar biasa. Kalau kita merasa nggak menarik nggak apa-apa, do'a kita itu menarik di sisi Allah. Pokoknya kalau kita nggak punya modal apapun dalam hidup, kita masih punya Allah, tinggal minta saja.

Kata Kata Mutiara Bijak Ustadz Hanan Attaki

Dosa itu mempengaruhi hidup kita 

Yang sedikit kamu bersabar itu lebih baik daripada banyak kamu tidak mampu bersyukur.

Apa penyakit hati yang paling berbahaya, yang dampaknya bisa kemana-mana? Ragu kepada Allah swt.

Pendamping terbaik yaitu pendamping didunia sekaligus diakhirat nanti.

Ketika Masalah Datang Maka Mendekatlah Kepada Allah.

Kesolehan para sahabat rasul itu tidak tertandingi oleh manusia jaman sekarang.

Iman itu layaknya handphone, yang perlu dicas tiap kali low.

Jikka bukan diriku yang kau harapkan, aku merelakannya. Sebab, Jodoh takkan mungkin salah hinggap di hati para hamba-hambanya.

Menangis karena berkorban itu lebih manis daripada menangis karena kesalahan 

Syariat nikah itu mudah hanya kadang manusianya yang membuatnya menjadi sulit. 

Ketika kita merasa banyak masalah, perbaiki hubungan kita dengan Allah. 

Insya Allah siapa yang mengharapkan end last love dan true love, tempatnya di masjid.

Kalau kita ingin Allah senang dan sayang sama kita, sering-seringlah ucapkan Astaghfirullahalladzim.

Kalau kita libatkan Allah dalam urusan kita, maka Allah sendiri yang melibatkan manusia untuk menyayangi kita.

Nabi itu kalau ada masalah sedikit, Shalat.

Tak ada kemudahan tanpa ketaatan kepada Allah.

Kata Kata Bijak Ustadz Abdul Somad

Kata Kata Bijak Ustadz Abdul Somad
    
Kata Kata Bijak Ustadz Abdul Somad - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA adalah seorang Ulama asal Pekanbaru, Riau yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu Hadits dan Ilmu Fiqih. Selain itu, ia juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah kekinian yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Namanya dikenal publik karena Ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan dalam menyampaikan dakwah yang disiarkan melalui saluran Youtube. Berikut adalah kumpulan quotes dari Ustadz Abdul Somad.

Syukurilah semua yang diberikan Alllah SWT. Jika kau masih hidup bersyukurlah masih melakukan amal saleh. Jika kau mati tetap bersyukurlah, setidaknya dosamu tidak semakin bertambah.

Ketika engkau susah di dunia ini. Sabarlah, karena ia hanya sementara. Ketika engkau diberi kesenangan di dunia ini jangan bangga dan sombong karen ia juga hanya sementara.

Kita tidak perlu satu organisasi, satu sekolah ataupun satu guru, kita beteman di satu titik, Mukhlisin Nalahudin. Mudah-mudahan titik itulah yang mempertemukan kita

Jika mencari kawan tak bercacat, selamanya kita takkan berkawan. Jika mencari pasangan yang sempurna, selamanya kita takkan berpasangan.

Hari ini kita boleh kalah dalam segala hal, tapi tanamkan pada anak anak kita bahwa 10 atau 20 tahun lagi mereka akan memimpin negeri ini dengan cara yang Allah ridhai. 

Kalau dengan memiliki motor dan mobil bertambah ketaatan kita kepada Allah, maka itu adalah rezeki. Tapi kalau dengan kendaraan itu menjauhkan diri dari Allah, dipakai untuk pergi ke tempat maksiat, maka itu adalah laknat dan azab. Hati hati.

Kebahagiaan seorang guru ialah ketika melihat muridnya sukses dunia dan akhirat

Bahagia itu terletak pada syukur. Siapa yang bersyukur kepada Allah, maka dialah orang yang paling bahagia.

Apapun yang terjadi, Islam akan tetap ditolong Allah. Yang menjadi masalah adalah, apa yang telah dan akan kita lakukan untuk Islam, demi untuk menolong diri kita di dunia dan akhirat nanti? Jangan jawab dengan lidah, karena lidah terlalu mudah untuk berkata-kata. Tapi, jawablah dengan perbuatan.

Kata Kata Bijak Ustadz Abdul Somad

Hidup ini seperti Bahtera di lautan. Di atas ada ombak kencang yang akan menghadang. Dari bawah ada batu karang yang besar. Tak ada yang bisa menguatkan hidup ini, kecuali Allah Ta'ala.

Jangan batasi ibadah hanya ketika di Masjid. Ada yang menganggap beramal itu hanya ketika duduk di Masjid, shalat, zikir dan membaca Al-Quran. Jangan lupa, bekerja dari jam 8 pagi sampai 4 sore, ditambah lagi apabila lembur itu juga adalah amal. Karena, bekerja mencari nafkah yang halal untuk keluarga di rumah adalah ibadah, bernilai pahala di hadapan Allah Ta'ala. Maka, kalau dipahami bahwa bekerja adalah amal ibadah, tidak akan ada pegawai yang main "game online" saat jam kantor, tidak akan ada pedagang yang memainkan timbangan, tidak akan ada karyawan yang curang dalam laporan tugasnya.

Kalau engkau sudah menikah maka pandanglah saudaramu yang belum menikah, maka akan timbul rasa syukur.

Wujud syukur yang sederhana ialah mengucap Syukur "Alhamdulillahirobbil 'alamin. Segala Puji hanya bagi Allah" . Namun sesungguhnya Hakikat dari Rasa Syukur itu adalah memastikan setiap tarikkan nafas kita senantiasa dalam "ketaatan" kepada Allah Ta'ala.

Berkawan karena harta, harta akan binasa. Berkawan karna kuasa, kuasa tak akan lama, paling 5 tahun kalau tak di tangkap KPK. Tapi, kalau berkawan karena Allah maka akan kekal abadi

Dunia ini hanya setetes air. Kalau kau tak dapat jangan sedih, karena yang kau tak dapat hanya setetes. Dan kalau kau dapat, jangan bangga, karena yang kau dapat hanya setetes

Ketika terasa diri ini hampa, tak ada apa-apa, bagai butiran debu di tengah samudera keagungan Allah. Saat itulah rahmat Allah turun meyentuh rasa yang dapat diwakili kata

Air selalu mengalir, dia tidak bisa ditahan. Ketika dia ditahan, maka dia akan menjadi sebuah perlawanan yang besar. Air nampak lemah, ketika dia sedikit. tapi, ketika dia sudah berkumpul maka menjadi besar, dia menjadi kekuatan yang luar biasa. Belajrlah dari air.

Keberanian tidak mempercepat kematian, dan ketakutan tak dapat mengelakkan dari kematian. Kita pasti mati, tapi mati dalam keadaan apa? Pilihan ada di tangan kita.

Kultwit Ust Felix Siauw Tentang Percaya

1. Tentang Percaya | Karena percaya kita meminjamkan uang pada orang lain, karena percaya kita menitipkan harta kepada orang lain,

2. Dalam Islam kepercayaan itu utama, karenanya Nabi Muhammad dikenal sebab dia dipercaya,

Kultwit Ust Felix Siauw Tentang Percaya

3. Rasulullah Muhammad digelari al-amin, yang lisan, amalannya sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw

Salah Kaprah Tentang Kebahagiaan oleh Ust Felix Siauw
Berbicara tentang kebahagiaan, banyak orang salah kaprah tentang kebahagiaan. Salah kaprah yang pertama, orang menganggap bahwa kebahagiaan itu ada urusannya dengan materi padahal tidak ada sama sekali. Kadang-kadang orang tua kita pun, atau kita kita sendiri sebagai orang tua suka salah kaprah. "Dik belajar yang benar ya dan besok jadi orang sukses" Itu kata orang tuanya.

Maksud dari sukses itu apa sih?

Kaya? Gajinya dua digit, bisa ngajak orang tuanya berlibur ke luar negeri, puya rumah dan mobil bagus. Tapi pernah tidak orang tua bilang ke anaknya "Dik belajar yang baik biar nanti bisa sukses, nganterin ibu-bapakmu ke surganya Allah" Apakah ada orang tua yang berkata seperti itu? 


Bahkan kalau ada anaknya berkata "Mah aku pengen pergi ke pesantren". Lalu orang tuanya malah menjawab "Ngapain pergi ke pesantren. lah kamu kan pinter"

Seolah-olah orang yang pergi ke pesantren itu orang-orang yang sudah nggak pinter, yang udah hancur. "Ngapain jadi ustadz, hidupmu giamana nanti?"

Seolah-olah sukses itu hanya urusan dunia. Ketika melihat orang yang keluar dari mobil BMW dengan orang yang keluar dari Beca, maka orang-orang akan menganggap bahwa yang lebih mulia adalah orang yang keluar dari mobil BMW. Selalu begitu.

