Tampilkan postingan dengan label Hubungan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Hubungan. Tampilkan semua postingan

50 Kata Kata Saling Percaya dalam Hubungan

Kata Kata Mutiara Bijak Saling Percaya dalam Hubungan - Salah satu tips dalam sebuah hubungan agar tetap awet dan langgeng adalah dengan saling percaya satu sama lain. Banyak hubungan suami istri (rumah tangga), persahabatan, pacaran, bisnis dan lainnya yang hancur hanya karena saling berburuk sangka dan saling curiga. Suatu hubungan yang dipenuhi dengan saling curiga tidak akan membawa ketenangan. Maka, bangunlah sebuah hubungan dengan saling percaya agar kita tenang menjalaninya.

50 Kata Kata Mutiara Saling Percaya dalam Hubungan

Berikut adalah kumpulan quotes, kutipan kata kata mutiara, kata kata indah, kata kata romantis, dan kata kata bijak tentang saling percaya dalam suatu hubungan yang bisa kita bagikan di status facebook, caption instagram dan lainnya agar diri kita dan orang lain yang membacanya dapat terinspirasi serta termotivasi.

50 Kata Kata Saling Percaya dalam Hubungan

"Kesetiaan bermula dari kebersamaan, berkembang karena pengertian, dan bertahan karena rasa saling percaya."

"Ketakutan dari dicintai adalah ketidakpastian berhenti dicintai kapanpun. Namun jika saling percaya ketakutan itu tak akan ada."

"Suatu hubungan tanpa rasa percaya, bukanlah dua hati yang saling cinta, tapi hanya dua orang yang menghabiskan waktu bersama."

"Cinta itu seharusnya mengajarkan kita bagaimana bisa saling percaya. Bukan untuk saling curiga."

"Kepercayaan adalah saat kita mampu membuat ikatan hati antara kita dan dirinya tuk saling percaya satu sama lain."

"Jarak bukanlah penghalang bagi dua Jiwa untuk saling mencintai. Selama masih saling setia dan percaya."

"Saat jarak memisahkan,memang cukup sulit untuk menjaga hubungan tapi yang bisa di lakukan adalah saling percaya dan selalu setia."

"LDR, percaya, saling percaya, dan menjaga kepercayaan."

"Kepercayaan adalah saat kita mampu membuat ikatan hati antara kita dan dirinya tuk saling percaya satu sama lain."

"Cinta sejati selalu berada ditempat yang indah,yang pasangannya saling percaya dan tidak akan pernah terpisahkan walau badai menghadang."

"Sahabat adalah mereka yang saling memahami, percaya, berbagi, dan memaafkan. Mereka yang selalu setia melalui saat baik dan buruk.

"Jangan biarkan cintamu dalam ketakutan, percayalah bahwa akhirnya kamu dan dia akan hidup bersama. Saling percaya dan setia.

Tak ada yang lebih kuat dari cinta sejati. Kamu harus percaya untuk saling memahami, dan kamu harus memahami untuk saling percaya."

"Jatuh cinta adalah hal yang mudah, namun tuk bisa terus bersama kamu butuh saling percaya dan setia."

"Cinta yang sempurna hanya butuh dua hati yang saling percaya dan saling mengerti."

"Sahabat adalah mereka yang memahami satu sama lain, saling percaya, berbagi, dan memaafkan. Selalu bersama dalam suka pun duka."

"Mencintai bukan berarti siap menjalani hubungan. Cinta adalah tentang ketertarikan, tapi hubungan adalah tentang komitmen dan kepercayaan." AmandaAdriani

"Sebuah hubungan tanpa kepercayaan adalah seperti rumah tanpa pondasi, meski bisa berdiri tapi pasti akan runtuh nanti."

"Kepercayaan menghasilkan hubungan, hubungan membutuhkan kepercayaan."

"Hubungan tanpa kepercayaan itu ibarat mobil tanpa bahan bakar, Anda dpt tinggal&berdiam di sana tapi itu tidak akan membawa Anda ke tujuan."

"Untuk membangun hubungan yang baik,gunakan kepercayaan sebagai 'bata' dan kesabaran sebagai 'semen' karena terkadang perasaan cinta tidak cukup"

"Keegoisan tidak hanya mengurangi rasa cinta kita kepada sesama, tetapi juga mengurangi mengurangi kepercayaan terhadap kita."

"Jika ingin dicintai, berikan cinta yang tulus. Jika ingin menjaga cinta, berikan cinta kepercayaan."

Butuh kepercayaan dalam cinta, karena cinta punya kekuatan tuk saling menyakiti. Namun cinta juga yang tak membiarkan itu terjadi.

"Ketika cintamu dan dia memiliki rasa percaya dan saling mengerti, tak ada masalah apapun yang kalian tak mampu atasi dan perbaiki."

"Hal paling penting untuk membangun sebuah hubungan adalah rasa saling percaya satu sama lain."

"LDR Jarak tak berarti apa-apa, jika dua hati saling percaya."

"Cinta itu mempercayai dan memahami. Kamu harus percaya untuk saling memahami, dan harus memahami untuk saling percaya."

"Jarak tak pernah jadi masalah jika dua hati tulus mencinta. Selama ada jujur & saling percaya, jarak hanya memperkuat cinta yang ada."

"Cinta memang butuh dua hati yang saling percaya, yang meski tak pernah mudah tapi akan bertahan selamanya jika keduanya: SETIA."

"Dalam cinta, jangan janjikan sesuatu yang sempurna, karena yang dibutuhkan hanya setia dan saling percaya." AidiMs

"Jika ingin dicintai, berikan cinta yang tulus. Jika ingin menjaga cinta, berikan cinta kepercayaan."

"Orang yang mencintaimu tak akan berusaha membuatmu cemburu, karena cinta menghargai kepercayaan lebih dari kecemburuan."

"Cinta memang sesuatu yang sangat menawan, namun terkadang cinta juga memberikan kesedihan yang mendalam ketika tanpa kepercayaan."

"Hanya kepercayaan yang dapat menguatkan cinta ketika cinta diuji oleh jarak dan waktu yang memisahkan."

"Orang yang mencintaimu tak akan berusaha membuatmu cemburu, karena cinta menghargai kepercayaan, lebih hanya kecemburuan."

"Jika ingin dicintai, berikan cinta yang tulus. Jika ingin menjaga cinta, berikan cinta kepercayaan." 

"Jika cinta tumbuh dengan kesetiaan,maka pupuklah dengan kejujuran dan kepercayaan"

"Kepercayaan adalah bukti terbaik dari cinta"

"Cinta akan selalu menumbuhkan kejujuran dan kepercayaan namun Hawa nafsu mampu menumbuhkan kebohongan hingga penyesalan"

"Orang yang mencintaimu tak akan berusaha membuatmu cemburu, karena cinta menghargai kepercayaan, lebih hanya kecemburuan."

"Butuh kepercayaan dalam cinta, karena cinta punya kekuatan tuk saling menyakiti. Namun cinta juga yang tak membiarkan itu terjadi"

"Butuh kepercayaan dalam cinta, karena cinta punya kekuatan tuk saling menyakiti. Namun cinta juga yang tak membiarkan itu terjadi."

"Dimana kepercayaan dipertahankan, cinta dikuatkan. Dimana kepercayaan dihancurkan, cinta dilemahkan." AmandaAdriani

"Cinta itu sesuatu yang dibumbui oleh kasih sayang, yang dihiasi oleh air mata dan seyuman. Dan yang di dasari oleh kepercayaan." irvinalioni.

"Aku tidak selalu tahu kamu disana, lagi sama siapap dan dimana. Tapi yang jelas jaga diri baik-baik. Aku selalu percaya kamu setia."

"Tidak ada yang lebih kuat dari cinta yang tulus dari hati. Kamu harus percaya untuk saling memahami dan kamu harus memahami agar bisa saling percaya"

"Kunci dari suatu hubungan adalah saling percaya. Sekali kamu berbohong, maka rasa percaya itu akan hancur, tak akan berubah ke keadaan semula."

