7 Lagu Nasyid Edcoustic Paling Menyentuh Hati

Edcoustic adalah grup nasyid asal Bandung yang sangat fenomenal di dunia nasyid Indonesia. Lagu-lagu edcoustic juga sangat digemari hingga ke negeri tetangga, Malaysia. Grup nasyid ini dibentuk pada 25 Mei 2002, dengan dua anggotanya yakni Aden (Vokalis) dan Eggie (Gitaris). Grup nasyid ini mengambil jalur musik pop progressif dengan sentuhan akustik, sehingga sangat pas didengar di telinga anak-anak muda zaman sekarang. 

Saya sendiri mengenal grup nasyid ini semenjak duduk di bangku SMA tahun 2011 silam. Berawal dari kakak kelas saya yang memutar lagu edcoustic yang berjudul "Aku ingin mencintai-Mu". Lantas saya bertanya, "Lagu ini siapa yang menyanyikannya kak?". Lalu kakak kelas saya memberi tahu bahwa itu adalah lagunya edcoustic. Dari situlah saya mulai mencari-cari informasi mengenai edcoustic di google.

7 Lagu Nasyid Edcoustic Paling Menyentuh Hati

Lagu-lagu yang dibawakan edcoustic itu selain nadanya yang enak didengar, lirik lagunya juga sangat menyentuh hati dan pastinya ada pesan-pesan kebaikan yang terkandung di dalamnya. Banyak pula lagu-lagu edcoustic yang sangat menginspirasi hidup saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik seperti ketujuh lagu edcoustic yang paling menyentuh hati berikut ini.

1. Muhasabah Cinta

Muhasabah Cinta adalah single pertama edcoustic pada album keduanya yang bertajuk Sepotong episode. Dalam lagu ini mengisahkan seseorang yang sedang mengalami ujian yang berat berupa rasa sakit yang dideritanya dan akhirnya dia baru menyadari bahwa nikmat sehat itu memang indah dan harus disyukuri.

Tuhan... Baru ku sadar
Indah nikmat sehat itu
Tak pandai aku bersyukur
Kini ku harapkan cintaMu

Dengan lirik yang mengandung penyesalan juga nada-nada yang sangat sendu membuat lagu ini teramat menyentuh hati. Ditambah lagi bila teringat sosok vokalisnya (alm. Kang Aden) yang telah pulang ke pangkuan-Nya karena menderita sakit. Masya Allah :'( Semoga beliau di ampuni dosa-dosanya dan di terima amal ibadahnya. Aamiin.

2. Aku Ingin MencintaiMu

Lagu yang sangat menyentuh hati selanjutnya adalah berjudul Aku ingin Mencintai-Mu. Ini adalah lagu edcoustic yang pertama kali saya dengar, dan saat itu juga saya langsung jatuh cinta dengan lagu-lagunya edcoustic.

Tuhan betapa aku malu atas semua yang kau beri
Padahal diriku terlalu sering membuatMu kecewa
Entah mungkin karena ku terlena
Sementara Engkau beri aku kesempatan
Berulang kali agar aku kembali

Jika kita meresapi lirik-lirik pada lagu ini, tentu ini adalah peristiwa yang sering kita alami. Allah selalu memberikan kesempatan pada hambanya agar bertaubat, memperbaiki diri dan menjadi sebaik-baik manusia. Namun, kita sendiri terkadang mengabaikan hal itu. Kita terlena dengan kehidupan dunia yang fana ini.

3. Sendiri Menyepi

Lagu edcoustic paling menyentuh hati yang ke tiga adalah berjudul "Sendiri Menyepi". Lagu ini terdengar sangat sendu. Apalagi dinyanyikan dengan penuh penjiwaan dijamin menguras air mata.

Oh Tuhan aku merasa sendiri menyepi
Ingin ku menangis menyesali diri, mengapa terjadi
Sampai kapan ku begini, resah tak bertepi
Kembalikan aku pada cahayaMu yang sempat menyala
Benderang di hidupku

Dalam liriknya menggambarkan seseorang yang mengalami kefuturan dalam hidupnya. Memang iman seorang manusia itu terkadang naik dan turun, tapi apabila banyak turunnya di situlah kefuturan melanda. 

4. Berubah

Ketika kita berhasil melewati perjuangan untuk hijrah menjadi orang yang lebih baik, setelah itu kita akan dihadapkan dengan perjuangan selanjutnya yaitu berjuang untuk istiqomah dengan perubahan kita. Seperti yang tergambarkan dalam lagu edcoustic yang berjudul Berubah.

Tuhan aku hanya manusia
Mudah berubah lagi dalam sekejap
Tuhan aku ingin berubah
dan ku bertahan dalam perubahanku

5. Tak Ada Beban Tanpa Pundak

Dalam surat Al-baqarah ayat 286 dijelaskan bahwa Allah tidak akan memberikan ujian diluar kemampuan hambanya. Seperti halnya lagu edcoustic yang sangat menyentuh hati yang berjudul Tidak Ada Beban Tanpa Pundak.

Takkan aku bertanya mengapa harus terjadi
Karna aku yakini tak ada beban tanpa pundak
Kau uji aku karna ku bisa melewatinya
Ini yang terbaik untuk hidupku.. Semua hanya ujian

Dalam lagu nasyid ini mengandung pesan bahwa sesungguhnya Allah memberikan beban ujian yang berat kepada kita karena kita mempunyai pundak yang sangat kuat. Kita pasti bisa menghadapinya! 

6. Tujuh Surga

Dalam lagu ini mengandung pesan bahwa kita jangan sampai terlalu sibuk dengan dunia sehingga lupa dengan akhirat. Lupa dengan kewajiban beribadah kepada Allah karena sepanjang hari hanya dunia yang kita cari. Kita sangat sibuk mikirin hidup enak tapi lupa mikirin mati enak.

Rapuhnya aku Kau Maha Tahu
Pagi siang malam dunia yang ku Tuju
Saat ku jatuh baru ku sadar Kau lah segalanya

7. Sebiru Hari Ini 

Lagu yang ketujuh edcoustic paling menyentuh hati atau yang terakhir adalah Sebiru Hari Ini. Kalau memutar lagu ini, saya suka teringat masa-masa SMA, khususnya dengan teman-teman Rohis. Nada dalam lagu ini agak ngebeat tapi tetap menyentuh hati karena liriknya berisikan perpisahan dengan sahabat tercinta.

Selamat jalan teman
Tetaplah berjuang
Semoga kita bertemu kembali
Kenang masa indah kita
Sebiru hari ini...

Nah, itulah ketujuh lagu Edcoustic yang paling menyentu hati, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi sahabat semua. 

Artikel Terkait

Kolektor Quotes


EmoticonEmoticon