Sukses selalu dihubungkan dengan dunia, tidak ada urusannya dengan kebahagiaan.

Contohnya begini, kemarin sekitar tahun 2006 atau 2004 ada kabar bahwa ada seorang direktur perusahaan mobil hyundai mati bunuh diri dengan cara meloncat dari lantai 33. Padahal kita lihat dia memiliki uang, istri, anak, rumah serta kendaraan. Berarti orang yang memiliki banyak uang belum tentu bahagia, bisa jadi kita yang tidak punya uang justru lebih bahagia daripada orang yang punya banyak uang.

Ada orang yang waktu mudanya tidak punya uang, ketika ingin makan makanan apapun dia tidak jadi karena tidak punya uang. Setelah dia sudah punya uang, dia bisa membeli makanan apapun tetapi dia tidak boleh makan sembarangan karena kolestrol, asam urat, darah tinggi dan sebagainya. Pas nggak punya duit pengen makan tidak bisa membelinya, setelah punya duit pengen makan tapi tidak bisa makan. Nah, bisa jadi kita yang kere-kere ini lebih bahagia karena tidak dipusingkan dengan kolestrol ataupun diabetes.

Kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan materi, orang yang beli kasur tapi belum tentu bisa tidur. 

Jadi, kebahagiaan tidak ada dalam permasalahan materi. Itu permasalahan yang pertama. Kesalahan kedua, orang salah kaprah bahwa kebahgiaan itu bisa dicapai dengan cara bermaksiat kepada Allah SWT.

Maka kita tegaskan di dalam islam itu sederhana. Rasul katakan orang yang beriman itu ajaib karena seluruh perkara baginya adalah baik. Kalau dia dapat kesulitan dia bersabar. Kalau dia mendapatkan kemudahan dia bersukur. Dan kata rasulullah itu hanya ada pada orang yang beriman. Kalau orang-orang indonesia kira-kira begitu tidak? Dikasih hujan mengeluh, dikasih kemarau juga mengeluh. Ini semua terjadi karena ada masalah dalam keimanan dan ketaatannya.

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita



Tips dari Ustadz Aa Gym berikut ini awalnya saya dapatkan ketika beliau menjadi bintang tamu di acara talk show yang dipandu oleh Deddy Corbuzier dan Chika Jessica. Dalam acara tersebut, Aa Gym menjelaskan tentang bagaimana cara mengahadapi haters atau cara menyikapi orang-orang yang menaruh rasa benci terhadap diri kita.

Karena apa yang telah disampaikan oleh Ust Aa Gym ini sangat bermanfaat. Apa lagi dengan gaya ceramahnya yang jujur, halus dan rendah hati serta mudah dimengerti. Membuat saya ingin membagikannya di blog ini.

Cara Mengahadapi Orang yang Membenci Kita (Haters)

Berawal dari Pertanyaan Chika: "Aa punya haters nggak di instagram, di sosmednya Aa Gym?"

Jawaban Ustadz Aa Gym :

Nggak tau, karena yang paling penting kita (berbuat) nulis yang terbaik. Apapun yang dikatakan orang itu adalah bagian dari dirinya sendiri. Tidak menjadi ancaman bagi kita. Ancaman bagi kita adalah keburukan kita sendiri. Dan tidak ada pengaruhnya, orang mau berkata apapun karena nasib kita tidak ditentukan oleh tulisan orang, oleh mulut orang. Hakekatnya Allah yang menentukan takdir.

Justru Orang yang berkata jelek itu adalah: 
  • (Satu) Ladang bagi kita untuk bersyukur, bukan kita yang berkata jelek. 
  • (Dua) Orang yang bersikap jelek ke kita adalah ladang agar kita tidak melakukan hal yang sama. Jadi kalau ada orang yang berkata buruk, berbuat buruk, ini pelajaran dari Allah agar kita tidak melakukan hal seperti itu. 
  • (Tiga) Ladang untuk kita bisa memafkan dan mendoakan kebaikan, karena kasihan kalau haters seumur-umur begitu, pasti dia menderita. Orang yang pikirannya buruk, yang kata-katanya buruk dia sengsara, sedangkan dia juga makhluk sama seperti kita, jadi doakan saja kebaikan. Nggak ada ruginya ada haters, yang rugi itu kalau kita yang jadi haters 

Jadi, mustahil (kalau) semua orang suka kepada kita. Tapi orang-orang yang tidak suka kepada kita bisa jadi merupakan aset bagi kita karena mereka siang malam memikirkan kekurangan kita, sedangkan kita hampir tidak punya waktu untuk memikirkan kekurangan kita karena terlalu banyak pengenya dipuji orang.

Nah dia sampai tidak tidur memikirkan kita, kemana-mana ngomongin kejelekan kita. Bukankah ini rezeki karena yang mengancam kita adalah keburukan kita.

Kayak gini nih duduk begini, disana ada ular bahaya, di sana ada makanan yang enak, mana yang paling kita fokus? Makanan yang enak atau ular yang berbahaya? Tentu Ular.

Berarti yang paling penting bagi kita adalah yang membahayakan kita. Nah siapa yang paling membahayakan kita? Keburukan orang lain atau keburukan kita sendiri? Tentu keburukan kita sendiri. Ya udah, kenapa kita (harus) cape-cape mikirin keburukan orang lain.

Jadi, kalau kita ini tidak mau dipenjara oleh keburukan orang. Kita jangan mau diatur oleh keburukan orang kepada kita. Kalau orang ngomong jelek, kita ngomong jelek, orang menghina, kita menghina, orang lain melotot, kita melotot, berarti kita udah nggak punya prinsip apapun dalam hidup ini. Selain ikut-ikutan kepada kejelekan orang. Mau apa sekolah tinggi-tinggi kalau bisanya cuma niru kejelekan orang. Kita sekolah, kita belajar agama agar jelas kita itu harus bersikap benar. Orang memilih sikap jelek, kita kan bisa memilih sikap yang baik.

“Makannya dengar tuh kata Aa, buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau aslinya buruk. Ya sudah nggak usah sekolah kamu” Ucap Deddy ke Chika.
“Bukan tidak usah sekolah” Ucap Aa Gym, menepis ucapan Deddy.

Sekolah itu harus tinggi-setinggi mungkin, tapi ingat bahwa kemuliaan bukan datang dari gelar tapi dari perilakunya.

Di kita tuh sekolah banyak, yang sarjana banyak, juga lebih dari itu banyak. Tapi akan lebih bagus lagi kalau semua ini menjadi teladan-teladan kebaikan bagi masyarakat. Kita ini krisis keteladanan.

Nah, itulah Tips dari Aa Gym tentang Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita. Semoga apa yang telah beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kata Kata Mutiara Tentang Silaturahmi

Kata Kata Mutiara Tentang Silaturahmi

Mari kita merenung sejenak, kapan terakhir kali kita bersilaturahmi kepada keluarga, saudara, sahabat, teman, guru dan yang lainnya. Terkadang kita lupa dengan hal itu, padahal silaturahmi atau silaturahim sangatlah dianjurkan sebagaimana yang telah disabdakan oleh rasullullah saw. "Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambungkan silaturahim" (HR. Bukhari)

Untuk menambah inspirasi dan motivasi kita agar senantiasa membangun dan memperat kembali tali persaudaraan dan kasih sayang dengan sesama. Berikut adalah kata kata mutiara tentang silaturahmi.

Silaturahim adalah jembatan kasih sayang. Menjembatani dua sisi yang berbeda terhubung dengan jiwa kasih dan sayang. 

Jadikanlah silaturahim dengan teman-temanmu sebagai warna-warni yang penuh keindahan, penuh kasih sayang, rukun dan damai selalu.

Jagalah hubungan kita dengan manusia, tinggalkan hasad, dendam, takabur dan sebagainya, hubungkan kembali silaturahim yang telah putus. 

Kuburan adalah tempat yang paling sempit, maka luaskanlah dengan silaturahim. 

Persahabatan bisa terjalin bukan karena ingin mengambil kesempatan tapi biarlah untuk mengeratkan lagi silaturahim sesama manusia. Minta supaya diri kita ini tidak ada sifat dengki dengan orang lain, bukan kau jauhi kawan yang memiliki sifat dengki tapi eratkanlah silaturahim. 

Dengan silaturahim, sekat yang dulu ada dengan sendirinya memudar. 

Letakknlah lidah di belakang akal, bukan lidah di depan akal. Karena apa? Karena lidah banyak menyebabkan silaturahim putus, dan karena lidah, penyebab kita menjadi egois.

Tidak akan datang kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan hubungan silaturahim dan sikap yang tidak baik dalam bertetangga. 

Sebaik-baik bisnis adalah yang menimbulkan silaturahim, bukan sebaliknya. 

Tak punya modal untuk mulai bisnis, di luar sana ada yang punya modal tapi bingung mau bisnis apa. Silaturahim adalah kunci untuk mempertemukan keduanya.

