24 Februari 2015

Perbedaan Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes

Perbedaan Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes

Hallo mblo, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik selalu ya. Hehehe.
Sesuai dengan judul postingan di atas, saya akan menjelaskan perbedaan dari dua jenis jomblo ini. Yang satu suka dipanggil Si Jomi/Jomul (Jomblo Mulia) dan yang satunya lagi suka dipanggil Si Jones alias Jomblo Ngenes. Mereka sama-sama jomblo tapi beda. Kok bisa? Bisa dong. Beda dari mananya? Ok, saya akan menjelaskan apa saja perbedaan antara seorang Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes.

1. Kenapa Mereka Jomblo?

Jomblo Mulia: Mereka yang disebut Jomblo Mulia memang punya niat ingin jadi jomblo (sebelum menikah), karena pacaran bukanlah hal yang baik buat dirinya. Mereka yang memutuskan menjadi Jomblo Mulia karena ingin taat pada Tuhannya. Karena itulah dia memilih jadi jomblo agar terhindar dari maksiat dan fitnah dengan menjaga kemuliaannya. 

Jomblo Ngenes: Mereka yang disebut Jomblo Ngenes karena emang nggak punya pacar terus meratapi nasibnya itu. Ada juga yang baru diputusin pacarnya akhirnya berakhir menjadi seorang Jomblo Ngenes. 

2. Bagaimana Keadaanya?

Jomblo Mulia: Mereka senang-senang saja karena memang itu adalah pilihannya. Mereka tidak pernah kesepian atau galau-galauan, karena mereka punya motivasi yang kuat untuk tidak pacaran. Selain itu, mereka juga punya kesibukan dalam hal kebaikan untuk memperkuat komitmennya menjadi seorang Jomblo Mulia.  

Jomblo Ngenes: Sesuai dengan panggilannya, keadaan mereka itu Ngenes "Nyesek", selalu galau meratapi kesendiriannya. Aduh yang sabar ya mblo.

3. Apa yang Dilakukannya Selama Menjomblo?

Jomblo Mulia: Yang dilakukan seorang Jomblo Mulia selama menjomblo adalah Menundukan pandangan dan tidak berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Menyibukan diri dalam hal kebaikan, seperti taat beribadah, berpuasa, berbakti pada kedua orang tua, mencari ilmu, berorganisasi, melakukan kegiatan sosial, sibuk dengan hobinya dan hal baik lainnya. Mereka tidak ingin masa mudanya dihabiskan dengan perbuatan yang sia-sia. 

Jomblo Ngenes: Yang dilakukan Si Jones itu Cuma satu "Nyari Pacar" tapi nggak dapat-dapat. Hehehe kasian ya.

4. Apa yang Diinginkannya?

Jomblo Mulia: Yang diinginkan Si Jomblo Mulia selama menjomblo adalah keridhoan Tuhannya dengan cara menjaga kehormatannya, karena mereka tahu pacaran itu bukanlah hal yang baik buat dirinya. Mereka akan fokus untuk studi dan karirnya serta menjadi sebaik-baik manusia yang disukai Tuhannya sehingga kelak mereka diberikan jodoh yang terbaik dari-Nya.

Jomblo Ngenes: Yang diinginkannya cuma satu "Punya Pacar" tapi lagi-lagi jadi Korban PHP bahkan ditolak mentah-mentah. Ckckck...

5. Sampai Kapan Menjomblo?

Jomblo Mulia: Mereka menjomblo sampai halal, artinya mereka akan melepas masa jomblonya dengan langsung menikah, tanpa pacaran terlebih dahulu. Tetapi mereka melakukan proses ta'aruf sebelum menikah. Ingat ya, ta'aruf itu beda dengan pacaran. Beda banget!. (Baca Ta'aruf dalam Islam). 

Jomblo Ngenes: Kalau si Jones ini menjomblonya sampai ada yang mau jadi pacarnya. Setelah punya pacar, barulah mereka bukan lagi Si Jomblo Ngenes. Tapi kalau sudah diputusin Nge-Jones lagi deh. Hahaha. Memang nasibnya seperti itu. Selalu galau dan galau nggak karuan.

Nah sekarang sudah tahu kan perbedaan antara Seorang Jomblo Mulia dan Jomblo Ngenes. Jika kamu Jomblo, kira-kira masuk dalam kriteria Jomblo yang mana ya?