"Komunikasi adalah kunci untuk membuka hubungan (apapun). Lantas kepercayaan adalah kunci penggenapnya agar awet dan langgeng. Punya dua hal ini, maka hubungan pertemanan, bisnis, keluarga, dll, akan berhasil." Tere Liye

"Apa rahasia dari hubungan yang bahagia? Saling percaya dan komunikasi."

Jenis-Jenis Gombal Menurut Tere Liye

Jenis-Jenis Gombal Menurut Tere Liye

Kalian tentu tahu kan gombal itu apa? Ya, gombal atau kata-kata gombal digunakan oleh seseorang (biasanya pria) untuk merayu, menggoda dan atau mencari perhatian orang lain terutama lawan jenis. Namun saat sekarang ini juga banyak digunakan hanya untuk hiburan, komedi/lawak. (Wiktionary)

Berikut adalah jenis-jenis gombal menurut Tere Liye, baca sampai selesai biar tahu!

1. Gombal Kelas Internasional

Bilang ke pacar "Aku cinta kamu karena Allah, dek." Pacar? Sambil pegangan tangan? Mesra-mesraaan. Aduh, nggak banget deh. Jangan bawa-bawa Tuhan untuk urusan pacaran yang jelas melanggar banyak peraturan Tuhan. Malaikat saja mungkin gerah berada di sekitar, mungkin pergi ratusan kilometer, menjauh.

2. Gombal Kelas Nasional

Orang pacaran yang ngaku-ngaku: "Cinta kita suci, ini anugerah Tuhan yang tidak kita minta." Sambil mojok berdua. Asyik berduaan, asyik pegangan tangan. Suci? Tapi dikotori dengan pacaran, yang melanggar begitu banyak peraturan Tuhan. Ya ampun sejak kapan pacaran masuk dalam definisi suci.

3. Gombal Kelas Provinsi

"Nggak juga bang tere, pacar aku serius kok". Wushhh, hening deh. Serius? Sejak kapan pacaran masuk definisi serius? Kalau serius ya menikah. Satu-satunya keseriusan dalam pacaran adalah: serius pacaran. Asyik masyuk, menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat.

4. Gombal Kelas Kabupaten

"Kami pacarannya islami kok, tahu batas-batasnya." Ya ampun, justeru dengan pacaran, batas terbesarnya sudah dilanggar. Kalau memang ada pacaran islami, maka besok lusa, acara bergosip di televisi akan ngaku gosip islami. Yang pembawa acara gosipnya seperti cacing kepanasan akan membuka acara dengan: "Hei hei pemirsa, assalammualaikum, hallo apa kabar sih? Kalian tahu nggak penonton, masya Allah, subhanallah, kucing sebelah rumah selingkuh. Astagfirullah. Mari kita berdoa semoga selingkuhannya diberikan jalan tobat, Allah SWT berfirman, Rasul Allah bersabda, dan seterusnya."

5. Gombal Kelas Kecamatan

"Beneran loh, Bang, pacaran itu menambah semangat belajar." Oh iya? Lantas hitung sendiri nanti ya, berapa banyak waktu sia-sia yang dihabiskan, berapa banyak galau, tidak menentu. Dan silahkan cek sendiri, apakah kalian jadi peserta olimpiade Matematika dunia dan dapat medali emas gara-gara pacaran. Kalau mau jujur-jujuran, mau mendengarkan, mau obyektif, besok lusa, saat kalian sudah 40, 50 atau 60 tahun, pikirkan, apakah memang ada manfaatnya pacaran jaman kalian masih remaja dulu?

6. Gombal Kelas Kelurahan/Desa

"Aku rela berkorban demi dia". Bela-belain beli kado, hadiah, buat siapa? Pacar? Tapi beliin orang tua, adik, kakak, kado, hadiah malah amit-amit. Bela-belain ngantar siapa tadi? Pacar? Rela hujan-hujanan, rela ngutang, rela semua. Tapi ngantarin orang tua, adik, kakak, malah ogah.

7. Gombal Kelas RT/RW

"Aku sayang kamu tulus dan murni." Hoax, dek. Pegang tangan pacar tiap minggu (padahal dosa), pegang tangan orang tua cuma tiap lebaran. Masih bergaya pula bilang kalau "cinta kami tulus dan murni" dan mengaku-ngaku paham benar hakikat cinta.

8. Gombal Kelas Gang/Selokan

"Abi udah makan belum?" "Mama udah belajar belum?" Ya ampun, baru pacar? Sudah panggil abi-ummi? Mama-papa? Ini benar2 gombal kelas gang. Lantas besok2 kalau putus? Jadi janda-duda dong? Kalau pacaran 5x, putus 5x? Berarti sudah pernah jadi janda 5x dong? Ini horor.

Semoga kalian mau memikirkannya, dan tidak tertipu dengan para penjahat perasaan di luar sana. Karena sekali urusan ini merusak kalian, yang rugi kita sendiri. Orang lain mah jangan-jangan sudah sibuk dengan pacar-pacar berikutnya, mana ingat dengan korban-korban sebelumnya.

Sumber: facebook.com/tereliyewriter

Cinta yang Ditumbuhkan Jauh Lebih Mulia daripada Cinta yang Ditemukan

Jatuh cinta adalah hal wajar dialami setiap orang, khususnya para anak muda. Jatuh cinta itu katanya sih berjuta rasanya. Setiap detik, menit, jam selalu teringat sosok si dia yang dicintai. Lagi makan ingat si dia, mau tidur ingat si dia, sampai mau pup pun ingat si dia.

Duh, rasanya tuh pengen hidup berdua sama dia selamanya. Begitulah kata orang-orang yang sedang dimabuk cinta karena baru menemukan tambatan hatinya.

 Jangan Asal Pertama Ketemu Terus Jatuh Cinta, Lalu tiba-tiba Pengen Hidup Berdua Sama Dia Selamanya. Preeet!!

Namun, ada yang unik ni dalam postingan instagram @adilladharma, dia jutru mengatakan bahwa cinta yang ditumbuhkan itu jauh lebih baik daripada cinta yang ditemukan. Hmmm apa benar begitu?

 Jangan Asal Pertama Ketemu Terus Jatuh Cinta, Lalu tiba-tiba Pengen Hidup Berdua Sama Dia Selamanya. Preeet!!

Cinta yang ditumbuhkan jauh lebih mulia daripada cinta yang ditemukan
oleh  Aldilla Dharma

Karena bayangkan, dalam perjalanan kehidupan setelah menikah ada kalanya kamu akan males, bosen, muak, atau apapun itu. Karena kamu dan dia juga sama-sama manusia biasa. Lalu ketika kita tau pola menumbuhkan cinta, kita bisa menyingkirkan kebencian dan mendatangkan rasa sayang.

Nggak mungkin banget kalo nggak suka terus minta udahan. Ini pernikahan, bukan pacaran. Jadi beruntunglah kamu yang menumbuhkan cinta bersama pasanganmu. 

Jangan asal pertama ketemu terus jatuh cinta nggak tahu kenapa, lalu pengen hidup berdua sama dia selamanya. Preeeeeeet! 

Kata guruku, hati-hati sama rasa karena sifatnya sementara. Karena untuk mencapai bahagia, nggak hanya butuh cinta tapi logika. Ada kala kamu nggak bisa bersama dengan dia yang kamu cinta. Tak mengapa, ini adalah cara Tuhan mengajarmu bahwa masa depan membutuhkan pasangan yang bisa diajak berjuang bersama. Dari logika akan memupuk rasa terbalut romansa.

Maka temukan pola terbaikmu dalam menumbuhkan cinta. Insya Allah kalimat “Semoga langgeng sampai ke surga.” tak akan lagi menjadi sebatas doa. Tapi nyata.