Orang yang tidak terangkat Shalatnya walaupn sejengkal. Imam yang tak disukai jemaahnya, isteri yang tidur dalam keadaan suminya marah, memutuskn silaturahim.

 Bangun akses cukup dengan silaturahim, senang menolong dan banyak berbuat baik. 

Silaturahmi itu meluaskan pikiran dan memperkaya sudut pandang. Dan salah satu dari sekian banyak pintu rezeki.

 Dari kata kata mutiara ini, tentunya kita menyadari betul bahwa silaturahmi memiliki peranan besar terhadap hidup kita. Untuk itulah, semoga mulai saat ini kita tidak melewatkannya begitu saja karena silaturahmi itu sudah menjadi kebutuhan sosial yang harus dilakukan.

Salim A Fillah Quotes Pernikahan

 Salim A Fillah Quotes Pernikahan

Pernikahan merupakan sunnah Rasul yang sangat dianjurkan. Pernikahan adalah peristiwa suci yang menyatukan dua insan sekaligus memperat silaturahim diantara keluarga mempelai laki-laki dan perempuan. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dalam sebuah pernikahan, diantaranya adalah menjauhkan diri dari perbuatan zina. 



Untuk menambah wawasan dan inspirasi seputar pernikahan, saya telah menuliskan kumpulan kata-kata mutiara pernikahan yang dikutip oleh ustadz Salim A Fillah. Semoga kata-kata yang dikutip oleh beliau ini dapat bermanfaat.



Salim A Fillah Quotes Pernikahan
Nikmat berbuka; betapa sempurna bagi yang sungguh berpuasa, juga pernikahan yang suci sebelum akadnya,  dan  surga setelah berketaatan di dunia

Menikah bukan mencari bahagia, tapi untuk beribadah. Bahagia hanyalah makmum dari ibadah dan berkah dalam sebuah pernikahan.

Bagi kesempurnaan pernikahan, yang diminta Fiqih bukan hanya kesamaan agama saja, melainkan juga adalah kesetaraan dalam beragama.

Aku heran ada pemuda mengeluhkan kefakiran; sedang Allah menjanjikan kecukupan dalam pernikahan

Maka setiap kali hati tumbuh rasa cinta dan ketertarikan, maka pertama kali yang di pikirkan akal adalah pernikahan bukan yang lain!

Orang suci, menjaga kesuciannya dengan pernikahan, menjaga pernikahannya dengan kesucian

Dalam islam tidak ada istilah pernikahan dini dan telat menikah, semua adalah takdir ilahi yang telah dituliskan berjuta-juta tahun yang lalu 

Pernikahan adalah ta'aruf sepanjang waktu 

Selama perjalanan menuju pernikahan, tak ada bekal yang lebih penting untuk engkau persiapkan melebehi niat dan ilmu 

Menjaga kesucian dengan pernikahan, menjaga pernikahan denga kesucian, dalam menempatkan sebuah cinta 

Di antara undangan nan paling berhak dipenuhi; undangan pernikahan. Moga Allah kurniakan daya dan kekuatan pada kami tuk menghadiri:

Adalah niscaya bagi kita memasuki pernikahan dengan komitmen iman. Dengan asmaNya kita melepas sauh hingga di surga kelak berlabuh

Pernikahan merupakan ikatan terdalam, terkuat dan terlanggeng yang memadu dua sosok; meliputi interaksi paling luas antara dua pribadi.

Adalah niscaya bagi kita memasuki pernikahan dengan komitmen iman. Dengan asmaNya kita melepas sauh hingga di surga kelak berlabuh.

Mereka yang insyaallah bisa melalui kehidupan pernikahan yang penuh tantangan adalah mereka yang berfokus pada “Why” & “How”.

Banyak pernikahan bermasalah bukan karena kurangnya cinta; melainkan kurangnya ilmu untuk mencintai;

Bukan sibuk pada siapa kita menikah, tapi sibukkan agar keadaan keimanan kita baik menuju pernikahan

Meski cinta telah datang, membawa sejuta bunga dalam hidup kita, pembuktiannya bukan saat jatuh cinta. Tapi nanti, di pernikahan

Pernikahan kita harus hadir sebagai penguat kebajikan masyarakat, bukan beban atau pelengkap derita

Orang menikah muda itu bisa merasakan masa pernikahan tua, sedangkn orang mnikah agak tua tidak bisa merasakan masa pernikahan muda.

Mari segerakanlah pernikahan, sekaligus mari didikkan kedewasaan,  dan mari tegakkan bakti setinggi-tingginya pada Ayah-Bunda

Pernikahan yang diniatkan ibadah yakni pernikahan yang berusaha meraih ridho Alloh

Pernikahan untuk 1. Menjaga kesucian diri, 2.Mampu membangun ikatan, 3. Merasakan kecenderungan, 4. Merasakan ketentraman

Pernikahan laksana semilir angin pagi, yang menyapa bening embun di rumpun-rumpun padi. 

Celakalah orang sebelumku yang tak pernah mengisahkan indahnya pernikahan hingga akupun menunda dan terlambat jadinya.

Lalu nurani-nurani terketuk kan bersama kami; menjaga kesucian dengan pernikahan, membangun rumah tangga berkah, dan mewarisi pemakmuran bumi.

Jodoh tetap misteri. Syukuri ketidak tahuan itu denga merencanakan dan mengupayakan yang terbaik menuju pernikahan suci di dunia nan fana.

Allah, damaikan hati yang sedang menanti akad suci dengan keyakinan, Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan

Jangan pernah memandang pernikahan sebagai buah yanag akan kita petik dan rehat yang akan kita lakukan atas dakwah kita selama ini.

Konsep Kufu dalam pernikahan ditegakkan dengan tujuan memberikan keamanan, kemaslahatan, dan kenyamanan dalam pernikahan

Kata Kata Mutiara Ustadz Salim A Fillah

Kata Kata Mutiara Ustadz Salim A Fillah

Ust. Salim A. Fillah adalah penulis buku-buku islami produktif asal Yogyakarta. Sejak kecil beliau sudah menggemari buku. Dunia tulis-menulis mulai ditekuninya ketika menempuh pendidikan di SMA Teladan Yogyakarta. Aktivitas kepenulisannya mulai dikenal secara luas ketika menerbitkan buku Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan pada tahun 2003.  Buku tersebut sekaligus merupakan buku pertama yang diterbikan oleh Pro-U Media. Selain menulis buku, Ust. Salim A. Fillah juga aktif dalam kepengurusan Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Di masjid ini, beliau berlaku sebagai pengasuh pengajian Majelis Jejak Nabi.

Adapun dalam artikel ini, saya akan berbagi kumpulan kata-kata mutiara yang terdapat dalam buku-buku dan akun sosial media milik Ustadz Salim A fillah. Silakan dibaca dengan seksama kata-kata dari beliau yang bijak, indah dan penuh inspirasi ini. Semoga dapat bermanfaaat.

Kata Kata Mutiara  Ustadz Salim A Fillah

Sebab hidup ini adalah ibadah kepada Allah, maka tugas kehambaan kita adalah mengemudi hati menujuNya. ~ Lapis-Lapis Keberkahan

Jika hati senantiasa berniat baik; Allah kan pertemukan dengan hal yang baik, orang-orang baik, tempat yang baik, dan kesempatan berbuat baik.

Baca juga : Kata Kata Bijak Ustadz Abdul Somad 

Jawaban terbaik pada penghina dan pencela kehormatan: “Yang kau katakan tadi sebenarnya adalah pujian; sebab aslinya diriku lebih mengerikan. ~ Menyimak Kicau Merajut Makna

Setiap kepulangan adalah nikmat; kecuali bagi yang khianat di perjalanan. Mari senantiasa bersetia, hingga kelak berjaya pulang ke surgaNya

Kisah terbaik adalah kisah yang berliku-liku. Cerita terbaik adalah hidup yang berwarna-warni. ~ Lapis-Lapis Keberkahan

Luhurkan kalimatmu, dan tak usah kau tinggikan suara. Hujanlah yang menumbuhkan bunga-bunga, bukan petir-guruhnya.

Jawaban teragung pada caci maki dan kebusukan: “Bahkan walau ingin membalas, aku tak kuasa. Sebab aku tak punya kata-kata keji dan nista." ~  Kicau Merajut Makna

Bahwa berdoa bukanlah memberi tahu Allah hajat-hajat kita, sebab dia maha tahu. Berdoa adalah bincang mesra dengan rabb yang maha kuasa, agar Dia ridhai semua yang Dia limpahkan, Dia ambil, ataupun yang di simpan untuk kita.

Seandainya hati kita bersih berkesucian, takkan pernah ia kenyang dan bosan kepada Al-Quran. ~  Lapis-Lapis Keberkahan

Ada banyak hal tampak yang bisa kita tertawakan. Tapi sungguh lebih berbilang hal tak kasat yang selayaknya kita tangisi.

