Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Kategori
Kumpulan Hadits Tentang Pemuda

Seorang pemuda adalah generasi selanjutnya yang diharapkan dapat membawa tatanan kehidupan menjadi lebih baik. Maka dari itulah seorang pemuda harus mempersiapkan diri dengan banyak belajar, memperdalam ilmu, mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan melakukan kegiatan positif lainnya. Sehingga seorang pemuda dapat terus tumbuh menjadi pribadi yang bisa memberikan manfaat besar bagi agama yang dicintainya, keluarganya, lingkungannya, masyarakat, bangsa dan negaranya. Seorang pemuda hendaknya tidak menghabiskan masa mudanya dengan perbuatan yang sia-sia, apalagi sampai berbuat kerusakan di muka bumi ini.

Nabi kita yakni Rasulullah Muhammad Shallahu 'alaihi wasallam adalah seorang suri teladan bagi kita semua. Dalam usia mudanya Rasulullah sangat terkenal sebagai orang yang memiliiki akhlak mulia, memiliki keinginan yang kuat, kejujuran dan tutur kata yang benar. Tak ayal sebelum diangkat sebagai rasulpun beliau sudah diberi gelar Al-Amin (Orang yang dapat dipercaya).

Untuk menambah motivasi kita supaya menjadi seorang pemuda yang di cintai Allah dan RasulNya. Di sini saya akan berbagi kumpulan hadits tentang pemuda dalam Islam sebagai berikut.

1. Masa Mudamu, Untuk Apa Kau Gunakan?

“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): (salah satunya) ... Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? .. ” (HR. Tirmidzy)

Hadits lengkapnya: 
“Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): tentang umurnya, untuk apa dihabiskan? Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan? Hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan? Ilmunya, bagaimana dia amalkan ilmunya?” (HR. Tirmidzy)

2. Allah Menyukai Pemuda yang Bertaubat

"Tiada sesuatu yang lebih disukai Allah daripada seorang pemuda yang bertaubat." (HR Ad-Dailami) 

3. Allah Kagum dengan Pemuda yang Tidak Memiliki Nafsu Menggebu

"Se­sungguhnya Allah Ta’ala benar-benar kagum ter­hadap seorang pemuda yang tidak memiliki shabwah (nafsu menggebu)." (HR Ahmad, Thabrani)

4. Allah Memberikan Naungan Kepada Pemuda yang Tumbuh dalam Ketaatan kepada-Nya

“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: (salah satunya)... pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah ... ” (HR Bukhari)

Hadits lengkapnya:
“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah, seseorang yang hatinya bergantung kepada masjid (selalu melakukan shalat berjamaah di dalamnya), dua orang yang saling mengasihi di jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seseorang yang diajak perempuan berkedudukan dan cantik (untuk bezina), tapi ia mengatakan: “Aku takut kepada Allah”, seseorang yang memberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir (mengingat) Allah dalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari kedua matanya.” (HR Bukhari)"

5. Pemuda yang Sudah Mampu Hendaknya Menikah

"Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang sudah mampu menanggung nafkah, hendaknya dia menikah.” (HR. Bukhari)

6. Gunakan Masa Mudamu Sebelum Datang Masa Tuamu

“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima: (salah satunya) .. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, ... ” (HR Hakim)

Baca: 45+ Kata Kata Motivasi Sukses Di Usia Muda

Hadits lengkapnya: 
“Pergunakanlah yang lima sebelum datang masa yang lima; Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, masa kosongmu sebelum datang masa sibukmu dan masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu”. (HR Hakim).

Demikianlah Hadits Tentang Pemuda yang di sabdakan oleh Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Kolektor Quotes


EmoticonEmoticon