Dan buat para wanita, nggka usah lagi berekspetasi dalam mencari calon suami. Karena NGGANTENG aja nngak bisa buat selesaikan masalah. Kamu nggak akan bisa makan karena suamimu NGGANTENG. Anak-anakmu nggak bisa sekolah tinggi karena suamimu NGGANTENG.

Poin terpenting dari seorang lelaki yang pantas dijadikan pendamping adalah shaleh, bertanggung jawab, dan pekerja keras. Itu udah sangat cukup.

Karena percayalah, keluargamu akan termuliakan ketika dipimpin oleh seorang lelaki yang bijaksana. Kalo nikah kamu jangan cari bahagia. Karena itu malah akan membuat kamu menderita. Kaya ibadah shalat, ada kalanya kita males kan? Tapi kita paksa buat dapet ridha Allah. Begitupun menikah, kalo yang dicari bahagia trus keadaannya pas nggak bahagia kamu mau apa?

Tapi kalo yang dicari ibadah, dalam kondisi apapun kamu akan melakukan yang terbaik buat pasanganmu. Bukan bahagia yang kamu tuju. Tapi ridha Tuhanmu. Dan dari sana akan kau jelang bahagiamu. Hadiah terindah dari Tuhan yang teramat mencintaimu. 

**Nah, itulah statement dari Aldilla Dharma mengenai cinta. Kalau menurut kamu sendiri mending cinta yang ditumbuhkan apa cinta yang ditemukan?

Kisah Ta'aruf Ikhwan dan Akhwat ini selain Lucu tapi juga Romantis

Kisah Ta'aruf  Ikhwan dan Akhwat ini selain Lucu tapi juga Romantis

Ini kisah pemuda 20 tahun yang hendak menikahi gadis dari Plat AE, daerah Ratna Dumilah. Di namanya terkandung pula kata "Ratna".

Sebab ketakpercayaan diri untuk berikhtiar mandiri, dia percayakan urusan "siapa" pada Allah dan guru yang dipandang mumpuni, agar lebih fokus mempersiapkan "bagaimana".

 "Kriterianya apa?", tanya seorang Ustadz.
"Yang shalihah dan menshalihkan", jawabnya.
"Bagus. Tapi abstrak. Bisa agak konkret?"
 "Emm.. Yang punya sedikitnya 3 kelompok binaan pengajian?"
"Mantap."

Tak lama, dia telah memegang lembar biodata. Dia tahu nama, pendidikan, tinggi dan berat badan, aktivitas, hobi, tradisi keluarga, hingga penyakit yang pernah diderita. Hari untuk berjumpa dan melihatnyapun tiba.


انْظُرْ إِلَيْهَا، فَإِنَّهُ أَحْرَى أَنْ يُؤْدَمَ بَيْنَكُمَا
“Lihatlah wanita yang akan kau nikahi, yang demikian lebih melanggengkan hubungan di antara kalian.” (HR. An Nasa'i/3235, At Tirmidzi/1087)

Nasehat Rasulullah untuk Mughirah ibn Syu'bah ini hendak dia 'amalkan segera. Tahu bahwa gadis itu bekerja paruh waktu di sela kuliah sebagai Asisten Apoteker, diapun mencoba tuk mengamatinya. Kali itu dengan cara sembunyi-sembunyi seperti Sayyidina Jabir diajari Nabi.

Belanja ke Apotek itu, dibelinya multivitamin. Tapi ternyata tugas AA di belakang meracik obat, bukan melayani pembeli. Nazhar seharga 18 ribu itu gagal.

Maka pertemuan pertama 8 Juli 2004 itu diniati untuk melihat. Apa daya, sepanjang pertemuan tak banyak kata, dan pemuda ini terus menunduk, sama sekali tak berani menatap langsung pada gadis di hadapannya.

Untung meja ruang tamu Sang Ustadz terbuat dari kaca. Bening sekali.

Pada pertemuan kedua 12 Juli 2004, dengan dimoderatori sang Ustadz dan si istri, terjadilah diskusi.

Pertanyaan, "Visi misi pernikahan Anda?", "Bagaimana konsep pendidikan anak yang tepat?", "Pandangan Anda tentang istri yang berkarier?", "Seperti apa proyeksi nafkah nanti?", "Pendapat Anda tentang homeschooling?", "Rencana tempat tinggal & penataannya?", diberondongkan dengan lebih mengerikan dari ujian pendadaran.

Tapi endingnya adalah pengakuan, "Maaf, saya tidak bisa memasak."

Si pemuda bergumam dalam hati, "Ya Allah aku minta yang shalihah dan menshalihkan. Rupanya pandai memasak belum termasuk di situ. Ya Allah apakah Kau menguji kesungguhan kriteriaku?" Lalu dia kuatkan hati, "Tak apa Ukhti. Di kota ini banyak rumah makan. Murah-murah lagi."
"Saya juga tidak terbiasa mencuci."
"Alamak", batin si pemuda. Tapi mengingat hal yang sama, dia berkata lagi, "Tak apa Ukhti. Di kota ini banyak laundry. Kiloan lagi."
"Saya bukan mencari tukang masak dan tukang cuci. Saya cari istri. Kalau diperkenankan, saya akan segera menghadap Ayah Anda." Maka hari itu, lamaranpun disepakati 6 hari kemudian, 18 Juli.

Ta'aruf memang bukan soal berjumpa berapa kali. Ia tentang prasangka baik, prioritas kesefahaman, dan komitmen. Pacaran tidak memberikan ini, karena set mental menginginkan kepastian membuat kita tampil lebih baik dari aslinya, hingga kadang keluhan di rumahtangga adalah, "Sudah kelihatan aslinya."

Nah bagaimana saling mengenal yang hakiki? Ta'aruf itu istilah umum. Dalam Al Quran, ia adalah hikmah diciptanya kita bersuku-suku & berbangsa-bangsa. Jadi, kapan ta'arufnya suami-istri?

Seumur hidup!

Sebab manusia adalah makhluk penuh dinamika. Dia sedetik lalu takkan persis serupa dengan kini. Ta'aruf itu seumur hidup. Sebab kenal sejati adalah saat bergandengtangan di surga nanti.

Tiga belas tahun berta'aruf, pemuda itu masih terus belajar mengenal istrinya. Selalu ada kejutan ketika prasangka baik dikedepankan. Misalnya, si cantik yang mengaku tak bisa memasak itu, pada HUT RI ke-60 setahun bakda nikah, menjadi juara lomba masak Agustusan Tingkat RT. Lumayan.

sumber: instagram/salimafillah

Ukhti, Maukah Kau Aku Jelaskan Tentang Seorang Ikhwan?

Ukhti, Maukah Kau Aku Jelaskan Tentang Seorang Ikhwan?

Iya ikhwan, yang diam-diam mengagumimu karena kelembutanmu, karena akhlakmu, karena penjagaanmu dan karena ketaatanmu padaNya

Dia adalah seorang ikhwan yang sedang berjuang untukmu. Yang Insya Allah akan menghalalkanmu. Kau tau? Tentu kau belum mengetahuinya

Karena dia sedang sibuk mempersiapkan segalanya untuk menjemputmu
Memantaskan dirinya untuk menjadi imammu
Dia menyukaimu karena Allah,
Itu mengapa ia tak berani merayumu sebelum menikahimu

Kau tau ukhti? Dia benar-benar menyukaimu
Namun dia tak memperlakukanmu seperti para ikhwan yang sedang dimabuk asmara lainnya
Yang kapan saja bisa menunjukkannya
Yang tidak punya rasa malu sedikitpun pada Robbnya

Namun tidak dengan ikhwan ini,
Dia teramat menjaga dirinya dari cinta yang belum halal.
Dari rasa yang belum semestinya ia berikan.
Dari pandangan yang tak seharusnya ia pandang
Dari sentuhan yang tak seharusnya ia sentuh

Percayalah ukhti, Dia ingin memperlakukanmu dengan cara yang spesial. Yang berbeda dengan lainnya


Mungkin dia terlihat jauh, namun yakinlah doanya bergelimang bagai bintang
Mungkin dia terlihat asing, namun yakinlah dia selalu memperkenalkanmu padaNya disepertiga malamnya
Romantis kan?