Bahwa jika bahagia dijadikan tema utama kehidupan, kita bisa kehilangan ia setelah kematian. ~ Lapis-Lapis Keberkahan

Ada bagian tubuh yang tak bisa kita lihat tanpa bantuan cermin. Ada sudut pandang yang tak bisa kita pahami tanpa ketelitian telaah saudara.

Alangkah seringnya mentergesai kenikmatan tanpa ikatan. Membuat detik-detik di depan terasa hambar. Belajar dari ahli puasa. Ada dua kebahagiaan baginya. Saat berbuka Dan saat Allah menyapa lembut memberikan pahala. Inilah puasa panjang syahwatku. Kekuatan ada pada menahan  Dan rasa nikmat itu terasa, di waktu buka yang penuh kejutan. Coba saja Kalau Allah yang menghalalkan. Setitis cicipan surga Kan menjadi shadaqah berpahala. ~ Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan

Dalam gelora 'amal shalih; "Tak ada yang terlalu buruk tuk memulai hal baik. Tak ada yang terlalu baik tuk boleh berhenti dari berkebaikan."

Masih banyak orang shalih. Tetapi tak banyak antara mereka yang memperjuangkan keshalihan. ~ Agar Bidadari Cemburu Padamu

Segala luka dan kecewa tampaknya kan malu dan meniada: ketika kita insyafi bahwa Allah Yang Maha Mengatur tak pernah keliru, tak pernah aniaya.

Hai dunia, menjauhlah dariku! Mengapa engkau datang padaku? Tak adakah orang lain untuk engkau dayakan? Adakah engkau sangat menginginkanku! Tipulah orang lain! Aku tak memiliki urusan denganmu! Aku telah menceraikanmu tiga kali, yang sesudahnya tak ada rujuk lagi. Kehidupanmu singkat, kegunaanmu kecil, kedudukanmu hina, dan bahayamu mudah berlaku! Ah, sayang. Sangat sedikit bekal di tangan, jalan begitu panjang, perjalanan masih jauh, dan tujuan sukar dicapai!. Saidina Ali ~ Dalam Dekapan Ukhuwah

Di antara nikmat untuk si mukmin; adanya pendengki. Ia tunjukkan khilaf, memerinci yang harus diperbaiki, menadah dosa, menghibahkan pahala.

Bagi tiap perjalanan; sebaik-baik bekal adalah taqwa; sebaik-baik kawan adalah ilmu; sebaik-baik buah tangan adalah akhlaq mulia. ~ MKMM

Duhai yang menjadikan istighfar bagian dari hidangan sahurnya; airmata taubatmu lebih berkilau dari butir-butir permata.

Karena hidup adalah perjalanan ke pengadilan; mari perbanyak mengubah beban jadi bekal; penuntut jadi pembela.

Tiada yang patut kita khawatirkan tentang cerahnya masa depan Islam kecuali soal diri kita; adakah Allah tolong dan ridhai turut menjuangkan?

Semua penghirup nafas dunia akan merasai duka, galau, sakit, & kecewa. Yang paling bermakna adalah jika tercekam karena menyeru di jalanNya.

Seperti Fathimah dan Ali, saling mencintai dalam kerahasiaan yang paling rapat, kepasrahan paling kuat, dan ikhtiyar suci yang menemukan jalannya...dengan karunia Allah! Jika kita husnuzan padaNya... ~ Agar Bidadari Cemburu Padamu

Keputusan yang salah dari sebuah musyawarah, jauh lebih baik daripada pendapat pribadi, betapapun benarnya.

Banyak nikmat tak kita minta; Allah tak alpa memberinya. Dengan berdoa; lebih lagi karuniaNya. Jika yang ada disyukuri; Dia kan menambahnya.

Tinggalkan berlebihan dalam memandang; tertuntunlah menuju khusyu'. Tinggalkan berlebihan dalam bicara; terbimbinglah pada hikmah.

Insan bila berakal & hati-hati; maka wara'nya menyibukkkan dari aib sesama. Seperti orang sakit dan terluka; tersibuk dari keluhan orang lain.

Siapa yang mentaati kemarahannya, hilang-melayang tatakramanya. 

Bersabarlah, dalam syuraa, juga dalam dekapan ukhuwah ~ Dalam Dekapan Ukhuwah

Dalam gelora 'amal shalih; "Tak ada yang terlalu buruk tuk memulai hal baik. Tak ada yang terlalu baik tuk boleh berhenti dari berkebaikan."

Dalam dekapan ukhuwah, kelembutan nurani menuntun kita untuk menjadi anak Adam sejati; memiliki kesalahan, mengakuinya, memperbaikinya, dan memaafkan sesama yang juga tak luput dari khilaf dan lupa.. ~  Salim Akhukum Fillah, Dalam Dekapan Ukhuwah

Menikah itu sekarang hanya sekedar keraguan ikhwan dan penantian akhwat.

Semua orang yang ada dalam hidup kita, masing-masingnya, bahkan yang paling menyakiti kita diminta untuk ada disana agar cahaya kita dapat menerangi jalan mereka ~ Dalam Dekapan Ukhuwah

Prasangka baik bukanlah penghenti saling menasehati. Sebab cinta bukanlah penjamin mesra dunia; melainkan alasan, untuk bersama ke surga.

Bahwa cinta adalah prsoalan berusaha untuk mencintai. Bahwa cinta bukanlah gejolak hati yang datang sendiri melihat paras ayu atau janggut rapi. Bahwa sebagaimana cinta kepada Allah yang tak serta merta mengisi hati kita. Karena cinta memang harus diupayakan. Karena cinta adalah kata kerja. Lakukanlah kerja jiwa dan raga untuk  mencintainya. Kerjakan cinta yang ku-maksud agar kau temukan cinta yang kau maksudkan. Cinta-mata airnya adalah niat baik dari hati yang tulus. Alirannya adalah kerja yang terus menerus. 

Di jalan cinta para pejuang, biarkan cinta berhenti di titik ketaatan. Meloncati rasa suka dan tidak suka. Melampaui batas cinta dan benci.. Karena hikmah sejati tak selalu terungkap di awal pagi.. Karena seringkali kebodohan merabunkan kesan sesaat. Maka taat adalah prioritas yang kadang membuat perasaan-perasaan terkibas.. Tapi yakinlah, di jalan cinta para pejuang, Allah lebih tahu tentang kita. ~ Jalan Cinta Para Pejuang

Kekhawatiran tak menjadikan bahayanya membesar. Hanya dirimu yang mengerdil. Tenanglah, semata karena Allah bersamamu. Maka tugasmu hanya berikhtiar. Dan di sana pahala surga menantimu. 

Kadang kau harus meneladani matahari. Ia cinta pada bumi; tapi ia mengerti; mendekat pada sang kekasih justru membinasakan. 

Mencintai tak berarti harus memiliki. Mencintai berarti pengorbanan untuk kabahagiaan orang yang kita cintai. Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan. Itulah keberanian. Atau mempersilakan. Yang ini pengorbanan.

Jika kau merasa wangi, periksa ikhlasmu, mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus dibakar riya. ~ Dalam Dekapan Ukhuwah

Jika kau merasa tinggi, periksa batinmu. Mungkin ia sedang melayang kehilangan pajakan.

Tiap buruk sangka pada saudara hanyalah tanda; bahwa kita membayangkan andai jadi dia, kita akan melakukan apa yang kita sangkakan padanya.

Tersyukuri; ketika kebaikan nan besar dilihat samar dan keburukan belum terbukti ditampilkan bertubi; jadilah kian khusyu' diri dan rendah hati.

Siapa mengutamakan akhirat atas dunia; labalah di keduanya bersamaan. Siapa mengutamakan dunia atas akhirat; rugilah di keduanya bersamaan. 

Siapa yang cerah jiwanya oleh taqwa, jernih hatinya sebab iman, jelita akhlaqnya dengan kebajikan; niscaya dicinta Allah dan para insan.

Apabila luas ilmu seseorang; meluaslah penerimaannya dengan benar pada sesiapa yang berbeda darinya. Jika sempit; sempit pula kemaklumannya.

Kecewa, keluh, murka, luka; lindapkan di 'mondholan' blangkon; tersenyumlah mensyukuri sabar; demi menjaga dan membuat nyaman perasaan sesama. 

Jika kau merasa suci, periksa jiwamu. Mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani.

Hanya mengingatkan kembali kepada diri ini: jika kau merasa besar, periksa hatimu. Mungkin ia sedang bengkak.

Kita kadang merasa lebih benar, lebih baik, lebih tinggi, dan lebih suci dibanding mereka yang kita nasehati.

Kita yang menjalani hidup dengan mengalir seperti air mungkin lupa bahwa air hanya mengalir ke tempat yang lebih rendah

Aku bukan tak sabar, hanya tak ingin menanti. Karena berani memutuskan adalah juga kesabaran. Karena terkadang penantian membuka pintu-pintu syaithan

Di antara mata air kebahagiaan hidup adalah mengenal orang yang mencintai kita; yang menyebut kita hingga di nafas terakhirnya; Rasulullah.

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

Pacaran adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan para remaja atau anak muda. Pacaran juga sudah dianggap lumrah di masyarakat kita. Maka jenis hubungan  yang satu ini dianggap sah-sah saja untuk dilakukan. Padahal dari situlah akan muncul masalah baru. Ada saja yang pada akhirnya melakukan perbuatan layaknya suami istri padahal belum diikat dalam pernikahan.

Jika sahabat ingin memutuskan untuk tidak pacaran, tentu itu adalah pilihan yang tepat. Karena menikah belum siap, maka tak ada pilihan lain selain menjomblo. Namun, di sinilah tantangannya. Ketika memutuskan untuk tidak pacaran kita akan dihadapkan dengan godaan yang begitu berat. Tapi itu semua bisa dilalui jika kita punya keinginan yang kuat untuk tidak pacaran dan tahu bagaimana cara menghadapinya.

Berikut adalah 7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran.

1. Niat dan Berdoa

Segala amal perbuatan tergantung pada niatnya. Begitu pula jika kita ingin memutuskan untuk tidak pacaran. Silakan niatkan dalam hati hanya karena Allah ta'ala bahwa sahabat tidak akan pacaran lagi. Setelah menanamkan niat dalam-dalam, selanjutnya adalah berdoa. Minta dan mohonlah kepada Allah supaya dijauhkan dari segala maksiat, zina dan nafsu sesaat ingin pacaran.
2. Pahami Bahwa Pacaran Itu Banyak Negatifnya

Jika sahabat masih punya keinginan untuk punya pacar. Coba pertimbangkan kembali. Pacaran itu hanya buang-buang waktu saja, menghabiskan harta orang tua dan yang paling ditakutkan adalah apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sahabat paham kan apa yang saya maksud. Sahabat akan menanggung rasa malu yang luar biasa apabila melakukan hal itu. Pendidikan akan berhenti dan masa depan bisa berantakan.

3. Menjaga Pandangan

Jatuh Cinta adalah sebuah proses yang berawal dari pandangan lalu turun ke hati. Benar apa tidak? Jadi, agar sahabat tidak terjerumus pada hubungan pacaran, usahakan untuk menjaga pandangan dan tidak menyimpan perasaan yang terlalu dalam kepada seseorang. Apalagi sampai memikirkan orang tersebut siang dan malam. Ketika makan ingat dia, mau tidur juga ingat dia. Tanamkan saja dalam hati kalau memang berjodoh pasti akan dipertemukan. Tapi ingat, jangan terlalu berharap juga. 

4. Baca Buku Tentang Pacaran dalam Islam

Untuk menambah pengetahuan tentang pacaran menurut pandangan agama islam, saya merekomendasikan agar sahabat membaca buku yang berjudul Udah Putusin Aja karya Ustadz Felix siauw, Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan karya Ust. Salim A fillah, Halaqah Cinta karya Arif Rahman Lubis, Indonesia Tanpa Pacaran, Ku Tinggalkan dia Karena Dia, dan buku sejenis lainnya. Buku-buku yang saya sebutkan itu khususnya yang berjudul Udah Putusin Aja!, sudah berhasil membuat anak muda sadar dan mantap untuk tidak pacaran.

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran


5. Memilki Sahabat yang Tidak Pacaran

Milikilah sahabat yang mempunyai motivasi kuat untuk tidak pacaran. Tentu kita boleh bergaul dengan siapa saja, tapi dalam memilih seorang sahabat hendaknya pilihlah orang yang memiliki satu visi denganmu. Yaitu yang sama-sama menahan diri untuk tidak pacaran. Sehingga kalian bisa saling mengingatkan satu sama lain.

6. Ikut Mentoring

Mengikuti sebuah mentoring juga dapat menambah motivasi kamu untuk berhenti pacaran. Dalam sebuah mentoring kamu akan diarahkan oleh sang mentor bagaimana menjalani hidup yang penuh tantangan ini. Salah satunya adalah tantangan untuk tidak pacaran. Mentoring yang saya maksud di sini adalah bimbingan kerohanian atau kajian agama. Kalau di sekolah-sekolah biasanya ada Rohis/Rohani Islam, di kampus ada LDK, KAMMI.

Atau, sahabat juga bisa mengikuti kajian-kajian Ustadz Hanan Attaki yang merupakan founder Pemuda Hijrah,  sebuah gerakan pemuda yang ingin meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT dan menjadi pemuda yang taat. 

7. Follow Akun Sosial Media Cinta Islami

Mungkin ada yang beranggapan ini tidak penting. Tapi menurut saya ini penting juga, khusunya bagi sahabat yang aktif di sosial media contohnya instagram. Daripada ngegalau terus tiap hari lebih baik perbanyak follow akun-akun islami yang selalu mengingatkan dan memberi motivasi kita untuk tidak pacaran.

Akun sosial media yang bisa kamu follow adalah @IndonesiaTanpaPacaran, @JombloMulia, @TausiyahCinta, dan lainnya. Dengan mengikuti akun sosial media tersebut hari-harimu akan di warnai dengan indahnya hidup tanpa pacaran.

[ Baca juga : 10 Akun Instagram Islami Inspiratif ]

Tambahan

Sibukkanlah diri dengan hal-hal yang bermanfaat seperti belajar, mengaji, beribadah, mengasah kemampuan/skill, menyalurkan hobi dan lainnya. Kalau kita sibuk, maka kita tidak akan punya waktu lagi untuk pacaran apalagi hanya sekedar memikirkannya. Toh, jodoh itu bukan seberapa lama kamu pacaran dengannya tapi seberapa besar kamu yakin pada-Nya.

"Sungguh, ada hadiah yang hebat bagi orang-orang yang sabar." ~ Tere Liye  

Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Seorang pemuda adalah generasi selanjutnya yang diharapkan dapat membawa tatanan kehidupan menjadi lebih baik. Maka dari itulah seorang pemuda harus mempersiapkan diri dengan banyak belajar, memperdalam ilmu, mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan melakukan kegiatan positif lainnya. Sehingga seorang pemuda dapat terus tumbuh menjadi pribadi yang bisa memberikan manfaat besar bagi agama yang dicintainya, keluarganya, lingkungannya, masyarakat, bangsa dan negaranya. Seorang pemuda hendaknya tidak menghabiskan masa mudanya dengan perbuatan yang sia-sia, apalagi sampai berbuat kerusakan di muka bumi ini.

Nabi kita yakni Rasulullah Muhammad Shallahu 'alaihi wasallam adalah seorang suri teladan bagi kita semua. Dalam usia mudanya Rasulullah sangat terkenal sebagai orang yang memiliiki akhlak mulia, memiliki keinginan yang kuat, kejujuran dan tutur kata yang benar. Tak ayal sebelum diangkat sebagai rasulpun beliau sudah diberi gelar Al-Amin (Orang yang dapat dipercaya).

Untuk menambah motivasi kita supaya menjadi seorang pemuda yang di cintai Allah dan RasulNya. Di sini saya akan berbagi kumpulan hadits tentang pemuda dalam Islam sebagai berikut.

1. Masa Mudamu, Untuk Apa Kau Gunakan?

“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): (salah satunya) ... Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? .. ” (HR. Tirmidzy)

Hadits lengkapnya: 
“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): tentang umurnya, untuk apa dihabiskan? Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? Hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan? Ilmunya, bagaimana dia amalkan ilmunya?” (HR. Tirmidzy)

2. Allah Menyukai Pemuda yang Bertaubat

"Tiada sesuatu yang lebih disukai Allah daripada seorang pemuda yang bertaubat." (HR Ad-Dailami) 

3. Allah Kagum dengan Pemuda yang Tidak Memiliki Nafsu Menggebu

"Se­sungguhnya Allah Ta’ala benar-benar kagum ter­hadap seorang pemuda yang tidak memiliki shabwah (nafsu menggebu)." (HR Ahmad, Thabrani)

4. Allah Memberikan Naungan Kepada Pemuda yang Tumbuh dalam Ketaatan kepada-Nya

“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: (salah satunya)... pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah ... ” (HR Bukhari)

Hadits lengkapnya:
“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah, seseorang yang hatinya bergantung kepada masjid (selalu melakukan shalat berjamaah di dalamnya), dua orang yang saling mengasihi di jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seseorang yang diajak perempuan berkedudukan dan cantik (untuk bezina), tapi ia mengatakan: “Aku takut kepada Allah”, seseorang yang memberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir (mengingat) Allah dalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari kedua matanya.” (HR Bukhari)"

5. Pemuda yang Sudah Mampu Hendaknya Menikah

"Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang sudah mampu menanggung nafkah, hendaknya dia menikah.” (HR. Bukhari)

6. Gunakan Masa Mudamu Sebelum Datang Masa Tuamu

“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima: (salah satunya) .. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, ... ” (HR Hakim)

Hadits lengkapnya: 
“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima; Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, masa kosongmu sebelum datang masa sibukmu dan masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu”. (HR Hakim).