Mengapa dia begitu?
Karena kau baik, kau pantas didapatkan dengan cara yang baik. Kau istimewa, kau patut didapatkan denga cara yang berbeda. Kau harus dihargai, yang hanya bisa ditaklukkan denga ijab Qobul di depan wali dan saksi.

Bukan denga cara pacaran atau semisal lainnya
Apalagi modus belaka, Atau rayuan maut yang bisa menggoyahkan imanmu dan imannya.

Ukhti baginya kau adalah calon bidadari surga.
Mana mungkin seorang bidadari mudah didapatkan dg cara yang biasa-bisa saja
Apalagi dengan cara yang membuat Allah murka

Percayalah ukhti. Dia benar-benar ingin menjadi pangeran surgamu. Menjemputmu meraih Ridho dan SurgaNya

Apa kau mau ukhti?
Eits tak semudah itu
Kau juga harus memantaskan dirimu
Jagalah dirimu sebaik-baiknya
Belajarlah menjadi pendamping yang baik untuknya
Belajarlah menjadi partner menuju surgaNya

Wahai ukhti calon bidadari surga
Bersabarlah dalam penantian
Pantaskanlah dalam ketaatan
Bersabarlah ukhti
Hari bahagia itu akan tiba
Jawaban atas doamu dan doanya akan segera terlihat nyata

Sumber: instagram/perempuanbiasa_

Nggak Pacaran tapi Berjanji untuk Saling Menunggu, Bolehkah?

Nggak Pacaran tapi Berjanji untuk Saling Menunggu, Bolehkah?

Seseorang berkata, “Saya suka pada seorang akhwat (perempuan) dan sudah pernah menyatakan perasaan saya. Ternyata ia pun memiliki perasaan yang sama. Saya ingin menikahinya tapi nanti kalau saya sudah lulus dan sudah punya pekerjaan. Ia pun sama ingin menikah setelah lulus kuliah sekitar 3 tahun lagi."

Sahabatku, sadarlah banyak diantara kita yang tak sabar atau bahkan takut jika orang yang kita cintai nanti menikah dengan yang lain. Atau ada juga yang ingin memiliki namun belum siap menikahi. Ujungnya adalah memberi harapan yang belum pasti, memberi janji yang malah membebani

Pertanyaannya, 
“Mampukah selama penantian itu kau bisa menjaga hati, pandangan dan perasaanmu agar tak terjerumus pada zina hati, pikiran dan perasaan?”


Satu lagi,
 “Bisakah kau dan dia menjaga kesetiaan pada-Nya, padahal dalam rentang waktu itu bisa jadi ada lelaki yang lebih soleh dan mapan darimu yang siap melamarnya, atau sebaliknya bisakah kau tetap setia menunggunya dengan keterbatasan komunikasi dan tempat, sedangkan di hadapanmu ada wanita yang lebih solehah dan menarik hati?”

Kawan, seringkali karena ‘keterbatasan pikiran’, kita mengganggap dialah yang terbaik dan mesti menjadi jodoh. Padahal bisa jadi ada jodoh yang lebih baik yang telah Allah SWT siapkan untukmu.

Bukankah Jodoh, mati dan rezeki di tangan Allah.?
Lantas hal apa yang membuatmu ragu?

Maka, tugas kita jika belum siap menikah adalah menjadi sebaik-baik pribadi yang disukai-Nya. Hingga Dia pantaskan kita untuk mendapatkan jodoh terbaik menurut-Nya

Karena bisa jadi kita menyukai sesuatu, padahal itu belum tentu yang terbaik. Sebaliknya, bisa jadi kita tak menyukai sesuatu padahal itu yg terbaik bagi kita. Seperti yang di gambarkan-Nya pada Quran Surat Al-Baqarah ayat 216.

Jadi, kamu masih suka ngasih harapan sama seseorang? Kalau memang cinta dilamar saja!

Semoga bermanfaat.
Sumber: @dakwahhijab

Jangan Menanam Cinta Terlalu Dalam

Jangan Menanam Cinta Terlalu Dalam

Sejak awal, perasaan cinta memang tidak usah kamu tanamkan terlalu dalam. Apalagi sampai diumbar-umbar ke semua orang. Ketika orang yang kamu harapkan tak memilihmu dan kemudian ia bersanding dengan orang lain. Barulah kamu sadar bahwa selama ini perasaan itu telah tertanam di tempat yang salah.

Apakah kamu akan mencabutnya kembali? Tidak semudah itu. Tentu kamu akan sangat kesulitan melakukannya. Karena akar dari perasaan itu sudah mencengkram begitu dalam dan batangnya sudah tumbuh menjulang tinggi.

Aku mungkin terlalu berlebihan mengatakan hal ini. Tapi menurutku hal seperti ini memang sebaiknya tidak pernah dilakukan.

Jangan pernah mencintai seseorang secara berlebihan. Pahamilah bahwa dalam hidup ini kita akan berpisah dengan banyak hal. Salah satunya adalah kita akan berpisah dengan orang yang kita cintai. Bahkan ketika kita belum sempat memilikinya.

Surat Terbuka untuk Anakku yang Suka Mengeluh


Surat Terbuka untuk Anakku yang Suka Mengeluh

Nak, salah satu permainan sederhana tapi sangat menyenangkan pada masa kecil Ayah dulu adalah bermain prosotan di atas tanah berlumpur, bersama teman-teman, di bawah guyuran hujan. Itu indah sekali.

Ayah tidak pernah merengek minta dibelikan console game atau handphone yang mahal untuk dapat merasakan kebahagiaan. Toh bisa makan satu hari tiga kali saja sudah alhamdulillah. Pernah suatu hari ayah hanya makan nasi dengan garam, terkadang hanya nasi dan kecap. Apakah saat itu Ayahmu mengeluh? Sama sepertimu nak, Ayah juga mengeluh.

Bahkan pernah Ayahmu ini tidak mau makan masakan yang telah dibuatkan nenekmu, padahal ia telah susah payah membuatkannya. Tapi Ayah akhirnya menyadari satu hal nak, ketika itu Ayah tak sengaja melihat nenekmu yang sedang memasak tapi matanya berlinangan air mata.

Bukan asap dari tungku api yang membuat air matanya berlinangan tapi itu semua karena ia sedih tidak bisa memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anaknya.

Ketika nenek dan kakekmu dapat memberikan makanan yang enak kepada Ayah dan saudara kandung ayah yang lain, entah kenapa terkadang mereka tidak ikut makan bersama dengan kami. Mereka, nenek dan kakekmu dengan santainya berkata kalau mereka sudah makan. Tapi tahukah kamu nak, ternyata mereka berbohong. Mereka rela menahan lapar dan rasa sakit yang penting anak-anaknya bahagia.

Itulah kebahagian mereka nak. 

Melihat anaknya bahagia saja itu sudah lebih dari cukup. 

Begitu pula dengan Ayah dan Ibumu saat ini nak. Kami akan melakukan dan memberikan apapun semampu kami demi kebahagiaanmu. Untuk saat ini, sekolah dan mengaji saja yang rajin, doakan kedua orang tuamu, insya Allah apapun yang kamu inginkan akan kamu dapatkan nak. Man Jadda Wa Jadda!

Tertanda,
Ayahmu yang menyayangimu

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Aa Gym: Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Tips dari Ustadz Aa Gym berikut ini awalnya saya dapatkan ketika beliau menjadi bintang tamu di acara talk show yang dipandu oleh Deddy Corbuzier dan Chika Jessica. Dalam acara tersebut, Aa Gym menjelaskan tentang bagaimana cara mengahadapi haters atau cara menyikapi orang-orang yang menaruh rasa benci terhadap diri kita.

Karena apa yang telah disampaikan oleh Ust Aa Gym ini sangat bermanfaat. Apa lagi dengan gaya ceramahnya yang jujur, halus dan rendah hati serta mudah dimengerti. Membuat saya ingin membagikannya di blog ini.