Demikianlah Hadits Tentang Pemuda yang di sabdakan oleh Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam, semoga bermanfaat.

AD/ART ROHIS SMA NEGERI 1 JAWILAN (RISMANJA)

ANGGARAN DASAR REMAJA ISLAM SMA NEGERI 1 JAWILAN (RISMANJA)

MUKADIMAH

Bismilahirrahmanirrahim
Berkat rahmat Allah SWT bangsa Indonesia telah berhasil merebut kemerdekaan dari kaum penjajah, maka umat Islam berkewjiban mengisi kemerdekaan itu dalam wadah Negara republik Indonesia menuju masyarakat madani yaitu masyarakat yang adil dan makmur yang diridhoi allah swt.


Remaja Islam sebagai generasi muda yang sadar akan hak dan kewajiban serta peranan dan tanggung jawab kepada umat manusia dan bangsa, bertekad untuk mewujudkan nilai nilai ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusian yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam rangka pengabdian kepada Allah swt.

Dengan meyakini bahwa tujuan itu dapat dicapai dengan taupik dan hidayat allah swt. serta usaha–usaha yang teratur, berencana dan penuh kebijaksanaan .maka untuk keperluan pengembangan aktifitas dalam upaya mempermudah mekanisme kepengurusan, perlu disusun anggaran dasar sebagai berikut :

BAB I 
NAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKAN, IDENTITAS, LANDASAN

Pasal 1 Nama
Organisasi ini bernama Remaja Islam SMAN 1 Jawilan, disingkat RISMANJA

Pasal 2 Waktu dan Tempat Kedudukan
RISMANJA didirikan di SMAN 1 Jawilan untuk waktu yang tidak ditentukan dan berkedudukan di SMAN 1 Jawilan.

Pasal 3 Identitas
RISMANJA menghimpun remaja yang beridentitaskan Islam dan bersumber pada al-quran,dan al-hadist,

Pasal 4 Landasan
“Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu dijalan Allah. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. At Taubah: 41)

"Dan hendaknya ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru pada kebajikan, menyuruh pada yg ma'ruf dan mencegah dari yang munkar,merekalah orang-orang yg beruntung." (QS Ali Imran: 104)

“Berimanlah kamu kepada Allah dan RasulNya dan berjuang pada jalan Allah dengan harta dan dirimu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Jika kamu berbuat demikian) niscaya Allah akan mengampuni dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir sungai di bawahnya, dan (ke dalam) tempat-tempat yang indah dalam surga And. Itulah kemenangan yang besar.” (QS. As Shaf: 11-12)

"Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, sungguh akan Kami tunjukkan jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah menyertai orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS. Al Ankabut: 69)

Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al Mumtahanah, 60: 9)

Orang orang yang hijrah yang diusir dari kampung halamannya , yang disiksa pada jalanKu dan berperang dan diperangi sesunguhnya akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai sungai di dalamnya itulah balasan dari Allah. (QS. Ali Imron: 195)

BAB II 
AZAS 

Pasal 5 Azas
RISMANJA berazaskan Al-Qur’an, Al-Hadis, Pancasila, UUD 1945 dan hukum-hukum Allah.

BAB III 
TUJUAN, USAHA DAN SIFAT 

Pasal 6 Tujuan
Membentuk pribadi yang beriman sesuai dengan visi sekolah juga intelek dan berkompeten sebagai generasi islami. 

Pasal 7 Usaha
  1. Membina pribadi remaja muslim yang ada di lingkungan SMAN 1 Jawilan 
  2. Mengembangkan potensi kreatif, keilmuan, sosail dan budaya remaja muslim di SMAN 1 Jawilan 
  3. Meningkatkan ukhuwah islamiyah sesama muslim demi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. 
  4. Usaha-usaha lain yang sesuai dengan identitas dan azas organisasi serta berguna untuk mencapai tujuan. 

Pasal 8 Sifat
RISMANJA bersifat organisasi di bawah naungan OSIS 

BAB IV 
STATUS, FUNGSI DAN PERAN 

PASAL 9 Status
RISMANJA adalah organisasi Remaja Islam SMAN 1 Jawilan 

Pasal 10 Fungsi
RISMANJA berfungsi sebagai organisasi pembinaan generasi muda muslim di SMAN 1 Jawilan 

Pasal 11 Peran 
RISMANJA berperan meningkatkan iman dan taqwa siswa-siswi muslim SMAN 1 Jawilan guna untuk membangun agama islam. 

BAB V 
KEANGGOTAAN 

Pasal 12 Keanggotaan
Aktivis RISMANJA SMAN 1 Jawilan adalah seluruh remaja yang lulus dalam pengkaderan RISMANJA SMAN 1 Jawilan 

BAB VI 
STRUKTUR ORGANISASI 

Pasal 13 Kekuasaan
  1. Penasehat Umum 
  2. Pembina 
  3. Pembimbing 
  4. Ketua Ikhwan 
  5. Ketua Akhwat 
  6. Sekretaris Ikhwan
  7. Sekretaris Akhwat 
  8. Bendahara Ikhwan 
  9. Bendahara Akhwat 
  10. Divisi PHBI (Perayaan Hari Besar Islam)
  11. Divisi Mading (Majalah Dinding)
  12. Divisi Kebersihan 
  13. Divisi Dakwah 
  14. Divisi Humjar (Humas dan Jaringan)
  15. Pembantu Umum 

BAB VII 
KEUANGAN 

Pasal 14 Keuangan
Keuangan atau kekayaan organisasi diperoleh dari :
  1. Kas RISMANJA 
  2. Iuran anggota 
  3. Dana Komite 
  4. Donator 
  5. Usaha – usaha yang syah, halal dan tidak memikat 

BAB VIII 
PERUBAHAN ANGGARAN DASAR, HAL-HAL YANG BELUM DIATUR DAN PENETAPAN 

Pasal 15 Perubahan anggaran dasar
Anggaran dasar ini dapat di rubah oleh musyawarah anggota dengan sekurang-kurangnya dua per tiga suara yang hadir 

Pasal 18 Hal-hal yang belum diatur. 
Hal-hal yang belum diatur dalam anggaran dasar ini akan diatur dalam anggaran rumah tangga serta peraturan lainnya. 

Pasal 16 Penetapan.
Anggaran dasar ini ditetapkan oleh musyawarah anggota dan berlaku sejak ditetapkan. 

ANGGARAN RUMAH TANGGA REMAJA ISLAM SMA NEGERI 1 JAWILAN (RISMANJA)

BAB I
KEANGGOTAAN

Pasal 1 Syarat-syarat anggota
  1. Remaja yang ada dilingkungan sekolah SMA NEGERI 1 Jawilan 
  2. Menyetujui anggaran dasar atau anggaran rumah tangga organisasi 
  3. Memiliki loyalitas dan dedikasi terhadap organisasi 
  4. Lulus dalam pengkaderan RISMANJA 

Pasal 2 Status Aktivis
  1. Anggota RISMANJA adalah seluruh aktivis yang telah lulus pengkaderan ( kelas X ) 
  2. Pengurus Harian RISMANJA adalah semua aktivis yang telah berorganisasi di RISMANJA selama lebih dari 1 tahun selain dari siswa kelas 3 ( kelas XI ) 
  3. Pembantu Umum adalah seluruh siswa kelas 3 dan alumni RISMANJA 

Pasal 3 Hak dan Kewajiban Anggota
Hak anggota adalah :
  1. Setiap anggota berhak mengajukan aspirasinya dalam bentuk lisan maupun tulisan 
  2. Setiap anggota biasa berhak untuk dipilih dan memilih menjadi formatur dan mide formatur dalam musyawarah 
  3. Setiap Pembantu Umum berhak mengeluarkan pendapat bagi kepentingan organisasi 

Kewajiban Anggota adalah :
  1. Setiap anggota berkewajiban mentaati dan melaksanakan Anggaran dasar dan Anggaran rumah tangga serta peraturan lainnya 
  2. Aktif mengikuti kegiatan yang dilaksanakan RISMANJA 
  3. Memilihara nama baik organisasi 

Pasal 4 Penghentian Aktivis
1. Aktivis berhenti karena :
  • Meninggal dunia
  • Atas permintaan sendiri dan dewan pembina secara tertulis yang di sampaikan kepada pengurus RISMANJA. 
  • Diberhentikan dengan tidak hormat karena berbuat sesuatu yang merugikan organisasi 
2. Pemberhentian anggota hanya dapat dilakukan oleh pengurus setelah mendapat persetujuan dari dewan pembina.
3. Pengurus harus terlebih dahulu memperingatkan secara tertulis dan atau lisan kepada anggota yang bersangkutan agar memperbaiki kesalahannya dan setelah tiga kali tidak mengindahkan , pengurus menyatakan pemberhentian anggota dengan tidak hormat.