Cara Mengahadapi Orang yang Membenci Kita (Haters)

Berawal dari Pertanyaan Chika: "Aa punya haters nggak di instagram, di sosmednya Aa Gym?"

Jawaban Ustadz Aa Gym :

Nggak tau, karena yang paling penting kita (berbuat) nulis yang terbaik. Apapun yang dikatakan orang itu adalah bagian dari dirinya sendiri. Tidak menjadi ancaman bagi kita. Ancaman bagi kita adalah keburukan kita sendiri. Dan tidak ada pengaruhnya, orang mau berkata apapun karena nasib kita tidak ditentukan oleh tulisan orang, oleh mulut orang. Hakekatnya Allah yang menentukan takdir.

Justru Orang yang berkata jelek itu adalah: 
  • (Satu) Ladang bagi kita untuk bersyukur, bukan kita yang berkata jelek. 
  • (Dua) Orang yang bersikap jelek ke kita adalah ladang agar kita tidak melakukan hal yang sama. Jadi kalau ada orang yang berkata buruk, berbuat buruk, ini pelajaran dari Allah agar kita tidak melakukan hal seperti itu. 
  • (Tiga) Ladang untuk kita bisa memafkan dan mendoakan kebaikan, karena kasihan kalau haters seumur-umur begitu, pasti dia menderita. Orang yang pikirannya buruk, yang kata-katanya buruk dia sengsara, sedangkan dia juga makhluk sama seperti kita, jadi doakan saja kebaikan. Nggak ada ruginya ada haters, yang rugi itu kalau kita yang jadi haters 

Jadi, mustahil (kalau) semua orang suka kepada kita. Tapi orang-orang yang tidak suka kepada kita bisa jadi merupakan aset bagi kita karena mereka siang malam memikirkan kekurangan kita, sedangkan kita hampir tidak punya waktu untuk memikirkan kekurangan kita karena terlalu banyak pengenya dipuji orang.

Nah dia sampai tidak tidur memikirkan kita, kemana-mana ngomongin kejelekan kita. Bukankah ini rezeki karena yang mengancam kita adalah keburukan kita.

Kayak gini nih duduk begini, disana ada ular bahaya, di sana ada makanan yang enak, mana yang paling kita fokus? Makanan yang enak atau ular yang berbahaya? Tentu Ular.

Berarti yang paling penting bagi kita adalah yang membahayakan kita. Nah siapa yang paling membahayakan kita? Keburukan orang lain atau keburukan kita sendiri? Tentu keburukan kita sendiri. Ya udah, kenapa kita (harus) cape-cape mikirin keburukan orang lain.

Jadi, kalau kita ini tidak mau dipenjara oleh keburukan orang. Kita jangan mau diatur oleh keburukan orang kepada kita. Kalau orang ngomong jelek, kita ngomong jelek, orang menghina, kita menghina, orang lain melotot, kita melotot, berarti kita udah nggak punya prinsip apapun dalam hidup ini. Selain ikut-ikutan kepada kejelekan orang. Mau apa sekolah tinggi-tinggi kalau bisanya cuma niru kejelekan orang. Kita sekolah, kita belajar agama agar jelas kita itu harus bersikap benar. Orang memilih sikap jelek, kita kan bisa memilih sikap yang baik.

“Makannya dengar tuh kata Aa, buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau aslinya buruk. Ya sudah nggak usah sekolah kamu” Ucap Deddy ke Chika.
“Bukan tidak usah sekolah” Ucap Aa Gym, menepis ucapan Deddy.

Sekolah itu harus tinggi-setinggi mungkin, tapi ingat bahwa kemuliaan bukan datang dari gelar tapi dari perilakunya.

Di kita tuh sekolah banyak, yang sarjana banyak, juga lebih dari itu banyak. Tapi akan lebih bagus lagi kalau semua ini menjadi teladan-teladan kebaikan bagi masyarakat. Kita ini krisis keteladanan.

Baca juga: 30 Kata Kata untuk Orang yang Membenci Kita

Nah, itulah Tips dari Aa Gym tentang Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita. Semoga apa yang telah beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kata Kata Mutiara Jomblo Sampai Halal

Kata Kata Mutiara Jomblo Sampai HalalJomblo Sampai Halal adalah sebuah gerakan atau prinsip hidup para remaja/pemuda untuk tidak pacaran sampai menikah. Prinsip ini ditanamkan agar para pemuda terhindar dari hal-hal yang dapat menjerumuskan mereka pada perbuatan dosa, seperti maksiat dan zina.

Jika sahabat adalah seseorang yang sedang memegang prinsip Jomblo Sampai Halal, semoga quotes yang telah saya kumpulkan dari berbagai sumber ini dapat menambah inspirasi dan motivasi sahabat agar tetap istiqomah fii sabilillah hingga pada akhirnya Allah berikan  jodoh yang terbaik dalam indahnya pernikahan.

Tidak semua hal asik itu bisa di jadikan pilihan untuk mengikuti trend. Percayalah, menjaga diri dengan memperbanyak kualitas iman jauh lebih baik dari memilih dengan sadar untuk melakuakkan hal-hal kurang bermanfaat bernama pacaran.

Cinta dalam diam terkadang bikin nyesek, tapi demi taat, insya Allah. Percayalah, Dia akan menuntun dua hati dengan cara yang tak kan kau sadari.

Jomblo adalah salah satu cara Tuhan menyelamatkanmu dari dosa bernama pacaran.

Nanti akan ada seseorang yang mencintaimu, yang membuatmu tidak takut pada jutaan omong kosong soal sakitnya patah hati.

Jomblo nggak bikin kamu malu, malah keren, tetap jomblo sampai halal buat seseorang yang menikah dengan kamu.

Baca Juga :

Jomblo itu merana? Nggak dong, pastinya mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat tambah pahala kan?

Jomblo itu punya prinsip, nggak pacaran tapi langsung nikah aja, karena pacaran sebelum nikah itu haram.

Muslim/muslimah yang masih jomblo pasti dekat sama Allah, karena lebih pilih disayang Allah dengan sabar sampai halal.

Jomblo itu masuk kategori orang-orang sabar, menahan godaan untuk tidak pacaran di luar pernikahan.

Mendung belum tentu hujan, dipacarain belum tentu dinikahin

Jomblo! Mungkin itu cara tuhan untuk mengatakan "Istirahatlah dari CINTA yang SALAH"

Kesendirian tak pernah menyuruh untuk terjatuh .

Untukmu yang selalu menanti, jangan goyah hanya karena satu kerikil menghalangi langkah setiamu.

Kamu bisa ngaji? Terus pacaran? Ngajinya sudah sampai Al-Isra ayat 32 belum?

Pura-pura nggak denger ketika Allah melarang pacaran. Ketika DISAKITI nangis ngadu. Ya Allah, cobaan apa ini? Kenapa aku?

Izinkanku mencintaimu dalam diam. ~ Jomblo Mulia

Hari ini, banyak orang bicara cinta, padahal sejatinya nafsu belaka. Cinta cuma topeng kepalsuan dan pembenaran diri

NO Couple until Akad. ~ Jomblo fii sabillah

Pengen nyari pacar yang sholeh? Sampai botak juga ngga bakal ketemu. Karena yang soleh nggak mungkin pacaran.

Tidak apa-apa sendiri dalam asmara. Asal selalu bersama Allah dalam taqwa

Tiga kata yang ditunggu muslimah itu bukan I LOVE YOU tetapi SAYA TERIMA NIKAHNYA.

Allah selalu siapkan yang terbaik bagi orang yang juga selalu pantaskan diri dalam kebaikan.

Jika namamu yang tertulis di lauhul mahfudz untuk diriku, niscaya rasa cinta itu akan Allah tanamkan dalam diri kita. Tugasku bukan untuk mencari dirimu, tapi mensholehkan diriku.

Pacaran itu memiliki, menikah itu saling memiliki. Cinta sesungguhnya adalah menikah.

Jodoh itu, bisa kita dapat tanpa tanpa pacaran.

Sekarang zamannya anak perempuan itu diam di rumah dengan berbagai kegiatan yang di kerjakan. Terutama membantu sang ibu melakukan pekerjaan rumah tangga.

Jangan sedih jika kamu kamu masih sendiri matahari juga sendiri, tapi tetap bersinar.

Diantara kesucian-kesucian yang dijaga adalah kesucian antara hubungan pria dan wanita.

Memangnya kenapa kalau Jomblo? Toh di alam kubur yang ditanyakan "Siapa Tuhanmu" bukan "Siapa pacarmu".

Jangan takut jadi jomblo toh di akhirat nanti yang di hitung itu "AMAL IBADAH" BUKAN "BERAPA BANYAK MANTAN"

Rasa cinta yang diungkapkan dalam status yang halal akan manis terasa.



Kita tidak saling mencari, namun akhirnya akan saling menemukan:) Insyaalloh

Jomblo juga harus setia. Setia dengan kesendirian, sampai akhirnya menikah tanpa melalui pacaran..

Karena Cinta yang diridhoi-Nya dimulai setelah akad...

Tak selamanya juga Jomblo itu sendiri. Ada saatnya juga ia dipersatukan dengan jodoh dunia dan akhiratnya oleh Allah SWT

Lebih baik jomblo daripada pacaran, karena pacaran bisa membuka pintu perzinahan

Biar Allah menjaga ku dengan kesendirian yang ku jalani

Karena yang menentukan kebahagiaan bukan jomblo atau tidaknya seseorang, tapi Allah.

Pacarmu sekarang belum tentu jodohmu, jangan sampai kamu lupa, memberikan semuanya sekarang, sampai tak ada yg tersisa untuk suamimu kelak.

Pacaran itu hukumnya WAJIB! Iya wajib, wajib buat dihindari

Kita harus meneladani Matahari, ia mencintai bumi, tapi ia mengerti mendekat kepada kekasih justru membinasakan.

Kata Kata Mutiara Jomblo Sampai Halal

Sendiri? Tidak masalah. Yang bermasalah itu 'berdua', padahal bukan sama haknya.

Bukan, "Maukah kamu menjadi pacarku?" Tapi, "Maukah kamu menjadi penyempurna agamaku?"

Walaupun jomblo, namun semua akan indah pada waktunya. Dimana aku dan kamu dipertemukan dalam suatu ikatan yang sah

Daripada jatuh dan kecewa. lebih baik sabar dan menunggu

Biar deh yang di sebelah sibuk berduaan. Yang penting saya lagi asyik hafalan.

Sendiri dalam ketaatan lebih baik. daripada berdua dalam kemaksiatan

Walaupun saat ini kamu sendiri tanpa pasangan, tapi kamu masih memiliki keluarga, teman ataupun sahabat yang selalu ada bersamamu. Percaya deh, semua kan terasa menjadi lebih indah pada waktunya.

Kata Kata Mutiara Hijrah Cinta

Dua kata yang menarik untuk dibahas, yaitu Hijrah dan Cinta. Kata hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti meninggalkan, atau berpindah. Dalam sejarah islam, Hijrah adalah kegiatan perpindahan/migrasi yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersama pengikutnya dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan untuk mempertahankan dan menegakkan agama satu-satunya yang diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta'ala, yaitu Islam.

Sedangkan Cinta itu sendiri adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa juga didefinisikan bahwa cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi.

Dari penjelasan di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa, Hijrah Cinta adalah perpindahan/ merubah/ meninggalkan segala perasaan, pola pikir dan perbuatan seseorang dari cinta yang salah/ buruk/ negatif menuju cinta yang benar/ baik/ positif, yang sesuai dengan syariat islam. Cinta di sini bisa kepada siapa saja, kepada Allah, Rasul, Ibu/Ayah, dan lainnya. Namun dalam postingan ini tentu saja yang sedang kita bahas di sini adalah tentang cinta seorang remaja/ pemuda kepada lawan jenisnya.

Untuk menambah ilmu, inspirasi dan motivasi seputar cinta dan jodoh dalam pandangan islam, mari kita resapi makna yang terkandung dalam quotes berikut.

Jomblo dalam ketaatan itu lebih indah daripada bersama dalam kemaksiatan - Khaidir Alfatih

Jatuh cinta sebelum menikah itu adalah ujian...

Kesepian itu datang ketika kita lupa bahwa Allah bersama kita. La tahzan, innallah ma'anaa, Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita. Semangat Jomblo!

Dulu aku senang untuk berbicara berdua bersamamu. Namun kini aku lebih senang untuk berdua bersama Allah di sepertiga malam, untuk berbicara tentang kamu. - Aldilla dharma

Baca Juga :
Karena mendoakan adalah cara mencintai yang paling rahasia - Hijrah Cinta!

Rasa suka itu tidak usah dipublikasikan, tidak usah di update di status. Cukup doakan dalam hati saja, siapa tahu jodoh?!. Eh.

Jodoh tidak serta merta menjadi dekat karena kamu pacaran, juga tidak akan menjadi sangat jauh hanya gara-gara kamu jomblo -

Jodoh itu bukan seberapa lama kamu dengannya, tapi seberapa yakin kamu kepada-Nya - Jomblo Sampai Halal

Ketika Zulaikha mengejar cinta Yusuf, Yusuf menjauhinya. Tapi saat Zulaikha mengejar cinta Allah, maka Allah datangkan Yusuf untuknya. - @barkahnurainf

Yakin saja, sesuatu yang sudah ditakdirkan menjadi hak kita, Allah tidak akan berikannya menajadi milik orang lain.

Hijrah itu bukan sekedar niat tapi dibuktikan dengan taat.

Sabar dalam penantian, benahi diri, dekatkan diri pada Allah. Cintai Allah, persiapkan diri menjadi sebaik-baiknya wanita. Hijrah Cinta!

Jodoh itu bukan hanya karena cinta, lebih dari itu, kita akan menghabiskan sisa waktu bersamanya. Maka bersabar adalah kuncinya. Percayalah, Allah tidak pernah kecewakan hamba-Nya. - Ayum Daigo

Jangan membuat dia jatuh cinta jika kamu tidak berniat untuk menikahinya.

Cintailah seseorang itu secara diam-diam, seperti kisah cinta suci Fatimah dan Ali yang akhirnya Allah pertemukan jua. Sesungguhnya mereka mencintai secara diam itu sedang berjihad, berjihad menentang kehendak diri. Menundukan nafsu hati.

Karena yang sudah sah akan menjadi ibadah, sudah pasti lebih indah, makanya hijrah setelah istiqomah.

Jika wajah yang membuatmu jatuh cinta, bagaiman caramu mencintai Tuhan yang tak berupa?

Cari pacar yang sholeh/Sholehah sama saja dengan mencari babi yang halal - Hijrah Cinta!

Karena yang setiap hari ngasih coklat akan kalah sama yang ngasih seperangkat alat sholat. :)

Ya Allah, jika aku jatuh cinta. Cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya pada-Mu, agar bertambah kekuatanku untuk mencintai-Mu.

Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya.

Menutup diri bukan karena sombong, tapi karena ingin menjaga hati.

Terima kasih telah memberi luka. Ku jadikan ini sebagai pintu hijrahku.

Bila ada orang yang menyangimu karena sesuatu, maka dia akan berpaling di saat sesuatu tersebut hilang dari dirimu - Ibnul Qayyim Al Jauziyah

Segala sesuatu menjadi indah karena awalnya telah terjaga. Peliharalah hati ini, hingga nanti pada masanya, kita persembahkan untuk sebuah jiwa yang juga menjaga, lagi diridhoi-Nya.

Jangan sibukan diri menghias demi mencari jodoh. Sibukkan diri memperbaiki iman demi mencari ridho Allah karena kita tak akan tahu siapa yang akan lebih dulu melamar kita, jodoh ataupun ajal.