BAB II
PERMUSYAWARATAN

Pasal 5 musyawarah Anggota
1.Musyawarah anggota merupakan kekuasaan tertinggi
2. musyawarah anggota berfungsi :
  • Mendengarkan , mengevaluasi dan mensyahkan laporan pertanggungjawaban pengurus ROHIS SMAN 1 Jawilan pada akhir masa jabatannya. 
  • Menetapakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga 
  • Menetapkan Program Kerja Organisasi 
  • Menetapkan pengurus baru 
3 Musyawarah anggota minimal dilakukan setahun sekali
4. Musyawarah anggota dianggap sah apabila dihadiri oleh setengah dari jumlah peserta musywarah anggota yang terdaftar.
5. Apabila musyawarah tidak memenuhi kuorum, maka musyawarah dapat dilanjutkan atas persetujuan bersama peserta musyawarah.

Pasal 6 Rapat Aktivis
1. Rapat aktivis terdiri dari :
  • Rapat Tahunan
  • Rapat harian aktivis sekurang-kurangnya sekali dalam satu bulan 
2. Rapat aktivis berfungsi untuk merencanakan kegiatan yang akan, sedang dan sekaligus mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan/dilaksanakan.

BAB III
PENGURUS, HAK DAN KEWAJIBAN PENGURUS SERTA ADMINISTRASI SEHARI-HARI.

Pasal 7 Pengurus
1. Pengurus
  • Pengurus dipilih oleh formatur dan mid formatur setelah melalui mekanisme pemilihan dalam musyawarah 
  • Masa jabatan pengurus adalah satu tahun 
2. Pengurus untuk harian, minimal sudah aktif di ROHIS selama satu tahun.

Pasal 8 Hak & Kewajian Pengurus
Hak dan Kewajiban Pengurus :
  1. Pengurus berhak melakukan tindakan yang tidak bertentangan dengan AD/ART ROHIS SMAN 1 Jawilan 
  2. Pengurus berkewajiban memimpin dengan penuh tanggung jawab baik di dalam maupun di luar organisasi 
  3. Pengurus berkewajiban melaksanakan keputusan musyawarah organisasi 
  4. Pengurus berkewajiban melaporkan pertanggung jawaban kepengurusannya kepada musyawarah anggota. 

Pasal 9 Administrasi Sehari-hari
Administrasi sehari-hari :
  1. Surat keluar: No / EX / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  2. Surat ke dalam: No / IN / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  3. Surat keputusan: No / SK / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  4. Surat mandat: No / SM / RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 
  5. Ketetapan: Tap/No/RISMANJA / SMAN 1 JAWILAN / Bulan / Tahun 

BAB IV
LAMBANG DAN TAFSIR LAMBANG RISMANJA

Pasal 10 Lambang




Pasal 11 Arti Lambang
  1. Buku melambangkan kecerdasan 
  2. Tangan Menggengam dunia melambangkan kekuatan dalam menghadapi tantangan dakwah di bumi Allah. 
  3. Warna Kuning Keemasan melambangkan kejayaan. 
  4. Warna Hijau melambangkan kedamaian 
  5. Warna Hitam melambangkan ketegasan 
  6. Tulisan REMAJA ISLAM SMAN 1 JAWILAN adalah nama organisasi 
  7. Tulisan RISMANJA adalah singakatan dari Remaja Islam SMAN 1 Jawilan 

Pasal 12 Makna Lambang
Makna lambang secara keseluruhan adalah Remaja Islam SMAN 1 Jawilan (RISMANJA) sebagai wadah untuk membentuk siswa/i yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, kuat, dan taat terhadap ajaran Islam serta menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

BAB V
PERUBAHAN DAN PERALIHAN

Pasal 13 Perubahan 
  1. Perubahan Anggaran Rumah Tangga hanya dapat dilakukan oleh musyawarah yang sah atau referendum yang khusus untuk itu. 
  2. Keputusan perubahan Anggaran Rumah Tangga baru sah apabila disetuji oleh 2/3 suara yang hadir 
  3. Untuk melaksanakan perubahan organisasi harus dibentuk panitia pembubaran guna menyelesaikan segala sesuatu diseluruh jajaran organisasi 

Pasal 14 Peralihan
Kekayaan Remaja Islam SMAN 1 Jawilan sesudah pembubaran diserahkan kepada organisasi yang seazas dan setujuan.

BAB VI
PENUTUP

Pasal 15 Penutup
  1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini akan ditetapkan oleh pengurus daalam pelaturan organisasi. 
  2. Anggaran Rumah Tangga ini ditetapkan oleh seluruh musyawarah anggota dan berlaku sejak tanggal ditetapkannya.

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barakaatuhu. SubhanAllah walhamdulillah untuk anakku tersayang nanda Muhammad Alvin Faiz : "BarakAllah laka wa barakAllah alaika wa jamaa bainakuma biikhoiri" Engkau anak abi pertama. Di usiamu 17 tahun engkau melewati sidang di Pengadilan Agama Bogor untuk izin nikah karena usiamu belum 19 tahun. Nikah segera pilihanmu adalah takdirNya terindah. Nikah itu ridho Allah. Nikah itu sunnah utama Rasulullah. Pintu KESELAMATAN. Pembuka rizki. Karena engkau takut berzina, dan mimilih jalan Allah, engkau akan melihat keagungan dan pertolongon Allah itu luar biasa

Doa para ulama, guru, para sahabat, para santri, dan jamaah zikir. Engkau generasi zikir. Perjuangan tidak sepanjang umur abi. Nikah subuh penuh rahmat dan berkah Allah. Engkau nikahi seorang putri muallafah. Engkau bimbing papa dan omanya pun masuk Islam. Tiga generasi sekaligus bersyahadat. Abi bangga saat membuka kamarmu di tengah malam sedang engkau dalam sujud. Alhamdulillah syukur tangis abi saat wisuda Alvin bersama adikmu Amer saat wisuda hafidz Alqur'an di masjid At Taqwa Cirebon. Engkau mabit di masjid. Abi senang cium Alvin setiap kali bertemu.


Anakku, insyaAllah engkau generasi Robbani untuk agama mulia ini, umat Rasulullah, negerimu dan keluargamu. "Abi tidak rela api sekecil korek api sekalipun menyentuh tubuhmu nak, apalagi api neraka jahanam, inilah yang membuat abi buka jalan pernikahanmu, karena ingin Alvin, abi dan kita semua selamat, abi tidak ingin hati, pikiran, mata, telinga Alvin berbuat maksiat!"

"Ingat anakku sayang, kalau kita full heart taat kepada Allah, belum di akhirat di dunia sebentar inipun Allah bahagiakan kita dulu, "...Allah gembirakan di dunia dan apalagi di akhirat..." (QS Yunus 61-63)

"Selamat hidup baru anakku sayang, jadilah imam teladan dalam ketaqwaan, dan semoga istrimu menjadi bidadari sholehah dan anak cucu keturunan Alvin membahagiakan dunia akhirat...aamiin".

Kami sekeluarga mengucapkan jazaakumullah atas kehadiran Habib Ali Abdurrahman, Habib Ahmad Al Kaff, KH Mahrus Amin, KH Abdur Rasyid, KH Didin Hafifuddin, KH Amidan, dan seluruh ulama mulia yang hadir, semoga Allah selalu dan selalu memberkahi harakah dakwah kita. Aamiin.

Puisi: Tak Lelahkah Dirimu

Puisi yang dibawakan oleh anak kader di acara musyawarah wilayah Jawa Barat yang membuat peserta musyawarah berlinang air mata :

Tak Lelahkah Dirimu

Karya Ahmad Fathy


Ada saat, tak sanggup kupejamkan mata ini
pikirku melayang, coba membayangkan
tentang apa yang engkau perjuangkan hingga kini

Ada saat, aku berusaha memahami arti
dari suatu kata bernama dakwah
hingga engkau terlihat begitu dekat
seakan tak pernah lepas dari kata ini


Ada saat, ketika aku terdiam sendiri
menyaksikan engkau sangat menikmati aktivitas ini
jelas tampak raut lelah dari wajahmu
namun senyummu, mengatakan bahwa ini lebih dari sekedar hobi

Ada juga saat, aku benar-benar iri
terhadap perhatianmu pada dakwah
bahkan kadang hampir 24 jam sehari
kau curahkan energi dan waktumu
hingga yang tersisa hanya lelah

Kemudian, ada saat…
diri ini ingin sekali berteriak pada dunia
bahwa engkau bukanlah orang suci,
aktivitasmu tentu tak lepas dari beragam keliru
namun dengan semua caci maki dari pada pendengki
engkau tetap membawa dakwah ini sepenuh hati

Dan perlahan, aku mulai mengetahui
akan suatu cita mulia, yang terus engkau perjuangkan
akan sebuah lingkungan terbaik, yang berusaha kau ciptakan
akan segenggam harapan besar, yang dengan sabar engkau nantikan

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
dakwah ini merenggut segalanya darimu
segalanya…
maafkan aku belum sepenuhnya memahami
namun, jika memang inilah keniscayaannya
berilah aku kesempatan,
untuk dapat lebih bijak memahami dan ikhlas menjalani

Teruntuk umi tersayang.., abi tercinta
terasa amat jauh, antara ketaatanku
dibandingkan dengan segala pengorbanan yang engkau berikan
terlihat begitu tertinggal diriku
dari jutaan amal kebaikan yang telah engkau wujudkan
terdengar sangat menyakitkan
bahwa dakwahmu,
justru diteruskan bukan dari generasi yang terlahir dari rahimmu

Maafkan aku yang sedang berkembang
walau tak engkau jumpai torehan prestasi dari anakmu ini
aku tetap berkarya dengan secuil potensi dalam diri
walaupun kadang kupaksakan dengan caraku sendiri
percayalah…
akan kuwujudkan harapanmu suatu hari nanti

Dan aku masih ingat umi… abi…
yang telah engkau ajarkan padaku sejak dini
bahwa jalan dakwah, memang tak akan mulus tanpa tebaran duri
bahwa islam, harus diperjuangkan dengan sepenuh hati
dan bahwa ujung dari segala usaha, ialah keridhoan ilahi

doa ku padamu umi.. abi..
semoga aku bisa menuntun mu
menemui Rasul ku, di surga nanti.