Mengamankan diri dari fitnah lebih mulia daripada menunjukan hasrat, sekalipun itu fitrah.

Orang yang cerdas tidak boleh khawatir akan jodohnya. Karena sesuai janji Allah setiap manusia itu diciptakan berpasang-pasangan.

Cinta sejati itu adalah ketika Allah lebih aku dan engkau cintai daripada kita saling mencinta.

Yang terbaik tidak datang cepat. Melainkan datang di waktu yang tepat.

Hijrah itu bukan untukmu tapi untuk-Nya

Zaman sekarang sulit mencari yang sholeh/sholehah. Kenapa mencari? Lebih baik berusaha menjadi yang sholeh/sholehah.

Jangan menikah dengan lelaki yang suka bangun kesiangan, jika bangun pagi untuk sholat shubuh saja dia tidak mampu, bagaimana mau bisa bangun rumah tangga yang baik bersamamu?

Menjaga hati, menjaga jarak, karena sejauh apapun jika berjodoh akan disatukan Allah. Dan sedekat apapun jika tidak berjodoh tidak akan pernah bersatu.

Jangan menikah hanya karena jatuh cinta, menikahlah karena surga terasa lebih dekat apabila bersamanya.

Akhi, kau itu amanah Allah untuk menjaga wanita bukan untuk menghancurkannya.

Agar cinta tak menghadirkan derita, dekatlah dengan Sang Pemilik Cinta, Allah.

Aku tak punya kemampuan untuk sekedar menanyakan kabarmu atau menyapamu lewat jejaring sosial. Aku hanya mampu menitipkan salamku lewat doa-doa dipenghujung lima waktu.

Jika jatu cinta, jadikanlah itu sebagai bentuk ibadah kepada Allah karena cinta-Nya lah di atas segala-galanya.

Kata Kata Mutiara Hijrah Cinta

Tujuanku bukan menjadi pacarmu, tetapi menjadi makmum yang baik dan shalihah untuk imamku kelak nanti.

Cinta karena nyaman akan kalah dengan cinta yang karena iman.

Santai saja, tenag saja, semua jomblo akan cie-cie pada waktunya.

Jodohmu adalah cerminan dirimu bukan cerminan wajahmu. Jodohmu adalah cerminan akhlakmu bukan cerminan rupamu.

Akhi, sekalipun datang bidadari syurgawi dalam hidupmu, ibumu tetap dan selamanya nomor satu.

Jangan tanyakan seberapa besar perasaanku padamu, cukup Tuhan yang tahu seberapa bosan Ia mendengar namamu dalam doaku.

Aku tidak mencari yang terbaik, tetapi aku hanya mencari yang bisa merubah aku menjadi lebih baik lagi.

“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah dan itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan (Qur'an surat At-Taubah ayat 20)

“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.” (Hadits Riwayat Ahmad)

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran

Pacaran adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan para remaja atau anak muda. Pacaran juga sudah dianggap lumrah di masyarakat kita. Maka jenis hubungan  yang satu ini dianggap sah-sah saja untuk dilakukan. Padahal dari situlah akan muncul masalah baru. Ada saja yang pada akhirnya melakukan perbuatan layaknya suami istri padahal belum diikat dalam pernikahan.

Jika sahabat ingin memutuskan untuk tidak pacaran, tentu itu adalah pilihan yang tepat. Karena menikah belum siap, maka tak ada pilihan lain selain menjomblo. Namun, di sinilah tantangannya. Ketika memutuskan untuk tidak pacaran kita akan dihadapkan dengan godaan yang begitu berat. Tapi itu semua bisa dilalui jika kita punya keinginan yang kuat untuk tidak pacaran dan tahu bagaimana cara menghadapinya.

Baca Juga :

Berikut adalah 7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran.

1. Niat dan Berdoa

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran
foto: instagram/@yulindahardian_

Segala amal perbuatan tergantung pada niatnya. Begitu pula jika kita ingin memutuskan untuk tidak pacaran. Silakan niatkan dalam hati hanya karena Allah ta'ala bahwa sahabat tidak akan pacaran lagi.

Setelah menanamkan niat dalam-dalam, selanjutnya adalah berdoa. Minta dan mohonlah kepada Allah supaya dijauhkan dari segala maksiat, zina dan nafsu sesaat ingin pacaran.

2. Pahami Bahwa Pacaran Itu Banyak Negatifnya


7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran
foto: instagram/@hijabalila

Jika sahabat masih punya keinginan untuk punya pacar. Coba pertimbangkan kembali. Pacaran itu hanya buang-buang waktu saja, menghabiskan harta orang tua dan yang paling ditakutkan adalah apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sahabat paham kan apa yang saya maksud. Sahabat akan menanggung rasa malu yang luar biasa apabila melakukan hal itu. Pendidikan akan berhenti dan masa depan bisa berantakan.

3. Menundukkan Pandangan

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran
foto: instagram/@gienar_v3

Jatuh Cinta adalah sebuah proses yang berawal dari pandangan lalu turun ke hati. Benar apa tidak? Jadi, agar sahabat tidak terjerumus pada hubungan pacaran, usahakan untuk menjaga pandangan dan tidak menyimpan perasaan yang terlalu dalam kepada seseorang.

Apalagi sampai memikirkan orang tersebut siang dan malam. Ketika makan ingat dia, mau tidur juga ingat dia. Tanamkan saja dalam hati kalau memang berjodoh pasti akan dipertemukan. Tapi ingat, jangan terlalu berharap juga. Berharaplah hanya kepada Allah SWT.

4. Baca Buku Tentang Pacaran dalam Islam


7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran
foto: instagram/@alilagoods

Untuk menambah pengetahuan tentang pacaran menurut pandangan agama islam, saya merekomendasikan agar sahabat membaca buku yang berjudul Udah Putusin Aja karya Ustadz Felix siauw, Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan karya Ust. Salim A fillah, Halaqah Cinta karya Arif Rahman Lubis, Indonesia Tanpa Pacaran, Ku Tinggalkan dia Karena Dia, dan buku sejenis lainnya.

Buku-buku yang saya sebutkan itu khususnya yang berjudul Udah Putusin Aja!, sudah berhasil membuat anak muda sadar dan mantap untuk tidak pacaran.

5. Memilki Sahabat yang Tidak Pacaran

7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran
foto: instagram/@hijabalila

Milikilah sahabat yang mempunyai motivasi kuat untuk tidak pacaran. Tentu kita boleh bergaul dengan siapa saja, tapi dalam memilih seorang sahabat hendaknya pilihlah orang yang memiliki satu visi denganmu. Yaitu yang sama-sama menahan diri untuk tidak pacaran. Sehingga kalian bisa saling mengingatkan satu sama lain.

6. Ikut Mentoring


7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran
foto: instagram/@halaqahnusaibah

Mengikuti sebuah mentoring juga dapat menambah motivasi kamu untuk berhenti pacaran. Dalam sebuah mentoring kamu akan diarahkan oleh sang mentor bagaimana menjalani hidup yang penuh tantangan ini. Salah satunya adalah tantangan untuk tidak pacaran. Mentoring yang saya maksud di sini adalah bimbingan kerohanian atau kajian agama. Kalau di sekolah-sekolah biasanya ada Rohis/Rohani Islam, di kampus ada LDK, KAMMI.

Atau, sahabat juga bisa mengikuti kajian-kajian Ustadz Hanan Attaki yang merupakan founder Pemuda Hijrah,  sebuah gerakan pemuda yang ingin meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT dan menjadi pemuda yang taat. 

7. Follow Akun Sosial Media Cinta Islami


7 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Pacaran
foto: instagram/@indonesiatanpapacaran


Mungkin ada yang beranggapan ini tidak penting. Tapi menurut saya ini penting juga, khusunya bagi sahabat yang aktif di sosial media contohnya instagram. Daripada ngegalau terus tiap hari lebih baik perbanyak follow akun-akun islami yang selalu mengingatkan dan memberi motivasi kita untuk tidak pacaran.