~ Garuda Keadilan Jawa Barat ~

10 Akun Instagram Islami Inspiratif

10 Akun Instagram Islami Inspiratif

Instagram adalah salah satu aplikasi jejaring sosial yang paling populer saat ini. Aplikasi yang terdapat dalam smartphone android dan iPhone iOS ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan usia. Di instagram kita dapat mengunggah foto dan video yang kita miliki. Tidak hanya itu, dengan media sosial ini kita juga akan mendapatkan informasi menarik dari foto atau video yang dibagikan oleh pengguna instagram lainnya.

Dan dalam artikel ini saya akan merekomendasikan kepada sahabat semua tentang daftar akun instagram yang sering menebarkan kebaikan. Yaitu akun instagram yang bernuansa islam. Dengan mengikuti akun-akun ini, kita akan mendapatkan ilmu, wawasan dan tentunya inspirasi agar kita senantiasa meningkatkan kualitas keislaman kita.

Daripada kita menghabiskan waktu sia-sia dengan melihat foto/video instagram orang lain yang hanya itu-itu saja. Lebih baik kita memanfaatkannya dengan mengikuti dan melihat koleksi foto dan video 10 akun instaram islami inspiratif berikut ini.

1. Teladan Rasul

Nama Pengguna : @teladan.rasul
Followers : 1.5m 
Bio : "Nasehat Islami + Gambar Inspiratif "

Sebagimana yang telah dijelaskan di Al-Qur'an bahwa Rasulullah adalah sebaik-baik teladan bagi kita semua. Akun instagram Teladan Rasul ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu follow. Dengan mengikuti akun ini insya Allah akan menuntun kita dalam meneladani sosok Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Jumlah follower dari akun @Teladan.Rasul juga sangat banyak yaitu 1.5 Juta orang. Karena itulah saya menempatkan akun ini di posisi pertama. Ayo silakan di follow dan dapatkan sejuta manfaaat dari akun ini

2. Tausiyahku 

Nama Pengguna : @tausiyahku_
Followers : 1.1m
Bio : "Dakwah Dengan Cinta"

Tausiyahku adalah akun instagram yang akan membagikan tausiyah-tausiyah inspiratif. Tausiyahku juga merupakan salah satu akun instagram islami dengan jumlah follower terbanyak yaitu sebanyak 1 juta lebih orang yang menjadi pengikutnya. Berarti akun ini sangat layak dimasukkan dalam daftar akun instagram islami yang sangat inspiratif.

3. Berani Berhijrah

Nama Pengguna : @beraniberhijrah
Followers : 1.1m
Bio : "Berani Menjadi Lebih Baik"

Jangan menunggu tua untuk hijrah atau berubah menjadi orang yang lebih baik. Mumpung masih muda, ayo kita maksimalkan untuk menjadi seorang muslim/muslimah yang taat. Karena pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah akan diberi naungan oleh Allah di akhirat kelak. Semoga kita bisa menjalankan semua yang diperintahkan dan menjauhi segala larangan-Nya. Silakan di follow akun instagram @BeraniBerhirah agar kita mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk berhijrah, melalui proses berhijrah dan berusah istiqomah dalam hijrah yang kita lakuakan. Jangan ngaku orang yang paling Berani di dunia ini kalau belum Berani Berhijrah!

4. Dunia Jilbab

Nama Pengguna : @duniajilbab
Followers : 979k
Bio: "Inspirasi Muslimah Menuju Hijrah"

Untuk akun yang satu ini dikhususkan para muslimah, tapi para pria yang muslim juga sepertinya boleh-boleh saja untuk mengikuti akun ini. Silakan di follow akun @duniajilbab, insya Allah akan membimbingmu bagaimana memakai jilbab yang sesuai dengan syariat islam. Akun ini juga tidak melulu membahas tentang jilbab, tapi juga akan memberikan inspirasi-inspirasi para muslimah yang sedang menuju hijrah dan informasi islami bermanfaat lainnya. 

5. Negeri Akhirat

Nama Pengguna : @negeriakhirat
Followers : 999k
Bio : " Kumpulan Quotes, Ayat, Hadits "

Sesuai dengan namanya, akun intagram ini selalu membagikan foto dan video yang akan terus menginspirasi hari-hari kamu. Juga mengingatkan bahwa negeri akhirat itulah tempat terakhir kita berlabuh untuk selamanya. Dan surga adalah sebaik-baik tempat kita kembali.

6. Tausyiah Cinta

Nama Pengguna : @tausiyahcinta
Followers : 889
Bio : "Dakwah dan Inspirasi"

Apa itu yang disebut dengan cinta? Apakah cinta itu buta? Jawaban dari pertanyaan itu mungkin bisa kamu dapatkan dari akun twitter @tausiyahcinta. Silakan follow akun instagram ini dan dapatkan inspirasi-inspirasi bermanfaat seputar Cinta dalam Islam.

7. Suami Istri Bahagia

Nama Pengguna : @suami.istri.bahagia
Followers : 447k
Bio : "Inspirasi Jodoh & Pernikahan, jangan tag pacar ya"

Akun twitter yang saya rekomendasikan ini bukan cuma untuk yang sudah menikah saja, tapi juga untuk para jomblo, termasuk buat saya pribadi. Tidak perlu galau kalau masih jomblo. Follow saja akun @suami.istri.bahagia yang akan memberikan inspirasi seputar jodoh dan Pernikahan. Coba kamu lihat lagi bio akun ini, di sana tertulis "jangan tag pacar ya". Kenapa? Karena pacaran bukan cara tepat untuk menjemput jodoh. Untuk lebih jelasnya, silakan follow saja akun instagram tersebut.

8. Berusaha Baik

Nama Pengguna : @berusahabaik
Follower : 129k
Bio : " Reminder diri dengan kebaikan "

Menjadi orang baik adalah keharusan, sebab dengan menjadi pribadi yang baik maka yang datang kepada diri kita juga adalah kebaikan. Berbeda jika kita menjadi orang yang buruk, maka yang datang kepada kita juga adalah keburukan. Silakan di follow akun instagram @berusahabaik, insya Allah akun ini akan membimbing kamu untuk terus berusaha menjadi orang yang baik. Manusia memang tak luput dari salah dan dosa, tapi setidaknya dengan berusaha menjadi baik kita bisa meminimalisir keburukan itu pada diri kita.

9. Indonesia Tauhid

Nama Pengguna : @indonesiatauhid
Follower : 208k
Bio : "Membumikan Tauhid di Sanubari"

Tauhid adalah konsep dalam aqidah Islam yang menyatakan keesaan Allah. Bertauhid berarti menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang benar dengan segala kekhususannya. Akun instagram @indonesiabertauhid saya rekomendasikan untuk kamu follow supaya mendapatkan pencerahan dari foto ataupun video yang akun ini bagikan.

10. Jomblo Mulia

Nama Pengguna : @JombloMulia
Follower : 249k
Bio : "Berbahagialah bagi para jomblo, karena jomblo lebih mulia daripada pacaran"

Akun instagram islami inspiratif yang terakhir adalah Jomblo Mulia. Silakan bagi kamu para jomblo untuk follow akun ini. Semoga dengan mengikuti akun ini kamu tidak lagi jadi jomblo ngenes. Hehehe. Coba lihat lagi bio dari akun instagram ini. Berbahagialah bagi para jomblo, karena jomblo lebih mulia daripada pacaran.

Selain kesepuluh akun instagram yang telah saya sebutkan di atas, tentu masih banyak akun-akun islam yang bermanfaat lainnya. Jika sahabat ingin menambahkan, silakan rekomendasikan akun instagram islam favorit sahabat kepada pengguna internet lainnya dengan menuliskannya di kolom komentar.