Akun sosial media yang bisa kamu follow adalah @IndonesiaTanpaPacaran, @JombloMulia, @TausiyahCinta, dan lainnya. Dengan mengikuti akun sosial media tersebut hari-harimu akan di warnai dengan indahnya hidup tanpa pacaran.

8. Tambahan

Sibukkanlah diri dengan hal-hal yang bermanfaat seperti belajar, mengaji, beribadah, mengasah kemampuan/skill, menyalurkan hobi dan lainnya. Kalau kita sibuk, maka kita tidak akan punya waktu lagi untuk pacaran apalagi hanya sekedar memikirkannya. Toh, jodoh itu bukan seberapa lama kamu pacaran dengannya tapi seberapa besar kamu yakin pada-Nya.

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Surat Cinta Ustadz Arifin Ilham untuk Anaknya Alvin yang Menikah di Usia Muda 17 Tahun

Assalaamu alaikum wa rahmatullah wa barakaatuhu. SubhanAllah walhamdulillah untuk anakku tersayang nanda Muhammad Alvin Faiz : "BarakAllah laka wa barakAllah alaika wa jamaa bainakuma biikhoiri" Engkau anak abi pertama. Di usiamu 17 tahun engkau melewati sidang di Pengadilan Agama Bogor untuk izin nikah karena usiamu belum 19 tahun. Nikah segera pilihanmu adalah takdirNya terindah. Nikah itu ridho Allah. Nikah itu sunnah utama Rasulullah. Pintu KESELAMATAN. Pembuka rizki. Karena engkau takut berzina, dan mimilih jalan Allah, engkau akan melihat keagungan dan pertolongon Allah itu luar biasa

Doa para ulama, guru, para sahabat, para santri, dan jamaah zikir. Engkau generasi zikir. Perjuangan tidak sepanjang umur abi. Nikah subuh penuh rahmat dan berkah Allah. Engkau nikahi seorang putri muallafah. Engkau bimbing papa dan omanya pun masuk Islam. Tiga generasi sekaligus bersyahadat. Abi bangga saat membuka kamarmu di tengah malam sedang engkau dalam sujud. Alhamdulillah syukur tangis abi saat wisuda Alvin bersama adikmu Amer saat wisuda hafidz Alqur'an di masjid At Taqwa Cirebon. Engkau mabit di masjid. Abi senang cium Alvin setiap kali bertemu.


Anakku, insyaAllah engkau generasi Robbani untuk agama mulia ini, umat Rasulullah, negerimu dan keluargamu. "Abi tidak rela api sekecil korek api sekalipun menyentuh tubuhmu nak, apalagi api neraka jahanam, inilah yang membuat abi buka jalan pernikahanmu, karena ingin Alvin, abi dan kita semua selamat, abi tidak ingin hati, pikiran, mata, telinga Alvin berbuat maksiat!"

"Ingat anakku sayang, kalau kita full heart taat kepada Allah, belum di akhirat di dunia sebentar inipun Allah bahagiakan kita dulu, "...Allah gembirakan di dunia dan apalagi di akhirat..." (QS Yunus 61-63)

"Selamat hidup baru anakku sayang, jadilah imam teladan dalam ketaqwaan, dan semoga istrimu menjadi bidadari sholehah dan anak cucu keturunan Alvin membahagiakan dunia akhirat...aamiin".

Kami sekeluarga mengucapkan jazaakumullah atas kehadiran Habib Ali Abdurrahman, Habib Ahmad Al Kaff, KH Mahrus Amin, KH Abdur Rasyid, KH Didin Hafifuddin, KH Amidan, dan seluruh ulama mulia yang hadir, semoga Allah selalu dan selalu memberkahi harakah dakwah kita. Aamiin.

Perbedaan Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes

Hallo mblo, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik selalu ya. Hehehe.
Sesuai dengan judul postingan di atas, saya akan menjelaskan perbedaan dari dua jenis jomblo ini. Yang satu suka dipanggil Si Jomi/Jomul (Jomblo Mulia) dan yang satunya lagi suka dipanggil Si Jones alias Jomblo Ngenes.

Mereka sama-sama jomblo tapi beda. Kok bisa? Bisa dong. Beda dari mananya? Ok, saya akan menjelaskan apa saja perbedaan antara seorang Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes.

Perbedaan Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes

1. Kenapa Mereka Jomblo?

Jomblo Mulia: Mereka yang disebut Jomblo Mulia memang punya niat ingin jadi jomblo (sebelum menikah), karena pacaran bukanlah hal yang baik buat dirinya. Mereka yang memutuskan menjadi Jomblo Mulia karena ingin taat pada Tuhannya. Karena itulah dia memilih jadi jomblo agar terhindar dari maksiat dan fitnah dengan menjaga kemuliaannya. 

Jomblo Ngenes: Mereka yang disebut Jomblo Ngenes karena emang nggak punya pacar terus meratapi nasibnya itu. Ada juga yang baru diputusin pacarnya akhirnya berakhir menjadi seorang Jomblo Ngenes. 

2. Bagaimana Keadaanya?

Jomblo Mulia: Mereka senang-senang saja karena memang itu adalah pilihannya. Mereka tidak pernah kesepian atau galau-galauan, karena mereka punya motivasi yang kuat untuk tidak pacaran. Selain itu, mereka juga punya kesibukan dalam hal kebaikan untuk memperkuat komitmennya menjadi seorang Jomblo Mulia.  

Jomblo Ngenes: Sesuai dengan panggilannya, keadaan mereka itu Ngenes "Nyesek", selalu galau meratapi kesendiriannya. Aduh yang sabar ya mblo.

3. Apa yang Dilakukannya Selama Menjomblo?

Jomblo Mulia: Yang dilakukan seorang Jomblo Mulia selama menjomblo adalah Menundukan pandangan dan tidak berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Menyibukan diri dalam hal kebaikan, seperti taat beribadah, berpuasa, berbakti pada kedua orang tua, mencari ilmu, berorganisasi, melakukan kegiatan sosial, sibuk dengan hobinya dan hal baik lainnya. Mereka tidak ingin masa mudanya dihabiskan dengan perbuatan yang sia-sia. 

Jomblo Ngenes: Yang dilakukan Si Jones itu Cuma satu "Nyari Pacar" tapi nggak dapat-dapat. Hehehe kasian ya.

4. Apa yang Diinginkannya?

Jomblo Mulia: Yang diinginkan Si Jomblo Mulia selama menjomblo adalah keridhoan Tuhannya dengan cara menjaga kehormatannya, karena mereka tahu pacaran itu bukanlah hal yang baik buat dirinya. Mereka akan fokus untuk studi dan karirnya serta menjadi sebaik-baik manusia yang disukai Tuhannya sehingga kelak mereka diberikan jodoh yang terbaik dari-Nya.

Jomblo Ngenes: Yang diinginkannya cuma satu "Punya Pacar" tapi lagi-lagi jadi Korban PHP bahkan ditolak mentah-mentah. Ckckck...

5. Sampai Kapan Menjomblo?

Jomblo Mulia: Mereka menjomblo sampai halal, artinya mereka akan melepas masa jomblonya dengan langsung menikah, tanpa pacaran terlebih dahulu. Tetapi mereka melakukan proses ta'aruf sebelum menikah. Ingat ya, ta'aruf itu beda dengan pacaran. Beda banget!. (Baca Ta'aruf dalam Islam). 

Jomblo Ngenes: Kalau si Jones ini menjomblonya sampai ada yang mau jadi pacarnya. Setelah punya pacar, barulah mereka bukan lagi Si Jomblo Ngenes. Tapi kalau sudah diputusin Nge-Jones lagi deh. Hahaha. Memang nasibnya seperti itu. Selalu galau dan galau nggak karuan.

Nah sekarang sudah tahu kan perbedaan antara Seorang Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes. Jika kamu Jomblo, kira-kira masuk dalam kriteria Jomblo yang mana ya?